Komputer

Cloud Storage: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Cloud Storage

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Tedas – Setelah beberapa tahun lalu media penyimpanan data sejenis flashdisk dan hardisk bisa diandalkan.

Dengan bertambah canggihnya teknologi dan perkembangan internet semakin melambung tinggi, muncullah alternatif penyimpanan baru bernama Cloud storage.

Media penyimpanan jenis cloud storage ini tergolong simple dan menarik, hanya saja cloud storage sangat membutuhkan jaringan internet untuk bisa mengakses data simpanannya.

Karena tergolong media penyimpanan secara online, jenis cloud storage ini menawarkan banyak sekali kelebihan yang akan sangat menguntungkan untuk pemakainya.

Berikut informasi rinci tentang keunggulan dan manfaat Cloud storage sebagai media penyimpanan online dibandingkan dengan media penyimpanan offline.

Apa Itu Cloud Storage

Apa Itu Cloud Storage?

Cloud Storage merupakan salah satu media penyimpanan file secara online atau digital, dimana penyimpanan ini mengandalkan adanya koneksi internet untuk mengakses data simpanannya.

Cloud Storage ini merupakan terobosan terbaru dalam dunia penyimpanan data atau storage yang menawarkan banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan media simpanan offline jenis hardisk dan flashdisk.

Prosesnya adalah, data yang telah disimpan ke dalam Cloud storage otomatis tersimpan pada sejumlah server yang dikelola oleh hosting atau disebut dengan pihak penyedia layanan.

Di era sekarang, penyimpanan jenis Cloud storage ini lebih banyak dipakai dan diminati banyak orang, alasannya adalah:

  • Kita tidak perlu khawatir file yang disimpan akan terkena virus yang menyebabkan kerusakan data file yang kita simpan
  • Keamanan data akan terjamin dan tidak akan hilang karena seluruh data disimpan ke dalam server.
  • Simpanan data bisa diakses kapanpun atau sewaktu-waktu dibutuhkan
  • Media akses bisa melalui perangkat seluler atau gadget apa saja yang sudah terkoneksi dengan internet.

Layanan penyimpanan data jenis Cloud storage ini sangat menarik, karena bisa Anda dapatkan secara Free atau Gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan.

Jika Anda menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar, Anda bisa membeli layanan penyimpanan sesuai kebutuhan.

Contoh Layanan Penyimpanan Cloud Storage

Image: Google.

Contoh Layanan Penyimpanan Cloud Storage

Berikut adalah beberapa media menyimpan cloud Storage yang bisa didapatkan dengan tanpa biaya:

Layanan Cloud Storage lainnya yang bisa saja berbayar meliputi:

  • Amazon cloud player
  • Amazon Cloud Drive
  • Apple iClouds
  • Apple iTunes Match
  • Bitcasa
  • Box
  • Certainsafe
  • Cubby
  • Cz
  • Dropbox
  • Idrive
  • Skydrive
  • MiMedia
  • Mozy
  • SafeSync for home

Cara Kerja Cloud Storage

Bagaimana Cara Kerja Cloud Storage

Cara kerjanya penyimpanan data ke media penyimpanan online jenis cloud storage bisa dilakukan dengan mengirim salinan file ke hosting atau penyedia layanan cloud yaitu dengan adanya jaringan internet.

Kemudian, cloud storage ini akan memberikan langkah-langkah dan memberikan Anda akses agar Anda bisa mendownload file yang telah Anda simpan.

Jika suatu saat dibutuhkan perubahan, Anda akan bisa lebih cepat mengakses Cloud storage tersebut untuk membuka data simpanan kapanpun dan dimanapun selama adanya jaringan internet dan perlu Anda ketahui bahwa penyimpanan pada cloud storage ini tidak hanya mengandalkan 1 server saja karena ada banyak server.

Menariknya lagi, media penyimpanan ini tidak memerlukan pengaturan yang sulit karena semua pengaturan sudah otomatis terpasang pada media internet. Seperti saat Anda menyimpan pada Cloud storage di Google Drive.

Saat Anda menyimpan data-data menggunakan google Drive maka Anda hanya perlu menyiapkan koneksi internet dan kemudian membuat akun gmail terlebih dahulu untuk selanjutnya Anda bisa menggunakan layanan google Drive tersebut.

Seperti yang banyak kita tahu, bahwa layanan google drive ini dinaungi oleh perusahaan besar bernama Alphabet, maka yang bertindak sebagai server Google Drive ini adalah pihak Google itu sendiri.

Awal Mula Adanya Cloud Storage

Awal Mula Adanya Cloud Storage

Melihat uraian tentang pengertian cloud storage diatas, cloud storage diartikan dari dua kata penyusun yaitu cloud dan storage. Dalam bahasa Indonesia, pengertian cloud ini adalah awan.

Awan ini adalah kata perumpamaan dari internet. Ibarat internet adalah awan yang luas yang mampu menyimpan dan menampung berbagai hal, seperti informasi dan program tertentu yang bisa membantu dan dimanfaatkan oleh banyak orang.

Sedangkan storage adalah sebuah media penyimpanan yang bisa menyimpan berbagai data dan file digital. Mulai data tertulis, audio, video visual, hingga program dan aplikasi digital lainnya.

Teknologi cloud storage ini, pada dasarnya adalah merupakan layanan pengembangan dari sistem komputasi awan yang disebut dengan cloud computing yang menjadi dasar adanya cloud storage.

Melalui penerapan teknologi cloud computing tersebutlah yang selanjutnya membuat penyedia layanan cloud storage membangun media penyimpanan secara online tersebut.

Bicara soal komputasi awan, sejarah bermulanya membutuhkan waktu yang cukup panjang. Teknologi ini mulai dikenalkan oleh John Mc Carthy, seorang insinyur teknik komputer dari MIT pada sekitar tahun 1960 an.

John mulai mengenalkan penyimpanan online ini pada perusahaan e-commerce Amazon pada tahun 2000.

Amazon sendiri menjadi salah satu pelopor penggunaan sistem cloud storage dengan menjadi penjembatan dari semua layanan e-commerce yang dimilikinya yang kemudian masuk pada layanan Amazon Web Service.

Yang berakhir di beberapa waktu berikutnya perkembangan dari sistem komputasi awan semakin berkembang dan melejit dengan pesat.

Termasuk Google yang menyediakan layanan penyimpanan awan bernama google Drive dan masih banyak lagi tersedia layanan cloud storage yang bisa didapatkan secara gratis.

Jenis-Jenis Cloud Storage

Sudah tahu kan, kalau penyimpanan awan ini ternyata banyak jenisnya. Apa saja?

1. Personal Cloud Storage: Adalah jenis mobile cloud storage yang digunakan untuk menyimpan data perorangan, dan penyedia layanan tersebut menyediakan akses data dimanapun berada. Contohnya adalah Apple iCloud

2. Private Cloud Storage: Adalah bentuk penyimpanan awan yang perusahaan dan penyedia layanan cloud yang terintegrasi dalam pusat data perusahaan

3. Public Cloud Storage: Merupakan perusahaan penyedia layanan penyimpanan Cloud storage yang mengatur keseluruhan data perusahaan pada Cloud, seperti Simple Storage Service atau disebut dengan S3

4. Hybrid Cloud Storage: Jenis penyimpanan ini adalah kombinasi dari private dan public cloud storage, dimana data-data penting disimpan dalam penyimpanan pribadi perusahaan, sedangkan data lain atau arsip-arsip perusahaan disimpan dalam publik storage yang bisa diakses pada penyedia layanan cloud.

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Cloud Storage

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Cloud Storage

Dengan menggunakan jenis penyimpanan Cloud storage ini, Anda akan menemukan berbagai kemudahan dalam melakukan akses data yang disimpan.

Dengan tersedianya layanan cadangan dan pengarsipan data, plus biaya yang lebih murah dibandingkan dengan membeli perangkat keras untuk penyimpanan data secara offline.

Dengan telah banyaknya media penyimpanan online yang sama sekali tidak dipungut biaya, sehingga akan sangat memudahkan sekali secara finansial dan Anda akan terbantu dengan bisa menghemat budget.

Penyimpanan online ini juga termasuk media penyimpanan yang ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah dengan tidak menggunakan perangkat.

Sedangkan dalam sisi keamanan data karena sifatnya adalah remote dan diperlukan jaringan internet saat mengaksesnya, maka pemakai Cloud storage ini harus bergantung oleh bandwidth yang tersedia dan saat proses sharing data jelas akan terputus jika tiba-tiba koneksi internet lambat atau tidak stabil.

Demikianlah uraian informasi tentang Cloud storage adalah beserta manfaatnya. Media penyimpanan online ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda gunakan.

Dengan layanan gratis, mudah dan banyak keuntungan lainnya anda bisa mengakses data yang Anda simpan dimanapun Anda berada. Semoga bermanfaat ya.

Marita Ningtyas
A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

    Comments are closed.