11 Urutan Chipset Terbaik Android, Mana Pilihanmu?

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Urutan Chipset Terbaik – Antutu telah membuat peringkat untuk chipset yang memiliki performa tinggi dalam setengah tahun tahun pertama 2020. Kumpulan chipset ini bisa Anda jadikan pertimbangan ketika hendak membeli smartphone. 

Di tahun 2020 variasi chipset yang masuk dalam daftar Antutu tidak hanya berasal dari Qualcom dan Mediatek saja. Ia juga diisi oleh brand lain yang belakangan mulai mengembangkan kinerjanya menjadi semakin baik. 

Skor terbaik Antutu di tahun ini berkisar antara 249.151 sampai 401.108, sehingga chipset terbaik yang masuk dalam daftar ini memiliki performa yang tinggi. 

urutan chipset terbaik
Image: tekno.kompas.com

11 Urutan Chipset Terbaik Android

Berikut ini merupakan daftar kumpulan chipset versi Antutu China di paruh pertama tahun 2020 yang menempati peringkat 10 besar. 

  • Qualcom Snapdragon 865

Di peringkat pertama, Qualcomm merajai daftar dengan seri Snapdragon 865. Chipset keluaran Qualcomm ini resmi dirilis pada akhir tahun lalu, Anda bisa melihat chipset ini juga sudah mulai diletakkan di ponsel pintar yang keluar belum lama ini. 

Apa yang menarik dari chipset keluaran Qualcomm ini? tidak lain karena ia sudah terkoneksi dengan jaringan 5G. Hal tersebut berkat modem Snapdragon X55 5G yang disematkan di dalamnya. 

Tidak hanya mendukung konektivitas yang membuat chipset ini unggul, melainkan juga performanya yang maksimal dan cocok untuk perangkat Android terbaru dengan fitur yang semakin kompleks. 

Chipset ini mencetak skor di Antutu China sebesar 401.108, yang berada pada peringkat terbaik dalam daftar yang dirilis oleh Antutu. Snapdragon 865 bahkan berada 60 ribu poin lebih tinggi dibandingkan dengan Dimensity 1000+ yang terletak di peringkat kedua. 

Ia dibuat dengan standar CPU dan GPU yang tinggi, membuatnya cocok dipasangkan dengan ponsel yang memang khusus digunakan untuk gamer profesional. Chipset ini juga memiliki GPU Adreno 650 dengan kecepatan yang tinggi. 

Beberapa ponsel keluaran terbaru sudah terlihat menggunakan chipset ini, diantaranya adalah Poco F2 Pro, seri terbaru dari Xiaomi Mi 10, Black Shark 3 dan juga Oppo Find X2 dan X2 Pro. 

chipset adalah

  • Mediatek Dimensity 1000+

Pada peringkat kedua dalam urutan chipset terbaik adalah Mediatek Dimensi 1000+. Tersiar kabar bahwa Mediatek hendak merosot performanya di tahun 2020, namun hal tersebut dibantah dengan dikeluarkannya seri SoC terbaru. 

Seri tersebut merupakan seri terbaik di Mediatek, yakni Dimensity, yang sekarang menduduki peringkat kedua dalam daftar chipset 2020 terbaik yang berada dalam daftar Antutu. 

Sama seperti seri Snapdragon 865 sebelumnya, Mediatek Dimensity 1000+ juga sudah didukung dengan jaringan 5G. Chipset keluaran Qualcomm ini dibuat dengan proses 7nm, membuat chipset ini lebih hemat dalam penggunaan daya di ponsel pintar. 

Tenaga yang ada di dalam chipset ini adalah 4 inti Arm Cortex A77 dan 4 inti Arm Cortex A55. Masing-masing unggul dengan penggunaan daya yang lebih rendah namun memiliki tenaga yang lebih tinggi. 

Untuk gamer yang sering memainkan permainan dengan tingkat grafis dan gameplay yang tinggi, juga disediakan chipset Mediatek Dimensity dengan sembilan inti GPU Arm Mail G77. 

  • Snapdragon 855+

Peringkat ketiga masih dipegang oleh Qualcomm dengan seri Snapdragon 865+. Ia merupakan chipset pengembangan dari generasi sebelumnya, Snapdragon 855 yang dibuat khusus untuk gamer. 

