Cyber Security: Pengertian, Konsep, dan Pentingnya Bagi Bisnis

Cyber Security – Saat ini bisnis digital dituntut untuk menerapkan cyber security, mengingat maraknya kejahatan cyber kian tahun semakin meningkat.

Apakah kamu adalah salah satu pebisnis yang belum memperhatikan soal keamanan? Atau kamu ingin menjadi seorang praktisi cyber security? Jaman sekarang ini penting sekali untuk mempelajarinya sejak dini.

Cyber security adalah hal penting yang harus terus diperbaharui meskipun dana yang digunakan pun tidak sedikit. Apalagi jika usaha yang kamu miliki berskala besar.

Mengenal Lebih dalam Pengertian Cyber Security

Jika diartikan dari istilahnya, cyber security adalah cara atau upaya dalam perlindungan informasi dari serangan cyber. Serangan ini dikenal dengan cyber attack dan bisa dalam bentuk kejahatan siber.

Cyber attack dilakukan dalam bentuk sengaja yang tujuannya mengganggu kerahasiaan, integritas serta ketersediaan sebuah informasi.

Bentuknya adalah serangan, jadi akan menciptakan gangguan fisik dan alur dalam sistem informasi.

Nah, di sinilah cyber security akan bekerja dalam bentuk program teknologi di mana rancangannya adalah untuk melindungi jaringan komputer hingga data.

Bagi perusahaan yang sudah merubah data mereka menjadi berbasis digital, maka wajib menggunakan cyber security sebagai proteksi terhadap data-data penting yang dimiliki.

Bukan hanya perusahaan, cyber security ini juga perlu untuk instansi pemerintahan yang memiliki data penting untuk dilindungi.

Sehingga data atau informasi tersebut tidak jatuh ke tangan orang yang salah dan menyalahgunakan data tersebut.

Bisa dikatakan cyber security adalah adalah sistem keamanan dalam bentuk digital yang penting bagi sebuah bisnis.

Cyber Security

3 Konsep Dasar Cyber Security

Membicarakan soal konsep dasar dari cyber security bukanlah sesuatu yang sederhana. Karena cyber attack selalu berkembang seiring dengan perkembangan jaman.

Ada tiga konsep yang tadi telah disebutkan yaitu confidentiality, integrity dan availability.

Ketiga konsep ini dikenal dengan istilah The CIA Triad, dan biasanya digunakan sebagai panduan dalam menciptakan kebijakan keamanan cyber.

Berikut ini penjelasan dari masing-masing konsep tersebut.

Baca Juga  Switch: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

1. Confidentiality/ Kerahasiaan

Sesuatu yang rahasia adalah konsep dasar dari pembatasan akses informasi yang sensitif agar tidak diakses oleh peretas.

Contohnya saja dalam sebuah perusahaan ada orang yang diizinkan untuk mendapatkan akses dan tidak.

Orang yang memiliki wewenang untuk mengakses ini biasanya diberikan pelatihan mengenai cara memberikan informasi serta keamanan akun.

Tentu dengan beberapa cara seperti enkripsi data, klasifikasi data, otentikasi dua faktor, verifikasi biometrik hingga token keamanan.

2. Integrity/ Integritas

Adanya integritas akan memastikan bahwa data tersebut akurat dan konsisten sehingga bisa dipercaya dalam kurun waktu tertentu.

Artinya ketika terjadi transit data, tidak boleh ada yang diubah atau akses ilegal. Untuk itu dibutuhkan langkah tepat dalam mengamankan data.

Baik itu soal izin file serta kontrol dari akses penggunanya. Dengan adanya data ini maka akan mencegah terjadinya peretasan data.

Cyber security menjadi alat yang digunakan untuk mendeteksi terjadinya perubahan data yang ilegal. Contohnya saja seperti checksum atau checksum kriptografi.

3. Availability/ Ketersediaan

Apa yang dimaksud pada konsep ketiga ini adalah ketersediaan hardware dan software hingga jaringan yang membangun keamanan.

Semua harus dilengkapi hingga meningkatkan performa dilakukan terus menerus. Tujuannya agar akses bisa terus lancar dan fungsi berjalan dengan baik.

Perusahaan perlu menyediakan akses data yang bebas gangguan. Selain itu juga bandwidth yang kuat untuk menjalankan software.

Pemeliharaan harus dilakukan secara rutin untuk mencegah terjadinya kerusakan. Penggunaan firewall serta rencana dalam pemulihan data akibat serangan cyber juga harus dibuat.

pengertian Cyber security

Elemen Penting dalam Cyber Security

Dalam pembuatan cyber security ada beberapa elemen yang wajib disediakan. Elemen ini menjadi bagian yang harus diperhatikan oleh pemilik usaha.

Berikut ini beberapa elemen pentingnya sekaligus penjelasan.

1. Perimeter Defense. Sebuah media yang fungsinya untuk mempertahankan infrastruktur informasi. Contohnya IPS dan firewall.

2. Document security policy. Dokumen standar yang menjadi acuan untuk menjalankan proses keamanan.

3. Network Monitoring System. Media yang fungsinya melakukan monitoring kelayakan dan performa.

4. Information infrastructure. Media yang fungsinya untuk menjaga kelangsungan operasi informasi seperti hardware dan software.

5. Network Security Assessment. Merupakan elemen dari cyber security yang fungsinya mengontrol dan memberikan ukuran keamanan.

Baca Juga  Firmware : Pengertian, Fungsi, dan Contoh Penggunaannya

6. System Information and Event Management. Media yang fungsinya untuk monitoring kejadian yang terjadi dalam jaringan.

7. Human resource dan security awareness. Merupakan sumber daya manusia yang menggunakannya.

keamanan siber

Macam-Macam Istilah Cyber yang ada di Indonesia

Ada begitu banyak istilah cyber yang digunakan khususnya di Indonesia. Apa saja istilah yang digunakan? Berikut ini penjelasan dari masing-masing istilah yang digunakan.

1. Cyber security

Cyber security adalah proses serta teknologi dan juga praktik yang digunakan untuk memberikan perlindungan pada program, komputer hingga jaringan. Perlindungan diberikan supaya tidak terkena dampak dari serangan siber.

2. Cyber law

Ada juga istilah cyber law yaitu hukum yang berlaku mengenai dunia siber. Di Indonesia sendiri hukum tercantum dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik.

3. Cyber crime

Kegiatan kejahatan yang menggunakan komputer sebagai medianya sehingga terciptalah kejahatan dunia maya.

4. Cyber attack

Sebuah serangan yang biasa dilakukan oleh negara hingga individu dengan target komputer, infrastruktur hingga jaringan komputer.

Tindakan ini termasuk yang berbahaya dari sumber anonim yang hendak mencuri hingga menghancurkan data penting.

fungsi Cyber security

Jenis-Jenis Serangan Cyber yang Banyak Terjadi

Cyber security adalah teknologi yang digunakan untuk mengatasi serangan siber. Semenjak era digital ini sudah begitu banyak kejahatan cyber terjadi.

Ada yang bisa diatasi dengan antivirus, bahkan ada yang tidak. Para hacker yang berada di balik cyber attack ini ada yang tertangkap dan berhasil melarikan diri.

Bagaimana dengan perusahaan? Tentunya banyak juga yang mengalami kerugian besar.

Apa saja jenis-jenis serangan cyber yang perlu diwaspadai? Bukan hanya skala besar untuk perusahaan, saja tetapi juga bagi individu pengguna jaringan.

1. Malware

Sebuah program yang jenisnya beragam dan sengaja disusupkan ke dalam jaringan internet. Media pembawa malware biasanya email, software online dan masih banyak lainnya.

Virus termasuk jenis malware yang paling banyak tersebar di jaringan internet. Tujuannya adalah menyembunyikan data hingga menghapusnya.

Ada juga yang bekerja dengan menduplikasi sehingga memori komputer menjadi penuh.

2. Denial of Service

Serangan yang bekerja dengan memanipulasi sistem serta jaringan sehingga berjalan dengan lambat atau terasa berat.

Baca Juga  Cara Mengatasi Reboot and Select Proper Boot Device

Pelaku kejahatan siber ini biasanya akan meminta tebusan uang agar program bisa berjalan kembali seperti semula.

3. Scareware

Tipuan dalam dunia maya yang bentuknya iklan pop up dan peringatan dari sistem. Padahal pengguna akan diarahkan untuk mengerjakan tindakan tertentu yang berujung pada penipuan.

4. Botnest dan Zombie

Serangan yang terjadi pada seluruh jaringan sehingga jaringan sentral. Biasanya terjadi di bawah kendali si peretas sehingga data akan dicuri dengan mudah. Selain itu kemampuan enkripsi juga terus meningkat agar tidak mudah dideteksi.

Inilah jenis serangan cyber yang bisa terjadi kapan saja dan perlu diwaspadai sejak dini. Berjaga-jaga di awal dengan cyber security adalah tindakan yang tepat.

peranan Cyber security

Peranan Cyber Security dalam Sebuah Bisnis

Setelah mempelajari pengertian lengkap dari cyber security, seharusnya semua pelaku bisnis sadar betul apa fungsinya.

Ada begitu banyak peranan yang diberikan sebagai berikut ini.

1. Upaya perlindungan dari serangan malware, phising, ransomware dan virus. Data akan terlindungi dan jaringan bisa berjalan dengan lancar apalagi yang memiliki jaringan luas terintegrasi.

2. Pencegahan agar informasi tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak sah atau tidak memiliki izin pada sebuah perusahaan.

3. Perbaikan bisa dilakukan lebih cepat ketika muncul upaya serangan cyber dalam sistem dan jaringan.

4. Pelindung end-user misalnya saja nasabah dari sebuah bank di mana informasinya sangat penting dan harus dilindungi.

5. Masyarakat akan lebih percaya pada perusahaan atau meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Bagi perusahaan apapun, aspek keamanan dalam dunia digital saat ini sangatlah penting. Sudah banyak perusahaan yang akhirnya bangkrut karena tidak memperhatikan masalah ini.

Karena kejahatan siber tidak bisa diprediksi kapan akan datang, ditambah lagi semakin hari begitu banyak yang meningkatkan teknik untuk meretas.

Dengan adanya cyber security ini maka soal keamanan bisa lebih terjamin. Pencegahan dan penjagaan informasi penting lebih terjamin sehingga tidak ada penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pastikan perusahaan yang kamu miliki sudah memiliki cyber security baik dalam bentuk software hingga SDM yang menjalankannya.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *