isp
Komputer

Apa Itu ISP: Cara Kerja, Jenis dan Daftarnya

Artikel terakhir diperbaharui 16-08-2021 oleh Aldy Amrillah

Apa itu ISP? ISP adalah sebuah istilah dalam bidang digital. Kepanjangan dari ISP adalah Internet Service Provider atau PIJI (Penyedia Jasa Internet) dalam bahasa Indonesia.

Perkembangan internet marak di Indonesia sejak tahun 1995 dimana ISP pertama kali muncul untuk mengatur kecepatan jaringan internet.

ISP banyak bermunculan dari perusahaan media untuk menetapkan protokol tertentu (IP, HTTP, HTTPS, dan lain-lain). Dengan ISP, jaringan internet domestik dan internasional akan terhubung secara global. Lalu bagaimana mekanisme ISP sehingga bisa seperti itu?. Simak ulasan tentang ISP di bawah ini. 

Cara Kerja ISP

isp adalah

ISP (Internet Service Provider) atau PIJI (Penyedia Jasa Internet) merupakan badan atau perusahaan penyedia jasa internet. Contohnya saja perusahaan media dan telekomunikasi. Jasa yang disediakan yaitu menghubungkan internet, pendaftaran hosting, dan nama domain

Setiap kita terhubung internet, koneksi akan dijalankan melalui ISP sebagai provider. Cara kerja ISP cukup sederhana. Ketika pengguna internet mengirim permintaan akses, pihak ISP akan menyalurkan jaringan internet ke perangkat pengguna, misalnya smartphone, modem, atau wifi.

Baca Juga: PPPoE: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Pihak ISP akan memverifikasi dengan memberikan IP address ke perangkat. Selain menggunakan perangkat yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa menggunakan router yang terpisah agar beberapa perangkat bisa saling terhubung oleh satu jaringan internet.

Layanan ISP digolongkan menjadi 2 macam, yaitu Dial on Demand Internet dan Dedicated Internet. Dial on Demand Internet disebut juga jaringan kabel telepon biasa. Contoh layanan Dial on Demand Internet yaitu Telkom instant  dari Telkom, layanan wireless local dan layanan dial up lainnya.

Sedangkan Dedicated Internet disebut juga jalur lebar (broadband). Jaringan berasal dari non-kabel, yaitu internet satelit. Broadband memiliki kecepatan tinggi daripada modem. Contoh layanan Dedicated Internet yaitu Speedy dari Telkom, ERA Akses, dan layanan Channel 11. 

Jenis-Jenis ISP

ISP sebagai perusahaan penyedia jasa internet memiliki beberapa jenis pilihan. Jenis ISP dapat dibedakan berdasarkan kebutuhan koneksi yang digunakan. Berikut adalah 5 jenis ISP yang perlu dikenali dan diketahui setiap perbedaannya.

  • Dial Up

Dial-up merupakan koneksi internet yang media transmisinya menggunakan kabel atau telepon. Biaya jenis ISP Dial-up tergolong murah, bahkan ada yang menyediakan secara gratis. Perusahaan Telkom dan penyedia warnet biasanya menggunakan jenis koneksi satu ini untuk terhubung ke jaringan internet.

  • Dedicated Connection

Jenis koneksi satu ini bersifat tetap dan menyala dalam 24 jam. Umumnya jenis ini diterapkan oleh perusahaan yang mempunyai banyak perangkat komputer. Hal ini karena perusahaan membutuhkan jaringan internet cepat dalam satu lingkup ruangan. 

  • Hotspot

Pasti Anda sudah familiar dengan istilah Hotspot internet. Hotspot yaitu jaringan internet yang berasal dari hasil sambungan perangkat lain. Jenis koneksi satu ini tidak membutuhkan kabel untuk terhubung dengan jaringan internet.

Contoh jaringan hotspot yang banyak dijumpai yaitu di beberapa tempat perkumpulan. Misalnya café, restoran, hotel, sekolah, kampus. Beberapa tempat tersebut menyambungkan internet dengan cara hotspot ke wifi utama. 

  • Wireless

Jenis koneksi internet selanjutnya adalah wireless. Koneksi wireless menggunakan media kabel karena mempunyai prinsip kerja wide area network. Saat menggunakannya, Anda tidak akan ditarif biaya telepon meskipun menggunakan kabel, namun dikenakan biaya pemakaian internet.

  • Mobile Access

Koneksi internet Mobile Access banyak digunakan untuk pengguna smartphone. Koneksi mobile access yang tersedia hingga saat ini adalah GSM dan CDMA, seperti pada beberapa kartu perdana. Hal ini bisa membuat Anda berinternet dengan mudah dimana saja dan kapan saja. 

Fungsi ISP

ISP adalah jasa penyedia internet yang memiliki banyak manfaat. Fungsi-fungsi ISP sangat bermacam-macam. Manfaat utama yaitu menyambungkan pengguna ke layanan internet gateway sebagai penyedia jasa koneksi internet.

Fungsi kedua adalah penyedia modem untuk koneksi dial up. ISP bisa digunakan untuk penyedia layanan informasi pada World Wide Web (WWW). Kemudian Anda bisa dimanfaatkan untuk mengirim surat online (Email) dengan hanya menggunakan bantuan internet.

Manfaat lainnya adalah bisa digunakan untuk komunikasi digital melalui media elektronik, seperti handphone, PC, atau laptop. Selain bisa melakukan browsing pada homepage tertentu, kegiatan upload dan download dengan menggunakan internet dari ISP juga bisa dilakukan.

kepanjangan dari isp adalah

Cara Memilih ISP Yang Tepat

ISP juga tidak luput dari banyak kendala dalam pelaksanaannya, terdapat persoalan teknis yang menjadi masalah. Misalnya terjadi kesulitan akses oleh pengguna walaupun koneksi internet sudah tersambung, akhirnya akan terjadi lemot pada jaringan tersebut.

Masalah lain yaitu akses ISP down bahkan mati akibat server provider mengalami gangguan. Biasanya masalah seperti ini disebabkan oleh arus listrik yang tidak stabil. Arus listrik yang tidak lancar akan mempengaruhi pelayanan ISP kepada para pengguna.

Masalah teknis seperti kabel yang lepas atau terputus. Kejadian ini tentu akan menghalangi kinerja ISP dalam menyambungkan jaringan internet. Selain kabel, adapter yang putus atau rusak juga mengakibatkan maintenance, sehingga jaringan internet pun terganggu.

Untuk meminimalisir hal-hal di atas, pilih ISP yang bagus dan memiliki kecepatan tinggi dalam menyambungkan data. Lebih baik lagi jika memilih ISP yang dekat dengan tempat tinggal Anda, agar koneksi lancar dan mudah mengatasinya jika ada gangguan tertentu.

Selain itu, pastikan ISP tersebut memiliki izin resmi untuk beroperasi. Pilih ISP yang sudah banyak dikenal dan pelayanannya baik. Dengan begitu, menikmati jaringan internet akan jauh lancar dan menyenangkan.

Contoh Beberapa Daftar ISP Di Indonesia

ISP sudah banyak bermunculan di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan informasi dan telekomunikasi yang berdiri. Berikut adalah beberapa contoh perusahaan penyedia jasa internet yang ada di Indonesia yang wajib Anda ketahui.

  • Indihome

Siapa yang tak kenal dengan perusahaan media satu ini? Indihome merupakan anak perusahaan dari PT Telkom. Provider ini menjadi salah satu yang terbaik dan paling banyak digunakan karena kecepatan jaringan internetnya stabil.

Kecepatan internet yang stabil tersebut karena Indihome memakai kabel fiber optik untuk menyalurkannya kepada pengguna. Jenis kabel itu mampu menjadi media transmisi sinyal yang baik, sehingga menghasilkan internet dengan tinggi.

  • Biznet

Provider yang kedua adalah Biznet. Perusahaan ini melayani bidang komunikasi sebagai penyedia jasa internet dan hosting cloud computing. Sama seperti Indihome, Biznet juga menggunakan kabel fiber optik untuk menyambungkan jaringan internet.

  • MNC Play Media

Perusahaan terkenal dari MNC Media ini memang fokus untuk melayani jaringan internet dan komunikasi elektronik seperti TV kabel yang jelas Anda mengetahuinya. Kabel fiber optik juga digunakan oleh perusahaan ini, sehingga mampu menghasilkan kecepatan internet hingga 1000 Mbps.

  • Access Service Dedicated to Internet (Astinet)

Perusahaan yang dikenal dengan nama Astinet ini juga masih masuk dalam anak perusahaan PT Telkom. Astinet lebih menunjukkan layanan internet berskala lebih besar, berbeda dengan Indihome yang sasaran penggunanya masih dalam kategori kecil.

  • IM2

IM2 adalah ISP yang dikelola oleh PT Indosat M2. Perusahaan ini melayani penyewaan domain dan hosting. Jasa M2 ini banyak dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan dan kantor besar untuk terhubung dengan jaringan internet untuk kepentingan penting.

  • Centrin

Centrin adalah perusahaan yang dikelola oleh PT. Centrin Online. Provider ini menjadi salah satu unggulan karena fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki cukup canggih. Kecepatan yang dimiliki oleh Centrin juga lumayan, yaitu sekitar 160 Mbps.

  • First Media / FastNet

Keunggulan First Media atau FastNet ini adalah kecepatan internet yang dihasilkan tinggi dan tanpa batas. Selain menjadi penyedia jasa internet, layanan TV kabel digital juga disediakan. Media transmisi yang dipakai adalah kabel Hybrid Fiber-Coaxial (HFC) dengan frekuensi 870 MHz.

  • Angkasa Wave

Perusahaan satu ini berdiri di bawah naungan dari PT Angkasa Sarana Teknik Komunikasi. Fokus dari Angkasa Wave yaitu penyedia fasilitas perangkat keras dan lunak serta penyedia jasa internet. Sasaran penggunanya yaitu perusahaan dan instansi pemerintahan yang besar.

  • Provider Mobile Access

ISP terakhir yaitu beberapa perusahaan telepon seluler yang ada di Indonesia. Setiap perusahaan telepon seluler pasti sekalian menyediakan jasa internet. Misalnya saja Telkomsel, XL, Indosat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

ISP adalah jasa yang berperan penting dalam kecepatan atau bandwidth internet. Setiap contoh ISP yang telah ada di Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih menurut Anda yang paling bagus dan berkualitas. 

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Comments are closed.