Chipset terbaik urutan ketiga ini memberikan fitur rendering grafis lebih cepat 15 persen, peningkatan kinerja CPU dan efisiensi daya. Ia juga dibuat menggunakan proses 7nm yang sekarang lazim digunakan untuk pembuatan chipset. 

Pada kluster Kryo 485 yang sebelumnya dimiliki oleh Snapdragon 855 ditingkatkan menjadi Kryo 485 Gold dengan tambahan satu core. Performa GPU yang dimiliki oleh chipset ini didukung dengan Adreno 640 dengan kecepatan 672 Mhz. 

Kecepatan tersebut dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan Adreno 640 yang terdapat dalam Snapdragon 855. Karena performanya tersebut, sama seperti seri Qualcomm dengan kualitasnya yang tinggi, chipset ini banyak disematkan pada ponsel khusus game.  

Beberapa ponsel kualitas atas yang menggunakan chipset Snapdragon 855 tidak semuanya khusus gaming contohnya adalah Realme X2 Pro dan Realme X3 Superzoom. Chipset ini sudah banyak digunakan untuk berbagai ponsel global di seluruh dunia.  

  • Kirin 990 

Selanjutnya adalah brand Kirin yang berada di urutan keempat dalam daftar, yakni dengan seri Kirin 990. Anda bisa menemukan chipset ini pada smartphone Huawei dengan spesifikasi kelas atas. 

Hal tersebut terungkap pada awal September 2019 lalu, dimana SoC ternyata telah ditunjang dengan konektivitas dan jaringan 5G. 

Ponsel pintar pertama yang menggunakan chipset Kirin 990 adalah Huawei Mate 30 Pro 5G. Sejudul dengan namanya, chipset ini mendukung unduhan hingga kecepatan 2,3 Gbps, sedangkan kecepantan unggahnya mencapai 1,25 Gbps. 

Untuk mendukung chipset Kirin 990, ponsel tersebut juga ditunjang dengan memori LPDDR4X 4266, sehingga performanya lebih cepat dibandingkan ponsel sekelasnya.
chipset terbaik android

  • SoC Lainnya

Chipset lain yang masuk dalam daftar urutan chipset terbaik dari Antutu China di paruh pertama tahun 2020 lainnya adalah sebagai berikut:

  • Snapdragon 855

Chipset ini memang sudah mendapatkan versi upgrade dengan Snapdragon 855+ namun bukan berarti ia tidak memiliki performa yang baik. Chipset ini memiliki proses GPU yang tergolong kencang dengan fitur yang menarik. 

Ia mendukung DSP Hexagon 690 dan ISP Spectra 380, dengan tambahan pada  sensor kamera mencapai 48 MP. Snapdragon 855 juga sudah dilengkapi dengan dukungan jaringan internet 5G yang bisa menunjang aktifitas ponsel pintar Anda.

Aspek yang membuat chipset ini kencang dengan performanya yang baik adalah adanya grafis Adreno 640 dan Kryo 485. Sudah banyak ponsel yang menggunakan chipset ini, antara lain Xiaomi Mi 9, LG G8 ThinQ dan Samsung Galaxy S10. 

Untuk perbandingannya, chipset Snapdragon 855 ini sebanding dengan kekuatan daya Apple A12, bahkan dengan skor yang cukup tinggi. Di Antutu ia mencapai skor keitar 370 ribuan dengan menggunakan Xiaomi Mi 9. 

  • Exynos 990

Untuk ponsel pintar Samsung tentu sudah tidak asing dengan chipset yang satu ini, sebab ia sudah digunakan dalam Samsung Galaxy S20 yang keluar tidak lama ini. ia merupakan chipset yang dibanggakan oleh Samsung karena performanya. 

Ia dibuat dengan proses EUV 7nm yang dibuat oleh Samsung sendiri, memiliki peningkatan mencapai 25 persen dengan kemampuan CPU-nya dan peningkatan mencapai 20 persen untuk kemampuan GPU. 

Dibandingkan dengan Exynos 9825, chipset ini merupakan chipset terbaik yang dimiliki oleh Samsung saat ini. Terdapat empat core dengan tiga kluster yang dimiliki oleh chipset ini.

Pertama adalah 2 prosesor Mongoose 2,73 Ghz untuk performa yang lebih tinggi, 2 prosesor Cortex A76 2,5 Ghz untuk tambahan performa penunjang dan terakhir adalah 4 prosespor Cortex A5 2 Ghz. 

Chipset terbaik yang digunakan oleh Samsung ini juga hadir dengan tambahan prosesor grafis, yakni ARM Mali G77 yang performa grafik nya 20 persen lebih kencang dan efisien. 

Akan tetapi dibandingkan dengan Snapdragon 865 dalam pengujian, performanya masih dibawah chipset tersebut. Beberapa angka memiliki kesamaan, namun kurang lebih ia secara performa ia sedikit lebih rendah dari chipset tersebut. 

Agar kinerjanya semakin baik, chipset ini dapat ditandemkan dengan modem seluler 5G. Untuk Indonesia sayangnya belum mendukung regulasi mengenai jaringan ini, sehingga ponsel dengan chipset ini di Indonesia tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. 

Chipset Lain dengan Performa Terbaik

  • Dimensity 1000

Chipset ini memiliki varian berbeda dari Dimensity 1000+ yang telah disebutkan sebelumnya dan menempati peringkat kedua. 

Chipset ini merupakan hasil dari pengembang chipset Mediatek, yang belakangan pengmbang tersebut memang lebih fokus dalam pembuatan chipset kelas menengah. Cukup mengejutkan bahwa ia membuat chipset Dimensity 1000 dan 10000+. 

Sama seperti saudara kembarnya, ia juga menjadi chipset yang sudah mendukung jaringan 5G. Dengan hadirnya dua chipset dari Mediatek tersebut, terlihat bahwa ia memang ingin bersaing dengan kelas atas. 

Terdapat chipset delapan core yang terbagi dalam 2 cluster dalam chipset ini, pertama adalah empat core Arm Cortex A77 dengan size mencapai 2,6 Ghz yang khusus dibuat agar performanya kencang. 

Sedangkan klaster kedua adalah empat core Arm Cortex A55 dengan ukuran 2 Ghz agar daya yang dimiliki lebih hemat. Sementara prosesor jenis grafis yang ada disematkan dalam chipset ini adalah Arm Mail G7. 

Dengan kombinasi tersebut, ia tentu menjadi chipset yang tidak boleh diremehkan begitu saja. Dalam beberapa pengujian, terlihat bahwa ia hampir mampu mendekati performa Snapdragon 865. 

Performanya tidak boleh diremehkan, karena ketika ia dibandingkan pengujiannya dengan Snapdragon dengan ponsel Oppo Reno 3 5G ia memiliki angka yang cukup memuaskan. 

Chipset ini juga menarik sebab ia dibekali dengan kinerja AI APU versi 3.0, teknologi tersebut akan membuat dorongan kerja untuk TOPS meningkat sebanyak 4,5. 

Sedangkan untuk jaringan 5G yang disematkan di dalamnya, ia memiliki dua tipe, takni stand alone dan non stand alone yang mendukung jaringan 5G sub dengan ukuran mencapai 6 Ghz. 

Chipset Lain dengan Performa Terbaik

  • Apple A-13 Bionic 

Jika Anda mencari urutan chipset terbaik yang berada di luar daftar Antutu, mungkin Apple A-13 Bionic bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Sebab ia dibuat dengan teknologi 7nm N7P dari generasi kedua. 

Dalam chipset tersebut terdapat 8,5 miliar transistor yang membuat chipset tersebut memiliki performa yang tidak hanya tinggi, namun juga hemat dalam hal penggunaan daya. 

Terdapat enam prosesor yang terdapat dalam chipset keluaran Apple ini, semuanya memiliki basis Arm v8 4A. Dua prosesor yang memiliki performa tinggi berukuran 2,65 Ghz dinamakan lighting. 

Sedangkan empat proses tambahan lainnya adalah thunder yang difungsikan untuk membuat daya penggunaan baterai menjadi lebih irit. 

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Apple A12 Bionic, chipset yang satu ini memiliki kemampuan yang lebih cepat 20 persen dengan konsumsi daya lebih rendah, mencapai 30 persen. 

Penurunan tersebut hanya untuk 2 prosesor utamnya saja, sedangkan 4 prosesor tambahan lainya memiliki kemapuan efisiensi daya 40 persen lebih rendah dengan peningkatan 20 persen kecepatan. 

Terkait dengan performa grafis, ia memiliki keunggulan 20 persen lebih tinggi dan 40 persen konsumsi daya yang lebih rendah. Ponsel iPhone yang menggunakan chipset ini cenderung lebih hemat daya namun performanya lebih tinggi dan cepat. 

  • Apple A12 Bionic

Chipset terbaik selanjutnya adalah Apple A12 yang yang masih sama dari pengembang Apple. Ia merupakan versi sebelumnya dari Apple A13 yang telah disebutkan. 

Chipset ini dibuat dengan fabrikasi teknologi terkini, yakni FinFET 7nm, walaupun kecil berukuran mini ia memiliki kepadatan komponen 1,6 kali lebih tinggi. Ia juga dibuat agar performanya 20 kali lebih cepat dengan efisiensi baterai sampai 40 persen. 

Kinerja yang tinggi dari chipset tersebut telah dibuktikan dengan kemampuan ponsel unggulan iPhone yang rilis belakangan ini, diantaranya adalah iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max yang mendapatkan skor Antutu lebih dari 360 ribu. 

Apple A12 Bionic juga bisa Anda temukan dalam iPad Pro 2018 yang mampu menghasilkan performa tinggi. Terbukti dengan skornya yang mencapai 560 ribuan. Chipset ini cocok untuk Anda yang senang bermain game mobile dengan gameplay yang tinggi. 

  • Snapdragon 865+

Di pertengahan 2020 Qualcomm ternyata juga mengeluarkan Snapdragon 865+ yang merupakan kelanjutan dari Snapdragon 865. Ia memiliki performa terbaik saat ini dengan tingkat kecepatan yang tinggi. 

Ini disebabkan ia dibekali dengan clock yang tingi, begitu pula dengan GPU yang ada di dalamnya. Berbagai fitur tambahan juga dimasukkan ke dalam chipset tersebut, membuatnya unggul selain performanya yang tinggi. 

Terdapat 3 kluster prosesor dalam chipset terbaik keluaran Qualcomm ini, pertama adalah kluster Kryo 585 berjumlah empat buah dengan kecepatan mencapai 1,8 Ghz. Kegunaannya untuk menghemat daya agar ponsel tidak cepat habis ketika dipakai. 

Klaster kedua adalah 3 core dengan kecepatan 2,42 Ghz dengan performa yang sama kencangnya dan kluster ketiga adalah tambahan satu core Kryo 585 dengan kecepatan mencapai 3,1 Ghz. 

Dengan tingginya performa yang ada di dalam chipset tersebut, bukan tidak mungkin ia menjadi chipset dengan performa dan kualitas terbaik saat ini. Tambahan lain dari chipset ini adalah fitur khusus untuk membuat film. 

Fitur tersebut adalah fitur yang juga dicanangkan untuk bermain game dengan frame rate mencapai 144 fps. Untuk pengguna yang suka bermain game juga ditambahkan True 10-Bit HDR gaming. 

Terlihat dari berbagai fitur yang disematkan dalam prosesor tersebut, ia sepertinya memang dibuat khusus untuk bermain game. Asus ROG III dikatakan akan menggunakan chipset ini untuk digunakan di dalamnya. 

  • Exynos 9825

Chipset terbaik lain yang cukup menyita perhatian dari pengguna perangkat ponsel pintar adalah Exynos 9820 yang dikeluarkan oleh Samsung. Ponsle ini digunakan untuk seri Samsung Galaxy S10 yang diedarkan untuk pasar global. 

Teknologi yang digunakan untuk membuat chipset ini adalah fabrikasi 8nm dengan tiga tambahan kluster prosesor di dalamnya. 

Prosesor tersebut antara lain Cortex A55, Cortex dari seri A 75 dan terakhir adalah seri Exynos M4 dengan kombinasi masing-masing ukuran prosesornya 4, 2 dan juga 2. 

Untuk chipset ini ia menggunakan chipset GPU Mali G76 MP12 yang memiliki kemampuan performa yang mumpuni. Hal tersebut terlihat dalam skor Antutu yang didapatkan oleh Samsung Galaxy S10 yang berhasil mendapatkan angka 320 sampai 330 ribuan. 

Masing-masing chipset tersebut telah disematkan ke dalam ponsel yang sepadan dan sesuai dengan spesifikasinya. 

Itulah berbagai chipset terbaik yang bisa Anda pertimbangkan ketika hendak membeli ponsel pintar terbaru. Untuk chipset dengan kemampuan terbaik, tentunya harga yang harus Anda keluarkan semakin besar. 

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *