Tidak Sulit, Begini Cara Upgrade Windows 7 Ke Windows 10

Bagi Anda yang masih menggunakan Windows 7, 8, dan 8.1, kini sudah ada layanan gratis dari Windows untuk otomatis mengganti versi Windows lawas tersebut ke Windows terbaru.

Anda perlu mengetahui cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 tersebut untuk menikmati fitur-fitur menarik terbarunya.

Microsoft sudah menghentikan sistem operasi Windows 7. Hal itu menyebabkan sudah tidak ada dukungan untuk Windows 7 dalam menjaga keamanannya, bukan berarti ini tidak bisa dipakai.

Namun, memakai versi baru Windows akan lebih memberikan manfaat bagi perangkat laptop yang digunakan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Upgrade

Untuk mendapatkan layanan upgrade Windows gratis ini, sistem operasi perangkat Anda (baik Windows 7 atau 8) haruslah versi resmi atau bukan bajakan.

Sistem operasi yang legal akan memudahkan dalam mendapatkan Windows 10 versi Pro sehingga akan lebih menguntungkan.

Anda juga bisa memesan pada sistem Windows untuk mendapatkan update Windows 10 terbaru.

Syaratnya yaitu telah melakukan update Windows sebelumnya dan harus memiliki email yang aktif. Hal tersebut membuat pengguna Windows 7 dan 8 dapat memesan file update Windows 10 dengan mudah.

Selanjutnya, PC atau laptop Anda harus memenuhi kriteria. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah perangkat keras.

Pastikan hardware perangkat laptop sudah memenuhi kompatibilitas agar dapat mendukung proses pembaruan sistem Windows lama ke Windows versi terbaru untuk laptop Anda.

Yang terakhir adalah melakukan back up file. Kegiatan back up atau menyalin data-data penting dianjurkan agar data Anda tidak hilang saat proses upgrade berlangsung.

Anda dapat memanfaatkan OneDrive, Cloud, atau menggunakan hard drive eksternal untuk membantu melakukan back up data.

cara update windows 7 ke 10

Proses Upgrade Untuk Windows 7

Bagi Anda yang masih menggunakan versi lawas Windows 7, ikuti langkah cara update Windows 7 ke 10 berikut ini sehingga Anda bisa lebih cepat dan mudah melakukannya.

Pertama, buka Control Panel pada pencarian Windows. Lalu, cari dan pilih opsi Windows Update untuk membantu proses update Windows.

Setelah itu, klik Check for Updates yang terletak pada kiri jendela. Pada halaman tersebut, pilih seluruh update yang Anda butuhkan dengan menyentangnya.

Jika sudah, klik Install Updates. Windows 10 akan otomatis terinstal di laptop Anda dan seluruh sistem di dalamnya sudah beralih ke versi terbaru.

Sesudah proses update, lakukan cara ini. Pertama klik ikon Windows pada keyboard. Kemudian, pilih opsi Reserve Your Free Upgrade.

Langkah berikutnya yaitu masukkan alamat email Anda. Anda wajib memasukkan email aktif untuk menerima konfirmasi berupa notifikasi email dari reservasi tersebut.

Buka email Anda sesuai dengan alamat email yang Anda masukkan tadi. Email Anda akan menerima pesan bahwa proses upgrade sistem Windows yang telah dilakukan akan dilindungi.

Jika ingin menutup reservasi tersebut, tekan tombol Cancel Reservation untuk membatalkan reservasi tersebut.

upgrade windows 7 ke windows 10

Proses Upgrade Untuk Windows 8

Windows menghentikan dukungan sistem Windows 8.1 karena dianggap kurang populer. Namun saat ini Windows 8.1 masih dalam masa Extended Support.

Setelah masa itu lewat, sistem tidak akan mendapat pembaruan sehingga rentan terhadap malware. Jadi lebih baik segera melakukan update terbaru.

Microsoft juga telah menyediakan layanan update gratis bagi pengguna Windows 7, 8, dan 8.1.

Layanan tersebut untuk memperbarui sistem operasi Windows tersebut ke sistem operasi Windows terbaru yaitu windows 10.

Berikut adalah langkah memperbarui Windows 10 pada Windows 8 yang perlu dipahami.

Untuk mengupgrade Windows 10 dari Windows 8, caranya lebih sederhana. Langkah awalnya yaitu klik tombol ikon Windows + tombol huruf C pada keyboard secara bersamaan.

Kemudian, masuk ke menu Settings, lalu pilih opsi Change PC Settings untuk mengubah pengaturan sistem komputer.

Selanjutnya pilih opsi Update and Recovery pada posisi kiri jendela Windows. Jika sudah, klik tombol Download atau Install untuk mengunduh file update Windows 10. Setelah itu, proses update Windows akan berjalan.

Anda harus bersabar karena proses ini menghabiskan waktu yang cukup lama. Setelah itu, Anda bisa segera mengeceknya apakah proses berjalan dengan maksimal atau tidak, demikian juga fungsi Windowsnya.

update windows 7 ke 10

Upgrade Melalui Situs Windows 10

Untuk memudahkan penggunanya, Windows 10 sudah menyediakan layanan otomatis untuk update sistem Windows 10.

Anda bisa mengunjungi situs web http://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10.

Situs resmi tersebut dinilai lebih aman daripada memanfaatkan situs bajakan.

Setelah masuk halaman web, klik Download Tool Now agar bisa mendownload software untuk melakukan pembaruan sistem operasi.

Kemudian buka file unduhan tersebut. Setelah itu pilih opsi Upgrade this PC Now untuk melakukan proses update, lalu pilih Next. Proses update akan dimulai.

Selanjutnya, pilih Keep Personal Files and Apps untuk menyimpan data berupa file atau aplikasi agar tidak hilang. Setelah itu klik Install.

Anda harus paham jika proses upgrade sistem Windows akan memakan waktu yang lama dengan beberapa kali restart yang akan Anda jumpai pada laptop Anda.

Setelah proses upgrade tersebut tuntas, buka menu Settings pada Windows. Setelah itu pilih Windows Update lalu pilih Activation untuk mengaktifkan lisensi Windows 10 tersebut.

Fitur menarik dari Windows 10 akan langsung terpasang pada sistem operasi Windows di laptop Anda dan bisa langsung dinikmati.

Informasi mengenai cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 beserta upgrade Windows 8 ke Windows 10 diatas dapat Anda pelajari agar lebih mudah saat melakukannya.

Cukup mudah bukan cara upgrade nya? Sesuaikan dengan versi Windows perangkat laptop / PC Anda sekarang dan langsung terapkan. Selamat mencoba!

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *