6 Daftar Flashdisk Terbaik Beserta Keunggulannya

Flashdisk Terbaik – Teknologi semakin berkembang untuk memudahkan mobilitas kita dalam berbagai hal, khususnya pekerjaan.

Alat yang mampu menyimpan berbagai file penting pun telah diciptakan yang disebut juga sebagai flashdisk. Flashdisk merupakan alat penyimpanan yang praktis dan dapat dibawa kemana saja.

Pengertian Flashdisk

Flashdisk adalah disk lepas dengan port USB sebagai penghubung yang digunakan untuk penyimpanan memori eksternal.

Flashdisk dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file data secara permanen meskipun tanpa aliran listrik. Hal tersebut dikarenakan terdapat rangkaian controller dan memori.

Flashdisk dapat memiliki kapasitas memori yang besar sehingga memudahkan untuk menyimpan file data dalam jumlah yang banyak.

Flashdisk memiliki bentuk yang kecil dan ringan, sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Selain itu, flashdisk merupakan perangkat penyimpanan yang paling banyak digunakan.

flashdisk yang bagus

Ciri-Ciri Flashdisk yang Bagus

Apabila Anda hendak membeli sebuah flashdisk namun bingung dalam menentukan pilihan  flashdisk terbaik, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak salah dalam memilih flashdisk yang akan Anda gunakan.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli flashdisk:

1. Kecepatan

Kecepatan pengiriman file pada flashdisk perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan flashdisk yang bagus.

Kecepatan transfer data yang ada pada flashdisk berkisar antara 480 megabite per detik (Mbps) hingga 4800 Mbps. Semakin tinggi kecepatan transfer data, maka semakin baik pula kualitas flashdisk.

2. Keamanan

Ada baiknya bila Anda memilih flashdisk yang memiliki sistem keamanan seperti sistem touchpad numeric atau kata sandi. Hal tersebut dapat menjaga file-file penting Anda agar terhindar dari pencurian data.

Sehingga orang lain tidak akan dapat menggunakan flashdisk Anda dan melihat isi file di dalamnya.

3. Kapasitas Penyimpanan

Flashdisk yang baik memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Namun semakin besar kapasitas penyimpanan sebuah flashdisk, tentu saja berpengaruh pada harga yang semakin tinggi pula.

Baca Juga  VoIP: Pengertian, Kelebihan, Kelemahan dan Cara Kerjanya

Sehingga Anda perlu menyesuaikan antara kapasitas yang Anda butuhkan dengan budget yang Anda miliki sebelum memutuskan untuk membelinya.

4. Perhatikan Hardcase

Berbagai merk flashdisk menawarkan bentuk yang berbeda-beda, jika Anda hendak membeli flashdisk maka perlu memperhatikan hardcasenya.

Karena hardcase yang terlalu besar dapat memakan ruang yang lebih besar pada laptop atau komputer Anda sehingga tidak memberikan ruang untuk flashdisk tambahan.

merk flashdisk terbaik

6 Daftar Merk Flashdisk Terbaik yang Wajib Diketahui

Setelah Anda mengetahui ciri-ciri dari flashdisk terbaik, maka Anda perlu mengetahui beberapa merk flashdisk beserta keunggulannya.

Agar bisa menjadi referensi Anda untuk memilih flashdisk sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan.

Berikut beberapa daftar merk flashdisk terbaik yang perlu Anda ketahui:

1. Samsung Flash Drive Fit Plus

Bagi Anda yang menyukai bentuk minimalis namun elegan, maka Anda bisa memilih Samsung Flash Drive Fit Plus.

Flashdisk ini memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu hanya 0,9 x 0,7 x 0,3 inci dengan berat hanya 0,11 ons.

Didesain elegan dan minimalis dengan material logam ini membuat flashdisk ini awet digunakan. Flashdisk ini memiliki kapasitas penyimpanan yang beragam mulai dari 32 GB hingga 128 GB.

Kecepatan baca file mulai dari 200 hingga 300 Mb per detik. Selain itu, Samsung memberikan garansi hingga 5 tahun untuk penggunaan flashdisk yang terbebas dari kerusakan.

Meskipun memiliki desain yang minimalis, flashdisk ini didesain tahan air laut hingga 72 jam. Selain itu juga tahan terhadap sinar-X, tahan panas hingga 85 derajat celcius.

Samsung flash drive fit plus ini dibanderol dengan kisaran harga 175.000 hingga 400.000 rupiah.

merk flashdisk yang bagus

2. PNY Turbo Flashdisk

PNY merupakan salah satu merk flashdisk terbaik yang bisa Anda pilih untuk menyimpan berbagai file penting Anda.

Dengan material yang terbuat dari logam menjadikan flashdisk ini tahan air maupun tahan debu sehingga data-data penting yang Anda simpan akan aman terlindungi.

Baca Juga  Cara Memasukkan Video Ke PPT Lengkap Dengan Gambar

Flashdisk PNY memiliki kapasitas yang besar hingga 256 GB dengan body capless yang praktis digunakan.

Jenis port USB yang digunakan pada flashdisk PNY adalah 3.0 sehingga mampu beroperasi pada jenis laptop maupun komputer mana pun.

PNY juga mengklaim produknya memiliki kecepatan yang lebih baik hingga 10 kali lipat dibanding port USB jenis 2.0. Dilengkapi juga dengan fitur membaca data berkecepatan hingga 32 Mb per detik.

Flashdisk PNY Turbo memiliki kisaran harga hingga 500.000 rupiah yang dapat Anda beli di toko elektronik terpercaya.

3. Kingston DataTraveler Ultimate 3.0

Kingston DataTraveler Ultimate 3.0 merupakan salah satu merk flashdisk terbaik yang memiliki fitur kapasitas data terbesar di dunia yakni hingga 1 Terabite dan 2 Terabite.

Anda bisa menyimpan seluruh data penting Anda tanpa khawatir memori penuh karena kapasitas yang dimiliki sangat besar.

Kingston DataTraveler Ultimate 3.0 memiliki bentuk yang elegan dan minimalis. Fitur lainnya adalah kecepatan membaca data hingga 300 Mb per detik.

Flashdisk ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang berprofesi sebagai desainer, editor maupun fotografer yang memerlukan kapasitas penyimpanan file berukuran besar.

Bahan utama yang digunakan sebagai material dari flashdisk ini adalah aluminium. Flashdisk Kingston DataTraveler Ultimate 3.0 memiliki kisaran harga hingga 2.500.000 rupiah.

Harga yang sangat fantastis memang, tapi sebanding dengan kapasitas memori yang sangat besar.

flashdisk paling bagus

4. Corsair Flash Voyager GTX

Selain Kingston, flashdisk yang juga memiliki kapasitas memori hingga mencapai terabite adalah Corsair Flash Voyager GTX.

Flashdisk ini mampu beroperasi dengan sambungan port USB 2.0 dan juga 3.0 dengan kecepatan membaca data hingga 440 Mb per detik.

Salah satu keunggulan dari Corsair Flash Voyager GTX ini adalah mampu bekerja dengan kemampuan yang konsisten.

Dengan kata lain, flashdisk ini dapat mengirimkan file mulai dari file berukuran kecil hingga besar dengan kecepatan yang sama.

Baca Juga  Artificial Intelligence: Apa Manfaat dan Dampaknya?

Corsair Flash Voyager GTX ini memiliki harga jual kisaran mulai dari 1 juta hingga 4 juta rupiah. Anda dapat memiliki flashdisk dengan desain yang keren.

Dilengkapi juga dengan tutup manual dan lampu tanda notifikasi pada body flashdisk.

5. Sandisk Ultra Fit USB 3.0

Salah satu merk flashdisk yang cukup populer adalah Sandisk flashdisk. Sandisk Ultra Fit memiliki port USB 3.1 yang diklaim 15 kali lebih cepat dalam menulis data dibanding port USB 2.0 standar.

Flashdisk ini dapat beroperasi dengan baik pada port USB 2.0 dan juga 3.0.

Kelebihan yang dimiliki oleh Sandisk Ultra Fit flashdisk adalah secure Access sehingga data atau file penting Anda akan aman terlindungi.

Sandisk Ultra Fit tersedia dalam kapasitas memori mulai dari 8 GB hingga 256 GB. Anda dapat memiliki flashdisk ini dengan harga jual kisaran hingga Rp 600.000,-.

flashdisk paling bagus

6. Patriot Supersonic Rage 2

Flashdisk satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memaksimalkan waktu agar lebih efisien.

Pasalnya Patriot Supersonic Rage 2 memiliki kecepatan membaca data hingga 400 Mb per detik, sehingga membuat waktu Anda lebih cepat dalam mentransfer data.

Keunggulan lain dari Patriot Supersonic Rage 2 selain cepat juga sangat awet digunakan.

Flashdisk ini dilengkapi dengan hardcase yang terbuat dari bahan karet sehingga tahan air dan tahan dari kerusakan akibat penggunaan harian.

Patriot Supersonic Rage 2 dibanderol dengan harga berkisar hingga 3 juta rupiah.

Nah itulah 6 daftar rekomendasi merk flashdisk terbaik yang bisa menjadi referensi Anda sebelum membeli flashdisk yang Anda inginkan.

Kecepatan membaca atau menulis data pada flashdisk juga dapat dipengaruhi oleh kapasitas memori yang dimiliki.

Agar flashdisk tidak mudah rusak, sebaiknya lakukan perawatan dan pengecekan secara berkala. Anda bisa melakukan scan virus pada flashdisk sehingga file dan data penting yang Anda simpan terhindar dari virus.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *