Google Drive: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Google Drive Adalah – USB dan hardisk eksternal adalah dua aksesoris dari laptop yang memiliki fungsi sangat penting dalam menyimpan data. Tapi kedua aksesoris ini bisa saja tertinggal kapan saja, padahal mungkin kamu sedang membutuhkannya.

Hal inilah yang paling banyak dirasakan dan menjadi salah satu masalah yang kini telah ada solusinya. Google Drive adalah solusi yang baik dalam menyelamatkan serta mengamankan file-file penting.

Tidak sedikit karyawan, pekerja freelance hingga pelajar yang memanfaatkan Google Drive dalam menyimpan data. Apa sebenarnya Google Drive itu dan apa saja manfaat serta fungsinya?

Apa Itu Google Drive?

google drive adalah
Image: Google Drive

Membicarakan soal penyimpanan data, Google Drive adalah media yang digunakan untuk menyimpan data secara online atau daring. Basisnya adalah cloud atau internet. Salah satu layanan dari Google ini diperkenalkan pada 24 April 2012.

Layanan ini memiliki saingan lain seperti OneDrive dan Dropbox. Disebut juga sebagai GDrive yang tersedia sebagai aplikasi di laptop serta smartphone. Biasanya menjadi aplikasi bawaan ketika kamu menginstal Google.

Apa saja yang bisa disimpan di GDrive? Beragam jenis file dapat disimpan mulai dari dokumen, gambar hingga video. Google menyediakan kapasitas gratis bagi pengguna sebanyak 15 GB.

Selebihnya jika ingin menggunakan ruang penyimpanan lebih dari 15 GB harus upgrade account dan berlangganan. Karena basisnya adalah internet, maka jika ingin mengakses GDrive baik itu mengunduh, mengupload atau mengedit file maka harus terhubung juga dengan internet.

Jadi kini kamu tidak perlu takut lagi ketinggalan flashdisk atau hardisk, karena semua data bisa disimpan ke dalam GDrive. Asalkan tempat di mana kamu akan mengakses data memiliki jaringan internet.

Macam-Macam Fungsi Google Drive Adalah Sebagai Berikut

Fungsi Google Drive

Apabila dilihat dari pengertianya, Google Drive adalah media yang fungsi utamanya adalah untuk penyimpanan. Fungsi ini memang yang paling menonjol dan sengaja diciptakan begitu oleh pencipta Google.

Sebagai ruang penyimpanan, GDrive memudahkan siapa saja untuk bisa mengakses file di mana saja dan kapan saja. Selama ada internet, data dapat diakses di luar ruangan, kantor atau di rumah.

Bagi orang yang bekerja mengandalkan internet tentu saja ini terobosan yang sangat baik. Apalagi ruang penyimpanan gratis cukup besar yaitu 15 GB. Sebuah kesempatan yang tentunya tidak akan disia-siakan oleh mahasiswa.

Selain fungsinya sebagai ruang menyimpan, ternyata ada banyak fungsi yang dimiliki oleh Google Drive. Apa saja itu dan bagaimana cara kamu bisa menggunakannya? berikut dibawah ini adalah fungsinya:

1. Mengedit File

Google Drive adalah layanan yang terintegrasi dengan program miliki Google lainnya. Contohnya saja file dalam bentuk Google doc, Google spreadsheet, Google formulir dan masih banyak yang lainnya. Jika kamu ingin menyimpan file Ms Word atau Excel bisa dibuka juga menggunakan layanan Google tersebut.

Nah ketika online dan kamu membuka file tersebut melalui Google Drive, kemampuan untuk mengedit bisa didapatkan. Jika kamu perlu mengubah nama dalam data atau grafik di dalamnya maka bisa langsung diedit saat itu juga.

Kemampuan mengedit langsung di Google Drive tentu memudahkan pekerjaan. Kamu tidak perlu mengunduh file, mengedit dan menguploadnya kembali ke GDrive. Semua bisa dilakukan dengan lebih praktis.

2. Membagikan file

Benar-benar sebuah fungsi Google Drive yang sangat menguntungkan. Ketika seseorang memiliki akun Google maka otomatis semua layanan Google bisa dimiliki. Termasuk Google Drive dan Gmail.

Ketika kamu memiliki file yang ukurannya termasuk besar dan ingin memberikannya kepada teman tetapi tidak ada flashdisk maka bisa melalui GDrive. Cukup dengan membagikan file melalui alamat email mereka, maka file akan dibagikan.

Tidak hanya itu saja, file yang dibagikan bisa dibatasi penggunaanya. Misalnya orang yang dibagikan file hanya dapat melihat data atau berperan sebagai editor. Jadi tergantung dengan jenis file apa dan siapa yang dibagikan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di Google Crome

3. Melakukan backup data otomatis

Sama seperti layanan cloud lainnya, GDrive memiliki fitur untuk melakukan backup data dari komputer. Jadi jika sewaktu-waktu komputer kamu terkena virus, data telah di backup ke dalam GDrive jadi tetap aman.

Backup otomatis ini sama halnya dengan data di smartphone yang otomatis tersimpan jadi tidak akan hilang dan untuk mengembalikan data lebih mudah. GDrive juga digunakan untuk membackup data chat Whatsapp yang kamu miliki.

4. Media penyimpanan link serta history

Bukan hanya chat Whatsapp saja yang bisa disimpan melalui Google Drive. Namun jika kamu menemukan link yang menarik dan ingin disimpan bisa memanfaatkan GDrive. Masih banyak yang belum tau mengenai fitur ini dan kamu tidak perlu memilih Bookmark.

Caranya adalah dengan membuat Google Drive sebagai ekstensi di Google Chrome. Kemudian pada saat kamu membuka halaman web yang ingin disimpan, bisa klik ikon GDrive yang ada di pojok dari kolom search website.

Maka otomatis link web yang tadi kamu kunjungi akan otomatis tersimpan ke dalam GDrive milikmu.

Beragam Manfaat Google Drive

manfaat google drive

Setelah mempelajari apa saja fungsi Google Drive bisa dikatakan bahwa layanan ini bisa digunakan sebagai ruang kerja bersama. File yang dibagikan bisa diedit bersama sehingga memudahkan pekerjaan walaupun orang yang mengerjakan berada di jarak yang jauh.

Jika fungsinya sangat banyak, bagaimana dengan manfaat Google Drive? Masih banyak hal yang akan didapatkan jika menggunakan Google Drive. Berikut ini beragam manfaatnya.

1. Dilengkapi dengan fitur penerjemah

Apabila kamu kebingungan mengakses data atau file dalam bahasa Inggris, Google Drive memiliki solusinya. Dengan adanya layanan Google Translate dokumen dalam bahasa apapun akan langsung diterjemahkan.

Cukup dengan membuka file yang sudah ada di Google Drive kemudian klik tools dan pilih translate dokumen. Secara otomatis dokumen yang tadinya berbahasa asing akan diterjemahkan. Supaya jelas, kamu bisa translate bagian-bagian yang penting saja.

2. Memiliki fitur chatting

Bukan hanya memiliki fitur untuk berbagi file data saja, tetapi Google Drive memiliki fitur untuk bisa digunakan sebagai lembar kerja bersama. Pada halaman muka Google Drive kamu bisa tahu teman kerja mana saja yang sedang online.

Supaya pekerjaan menjadi mudah, Google Drive menambahkan fitur chat sehingga kamu bisa berkomunikasi dengan teman. Dengan begitu diskusi dengan teman secara real time bisa dilakukan.

kelebihan google drive

3. Memberikan catatan pada file

Selain chat melalui halaman muka, pada setiap file yang dibagikan kamu juga bisa menandai bagian-bagian mana yang mungkin harus direvisi. Biasanya file yang dibagikan dan bisa diedit dan ditambahkan catatan khusus.

Catatan bisa diberikan pada bagian data secara spesifik misalnya pada teks di Google doc mana saja yang harus direvisi. Pada file yang dibagikan kamu juga akan melihat teman mana saja yang sedang aktif dan bisa menggunakan fitur chat.

4. Dilihat revisi history

Ada banyak file, banyak pula perubahan yang telah dilakukan. Perubahan ini masuk ke dalam history dari setiap file. Inilah manfaat yang dimiliki GDrive dari setiap file yang dimiliki untuk mengecek bagian mana saja yang pernah direvisi.

Karena banyak sekali yang pasti sudah lupa dengan revisi apa saja yang pernah dilakukan. Adanya revisi history ini mempermudah siapa saja untuk melihat revisi apa yang pernah dilakukan.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Dilihat dari fungsi dan manfaatnya maka bisa dilihat beberapa kelebihan dan kekurangan dari Google Drive. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari salah satu layanan Google yang banyak digunakan oleh karyawan berikut ini.

1. Ruang penyimpanan yang cukup besar

Kelebihan yang banyak dimanfaatkan adalah tempat penyimpanan dari GDrive cukup besar yaitu 15GB tanpa harus membayar biaya bulanan. Ada begitu banyak data yang bisa disimpan dalam 15GB ini dan bisa di upgrade jika jumlahnya ternyata kurang.

2. Bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data

Sama seperti hardisk, Google Drive adalah tempat untuk menyimpan jenis data apapun. Baik itu dokumen hingga film. Kebanyakan memanfaatkan GDrive bahkan untuk membagikan dan menyimpan film-film favorit.

3. Membagikan file dengan mudah

Apapun jenis file yang yang telah disimpan bisa dibagikan dengan mudah ke teman-teman. File bisa langsung dibagi melalui email, sosial media seperti Facebook hingga Whatsapp.

4. Apakah data benar-benar aman?

Google menyebutkan bahwa GDrive adalah layanan yang aman untuk menyimpan data-data yang penting sekalipun. Tapi kita tidak pernah tahu apakah data benar-benar aman.

Hingga saat ini Google Drive adalah jenis layanan yang paling diandalkan. Layanan ini memberikan fitur gratis dan berbayar sesuai dengan kapasitas penyimpanan.

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *