Rekomendasi, 5 Emulator Android Ringan dan Cara Aksesnya

Emulator Android Ringan – Android SDK adalah perangkat mobile virtual yang berjalan pada komputer-komputer yang Anda miliki.

Nantinya, emulator akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan serta menguji sejumlah aplikasi Android tanpa menggunakan sejumlah perangkat fisik. Dokumen ini nantinya merupakan referensi untuk opsi pada baris perintah serta pemetaan keyboard untuk perangkat.

Untuk panduan lengkap menggunakan emulator sendiri, Anda bisa menggunakan emulator Android. Perintah keyboard di mana perintah keyboard sendiri juga nantinya akan bermacam-macam. Berbagai jenis emulator Android memang akan sangat bervariasi, Anda bisa menentukan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Mengenal Emulator Android

emulator android untuk pc ringan

Bagi Anda para pecinta permainan ponsel pada Android yang memiliki PC dengan spek yang rendah, maka emulator Android paling ringan serta cepat bisa menjadi pilihan terbaik untuk dimainkan pada PC atau komputer yang Anda miliki. Selain kompatibel, emulator ini juga bisa dijalankan dengan baik meskipun komputer tersebut memiliki spek yang terbilang rendah.

Bahkan tidak hanya itu saja, bahkan platform PC sekelas netbook juga bisa menjalankan emulator secara maksimal. Masing-masing emulator terbaru yang populer saat ini memang tidak jarang memberikan spesifikasi secara khusus untuk sebuah PC agar nantinya bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

Baca Juga  Mari Mengenal Malware, Waspadai Hal-hal Ini!

Ada sebuah kendala dimana masih ada beberapa komputer dengan spek rendah dan bahkan tidak bisa dipergunakan untuk menjalankan emulator tersebut. Maka dari itu, solusi yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan sejumlah emulator Android untuk PC dengan spek yang paling rendah.

Rekomendasi Emulator Android Ringan

emulator android paling ringan

Nah, untuk beberapa rekomendasi emulator Android untuk PC ringan diantaranya sebagai berikut ini:

1. Leadproid

Leadproid sendiri merupakan salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang memiliki PC dengan spesifikasi yang minim. Ukuran dari Leadproid ini sendiri sekitar 271,2 MB. Bahkan, software ini sendiri merupakan emulator Android ringan yang pernah dibuat.

Bahkan salah satu dunia teknologi paling raksasa seperti Google sendiri pernah merekrut sejumlah developer yang berada dibalik pembuatan emulator tersebut.

Bukan hanya memiliki harganya yang rendah bahkan gratis, jenis emulator ini sendiri adalah emulator yang memiliki desain tampilan yang mewah dan juga sangat elegan.

Maka tidak heran bahwa para gamers akan menjadikan emulator ini sebagai salah satu solusi bagi mereka sendiri yang memiliki PC dengan spesifikasi yang terbilang rendah.

Menggunakan sistem Android Kitkat yang begitu stabil, emulator Android ini bahkan bisa dijalankan dengan maksimal pada sejumlah PC atau komputer yang akan menggunakan Intel Dual Core atau AMD Dual Core.

Leadproid yang juga merupakan emulator Android ringan untuk netbook, maka bisa digunakan pada sejumlah PC dengan arsitektur 32 bit ataupun 64 bit. Jenis emulator ini nantinya juga mampu mendukung sejumlah game yang populer baik itu Clas of Clan, Clash Royale atau aplikasi yang lainnya.

2. Windroye

Apabila Anda ingin memainkan game khususnya game Android pada komputer jadul, maka tidak ada salahnya apabila nantinya Anda mencoba Windroye.

Emulator Android ini dibuat oleh Republik Tiongkok yang terbilang cukup handal bahkan sangat stabil apabila dijalankan pada komputer dengan spek yang rendah sekalipun.

Dalam sejumlah percobaan, emulator ini sendiri cenderung cukup stabil pada angka 50 fps dengan adanya komposisi setting komputer dengan menggunakan single core serta 2GB RAM (20148 MB).

Bukan hanya itu saja, untuk nilai plus dari perangkat ini sendiri mampu memberikan keluasaan pada para penggunanya untuk mencoba aplikasi lain yang jauh lebih kompleks.

Beberapa aplikasi lainnya seperti Nova Launcher dan Lspeed. Emulator jenis ini juga sudah menyediakan sejumlah sistem Android secara penuh dengan Launcher Default. Bukan hanya itu saja, untuk Windroye juga telah bisa digunakan secara Cuma-Cuma maupun gratis tanpa adanya iklan jika dibandingkan emulator-emulator yang populer seperti saat ini.

Baca Juga  Cache: Fungsi, Jenis dan Cara Menghapus Cache

3. MEmu

MEmu sendiri memiliki framerate yang terbilang stabil. Bahkan untuk konektivitasnya juga terbilang cukup bagus. Hal ini yang menjadikan MEmu sendiri sebagai salah satu emulator game terbaik yang bisa digunakan untuk PC dengan spek yang rendah.

Hanya dengan bermodalkan komputer Intel maupun AMD dengan besaran RAM 2 GB, MEmu sendiri bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk para gamers yang ingin mencoba emulator pada PC dengan spek yang minim atau cukup rendah. MEmu sendiri terdiri dari 2 versi OS yang berbeda-beda. Baik itu Kitkat dan juga Lolipop.

Akan tetapi, jenis emulator ini sendiri masih cukup banyak bug pada seri Lolipop sehingga nantinya penggunaannya akan lebih dominan untuk menggunakan OS Kitkat.

MEmu sendiri sudah dilengkapi dengan adanya fitur manajemen RAM serta File Explorer yang juga terbilang cukup stabil dengan tingkat Force Close yang minim.

Meskipun bisa dibilang bahwa tampilannya cukup sederhana, akan tetapi MEmu sendiri bisa menjadi salah satu alternatif bagi para gamers yang ingin bermain game pada PC dengan spek yang cukup rendah.

4. Droid 4X

Droid 4X sendiri adalah salah satu jenis emulator yang cukup handal pada komputer meskipun memiliki spek yang minim. Selain tingkat Force Close programnya yang rendah, emulator Android ini sendiri cukup stabil ketika digunakan. Khususnya pada sejumlah game yang memiliki grafis yang cukup berat.

Bahkan tidak hanya itu saja, Droid 4x juga dinilai jauh lebih ringan dan cepat disamping beberapa emulator jenis lainnya. Baik itu Genymotion, BlueStacks, Andyroid atau NOX. Sedangkan untuk beberapa kelebihannya adalah koneksinya yang cukup cepat jika dibandingkan dengan emulator yang sejenis.

Meskipun didesain untuk PC dengan spesifikasinya yang rendah, Droid 4x juga terbilang cukup handal pada kisaran 40 sampai dengan 60 fps. Ada hal yang membuat Droid 4x ini menarik karena tidak akan menyertakan sejumlah program tambahan lainnya untuk dipasang seperti halnya emulator lain-lainnya.

Selain itu, Droid 4x yang termasuk Android paling ringan serta cepat ini juga mampu mendukung sejumlah pilihan untuk resolusi layar yang bisa Anda sesuaikan dengan mudah.

5. KoPlayer

Dilengkapi dengan fitur yang cukup banyak serta ukurannya yang ringan, membuat KoPlayer ini sendiri menjadi salah satu emulator game Android yang terbaik serta biasa digunakan pada PC dengan kelas rendah. Emulator yang satu ini juga mampu menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan penggunanya bisa membuka sejumlah games sekaligus dalam satu layar.

Selain itu, ada beberapa tambahan fitur seperti mode rekam video ketika bermain game memang membuat emulator ini menjadi salah satu pilihan terbaik ketika Anda menginginkan untuk melihat hasil dari permainan sebelumnya. Jenis emulator ini sendiri juga sudah mendukung sejumlah akses root secara default. Sehingga nantinya para penggunannya tidak akan kerepotan untuk melakukan root secara manual.

Untuk menjalankan emulator ini sendiri maka akan dibutuhkan minimal 512 MB RAM yang akan mendukung sejumlah prosessor Intel maupun AMD. Meskipun hanya bermodalkan komputer yang terbilang jadul, ditambah lagi dengan spek yang rendah, maka ada beberapa emulator Android paling ringan yang cepat serta bisa digunakan untuk bermain game Android.

Meskipun beberapa perangkat tersebut terbilang sebagai emulator Android terbaik pada tahun 2017 silam, siapapun juga harus jeli dalam memilih emulator yang cocok dengan spesifikasi pada komputer yang dimiliki. Jangan sampai nantinya menentukan emulator yang bisa menghambat sejumlah aktivitas bermain atau bahkan juga bisa merusak komputer yang Anda miliki.

Cara Akses Aplikasi Android di PC

aplikasi android di pc

Android merupakan platform mobile yang terbilang cukup besar saat ini bahkan memiliki cukup banyak aplikasi. Nantinya Anda bisa dengan mudahnya untuk mengunduh sejumlah aplikasi yang tersedia bahkan di Google Play Store pada Android yang Anda miliki. Akan tetapi, apa yang akan Anda lakukan apabila Anda juga ingin menjalankan aplikasi yang sama di komputer?

Browser Chrome sendiri merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menjalankan sejumlah aplikasi Android. Nah, untuk beberapa cara atau langkah-langkah untuk menjalankan aplikasi Android di PC diantaranya adalah:

1. Mendapatkan File APK

Langkah paling awal yang harus Anda lakukan adalah download aplikasi yang akan Anda jalankan pada komputer dengan format file APK. Download aplikasi ini memang tidak bisa dilakukan secara langsung pada Google Play. Akan tetapi, Anda harus masuk langsung ke situs yang menyediakan file APK baik itu APK Mirror, Android APK Free maupun APK downloader.

Nantinya Anda juga tidak bisa memilih aplikasi apa yang ingin Anda jalankan di situs ini. Download serta simpan file pada APK tersebut terlebih dahulu.

2. ARC Welder

Untuk menjalankan aplikasi yang telah Anda download, maka nantinya Anda perlu menambahkan ekstensi Google dengan nama ARC Welder pada Chrome. Setelah nantinya berhasil, Anda bisa membuka ARC Welder. Pada halaman aplikasi Chrome tersebut, nantinya Anda bisa menemukan ikon ARC Welder.

3. Menjalankan Aplikasi

Setelah ARC Welder terbuka, klik tombol “Choose” untuk memilih direktori. Selanjutnya, klik “Add tour APK” untuk menentukan aplikasi yang nantinya sudah Anda download. Sebelum menjalankan aplikasi, ARC Welder akan meminta Anda untuk mengatur sejumlah tampilan pada aplikasi tersebut.

Nantinya Anda bisa menentukan mode landscape maupun portrait dan memilih bentuk aplikasi tersebut untuk disesuaikan dengan bentuk tablet, smartphone maupun dimaksimalkan di layar komputer.

Setelah semuanya selesai, klik “Launch App”. Pada ekstensi ARC Welder, nantinya Anda hanya diperbolehkan untuk menjalankan satu aplikasi dalam satu waktu, berbeda seperti Android.

Apabila nantinya Anda akan mencoba untuk menambahkan aplikasi lain, maka aplikasi pertamanya akan ditutup. Catatannya adalah bahwa tidak semua aplikasi Android bisa dijalankan pada ARC Welder. Nantinya akan tergantung pada aplikasi Android bisa dijalankan di ARC Welder. Tergantung aplikasi tersebut kompatibel atau tidak.

Pilihan Aplikasi Android di PC

emulator android terbaik

Kebanyakan orang terkadang menginginkan memiliki lebih dari satu gadget saja. Pada umumnya yang dimiliki sendiri adalah ponsel Android dan juga PC.

Akan tetapi, tentunya PC tidak akan bisa dibawa kemana saja, dibandingkan dengan gadget yang bisa Anda bawa kemanapun. Maka dari itu salah satu hal untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan menghubungkan antara aplikasi pada ponsel dan juga PC.

Untuk mengetahui apa saja pilihan aplikasi Android di PC yang nantinya bisa Anda install tentunya pada PC yang Anda miliki diantaranya sebagai berikut ini:

1. SKYPE

Skype sendiri adalah salah satu jenis aplikasi pesan tertua akan tetapi masih banyak digunakan bahkan sampai saat ini. Skype sendiri cukup baik digunakan untuk melakukan panggilan suara saja maupun video.

Meskipun ada beberapa bug yang seringkali ditemui oleh para penggunannya, namun hal ini bahkan tidak akan mempengaruhi kemampuannya sendiri secara keseluruhan.

Meskipun panggilan yang sudah disediakan oleh Skype sendiri gratis, namun Anda harus mengingat bahwa Anda akan tetap dikenakan biaya internet. Disarankan menggunakan koneksi WiFi maupun kuota unlimited. Anda bisa download Android PC ini untuk sekarang juga demi meningkatkan produktivitas Anda sendiri.

2. FACEBOOK MESSENGER

Keuntungan yang ditawarkan oleh Facebook Messenger adalah sudah banyak orang yang telah menggunakannya. Jadi, nantinya Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan siapa pun yang Anda inginkan.

Untuk seluruh layanan yang sudah disediakan oleh Facebook Messenger gratis. Anda nantinya hanya perlu untuk membayar biaya internet saja.

Baca Juga  2 Menit Beres, Ini 4 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

3. LINE

LINE adalah salah satu cara baru untuk bisa berkomunikasi di seluruh dunia. Dengan menggunakan LINE, maka nantinya Anda bisa mengirim pesan teks, menelepon, dan melakukan panggilan video di mana pun Anda serta lawan bicara Anda berada.

Cobalah Anda untuk menggunakan LINE karena LINE sendiri sudah menempati posisi nomor 82 di sejumlah negara.

Apabila nantinya Anda akan menggunakan aplikasi LINE di ponsel Android maupun di PC, maka Anda seluruh percakapan yang akan Anda lakukan ini otomatis akan tersinkronisasi. Untuk itulah nantinya Anda bisa melanjutkan percakapan di mana saja ketika Anda akan membuka Line. Sinkronisasi ini juga bisa dilakukan secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu kerepotan.

4. LINKEDIN

Aplikasi ini adalah aplikasi yang akan memudahkan Anda semua untuk menemukan, terhubung serta membangun koneksi dengan orang-orang yang Anda butuhkan. Bahkan nantinya Anda juga bisa mencari pekerjaan serta mendapatkan cukup banyak update tentang perusahaan-perusahaan yang memang membutuhkan Anda.

Jadi, itulah sebagian informasi yang nantinya bisa Anda ketahui tentang berbagai emulator Android paling ringan yang bisa digunakan. Bahkan ada juga beberapa aplikasi Android di PC yang bisa Anda install untuk membantu Anda dalam pemenuhan akan kebutuhan Anda sendiri.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *