hardware
Komputer

Hardware: Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

HardwareBagi Sahabat Tedas.id pecinta dunia elektronik seperti komputer mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah hardware.

Hardware adalah salah satu komponen pada komputer yang bersifat kasat mata atau dapat dilihat oleh mata, dan tentunya bisa diraba secara langsung. Atau bisa disebut bahwa hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk yang nyata.

Hardware atau yang biasa disebut dengan perangkat keras ini memiliki fungsi untuk mendukung berbagai proses di dalam komputerisasi. Hardware ini bekerja sesuai dengan perintah pengguna. Segala bentuk output dari berbagai setiap proses akan terealisasi melalui brainware ini.

Seperti yang sudah dipahami orang orang bahwa komputer di dalam memiliki beberapa jenis komponen yang bekerja secara bersama, untuk mengelola informasi yang berguna memudahkan dimengerti oleh penggunanya.

Dan apabila ada salah satu komponen yang tidak berjalan dengan baik membuat proses pengelolaan didalam komputer menjadi tidak berjalan dengan baik juga.

Pengertian Hardware Menurut Para Ahli

Pengertian Hardware

Para ahli dalam beberapa bidang pada komputer telah menjelaskan tentang apa itu hardware. Beberapa ahli ini menjelaskan tentang definisi dari hardisk menurut mereka dan berikut beberapa pengertian hardware dari para ahli.

1.     Pengertian Hardware Menurut Ali Zaki

Menurutnya hardware adalah salah satu bagian fisik dari komputer serta termasuk sirkuit digital yang ada di dalam nya.

2.     Pengertian Hardware Menurut Joko Untoro

Menurutnya hardware adalah perangkat fisik yang berupa komputer sertakan instrumen pendukung dari dibentuknya komputer atau perangkat elektronik.

3.     Pengertian Hardware Menurut Raya Fahreza

Menurut Raya hardware merupakan bagian dari komputer yang bekerja berdasarkan instruksi dari software.

4.     Pengertian Hardware Menurut Sunarto S. Kom

Menurutnya hardware merupakan perangkat pendukung EDPS yang bisa disentuh serta dirasakan.

5.     Pengertian Hardware Menurut Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto

Menurutnya hardware merupakan komponen komputer yang dapat dilihat kasat mata dan dapat dirasakan secara fisik.

6.     Pengertian Hardware Menurut R. Wilman dan Riyan

Menurutnya hardware adalah berupa serangkaian peranti elektronik, yang tercompact dengan ponsel dan berfungsi yang terkait piranti piranti menjadi satu bagian yang tidak dapat dipisahkan.

7.     Pengertian Hardware Menurut Rainer

Menurutnya hardware merupakan perangkat didalam komputer yang berbentuk seperti keyboard, printer, monitor dan processor.

Dan memiliki fungsi untuk memproses, menerima data ataupun informasi dan juga menampilkan sebuah informasi secara mentah untuk diolah menjadi informasi baru yang berguna.

8.     Pengertian Hardware Menurut James O’Brien

Menurutnya hardware adalah peralatan fisik yang digunakan dalam memproses informasi seperti CPU, mouse, keyboard dan lainnya.

Serta perangkat keras adalah media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan juga memproses data sehingga transmisi data menjadi lebih efektif.

Fungsi Hardware

Setelah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan hardware, berikutnya kita akan belajar mengetahui apa saja sih fungsi hardware ini. Tentu saja setiap komponen yang berada pada komputer memiliki fungsi tersendiri.

Seperti pada  ulasan sebelumnya yang menerangkan bahwa hardware adalah komponen yang kasat mata. Secara umum hardware ini memiliki empat fungsi utama dan berikut adalah ulasan mengenai fungsi dari hardware.

Menerima Input

Hardware menerima input yang dilakukan oleh user dan nantinya akan diproses menjadi informasi yang baru lagi. Nah nantinya data yang sudah diproses dan diterima tersebut akan ditransfer menjadi bentuk keluaran atau output.

Mengelola Data/Informasi

Setelah hardware menerima input akan dilanjutkan dengan mengolah input tersebut menjadi informasi yang baru. Hal ini berarti ada beberapa jenis hardware yang memang mempunyai fungsi agar bisa mengolah serta memproses suatu data atau informasi.

Contoh untuk jenis hardware sebagai pengolah data atau suatu informasi seperti Ram, Cpu, Vga dan juga perangkat keras pemrosesan lainnya.

Memberikan Output

Setelah di proses hardware akan mengeluarkan output dan setiap output yang dilihat oleh user akan ditampilkan pada hardware khusus.

Seluruh output inilah yang nantinya bisa dilihat oleh pengguna serta ditampilkan pada hardware khusus yang memang dibuat untuk menampilkan pemrosesan, contoh hardware tersebut adalah seperti monitor.

Menyimpan Data Atau Informasi

Output yang dihasilkan akan disimpan dalam penyimpanan sekunder di dalam komputer. Selain itu hardware yang menyimpan data dapat dipasang diluar maupun didalam komputer.

Penyimpanan ini dilakukan bukan hanya melalui hardware yang terpasang didalam komputer saja, namun ada juga perangkat keras atau hardware yang dipasang di luar komputer seperti flashdisk atau CD.

Jenis-Jenis Hardware Berdasarkan Fungsinya

Untuk melengkapi ulasan yang membahas tentang hardware tidak lengkap apabila jika tidak membahas apa saja jenis hardware ini. Berikut ini adalah ulasan mengenai jenis hardware berdasarkan fungsinya. Bagi anda yang belum mengetahui secara jelas pastikan anda memahami ulasan berikut.

1.     Perangkat Masukan (Input Device)

Setelah kalian mengetahui apa itu hardware, tentu saja anda tahu bahwa salah satu jenis hardware adalah hardware masukan atau perangkat masukan.

Dimana perangkat masukan ini berguna untuk memasukan atau menginput informasi apa saja ke dalam data di komputer kita.

Misalnya seperti data  video, teks, gambar dan juga perintah yang akan digunakan untuk mengoperasikan komputer tersebut. Berikut adalah beberapa contoh dari perangkat keras masukan atau input device.

a)     Mouse

Yang termasuk ke dalam input hardware adalah mouse. Dimana mouse ini menjadi salah satu jenis hardware masukan dengan fungsi untuk bisa menggerakan kursor yang berada di layar komputer. 

Kemudian selain itu, dengan kita menggunakan mouse juga bisa mempermudah pengguna untuk memilih menu atau memasukan perintah yang diinginkan terhadap komputer.

Misalnya seperti perintah untuk memilih file, menggeser file dan juga bisa membantu pengguna dalam membuat serta mengendalikan software.

Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan foto vector kan? Nah salah satu fungsi mouse tentu saja bisa membantu kita dalam membuat pola vector tersebut di software foto editor.

b)    Keyboard

Berikutnya ada keyboard, dimana keyboard merupakan salah satu input device yang bisa membantu user atau pengguna dalam memasukan karakter, huruf atau simbol ke dalam komputer. 

Misalnya saat kita ingin membuat laporan atau makalah, tentu saja dibutuhkan keyboard ini untuk mengetik beberapa perintah dan juga kata-kata di dalam komputer.

c)     Scanner

Selanjutnya ada input hardware scanner, dimana scanner ini bisa kita gunakan untuk mengubah dokumen yang semula berbentuk hard copy menjadi berbentuk soft copy.

Nah jenis hardware yang satu ini pada dasarnya sangat penting digunakan dan juga dimiliki di suatu instansi atau perusahaan.

Hal ini karena suatu instansi atau perusahaan membutuhkan alat yang digunakan untuk mengubah hard copy dari dokumen menjadi softcopy. Apalagi untuk dokumen yang memiliki tanda tangan atau stempel di dalamnya.

Jenis-Jenis Hardware Berdasarkan Fungsinya

2.     Perangkat Pemrosesan ( Process Device)

Selain input device, ada juga hardware yang berguna untuk menjadi perangkat pemrosesan. Dimana perangkat keras yang satu ini bisa mengolah data sekaligus bisa menjalankan proses yang terdapat di sistem komputer. Perangkat pemrosesan ini misalnya seperti yang sudah saya jelaskan di bawah ini.

a)     CPU

CPU adalah perangkat keras yang bisa kita gunakan untuk mengontrol semua proses kerja komputer mulai dari instruksi, pengolahan data sehingga menghasilkan keluaran yang diinginkan oleh pengguna atau user.

Semakin tinggi spesifikasi dari CPU tentu saja semakin cepat juga proses yang dibutuhkan oleh komputer untuk mengolah suatu data.

b)    VGA

Jika kita ingin memainkan game yang HD tentu saja kita membutuhkan VGA yang mumpuni juga. Hal ini karena VGA adalah salah satu hardware di dalam komputer yang berguna untuk mengolah data grafis sehingga nantinya hasil dari proses tersebut bisa dikeluarkan atau ditampilkan ke monitor komputer.

c)     RAM

Ram adalah salah satu perangkat keras yang berguna untuk menentukan kecepatan akses dari komputer.

Untuk itu, agar kita bisa membuat komputer dengan kecepatan akses tinggi tentu saja selain memiliki CPU yang mumpuni juga harus dibarengi dengan kapasitas RAM yang besar pula.

Baca Juga: Pengertian Software

3.     Perangkat Keluaran ( Output Device)

Setelah komputer memproses data atau perintah yang kita masukan tentu saja akan mengeluarkan hasil berupa data keluaran.

Nah untuk bisa menampilkan data keluaran ini dibutuhkan perangkat keluaran atau output device. Berikut adalah beberapa perangkat keluaran atau output device.

a)     Monitor

Perangkat keluaran yang pertama adalah monitor, dimana monitor merupakan komponen yang wajib dimiliki untuk merakit PC atau komputer.

Nah monitor ini nantinya adalah yang akan menampilkan berupa visual dari sistem operasi atau data-data lainnya dari komputer tersebut.

b)    Printer

Untuk masyarakat saat ini tentu saja sudah tidak asing lagi dengan yang namanya printer, dimana printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak dokumen atau data dari komputer menjadi berbentuk hard copy. Misalnya seperti untuk mencetak foto atau mencetak surat.

c)     Proyektor

Proyektor adalah perangkat keras yang digunakan untuk memudahkan kita dalam menampilkan video atau gambar dari komputer ke media yang lebih besar lagi. Umumnya proyektor ini digunakan untuk kita yang ingin menampilkan suatu file presentasi agar bisa lebih jelas lagi.

4.     Perangkat Penyimpanan ( Storage Unit)

Jenis-jenis terakhir dari hardware adalah perangkat keras penyimpanan. Dimana sesuai dengan namanya, perangkat keras ini digunakan untuk menyimpan data-data di komputer atau laptop yang kita miliki. Contoh-contoh dari perangkat keras penyimpanan ini adalah seperti.

a)     Hard Disk

Harddisk adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan informasi atau data di dalam komputer dengan kapasitas yang sangat besar. Perangkat keras ini mempunyai bentuk seperti portable. Kapasitas harddisk ini bermacam-macam mulai dari 320Gb hingga 2Tb.

b)    Flashdisk

Selain harddisk, ada juga flashdisk yang merupakan media penyimpanan yang lebih simple atau lebih mudah dibawa kemana-mana. Flashdisk ini merupakan media penyimpanan dara di komputer yang mempunyai konektor USB.

Jadi konektor ini nantinya akan kita tancapkan ke dalam komputer sehingga flashdisk bisa kita gunakan untuk menyimpan data dari komputer.

c)     Optical Disk

Terakhir adalah Optical Disk yang merupakan media penyimpanan yang dapat dibaca atau ditulis menggunakan cahaya laser. Pada dasarnya optical disk ini seperti CD atau DVD. 

Anton Wahyu
Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *