Data Scientist: Pengertian dan Jobdesknya

Data Scientist – Untuk anda yang belum pernah mendengar tentang profesi yang satu ini. Data scientist adalah salah satu pekerjaan atau profesi yang ada di dunia saat ini. Profesi atau pekerjaan Data scientist ini hadir baru saja di dunia yang serba digital.

Bisa dibilang 10 tahun yang lalu belum ada yang kenal atau yang tahu dengan profesi sebagai data scientist ini. Oleh sebab itu tidak heran jika saat ini masih ada banyak yang belum tahu dan belum begitu familiar dengan profesi baru yang satu ini.

Pengertian Data Scientist

Pengertian Data Scientist

Data scientist adalah menjadi salah satu profesi yang bergerak dalam bidang interdisipliner dengan fokus pekerjaan ini terfokus pada teknologi informasi. Jadi secara sederhana, seorang yang bekerja sebagai data scientist adalah mengumpulkan data, mengolah data serta menganalisisnya.

Tujuan dari data scientist adalah ketika sudah mengumpulkan dan menganalisa data, maka diharapkan data scientist bisa menghasilkan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan terhadap suatu badan usaha atau organisasi.

[irp posts=”11618″ name=”Printing: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya”]

Hasil dari analisis tersebut biasanya nanti akan berjumlah besar entah itu terstruktur atau tidak terstruktur.

Sebenarnya sebelum era teknologi seperti ini terdapat juga profesi dan pekerjaan yang serupa seperti data scientist ini. Profesi yang serupa dengan data scientist adalah business intelligence yang tentu saja sudah dikenal oleh banyak pelaku bisnis.

Namun, profesi tersebut hanya berfokus pada penarikan dari hasil analisa. Sementara untuk data scientist adalah mempunyai kewajiban untuk melakukan suatu eksperimen berdasarkan hasil temuan supaya bisa memberikan masukan dan juga saran yang paling tepat yang bisa dilakukan oleh badan usaha atau organisasi yang terkait.

Jobdesk Data Scientist

Mungkin anda disini tertarik untuk menjadi seorang data scientist. Nah berikut dibawah ini sebagai wawasan sudah saya tuliskan beberapa jobdesk dari data scientist.

* Memberikan saran berdasarkan hasil temuan dari analisis yang sudah mereka uji. Tentu saja tujuannya adalah bisa membantu klien dalam meningkatkan pelayanan dan juga pembuatan keputusan.

* Bekerja bersama anggota tim lainnya guna mengidentifikasikan dan juga memprioritaskan beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti.

* Melakukan penelitian, menganalisis dan mendesain berabgai sumber data agar bisa tercapai hasil yang sudah ditargetkan sebelumnya

Apakah Harus Jadi Anak IPA Jika Ingin Jadi Data Scientist?

Mungkin kalian disini memiliki pikiran bahwa untuk menjadi seorang data scientist harus menjadi anak IPA. Hal ini karena namanya saja sudah mengandung kata “scientist”.

Namun bukan berarti untuk menjadi seorang data scientist anda harus mempunyai latar belakang pendidikan IPA ya. Hal ini karena profesi Data Scientist ini dapat dijajal oleh siapa saja dan juga dari rumpun ilmu apa saja kok.

Bahkan untuk anda yang baru saja menyelesaikan program sarjana yang tidak nyambung dengan Teknologi dan Informasi juga bisa menjadi seorang data Scientist.

[irp posts=”11607″ name=”Pengertian Microsoft Word: Fungsi, Manfaat dan Kekurangannya”]

Di Indonesia sendiri saat ini juga sudah ada banyak perusahaan besar yang bergerak dalam bidang perbankan dan juga telekomunikasi yang juga sudah menggunakan jasa dari seorang Data Scientist untuk menjadikannya salah satu posisi penting dari manajemen mereka.

Bahkan tidak hanya perusahaan besar saja, melainkan startup-startup di Indonesia saat ini juga sudah menggunakan dan membutuhkan jasa dari Data Scientist kok.

Perbedaan Data Scientist dan Data Analyst

Perbedaan Data Scientist dan Data Analyst

Walaupun keduanya mempunyai nama yang hampir sama, namun secara mendalam kedua jenis pekerjaan ini tetap saja mempunyai perbedaan loh. Dimana data scientist adalah pekerjaan yang memproses data dengan berbagai cara dan juga berbagai algoritma agar bisa menemukan solusi.

Sementara untuk Data Analyst ini bertanggung jawab terhadap menghasilkan laporan hasil terjemahan dari data angka sehingga menjadi lebih mudah dimengerti.

Data Scientist sendiri melakukan proses analisis terhadap data dengan berbagai metode dan juga algoritma agar bisa menghasilkan solusi dari suatu permasalahan yang sangat rumit. Data Scientist juga akan mengkombinasikan beberapa pasang data untuk bisa mengungkapkan suatu pola.

Misalnya kebiasaan dan juga preferensi dari konsumen. Pola yang dicari dari kasus ini bisa digunakan untuk menjadi acuan dari perusahaan agar bisa memprediksi pergerakan bisnis mereka dalam membuat suatu produk.

Amazon adalah salah satu perusahaan besar yang juga menggunakan seorang data Scientist untuk bisa menentukan produk apa yang disarankan dalam setiap pengguna.

Misalnya mereka akan merekomendasikan suatu produk, tentu saja dibutuhkan beberapa kemampuan khusus diantaranya pemahaman pemrograman, statistika dan juga pengetahuan bisnis.

[irp posts=”10291″ name=”Algoritma: Pengertian, Langkah, dan Strukturnya”]

Sementara itu, sebenarnya Data Analyst juga memiliki kesamaan dengan data scientist yaitu memiliki tugas untuk menganalisis data dan juga bisa mendapatkan pengetahuan baru dari suatu data tersebut.

Yang membedakan adalah seorang Data Scientist akan dibutuhkan jika perusahaan sudah mempunyai data dalam jumlah yang besar dan tentu saja akan membutuhkan bantuan untuk bisa menganalisa nya sebelum menghasilkan suatu data produk.

Sementara bagi seorang Data Analyst ini memang tidak dituntut harus mengerti terkait sleuk beluk dari dunia pemrograman, namun tentu saja akan menjadi nilai plus jika mereka mengetahuinya.

Selebihnya, seorang Data Analyst juga tetap wajib memahami operasi bisnis dan juga statistik karena profesi ini biasanya akan diminta untuk menghasilkan laporan dan hasil presentasi dari data angka menjadi lebih mudah dimengerti.

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.