GPU: Pengertian, Fungsi, Perbedaannya Dengan CPU

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

GPU – Mau beli laptop atau pc? Kamu harus meneliti terlebih dahulu tentang spek dari komputer tersebut. Ada yang sudah paham tapi pasti juga ada yang membingungkan.

Sebagian besar orang pasti mengenal hal umum seperti RAM dan hardisk, tapi masih ada beberapa istilah asing yang digunakan.

Misalnya saja GPU, apa sih arti GPU? Jika kamu masih asing dengan istilah ini sebaiknya kenali dulu. GPU adalah komponen yang cukup penting untuk digunakan dalam sebuah perangkat komputer.

Apa saja fungsinya dan bagaimana cara memilih untuk supaya mendapatkan yang berkualitas?

Mengenal Pengertian Apa Itu GPU

Apa Itu GPU

Otak yang menjalankan komputer disebut dengan Central Processing Unit atau CPU sangatlah penting, tapi lama kelamaan tuntutan soal grafis pun meningkat.

Hanya dengan CPU saja tidak cukup untuk menciptakan tampilan gambar terbaik pada layar komputer.

Oleh karena itu, diciptakanlah Graphic Processing Unit atau yang disingkat dengan GPU. Apabila dilihat dari definisinya, GPU adalah chip yang bisa diprogram dan khususnya untuk kebutuhan display serta tampilan.

Jadi tugas utamanya adalah melakukan render pada gambar, animasi dan video yang ditampilkan pada layar komputer. Posisi peletakannya juga tidak terlalu jauh dari CPU di dalam motherboard.

Pada saat bermain game, editing foto atau video maka tuntutan gambar yang bagus.

Oleh karena itu, penggunaan GPU sangat penting supaya perangkat bisa menampilkan grafis terbaik.

Percuma saja jika kamu sudah membeli layar komputer berkualitas, tetapi GPU yang disematkan tidak mumpuni.

Fungsi GPU

Fungsi GPU

Sesuai dengan pengertian GPU adalah hardware yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan grafis komputer, fungsi GPU sendiri tidak jauh berbeda.

Tanpa adanya GPU, grafis pada layar komputer tidak akan jernih dan memberikan sajian gambar berkualitas.

Dari pengertian GPU sendiri, ada beberapa fokus fungsi yang akan diberikan sebagai berikut ini.

1. Fungsi dalam hal memberikan grafis terbaik

Fungsi pertama dan yang utama adalah untuk proses masukan grafis.Setelah diproses, grafis akan ditampilkan pada layar monitor dan otomatis sudah memiliki kualitas tinggi.

Maka para pekerja di bidang animasi, desain grafis hingga editor perlu memilih GPU yang tepat.

Dengan begitu pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan video serta foto editing kehadiran dari GPU sangatlah penting.

Aktivitas pekerjaan pun jadi lebih nyaman dan tidak heran jika GPU jadi syarat utama dalam rakitan komputer dan laptop.

Dulunya sebelum ada GPU, yang bekerja secara penuh dalam hal grafis adalah CPU. Namun otak komputer ini harus bekerja keras untuk menciptakan grafis sesuai yang diinginkan.

Untuk mengurangi beban pekerjaan GPU, maka komputasi grafis akhirnya dipisah dan beban diberikan pada chip GPU.

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis Komputer

2. Fungsi untuk komputasi paralel

Tak hanya untuk grafis saja, sistem komputasi paralel juga membutuhkan kinerja dari GPU.

Apalagi pada jenis data yang jumlahnya banyak, sebagai gambaran ketika kamu tidak menggunakan aplikasi komputer yang tidak menggunakan grafis tetapi tetap berulang maka GPU bisa meringankan pekerjaan tersebut.

Contoh realnya dari komputasi berulang adalah performa optimal dari penggunaan cryptocurrency.

Ketika komputer menjalankan penembangan crytocurrency maka membutuhkan GPU yang bisa membuat kinerja semakin terintegrasi.

Jenis-Jenis GPU

Jenis-Jenis GPU

Apakah GPU hanya disematkan pada komputer saja? Tentu saja tidak. Ada dua jenis GPU yang jika dijelaskan sesuai dengan penggunaannya yaitu untuk komputer dan juga smartphone.

Kecanggihan komputer yang memerlukan software 3D membutuhkan chip GPU yang berkualitas dan harganya juga tidak murah.

Sama halnya dengan komputer, smartphone juga membutuhkan GPU yang akan menampilkan grafis lebih halus. Karena smartphone kini juga bisa digunakan layaknya komputer mini.

Bisa untuk menonton film, mengedit video dan foto serta masih banyak lagi.

Beberapa jenis GPU yang banyak digunakan untuk smartphone antara lain adalah Tegra, POwerVR dan Mali.

Bedanya, GPU pada smartphone sudah terpasang dari pabriknya. Sedangkan untuk GPU pc yang dirakit sendiri, kamu bisa memilih manakah yang terbaik untuk digunakan.

Perbedaan GPU, APU dan CPU

Perbedaan GPU, APU dan CPU

Selain GPU, ada juga istilah lain yang biasanya digunakan dalam spek komputer yaitu APU dan CPU. Di atas sekilas sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan CPU atau Central Processing Unit.

Untuk tahu perbedaan dari masing-masing istilah ini, bisa mempelajarinya dari pengertiannya berikut ini.

CPU adalah otak komputer yang fungsinya adalah melakukan perhitungan semua perangkat keras. Pada umumnya, ada dua prosesor yang digunakan pada prosesor modern sebagai prosesor intinya.

Kemampuannya juga bagus untuk Hyper Threading sehingga proses bisa bekerja secara simultan. Untuk kecepatan prosesor, pengukurannya adalah dalam satuan gigahertz atau GHz.

Sebagai contoh, ketika CPU kecepatannya adalah 2,4 GHz maka prosesnya adalah 2,4 miliar instruksi untuk satu detiknya.

Khusus CPU, ada dua brand besar yang banyak digunakan yaitu Intel dan AMD atau Advanced Micro Devices.

Berbeda dengan CPU dan GPU, APU adalah Accelerated Processing Unit atau processor yang kemampuanya ganda. Jadi APU memiliki inti prosesor berupa CPU dan GPU dan letaknya terpisah dengan sirkuit tersendiri.

Keuntungan yang didapatkan oleh pengguna adalah GPU terpisah dan kelemahan terbesarnya adalah perlu pembagian RAM dan cache bersamaan. Dengan begitu kemampuan GPU di dalamnya terbatas.

Keuntungan dari GPU serta CPU yang terpisah dalam APU adalah lebih hemat energi dan cukup kuat untuk digunakan bermain game non intensif contohnya triple A.

Pabrik yang memproduksi APU sendiri adalah AMD yang pertama kali dilakukan pada tahun 2011.

Tips Memilih GPU

Intel kemudian juga memproduksi APU pada generasi Core i7 8700K. Setelah mengetahui perbedaan dari masing-masing pengertiannya, maka perlu diketahui juga apakah komputer yang tepat untuk dipilih.

Sebagai saran, jika kamu hendak menggunakan laptop atau komputer untuk pekerjaan mengetik saja, maka menggunakan sistem APU sudah cukup.

Tapi jika kamu ingin menggunakannya mengedit video hingga proses lainnya, maka perlu menggunakan GPU dan CPU.

Tips Memilih GPU yang Tepat untuk Komputer Gaming

Bagi kamu yang berencana untuk merakit komputer gaming, pemilihan produk GPU adalah hal yang harus diperhatikan.

Ada begitu banyak merk dari GPU yang sering digunakan dan manakah di antara banyak merk yang kualitasnya terbaik dan kuat untuk gamers? Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Mengenal merk yang bersaing

Ada dua merek besar yang bersaing soal GPU di pasaran. AMD dan Nvidia. AMD sendiri adalah GPU dengan biaya untuk kalangan menengah ke atas Sedangkan Nvidia adalah GPU dengan merk kelas atas yang banyak digunakan untuk para gamers.

2. Memperhatikan besaran performa

Untuk bermain game, besaran memori minimal yang harus dipenuhi adalah 2 GB. Di antara kedua merk di atas, AMD memiliki standar minimal performa sedangkan Nvidia ukurannya besar dengan performa tinggi.

3. Biaya dan garansi

Terakhir adalah kamu bisa memperhatikan soal biaya serta garansi yang diberikan. Jangan sampai membeli GPU yang diatas budget yang telah kamu sediakan karena akan mempengaruhi kantong.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.