Data Science
Komputer

Data Science: Pengertian dan 3 Alasan Menjanjikan

Data Science – Di era Big data seperti saat ini, tentu saja semua orang selalu dan hampir membicarakan apa itu data science. Bahkan tentu saja di telinga kita sudah tidak asing lagi mendengar kata data science.

Namun mungkin walaupun kita sudah terlalu sering mendengar kata data science ini, kita masih tidak tahu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan data science tersebut.

Sebenarnya data science ini berkaitan dengan pertanyaan yang muncul di benak kita kenapa Google bisa menciptakan mobil tanpa adanya pengemudi. Atau bagaimana suatu aplikasi bisa menampilkan iklan tentang barang atau data yang sedang kita cari.

Bagaimana mungkin akun sosial media juga bisa merekomendasikan artikel yang berkaitan tentang sesuatu yang kita ikuti kan? Nah dari berbagai pertanyaan tersebut muncul karena adanya fenomena big data.

Pengertian Data Science

Pengertian Data Science

Lalu apa itu Data Science? Data Science adalah suatu ilmu yang menggabungkan statistika, matematika dengan ilmu komputer. TUjuan dari data science adalah menganalisis data dari suatu himpunan data entah itu data dalam skala yang kecil sampai data dengan skala yang besar atau populasi.

Dengan mengaplikasikan beberapa algoritma tertentu guna bisa menggali data dan juga bisa mendapatkan pola data dan juga bisa melakukan suatu prediksi dengan akurat yang bisa membantu untuk pengambilan keputusan sehingga bisa digunakan untuk membuat kecerdasan buatan atau AI yang bisa terus belajar dengan sendirinya.

Jadi pengertian secara sederhana Data science adalah suatu ilmu disiplin yang secara khusus bertugas untuk mempelajari persoalan suatu data terutama data numerik atau data kuantitatif. Saat ini sendiri, ilmu ini sudah mulai menjelma menjadi salah satu prifesi baru yang ada di bidang teknologi.

Profesi ini juga sudah banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan dari startup hingga perusahaan besar. yang menarik adalah data science ini tidak membutuhkan latar belakang pendidikan khusus untuk dapat mempelajarinya.

Bisa diartikan lain sebagai data science adalah penggalian data atau juga bisa dikatakan sebagai kegiatan mengekstrak data supaya bisa difilter dan juga bisa didapatkan data yang benar agar bisa menghasilkan produk data yang nyata. Memang banyak yang tidak tahu jika data science adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Sementara untuk mereka yang berprofesi pada bidang data science ini sering disebut sebagai data scientist atau data analyst. Tentu saja bukan menjadi rahasia lagi apabila pekerjaan yang ada di bidang data science ini merupakan suatu yang masih belum banyak masyarakat ketahui.

Bahkan ada juga beberapa perguruan tinggi ternama yang masih belum memiliki dan belum membuka jurusan untuk mencetak orang-orang hebat pada bidang data science ini.

3 Alasan Kenapa Data Science Begitu Menjanjikan

Kenapa Data Science Begitu Menjanjikan

Menurut beberapa riset yang dilakukan oleh salah satu situs terkenal yaitu Linkedin. Data science adalah salah satu profesi yang paling hot dan menjadi salah satu profesi yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh dunia industri saat ini.

Yang menarik adalah data science ini menjanjikan penghasilan yang sangat besar. Hal ini tentu saja dapat menjadi alasan bagi kita yang ingin terjun ke dalam bidang pekerjaan yang satu ini.

Kemudian selain itu, berikut dibawah ini adalah beberapa alasan yang dapat membuat anda menjadi semakin tertarik untuk mempelajari ilmu data atau data science.

[irp posts=”10291″ name=”Algoritma: Pengertian, Langkah, dan Strukturnya”]

1. Bisa Dipelajari Oleh Siapa Saja

Siapa saja tentu saja dapat belajar data science dengan mudah. Sebagai salah satu ilmu disiplin baru yang sangat unik ini, data science ternyata tidak memerlukan latar belakang khusus atau pendidikan tertentu untuk bisa mempelajarinya.

Data science merupakan ilmu yang dapat dipelajari oleh siapa saja bahkan bisa dipelajari oleh orang dengan ilmu umum sekalipun.

Namun walaupun begitu, kemampuan dasar seperti matematika, pemrograman dan juga statistika sangat membantu dan diperlukan dalam profesi ini.

2. Masih Belum Banyak Diketahui

Walaupun data science ini semakin dicari dan dibutuhkan oleh beberapa perusahaan ternama namun sayangnya masih belum banyak yang tahu akan profesi ini.

Jadi untuk anda yang ingin mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan dengan jumlah saingan yang sedikit, pekerjaan yang berkaitan dengan data science ini adalah jawabannya.

Apalagi dengan semakin majunya teknologi, kalian yang mempunyai kemampuan data science ini akan semakin dapat bernapas lega karena akan semakin ada banyak juga lowongan pekerjaan yang membutuhkan jasa dari kalian.

3. Berpeluang Untuk Bergabung Bersama Perusahaan Besar

Hal yang paling menggiurkan jika kita belajar dan menekuni ilmu data science ini adalah kita memiliki kesempatan emas untuk bisa bergabung dengan beberapa perusahaan-perusahaan besar di dunia. Bahkan bukan menjadi rahasia lagi apabila data science adalah suatu ilmu dan jasa yang paling dibutuhkan untuk perusahaan.

Apalagi untuk perusahaan yang membutuhkan prediksi banyak hal pada masa depan, entah itu berkaitan dengan layanan atau produk baru yang harus diciptakan.

Oleh sebab itu tentu saja akan ada banyak perusahaan besar saat ini yang mulai menyadari betapa pentingnya hal tersebut dan betapa pentingnya mencari orang-orang yang mempunyai kemampuan data science ini.

Itulah pembahasan kali ini mengenai data science adalah dan juga beberapa hal yang mungkin bisa semakin memantapkan Sahabat Tedas.id untuk mempelajari data science, semoga bermanfaat.

Anton Wahyu
Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Comments are closed.