Database: Manfaat, Fungsi Tipe, dan Jenis-Jenisnya

Database Adalah – Perkembangan teknologi yang makin pesat saat ini menuntut setiap masyarakat dunia untuk melek terhadap teknologi. Bahkan mayoritas dari mereka diharuskan untuk menggunakan produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti menggunakan perangkat komputer, gadget, mesin produksi di pabrik, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tahukah Anda jika dibalik sebuah produk teknologi terdapat database dengan berbagai fungsinya? Ya, di setiap produk terknologi pasti memiliki database yang merupakan komponen perangkat lunak terpenting dalam sebuah perangkat komputer.

Apa yang dimaksud dengan data? Jadi, data merupakan sekumpulan fakta yang nantinya akan diproses menjadi suatu informasi dan dijelaskan dengan benar. Data ini terbagi lagi ke dalam dua kategori, yakni data primer dan data sekunder. Namun, kali ini kita akan lebih fokus membahas tentang database yang digunakan pada perangkat komputer.

Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai database dan hal lainnya yang berkaitan dengan database di bawah ini, ya.

Pengertian Data base Adalah Menurut Para Ahli

Database

Apa itu database? Bagi Anda yang belum tahu, data base adalah suatu kumpulan berbagai macam data dan juga informasi yang tersusun dan tersimpan dengan baik di dalam sebuah komputer. Database atau yang kerap disebut basis data ini membuat Anda dapat memeriksa data secara sistematis.

Tidak hanya itu saja, data base adalah dapat dimanipulasikan dan diolah memakai program komputer lain guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari data tersebut. Software yang digunakan untuk mengolah database ini disebut sebagai database management system.

Kata database ini mengacu kepada koleksi data yang saling berkaitan supaya lebih efektif. Berikut ini adalah beberapa pengertian basis data yang dikemukakan oleh para ahli.

a. Jogiyanto

Basis data adalah sekumpulan data dan informasi yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Data ini tidak tersimpan di dalam komputer, melainkan di luar komputer. Oleh karena itulah, diperlukann software pendukung untuk dapat memanipulasi data tersebut.

b. Abdul Kadir

Database dapat diartikan sebagai sebuah pengorganisasian data yang saling berhubungan agar lebih mudah dalam mendapatkan informasi.

c. S. Atte

Data base adalah kumpulan koleksi data-data yang masing-masingnya saling berhubungan dalam sebuah organisasi atau enterprise dengan berbagai macam fungsinya.

d. Fabbri dan Schwab

Database artinya sebuah sistem berkas yang terpadu dan dirancang khusus supaya bisa meminimalkan terjadinya redundancy atau pengulangan data.

Baca Juga  Artificial Intelligence: Apa Manfaat dan Dampaknya?

e. Toni Fabbri

Basis data adalah sebuah sistem file dan juga data yang telah terintegrasi dimana data tersebut mmepunyai primary key yang digunakan untuk melakukan pengulangann data.

f. Gordon C. Everest

Database merupakan suatu kumpulan data yang memiliki sifat mekanis, terdefinisi secara formal, terbagi, dan juga terkontrol. Pengontrolan ini dilakukan secara terpusat dalam sebuah organisasi.

g. C.J Date

Basis data ialah koleksi berbagai informasi operasional yang secara sengaja disimpan serta digunakan dengan menggunakan suatu sistem aplikasi dalam sebuah organisasi.

Apakah Fungsi Database?

Setelah Anda mengetahui tentang berbagai macam pengertian database, di bawah ini Anda akan mengetahui tentang beberapa fungsi dari database. Yuk, simak penjabarannya.

1. Mencegah terjadinya duplikasi data ataupun inskonsistensi pada data.

2. Mengelompokkan data dan juga informasi supaya lebih mudah untuk dimengerti.

3. Dapat membantu proses untuk menyimpan data dengan kapasitas besar.

4. Mampu menjaga kualitas dari data dan informasi yang disimpan supaya dapat diakses sesuai dengan data yang telah diinput.

5. Membantu untuk meningkatkan kinerja pada aplikasi yang sangat membutuhkan penyimpanan data dalam skala besar.

6. Mempermudah pengguna dalamm proses penyimpanan, pembaharuan, akses, dan juga ketika menghapus data.

Manfaat Database

apa yang dimaksud dengan data

Database ini tidak hanya dapat digunakan untuk menyusun data atau informasi tertentu saja, tetapi masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan database ini. Berikut ini adalah manfaat database yang wajib Anda ketahui.

1. Tidak ada Redudansi Database

Pada bagian pengertian database di atas, telah disebutkan bahwa database dapat membantu untuk meminimalkan redudansi pada data. Bagi Anda yang belum tahu, redudansi adalah kemungkinan terjadinya data ganda yang ada dalam berkas yang berbeda.

2. Integritas pada Data Lebih Terjaga

Database akan memastikan jika integritas data tetap terjaga. Hal ini untuk memastikan aksesibilitas, keakuratan, konsistensi, dan kualitas pada suatu data tertentu.

3. Independensi Data Lebih Terjaga

Database akan menjaga independensi dari data tersebut, dimana orang lain tidak dapat melakukan pengubahan data walaupun ia data mengakses data yang ada.

Baca Juga  Jenis dan Manfaat Jaringan Komputer yang Harus Diketahui

4. Kemudahan dalam Berbagi Data

Perangkat lunak yang digunakan pada database dapat dipakai untuk membagikan data dan informasi lainnya kepada sesama pengguna.

5. Dapat Menjaga Keamanan Data

Database dapat menjadi keamanan dari data atau informasi tersebut. Hal ini dikarenakan Anda dapat menyisipkan kode akses pada data tertentu yang dianggap penting supaya orang lain tidak dapat mengaksesnya.

6. Kemudahan dalam Mengakses Data

Database dapat memudahkan Anda untuk mengakses dan juga mendapatkan data. Kemudahan dalam mengakses data ini terjadi karena semua data yang Anda miliki telah terorganisir dengan baik.

Tipe-Tipe Data Base Adalah Sebagai Berikut

tipe database

Setiap data yang disimpan dalam sebuah perangkat komputer, tentu membutuhkan database management system untuk dapat mengolah setiap data yang ada. Hal inilah yang menjadikan database mempunyai beragam tipe. Di bawah ini adalah beberapa tipe database:

1. Analytical Database

Database ini berfungsi untuk menyimpan data dan juga informasi yang telah diambil dari operasional serta eksternal database.

2. Operational Database

Database ini memiliki fungsi untuk menyimpan data secara detail dan sangat dibutuhkan untuk mendukung operasi sebuah organisasi secara menyeluruh.

3. Distributed Database

Database ini merupakan kelompok kerja lokal pada database dan juga departemen dari berbagai macam kantor serta lokasi kerja.

4. Data Werehouse

Database ini merupakan sebuah gudang data yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam data selama bertahun-tahun hingga yang paling terbaru.

5. End-User Database

Database ini adalah database bagi pengguna akhir yang berisikan berbagai macam file data yang telah dikembangkan dari end-user di workstation mereka.

Baca Juga  Cara Memasukkan Video Ke PPT Lengkap Dengan Gambar

6. Real Time Database

Database ini merupakan sistem pengolahan yang telah dirancang sedemikian rupa untuk menangani beban kerja sebuah negara yang terkadang mengalami perubahan. Biasanya data yang ada tidak akan berpengaruh pada waktu.

7. Document Oriented Database

Database ini menjadi perangkat lunak pada komputer yang digunakan pada sebuah aplikasi serta berorientasi pada dokumen.

8. In Memory Database

Database ini tergantung pada kapasitas memori yang digunakan guna menyimpan data atau informasi pada komputer.

9. Navigational Database

Database ini berguna untuk menemukan benda yang mengikuti referensi pada objek tertentu.

10. External Database

Database ini menyediakan kemudahan akses ke luar dan juga data pribadi secara online.

11. Relational Database

Database ini menjadi standar pada komputasi bisnis dan menjadi basis data yang sangat umum digunakan sekarang ini.

Jenis Software Database

Apabila Anda sudah menyimak dengan baik mengenai tipe-tipe database di atas, sudah semestinya Anda merasa penasaran dengan software yang digunakan pada database. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa jenis software database.

a. Microsoft Access

Software ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Hal ini karena Miscrosoft Access menjadi salah satu jenis software yang sering digunakan. Jenis software ini akan sangat cocok apabila digunakan pada komputer yang relasional. Tidak hanya itu saja, software sangat cocok digunakan pada bisnis skala rumahan.

Karakteristik softwarenya yang ringan membuatnya mudah untuk melakukan pembacaan. Apalagi dengan format data yang sangat umum digunakan sehingga mudah untuk dibaca.

b. Oracle

Jenis software ini sangat cocok digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dari ukuran maskimum sampai dengan ukuran terabyte. Oracle saat ini banyak digunakan oleh perusahaan. Apalagi perusahaan yang sedang berkembang. Hal ini dikarenakan akses software ini tersedia secara gratis.

Baca Juga  Cara Meredupkan Layar Komputer Pada Windows

c. Ms SQL Server

Jenis software ini menjadi manajemen basis data yang paling umum dan sering digunakan pada Microsoft. Bahasa pemrograman yang dipakai yaitu Transact-SQL. Software ini sangat cocok digunakan untuk tipe data yang jumlahnya banyak dan dapat mendukung kinerja Anda supaya lebih efektif.

d. MySQL

Software ini sangat kompatibel diakses secara umum dan dapat digunakan pada sistem operasi Linux ataupun Windows. Keunggulan dari penggunaan software ini adalah dapat digunakan sebagai multi user, tersedia secara gratis, proses query data dapat dilakukan dengan cepat, dan telah berlisensi resmi.

e. Firebird

Software ini memiliki karakteristik ringan dengan menggunakan fitur ANS SQL-99 dan juga SQL-2003. Sistem operasi yang kompatibel pada software ini adalah Unix, Linux, dan juga Windows.

f. Postgre SQL

Software ini menawarkan sebuah sistem database opensource dengan memakai lisensi Genereal Public Lisence. Bahasa pemrograman yang digunakan pasa software ini antara lain adalah PHP, C++, SQL, C, dan masih banyak lagi. Software ini sangat cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan pribadi.

Kelebihan Database

kelebihan database

Penggunaan database ini mempunyai banyak sekali kelebihan, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

• Dapat meningkatkan kemandirian data.

• Konsistensi data karenda data hanya dapat mengalami perubahan selama satu kali.

• Dapat meningkatkan aksesibilitas pada data.

• Pengendalian pada kerangkapan data yang dapat meminimalisir adanya data ganda.

• Dapat meningkatkan keamanan data.

• Dapat memperbaiki integritas data.

• Data yang disimpan dapat dipakai secara bersama-sama dengan pengguna lain.

• Dapat memperoleh banya informasi hanya dengan meggunakann data yang sama.

Kekurangan Database

Selain mempunyai banyak kelebihan, database juga memiliki segenap kekurangan. Di bawah ini adalah beberapa kekurangan database.

• Biaya operasional yang mahal karena membutuhkan berbagai perangkat lainnya, baik hardware maupun software. Apalagi jika ditambah dengan biaya-biaya lainnya, seperti biaya untuk penyimpanan atau storage dan juga biaya jaringan atau network.

Baca Juga  Mau Koneksi Gratis? Coba 3 Cara Menggunakan Psiphon Pro Ini

• Perancangan dan pengembangan database yang rumit membuat penggunanya harus memahami dengan baik fungsi dari database tersebut supaya mendapatkan manfaat yang maksimal. Jika terjadi kegagalan, maka kerugian yang ditanggung cukup besar.

• Membutuhkan tambahan biaya konversi untuk memindahkan dari sistem yang lama ke dalam sistem yang baru atau istilah lainnya diupgrade. Biaya pelatihan khusus staff juga diperlukan supaya mereka dapat menggunakan database ini dengan sebaik-baiknya. Jadi, Anda harus menyiapkan budget yang cukup besar hanya untuk database ini.

Keunggulan Menggunakan Database

basis data adalah

Berikut ini adalah beberapa keunggulan menggunakan database.

1. Kecepatan serta kemudahann untuk menyimpan dan melakukan manipulasi data sehingga lebih efektif.

2. Efisiensi ruang penyimpanan supaya tidak membutuhkan terlalu banyak space dan dapat meminimalisir adanya redudansi data.

3. Keakuratan dalam penyimpanan data.

4. Ketersediaan data yang dapat diakses oleh banyak pengguna.

5. Kelengkapan dalam penambahan record data dan juga penambahan objek baru pada sebuah tabel.

6. Keamanan data menjadi lebih terjamin dengan menggunakan database ini karena dapat menentukan sistem operasi yang dapat digunakan.

7. Pemakaian database tidak hanya terbatas pada satu pengguna saja, tetapi juga dapat digunakan untuk beberapa pengguna sekaligus sehingga sangat cocok digunakan pada sebuah perusahaan dengan banyak karyawan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai database. Mulai dari pengertian database, fungsi, manfaat, tipe dan jenis database, hingga kelebihan dan kekurangan database. Dengan penjelasan di atas, tentu saja Anda dapat lebih paham tentang resiko penggunaan database serta perkiraan budget yang harus dikeluarkan.

Sekarang ini penggunaan database memang dibutuhkan hampir di semua sektor, terutama di perusahaan dalam skala menengah hingga skala besar. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini hampir semua perusahaan sangat bergantung pada database dan software yang digunakan.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *