Corel Draw: Fungsi dan Perbedaan dengan Photoshop

Corel Draw – Software grafis kini sudah menjadi alat yang wajib digunakan. Munculnya teknologi komputer bukan hanya soal olah data saja tetapi juga dalam dunia desain. Hampir semua desainer kini menggunakan software atau aplikasi.

Tidak perlu lagi menggambar manual di atas kertas, karena dengan Corel Draw semua bisa dibuat dalam bentuk digital. Nantinya hasil desain bisa dikirim melalui email atau dicetak.

Corel draw adalah software desain yang paling banyak digunakan selain software seperti photoshop, adobe ilustrator, Sketchup dan masih banyak lagi. Apa itu Corel Draw dan apa saja fungsinya sehingga membedakan dengan software desain lainnya?

Sejarah Perkembangan Corel Draw

Sejarah Perkembangan Corel Draw

Software selalu mengalami perkembangan dengan penambahan fitur di setiap keluaran terbarunya. Awal mula Corel Draw sendiri adalah tahun 1987, dibuat oleh Michel Bouillon dan Pat Beirne seorang programer.

Kedua orang inilah yang membuat grafik dengan basis vektor melalui Corel Draw. Software ini pertama kali rilis tahun 1989 tanggal 16 Januari. Dikembangkan oleh Corel Corporation yang juga dikenal sebagai Corel Graphic Suites.

Corel Corporation sendiri didirikan oleh Michael Cowpland, seorang dengan kebangsaan Inggris yang lulus dari Universitas Imperial Jurusan Teknik. Kemudian Cowpland melanjutkan S2 di University Carleton, Kanada.

Perusahaan pertama yang ia dirikan adalah Mitel Corporation yang sempat booming di tahun 70 hingga 80 an. Pada tahun 1984, Mitel dibeli oleh British Telecom karena adanya masalah manajemen dan ekspansi.

Setelah itu, Cowpland pun mendirikan perusahaan Cowpland Research yang memproduksi printer laser dan pc. Perusahaan Cowpland pun sulit untuk menembus pasar Asia, karena di Asia ada begitu banyak perusahaan pesaing yang mampu memberikan produk dengan harga yang lebih murah.

Arah perusahaan pun beralih untuk memproduksi desktop. Baru pada tahun 87, Michel Bouillon dan Pat Beirne membuat software Corel Draw dan melejit di pasaran dua tahun kemudian.

Pengertian Corel Draw

Apa itu software Corel Draw? Apa yang dimaksud software ini sebagai alat untuk mendesain? Pengertian corel draw sendiri adalah software yang digunakan dalam pembuatan editor grafik vektor.

Program ini banyak sekali digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang publikasi atau divisi marketing. Selain itu perusahaan percetakan dan lainnya yang perlu proses visualisasi untuk memperkenalkan acara atau produk membutuhkan program ini.

[irp posts=”11148″ name=”Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Permanen dan Temporary”]

Mulai dari pertama kali rilis hingga sekarang, Coreldraw telah mengalami banyak perubahan. Ada puluhan versi telah dikeluarkan dan setiap versinya menyesuaikan dengan OS.

Hingga kini, Corel Draw bisa digunakan untuk beberapa OS seperti Windows 7, 8, dan 10. Perusahaan pengembang Corel sendiri saat ini berada di Ottawa Kanada.

Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Corel Draw

kelebihan Corel Draw

Apabila dilihat dari pengertiannya, maka fungsi dari Corel Draw sendiri sangatlah luas. Karena digunakan untuk membuat grafis berbasis vektor ada banyak sekali fungsinya di dalam desain. Beberapa fungsi dari Corel Draw adalah sebagai berikut:

1. Membuat gambar ilustrasi

Saat ini ada begitu banyak software yang memiliki fungsi utama untuk membuat gambar ilustrasi. Sayangnya hasil yang diberikan kurang akurat dan tidak sebagus Corel.

Hasil gambar ilustrasi dari Corel Draw lebih akurat dari ketebalan garis, lengkukan, hingga kerapatannya. Karena kelebihannya inilah Corel Draw lebih banyak digunakan dibandingkan software lainnya.

2. Membuat cover buku

Corel Draw juga memiliki fungsi untuk membuat cover buku yang membutuhkan kejelasan lebih baik dan spesifik. Belum lagi dari segi detail gambar dan kejelasan dari hasil warnanya.

Banyak desainer yang lebih memilih Corel untuk membuat sampul buku karena kejelasannya dari gambar hingga warna.

3. Membuat undangan, pamflet, brosur

Alat marketing lain yang hingga kini cukup efektif digunakan seperti pamflet, undangan hingga brosur membutuhkan desain yang menarik. Desain ini bisa dibuat menggunakan Corel Draw.

Fungsi corel draw dalam hal publikasi offline karena ada begitu banyak jenis font yang bisa digunakan. Sehingga hasil desain bisa lebih kreatif.

[irp posts=”11709″ name=”Data Science: Pengertian dan 3 Alasan Menjanjikan”]

Logo adalah bagian penting dalam sebuah perusahaan. Banyak filosofi di dalamnya, oleh karena itu dalam pembuatannya tidak boleh sembarangan. Ada begitu banyak desain logo yang membutuhkan garis dan warna simpel.

Semua itu bisa didapatkan dengan menggunakan Corel sebagai softwarenya. Pembuatan logo menjadi mudah bagi para desainer.

5. Membuat Komik

Karena merupakan software grafis dalam bentuk garis, maka ada banyak kreator komik yang memanfaatkan software Corel. Dengan garis yang lebih presisi, maka tokoh kartun bisa dibuat dengan lebih imajinatif.

Hasil gambar pun bisa menjelaskan alur cerita yang lebih jelas dan menarik. Siapa saja bisa menikmati hasil karya komik setelah dibuat menggunakan Corel Draw.

Kelebihan dan Kekurangan Corel Draw

Kekurangan Corel Draw

Apabila dilihat dari fungsi Corel Draw di atas, maka ada beberapa kelebihan yang bisa diketahui. Tapi bagaimana dengan kekurangannya. Mengetahui kelebihan dan kekurangan software akan menjadi bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

Karena seorang desainer pasti akan mencari yang sesuai dengan kebutuhannya. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut ini penjelasan apa saja kelebihan yang didapatkan jika menggunakan Corel Draw.

1. User friendly

Tampilan dari Corel sangat sederhana dan pengguna pemula tidak akan kesulitan untuk menggunakannya. Beberapa letak fiturnya mirip dengan Ms Word jadi lebih familiar. Tak banyak fitur kompleks, sehingga mudah digunakan.

2. Memiliki resolusi tinggi

Industri percetakan skala besar seperti banner atau bahkan papan iklan besar biasanya akan menggunakan software Corel Draw karena software ini menyediakan resolusi lebih tinggi.

Mulai dari dari ukuran inci hingga kilometer. Jadi gambar yang dihasilkan tidak mudah pecah.

3. Format Impor dan Export Lengkap

Kelebihan dari Corel Draw adalah format penyimpanan untuk kebutuhan impor dan export pilihannya lebih banyak. Ada format penyimpanan Adobe Illustrator, jadi jika kamu membuat desain menggunakan Corel bisa juga dibuka di software AI.

[irp posts=”8757″ name=”Software: Pengertian, Jenis, dan Contohnya”]

4. Mudah untuk langsung dicetak

Apakah kamu berencana untuk membuat desain yang bisa langsung dicetak? Jika iya maka gunakanlah Corel Draw. Karena software yang biasa digunakan di percetakan adalah Corel dan bukan AI.

Oleh karena itu ketika kamu ingin mencetak gambar dan justru membawa file dalam bentuk AI, maka kebanyakan percetakan akan menolak. File AI sendiri biasanya tidak dapat disimpan dalam bentuk Corel.

Setelah menilai kelebihannya, kini ketahui juga apa saja kekurangan yang dimiliki oleh software Corel Draw. Berikut ini beberapa kekurangannya:

5. Tidak mudah membuat tabel

Walaupun merupakan garis vektor, tetapi untuk membuat tabel tidaklah mudah. Perlu banyak klik dilakukan untuk membuat tabel yang presisi. Sehingga hasilnya bisa lebih sesuai nantinya.

6. Ukuran file besar

Seperti yang sudah dijelaskan, ukuran file besar dihasilkan oleh Corel. Hal ini bisa memberikan keuntungan juga kerugian. Keuntungannya adalah mudah untuk dicetak di percetakan, sedangkan kerugiannya adalah hanya bisa dibuka dengan komputer yang spek nya tinggi.

7. Koreksi Color Space

Warna yang dihasilkan bisa lebih menarik, tetapi seorang desainer harus melakukan akurasi warna terlebih dahulu. Karena masalah yang sering muncul adalah warna cetak dengan bentuk file bisa berbeda.

Perbedaan Corel Draw dengan Photoshop

Dua software grafis yang sering digunakan dan dibandingkan dan merupakan pesaing dari Corel adalah Photoshop. Kedua software ini berbeda walaupun sama-sama digunakan sebagai software desain grafis.

Berikut ini beberapa perbedaan yang bisa didapatkan dari kedua jenis software ini.

1. Corel lebih dulu berdiri dibandingkan Photoshop yaitu tahun 1989 oleh Corel. Sedangkan Photoshop berdiri pada tahun 1990 oleh Adobe.

2. Fungsi utama dari Corel adalah membuat gambar, berbeda dengan Photoshop yang fungsi utamanya adalah mengedit gambar.

3. Objek di Photoshop ketika zoom in dan zoom out bisa berubah resolusinya, sedangkan Corel akan tetap dan tidak berubah.

4. Fungsi lainnya dari Photoshop adalah untuk mengedit gambar dari pixel atau foto dan video. Sedangkan Corel dibuat dengan vektor grafis sehingga digunakan untuk membuat banner hingga logo.

5. Satu layer dari Corel memiliki banyak objek, sedangkan pada photoshop satu layer adalah copian satu objek.

6. Beban yang dialami komputer ketika menggunakan Corel adalah prosesor, sedangkan untuk Photoshop, beban akan diberikan pada memori dan GPU.

7. Pengguna Corel kebanyakan adalah graphic designer, web designer dan ux designer. Sedangkan pengguna Photoshop adalah fotografer.

Corel Draw adalah software yang berbeda dengan Photoshop sehingga penggunanya pun juga berbeda. Jika Sahabat Tedas.id web designer sebaiknya manfaatkan Corel Draw.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.