Ternyata Banyak, Ini Jenis-Jenis Komputer di Dunia

Seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin pesat dan canggih. Hal ini terlihat dari adanya perangkat keras komputer yang terus saja mengalami pembaharuan.

Kini sudah ada banyak sekali jenis-jenis komputer yang tersebar di pasaran

Laptop, tablet, dan komputer yang biasa kita gunakan sebagai alat pengetikan merupakan beberapa contoh jenis komputer ini. Masing-masing jenis tersebut pun memiliki kegunaan yang berbeda.

Desktop PC

Untuk jenis komputer yang pertama adalah desktop PC atau desktop personal computer. Desktop PC ini merupakan sebuah perangkat yang hanya digunakan dalam satu tempat saja dan tidak bisa dipindahkan. Desktop PC juga memiliki 3 bagian utama, yakni desktop, monitor, dan input device. 

Untuk desktop sendiri terdiri dari motherboard, CPU, VGA, RAM, dan masih beberapa bagian lainnya. Sedangkan untuk input devicenya sendiri terdiri atas mouse dan keyboard. 

Computer

Desktop PC ini awalnya diletakkan secara vertikal atau seperti posisi melebar, sedangkan saat ini peletakannya pun berubah menjadi horizontal atau memanjang.

Desktop PC ini tentu sudah sangat familiar sekali dikalangan penggunanya, karena sudah biasa digunakan oleh banyak orang.

Untuk tipe komputer dengan jenis desktop PC ini, Anda bisa dengan mudah dan leluasa dalam mengotak-atiknya hingga merakit kembali setiap komponennya.

Jadi, komponennya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda, mulai dari rakitan processor, hingga jenis motherboard.

desktop

PC Tablet

Seiring berkembangnya ilmu teknologi, perubahan besar pada dunia elektronika, khususnya komputer semakin terasa.

Saat ini, komputer sudah di upgrade ke jenis PC tablet yang merupakan sebuah komputer portable berukuran kecil dan bisa dibawa kemana-mana.

Bagi Anda yang memiliki kesibukan diluar ruangan, atau merupakan pekerja dengan kebutuhan berpindah-pindah, maka memilih untuk menggunakan PC tablet ini sangat disarankan.

Hal ini mengingat karena PC tablet ini sangat enak dibawa kemana-mana dan termasuk kedalam jenis komputer portable.

Jenis komputer yang satu ini memiliki layar touchscreen. Ada juga alat pendukung tambahan lain seperti pena yang bisa digunakan sebagai kontrol pada layarnya di beberapa versinya.

laptop

Penggunaan PC tablet ini pun masih sama dengan jenis komputer lain, yakni untuk kebutuhan dalam kegiatan tulis menulis, browsing, maupun kegiatan lainnya. Kelebihan dari PC tablet ini adalah adanya bundle aplikasi yang digunakan sebagai penunjang bawaan sistem operasinya.

Ada banyak sekali aplikasi bawaan yang bisa digunakan sebagai penunjang kebutuhan tambahan Anda dalam mengerjakan sesuatu dari tablet ini. Fiturnya pun lengkap dengan segala kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat.

Untuk ukurannya sendiri pun terbilang cukup, yakni tidak lebih dari 7 inchi. PC tablet ini juga dipersenjatai dengan sistem operasi yang cukup bervariasi. Mulai dari sistem operasi  windows, android dan sistem operasi iOS untuk produk Apple.

Baca Juga  Jenis dan Manfaat Jaringan Komputer yang Harus Diketahui

notebook

Notebook atau Laptop

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, maka akan semakin berkembang pula produk teknologinya. Hal ini terlihat juga dengan semakin berkembangnya alat teknologi canggih seperti komputer yang terus divariasikan.

Jenis dari komputer yang selanjutnya akan dibahas kali ini adalah adalah notebook atau bisa juga disebut dengan laptop. Perangkat yang satu ini hadir dengan berbentuk portable dan mudah dibawa kemana-mana.

Komponen utamanya, mulai dari layar, keyboard, trackball, memory, motherboard, processor, hard drive, serta hardware penting lainnya tersusun menjadi satu. Saat ini alat ini sudah sangat biasa digunakan. Namun, di awal kemunculannya, laptop tentu sangatlah terkesan canggih.

Lalu, mengapa ada perbedaan nama antara notebook dan laptop? Nah, notebook dan laptop memang sama-sama jenis perangkat portable berupa komputer yang bisa dibawa kemana-mana. Namun keduanya tentu berbeda, meski perbedaannya tidak begitu signifikan.

Perbedaan ini umumnya hanya terletak pada ukurannya saja. Apalagi sekarang, laptop dan notebook hamper terkesan sama saja.

working notebook

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa beberapa tahun yang lalu keduanya juga memiliki fungsi yang cukup berbeda. Karena lebih besar, tentu fungsi pada laptop lebih banyak.

Untuk harga juga ada perbedaan yang cukup signifikan dari keduanya.

Perbedaan antara notebook dan laptop ini di beberapa tahun lalu bisa dilihat dari tidak adanya DVD Room pada notebook yang ukurannya hanya sekitar 6 sampai 13 inchi saja. Namun, kini di laptop pun banyak yang tidak ada.

PDA

Komputer sendiri mengalami masa dimana produk tersebut dibuat dengan bentuk yang cukup unik dan menarik. Hal ini terbukti dengan adanya inovasi terhadap komputer yang satu ini.

Salah satu jenis komputer yang unik tersebut adalah PDA yang merupakan sebuah akronim dari personal digital Assistant. Ini merupakan sebuah komputer dengan tampilan dan ukuran yang kecil serta bisa dengan mudah dibawa kemana-mana.

Perkembangan dari PDA ini sendiri tidak dilanjutkan sebagai sebuah komputer mini, namun lebih difokuskan untuk dikembangkan menjadi sebuah kalkulator, jam, akses internet, dan sejenisnya.

Untuk produk yang sejenis dengan PDA ini bernama Palm Top yang menggunakan IC dan teknologi nano.

pda

Rugged Laptop

Bagian dari jenis-jenis komputer selanjutnya adalah rugged laptop. Perangkat jenis ini bisa dikategorikan hampir sama dengan notebook maupun laptop.

Meski demikian, tentu tidak sepenuhnya sama. Perbedaannya adalah, komputer portable ini hanya dikhususkan untuk penggunaan dalam medan ekstrim yang butuh alat komputasi.

Baca Juga  VPS: Pengertian, Konsep, Cara Kerja dan Fungsinya

Rugged laptop ini memang didesain dan diperuntukkan bagi Anda yang melakukan pekerjaan ditempat rawan dan ekstrim. Katakanlah seperti pada area rawan guncangan, benturan, hingga cuaca ekstrim.

Biasanya, rugged laptop ini juga digunakan untuk pekerja militer, dan pemadam kebakaran.

Rugged laptop ini telah didesain dengan sekuat mungkin dalam kondisi ekstrim. Laptop ini juga sudah memiliki sertifikat IP65 yang tahan terhadap debu, pasir, dan masalah lain yang ada di luar ruangan.

keyboard

Super Komputer

Sesuai dengan namanya, untuk jenis yang satu ini merupakan perangkat komputer yang memiliki kapasitas super cepat dalam pengolahan dan pengoperasiannya. Super komputer ini juga bisa melakukan pengoperasian sebanyak satu juta triliun per detiknya.

Kategori super komputer ini jelas berbeda dengan tipe komputer lain. Super komputer ini sendiri memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan bisa memenuhi satu ruangan.

Perusahaan pertama yang mengklaim bahwa dirinya merupakan pembuat super komputer ini adalah Cray. Inc.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, akhirnya banyak perusahaan seperti IBM dan HP yang ikut memproduksi super komputer ini.

double monitor

Server

Untuk jenis komputer yang selanjutnya adalah server. Server sendiri merupakan salah satu jenis komputer yang berfungsi sebagai penyimpan informasi. Tidak hanya itu, server juga berperan sebagai pengelola suatu jaringan pada komputer.

Hal inilah yang mengakibatkan server memiliki processor yang kuat. Selain itu, memori yang kuat ini menjadikan hard drivenya berkapasitas besar.

Mainframe

Jenis dari komputer yang satu ini termasuk dalam kategori perangkat yang digunakan untuk memproses data serta aplikasi dengan ukuran yang sangat besar. Istilah mainframe ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar yang mengolah jutaan data setiap harinya.

Biasanya, mainframe ini banyak digunakan untuk keperluan transaksi finansial, sensus, riset dan penelitian, hingga keperluan militer yang mencakup banyak pengguna dalam satu waktu.

smart watch

Wearable Computer

Untuk jenis komputer yang satu ini bisa dikatakan sebagai perangkat yang cukup unik untuk diulas. Alasannya karena ini merupakan sebuah komputer yang menempel pada tubuh penggunanya, layaknya sebuah aksesoris.

Ternyata, konsep wearable computer ini sudah ada sejak tahun 1960-an dimana penerapannya terlihat dari film-film layar lebar sekelas star wars. Tidak hanya itu, konsep teknologi juga digunakan di tahun 90-an.

Masuk di era globalisasi seperti saat ini, wearable computer ini telah diterapkan menjadi sebuah aksesoris pendukung yang modern. Beberapa contohnya diantaranya seperti iPod, smartwatch, smart control, dan sejenisnya.

komputer set

All in One PC

Dalam kehidupan sehari-hari, penerapan dari All in One PC ini cukup banyak. Ini merupakan sebuah komputer desktop dengan desain yang cukup ringkas.

Baca Juga  Algoritma: Pengertian, Langkah, dan Strukturnya

Perangkat ini memiliki tiga komponen utama yang dijadikan satu dalam sebuah monitor, sehingga lebih praktis dan terlihat seperti portable.

Komponen utama dari si monitor ini adalah mesin utama dari komputer, yakni seperti RAM, VGA, CPU, dan sejenisnya. Ada juga layar monitor, serta input device yang terdiri dari keyboard dan mouse tentunya.

Tampilan dari salah satu jenis-jenis komputer yang disebut all in one PC ini sendiri berbentuk flat dan tipis. Perkembangan teknologi lah yang membuat all in one PC mengalami penyempurnaan dengan spesifikasi yang semakin tinggi dan canggih.

Fitur terbaru yang diusung adalah touchscreen. Hal inilah yang membuat Anda tidak lagi membutuhkan yang namanya keyboard ataupun mouse portable. Cukup sentuh dengan jari dan semua pengoperasiannya beres.

jenis komputer

Namun demikian, untuk jenis yang satu ini juga memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Pembuatan tipe ini pada dasarnya digunakan sebagai sebuah komputer rumahan, yang kini biasa digunakan dalam sebuah ruangan.

Nah, kelebihan dari PC all in one ini adalah hemat ruang karena praktis. Perangkat ini juga mudah dipindahkan karena ringan.

Selain itu, banyaknya pilihan dengan kemudahan penggunaan, serta kinerjanya yang tidak jauh berbeda dengan desktop PC juga bagian dari kelebihannya.

Untuk kekurangannya sendiri adalah susah untuk di upgrade karena komponennya menjadi satu. Perangkat ini juga mudah panas karena efek penggunaan berat. Terakhir adalah harganya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan desktop PC biasa.

workstation

Workstation

Ini merupakan sebuah jaringan yang saling menghubungkan antara komputer satu dengan lainnya menggunakan jaringan yang sama untuk melakukan fungsinya.

Hal tersebut seperti yang ada pada sebuah lab komputer, dimana ada banyak sekali kabel yang saling terhubung antara komputer satu dengan lainnya.

Workstation sendiri telah mengalami peningkatan kemampuan sejauh ini. Diantara peningkatan tersebut adalah diperkuatnya kemampuan dari processornya, serta tambahan memorinya.

Jenis komputer yang satu ini biasanya memang digunakan oleh kelompok kerja dengan berbagai macam pekerjaan. Katakanlah contohnya seperti pengembangan game, pembuatan grafis 3D, dan pekerjaan sejenisnya.

Ternyata, ada banyak sekali ragam jenis-jenis komputer yang ada di dunia dan mungkin salah satu atau beberapa diantaranya sudah pernah Anda gunakan.

Perkembangan ini jelas tidak akan berhenti sampai disini saja. Akan terus ada inovasi baru produk komputer ini seiring dengan kemajuan teknologi.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *