Komputer

Ini Dia Cara Transfer File dari HP ke Laptop

cara transfer file dari hp ke laptop

Apakah file ponsel Anda sudah memenuhi memori? Jika iya, Anda tentu membutuhkan penyimpanan yang lebih besar lagi, salah satunya melalui pemindahan ke laptop.

Ada beberapa cara transfer file dari hp ke laptop yang bisa dicoba sehingga pemindahan dapat dilakukan dengan lancar.

Ya, pemindahan file dari ponsel ke laptop sejatinya bukan sesuatu yang sulit. Apalagi di zaman yang sudah serba canggih seperti saat ini.

Karena ada berbagai macam manfaat yang bisa diambil dari proses pemindahan file tersebut. Selain menghindari HP kamu jadi lemot karena kelebihan beban memori, juga akan mengosongkan memori HP agar bisa diisi kembali dengan file baru.

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan pemindahan file ponsel ke dalam komputer jinjing Anda tersebut.

Selain itu tidak lupa disertakan juga bagaimana langkah ataupun cara-cara pemindahan file yang bisa mempermudah Anda dalam melakukannya.

Benefit Memindahkan File HP ke Laptop

Memindahkan file dari handphone ke laptop sejatinya dapat dilakukan dengan mudah dan tentunya sangat penting untuk Anda lakukan.

Adapun keuntungan memindahkan file HP ke laptop adalah sebagai berikut.

  • Melegakan memori internal handphone

Untuk membuat memori internal ponsel menjadi semakin lega dan lowong sebenarnya bisa dilakukan dengan cara menghapus file-file yang tersedia.

Namun tentunya tidak semua file bisa kita hapus begitu saja, karena mungkin ada beberapa file penting atau memori yang ingin tetap Anda simpan.

Itulah sebabnya banyak orang yang ingin mengetahui cara mengirim file dari HP ke laptop, sehingga mereka tetap bisa menyimpan foto, lagu, video, maupun file penting lainnya tanpa perlu menghapus secara permanen.

Apabila memori ponsel semakin lega dan luas, tentunya juga akan berpengaruh pada kecepatan ponsel tersebut.

Dengan demikian, secara tidak langsung Anda juga akan lebih mudah mengeksplor berbagai fitur ponsel secara lebih cepat tanpa menunggu kinerja ponsel yang lamban.

cara mengirim file dari hp ke laptop

  • Mengatasi kendala penyimpanan file ponsel

Anda pernah mengalami kendala penyimpanan ponsel yang terlihat penuh padahal file yang dimiliki tidak terlampau banyak?

Nah, dengan cara transfer file dari hp ke laptop Anda dapat melihat apakah kendala dan permasalahan tersebut memang dari ponsel atau hanya dari file yang rusak.

Kendala penyimpanan file ponsel juga dapat terjadi ketika ponsel menjadi lamban karena terlalu banyak menyimpan file yang tidak penting.

Dengan memindahkan file ke device atau perangkat lain, kinerja HP Anda akan lebih optimal dan semakin mudah diakses.

Kinerja yang dimaksud misalnya dari kecepatan pengiriman data yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

Adanya proses pemindahan data juga bisa memindahkan file-file yang tidak penting sehingga tidak membuat ponsel menjadi berat oleh kapasitasnya.

  • Sebagai back up data

Memindahkan file dari HP ke ponsel juga difungsikan sebagai bagian dari back up data.

Back up merupakan upaya cara memindahkan file dari hp ke laptop yang banyak dilakukan untuk membuat file tidak perlu dihapus, sehingga Anda dapat mempunyai cadangan data yang dimaksud.

Back up ini dapat terasa manfaatnya ketika Anda ingin menyimpan file kesayangan. Selain itu jika ada kendala seperti virus atau harus melakukan reset pabrik, tentunya data-data Anda bisa segera diselamatkan.

Dengan begitu ketika HP Anda rusak atau bermasalah, maka Anda masih mempunyai file cadangan yang bisa digunakan.

Banyak file yang bisa di back up, seperti lagu, foto, video rekaman, hingga voice recorder. Apabila tidak ingin diakses lagi, Anda tinggal menghapusnya.

Apabila ingin diliat dan dinikmati kembali, maka mem-back up file ke laptop adalah salah satu solusinya.

cara transfer file dari hp

Memindahkan File Ponsel Melalui Kabel Data

Kabel data adalah satu dari sekian banyak cara transfer file dari HP ke laptop yang paling mudah untuk dilakukan.

Dengan menggunakan kabel bawaan ponsel atau kabel eksternal lain, Anda bisa memindahkan data secara langsung tanpa kesulitan yang berarti.

Cara memindahkan datanya pun cukup mudah. Cukup menyambungkan ujung kabel data tersebut ke device yang sesuai.

Lalu setelah terpindai, Anda bisa langsung meng-copy atau meng-cut file yang diinginkan untuk kemudian dipindahkan pada laptop atau komputer.

Supaya lebih lancar, pastikan kabel data yang Anda gunakan benar-benar kompatibel dan sesuai dengan port USB yang ada di ponsel.

Jangan sampai salah karena menganggap semua kabel sama, apalagi saat ini sudah banyak kabel data yang menyesuaikan dengan port USB type-C.

Meskipun cenderung mudah dilakukan, ternyata cara memindahkan file dari HP ke laptop menggunakan kabel seperti ini juga memiliki risiko yang cukup besar.

Salah satunya adalah jika komputer Anda memiliki virus, maka kemungkinan akan terbawa ke ponsel juga bisa terjadi. Virus yang terbawa tersebut akan masuk ke sistem ponsel dan bisa merusak data yang ada.

Oleh karenanya, pastikan Anda berhati-hati dan tidak lupa untuk selalu mengaktifkan antivirus. Kemudian memindai perangkat secara berkala sehingga meminimalisir penyebaran virus komputer yang membahayakan.

Cara Mengirim File dari HP ke Laptop Tanpa Kabel

Selain menggunakan kabel data, ada beberapa cara lain yang juga memudahkan Anda dalam memindahkan data-data dan file ke laptop atau komputer.

Ada cara sederhana yang menggunakan aplikasi dan tools kedua device, ada juga yang membutuhkan perangkat tambahan, seperti:

  • Penggunaan bluetooth kedua device

Ada cara transfer file dari HP ke laptop yang dapat dilakukan apabila Anda tidak memiliki kabel data, yaitu dengan menggunakan bluetooth.

Perangkat lunak yang satu ini terdapat di hampir semua smartphone dan beberapa tipe laptop. Cara pemindahannya pun mudah, sama seperti melakukan transfer data antar HP.

Untuk menjalankan pemindahan file, jangan lupa untuk mengaktifkan bluetooth di kedua device yang akan Anda gunakan.

Selanjutnya hubungkan kedua bluetooth tersebut dan pindahkan file dengan memilihnya dari perangkat ponsel. Selanjutnya, tunggu saja selama beberapa menit hingga prosesnya selesai.

cara memindahkan file dari hp ke laptop

  • Menggunakan card-reader

Anda juga dapat memanfaatkan media lain seperti card-reader. Meskipun cukup ribet, namun cara seperti ini merupakan cara yang cukup efektif untuk memindahkan file yang diinginkan.

Cara kerjanya pun tidak jauh berbeda dengan flash disk atau kabel data, hanya berbeda bentuk medianya saja.

Pertama, pastikan Anda sudah melepas kartu memori pada ponsel kemudian masukkan ke card-reader tersebut.

Selanjutnya sambungkan card-reader ini pada port komputer, kemudian copy atau cut dan paste file yang dimaksud untuk dipindahkan ke laptop. Cukup sederhana dan mudah, bukan?

  • Instalasi aplikasi ShareIt PC

Ada juga salah satu cara mengirim file dari HP ke laptop yang cukup banyak dilakukan, yakni dengan memanfaatkan aplikasi ShareIt PC.

Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan penggunaan bluetooth. Itulah sebabnya jika pada laptop Anda tidak tersedia fitur bluetooth, maka aplikasi ini bisa menjadi pertimbangan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah instal aplikasi ShareIt pada HP, kemudian hubungkan dengan PC menggunakan menu “connect”.

Jadi Anda memang tidak membutuhkan perangkat yang macam-macam. Tinggal tunggu beberapa menit saja sehingga data-data Anda dapat dipindahkan dengan baik.

  • Memanfaatkan penyimpanan Cloud

Cara selanjutnya adalah Anda juga bisa menggunakan media penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan sebagainya.

Hanya saja diperlukan koneksi internet yang stabil, agar proses upload file dapat dilakukan dengan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti.

Terlebih dahulu, pastikan Anda sudah memiliki akun dan kapasitas penyimpanan tersebut masih tersisa.

Jika sudah dipastikan semuanya, langsung saja upload atau pindahkan file dari handphone ke laptop menggunakan cara drag file atau menggunakan pintasan keyboard untuk copy-paste.

transfer file dari hp ke laptop

  • Menghubungkan dengan MiDrop

Apakah Anda salah seorang pengguna Xiaomi? Wah selamat, sebab Xiaomi memiliki cara pemindahan file dan dokumen yang cukup mudah dijalankan, yakni menggunakan aplikasi MiDrop.

Anda bahkan bisa memanfaatkan WiFi untuk bisa mengaktifkan fitur yang tersedia. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan Anda sudah instal aplikasi MiDrop pada Play Store.

Berbeda dengan pengguna HP Xiaomi yang tidak perlu menginstal kembali karena biasanya sudah ada bawaan dari pabrik.

Cara menghubungkan laptop dan ponsel ini pun mudah, yakni dengan login ke akun MiDrop. Selanjutnya pastikan kembali apakah ponsel dan laptop sama-sama terhubung oleh internet yang lancar.

Jika sudah, maka Anda bisa langsung melakukan copy dan paste file-file yang ingin Anda pindahkan tersebut.

Itulah beberapa cara transfer file dari HP ke laptop yang dapat dilakukan secara mudah. Semoga bermanfaat!

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *