6 Penyebab & Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris

Layar Laptop Bergaris – Laptop adalah perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan saat ini. Karena laptop mudah untuk dibawa kemanapun sehingga pemakaiannya terkesan lebih ringkas.

Namun, alat elektronik pasti akan mengalami permasalahan atau kerusakan. Salah satu permasalahan yang mungkin terjadi oleh pengguna laptop adalah persoalan monitor atau LCD.

Kerusakan pada monitor bisa menyebabkan layar laptop bergaris yang ditAndai dengan munculnya garis pada layar laptop.

6 Penyebab Layar Laptop Bergaris

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab layar laptop bergaris. Jika layar laptop bergaris, pengguna akan merasa tidak nyaman lagi untuk melakukan aktivitas dengan laptop tersebut.

Maka, jika Anda mengalami layar laptop bergaris, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu mengapa layar laptop bergaris sehingga membuat Anda tidak nyaman lagi menatap laptop.

Dengan mengetahui penyebab layar laptop bergaris, proses perbaikan dapat dilakukan dengan secepat mungkin dan tidak menciptakan kerusakan lainnya.

Ada beberapa faktor umum penyebab layar laptop bergaris yang sudah dirangkum oleh Tedas, antara lain:

  1. Panel Screen LCD Laptop Rusak

Layar laptop bergaris bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada panel screen LCD. Apabila layar laptop bergaris diakibatkan oleh rusaknya panel screen LCD, maka akan nampak garis lurus vertikal berwarna.

Pada umumnya, garis akan berwarna hitam atau putih. Jika layar laptop bergaris disebabkan oleh hal ini, maka garis tersebut terlihat tidak bergerak.

  1. Terkena Air

Penyebab layar laptop bergaris selanjutnya bisa dikarenakan layar terkena air sehingga membuat kondisinya basah.

Layar yang terkena air akan menyebabkan layar laptop bergaris. Bahkan laptop Anda bisa mengalami blank screen jika air yang mengendap cukup banyak.

Jadi apabila layar laptop bergaris, Anda bisa mengingat-ingatnya lagi, apakah layar lapto Anda pernah terkena air atau tidak.

  1. Salah Memasang LCD

Selanjutnya, apabila layar laptop bergaris penyebabnya bisa jadi pemasangan LCD atau panel layar laptop yang tidak rapat.

Apabila pemasangan panel layar  tidak presisi maka bisa menyebabkan layar laptop bergaris karena neon pada LCD akan menjadi tidak rata sehingga beberapa bagian tidak bisa tampil secara maksimal.

Panel layar laptop yang tidak presisi sehingga menyebabkan layar laptop bergaris bisa terjadi karena laptop pernah jatuh sebelumnya.

  1. Masalah Pada Kabel LCD

Layar laptop bergaris bisa jadi juga disebabkan adanya masalah pada kabel LCD yang terhubung dengan Motherboard.

Jika layar laptop bergaris disebabkan oleh masalah kabel LCD, maka layar laptop akan menampilkan garis bergelombang memanjang atau mendatar. Biasanya garis akan naik turun secara halus atau terkadang menjadi cepat.

  1. Hardware Laptop Bermasalah

Jika ada kerusakan pada hardware laptop, maka akan ada pengaruh pada kinerja LCD seperti VGA dan RAM.

Sehingga kerusakan Hardware laptop bisa menjadi salah satu penyebab layar laptop bergaris secara acak.

  1. Menutup dan Membuka Layar Terlalu Keras

Layar laptop bergaris bisa disebabkan karena faktor penggunaan salah satunya membuka atau menutup layar terlalu keras dan kasar.

Perlu diketahui bahwa layar laptop dihubungkan dengan dua engsel yang cukup rentan. Sehingga jika Anda menggunakannya terlalu keras dan kasar maka tidak menutup kemungkinan akan ada kerusakan pada laptop yakni layar laptop bergaris.

Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris

Layar laptop bergaris memang sangat mengganggu. Untuk itu, ada beberapa cara mudah mengatasi dan memperbaiki layar laptop bergaris yang bisa Anda coba sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengatasi Layar Laptop Bergaris Dengan Aplikasi Pixel Repairer

Layar laptop bergaris bisa disebabkan oleh adanya dead pixel yang bisa terjadi karena panel bawaan LCD kurang bagus atau adanya tekanan keras pada layar laptop.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan aplikasi Pixel Repairer dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Download dan install aplikasi Pixel Repairer di laptop Anda
  • Setelah selesai install, buka aplikasi Pixel Repairer dan akan muncul kotak dialog
  • Pilih “pattern” yang dibutuhkan
  • Lalu klik opsi “Enable” untuk mengaplikasikan warna yang Anda pilih dalam layar
  • Perhatikan layar laptop Anda. Apabila memilih warna hitam dan layar menjadi hitam, maka laptop ada dalam keadaan yang baik. Apabila ada warna lain yang muncul maka ada dead pixel di dalam layar.
  • Selanjutnya klik opsi “Repair”
  • Lalu klik “Add’ untuk mengatur area perbaikan
  • Setelah itu drag kotak repair di lokasi dead pixel ditemukan
  • Pilih salah satu mode konfigurasi repair, lalu tentukan ukuran area yang terkena dead pixel
  • Klik “Add” untuk menambahkan area pixel lain
  • Tunggu beberapa saat hingga proses perbaikan oleh software selesai dilakukan
    penyebab layar laptop bergaris

Cara  Mengatasi Layar Laptop Bergaris Dengan Cek Kabel Fleksibel Monitor

Cara selanjutnya untuk mengatasi layar laptop bergaris adalah dengan mengecek kabel fleksibel monitor. Kabel penghubung monitor dengan motherboard seringkali kendor atau mengalami kerusakan.

Anda bisa mengecek terlebih dahulu kabel sambungan tersebut apakah sudah terpasang dengan baik atau ada masalah pada kabel fleksibel monitor dengan cara:

  • Sambungkan laptop dengan monitor eksternal
  • Jika garis tidak muncul pada layar monitor eksternal maka bisa jadi permasalah berasal dari kabel fleksibel monitor
  • Coba kencangkan kabel fleksibel monitor laptop anda
  • Apabila layar laptop masih bergaris maka ada kerusakan pada kabel fleksibelnya
  • Jika kabel fleksibel monitor rusak, maka Anda harus menggantinya dengan catatan harus menyesuaikan dengan slot kabel pada layar agar tidak ada kerusakan  tambahan.

 

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Dengan Mengecek Komponen Motherboard

Jika layar laptop bergaris masih ada, kemungkinan besar yang rusak adalah salah satu dari komponen motherboard yang terdiri dari RAM, VGA, dan Hardisk.

Maka dari itu, Anda perlu mengecek bagian RAM lalu membersihkan pin-pinnya dengan penghapus karet. Apabila belum berhasil, Anda bisa mengganti dengan RAM yang baru.

Selanjutnya layar laptop bergaris bisa berasal dari VGA. Anda bisa mencoba melepas VGA lalu membersihkannya menggunakan penghapus karet. Jika tidak berhasil, Anda harus menggantinya dengan VGA yang baru.

Begitu Pula dengan Hardisk. Layar laptop bergaris bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada kabel hardisk yang harus diganti dengan yang baru.

Cara mengatasi layar laptop bergaris di atas dapat Anda coba terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengganti LCD yang biayanya relatif lebih mahal.

Maka, sebelum mengganti LCD atau mengatasi layar laptop bergaris, anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab layar laptop bergaris sehingga cara memperbaikinya dapat sesuai dengan keadaan laptop Anda.

Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir terjadinya kerusakan komponen lainnya pada laptop Anda. Berikut informasi mengenai layar laptop bergaris yang telah dijelaskan pada artikel kali ini.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan bisa menjadi acuan bagi anda yang mengalami layar laptop bergaris. Share artikel ini untuk memberikan informasi terkait layar laptop bergaris,

Fina Fauziyah

Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.