Cara Meredupkan Layar Komputer Pada Windows

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa pengunaan gadget maupun pengunaan Komputer dan laptop tak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai untuk menggunakannya untuk sekedar membuka media sosial, belaja online, sampai bekerja.

Namun, penting bagi Kita untuk selalu memperhatikan kesehatan mata Kita, terlebih jika Anda menggunakannya hampir setiap hari dalam intensititas yang tinggi, karena bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa pengunaan berlebihan tanpa cahaya yang cukup bisa mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan pada mata.

Selain itu jika cahaya pada ruangan tidak cukup dalam arti kata kekurangan penerangan, maka dapat menimbulkan kelelahan mata, karena mata Kita membutuhkan cahaya yang cukup agar Kita bisa tetap fokus saat melakukan aktifitas.

redupkan layar
Cara Meredupkan Layar Komputer Untuk Mencegah Mata Minus

Dan tahukah Anda bahwa salah satu dari sekian banyaknya masalah yang paling sering terjadi karena kekurangan cahaya adalah timbulnya mata minus? Selain itu cahaya layar Komputer juga ada baiknya jangan terlalu kontras atau berlebihan.

Akan tetapi Anda tak perlu khawatir karena ada seribu cara untuk mengatasi hal tersebut dan salah satu cara sederhana yang paling banyak digunakan adalah dengan cara meredupkan layar anda.

Dan berikut di bawah ini Saya akan menjelaskannya beberapa langkah sebagai cara meredupkan layar Komputer untuk para pemula khususnya penguna windows.

Baca Juga  Apa Itu Reboot? Ketahui Perbedaanya Dengan Riset

1. Meredupkan Layar Komputer Pada Windows 10 Untuk Pemula

cara meredupkan layar komputer

Sebenaranya ada banyak cara meredupkan layar komputer pada windows 10 dan berikut di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

– Pertama klik settings.

– Kemudian pada menu Windows Settings pilihlah “System”.

– Kemudian pada display brightness and color terdapat kursor yang bernama “Change brightness” yang bisa Anda geser arahnya ke kiri untuk meredupkan layar komputer sedangkan kearah kanan untuk menambahkan kecerahan.

Nah, bagaimana caranya sangat mudah bukan? Dan ada cara sederhana lagi pada windows 10 yang akan saya beritahukan.

Caranya adalah dengan menggunakan shortcut fn + f6 pada laptop Lenovo thinkpad, namun masing masing shortcut pada komputer maupun laptop bisa saja berbeda-beda, akan tetapi pasti ada shortcut yang dapat mempermudah hal tersebut.

2. Meredupkan Layar Komputer Pada Windows 7 Untuk Pemula

Cara meredupkan layar pada windows 7 caranya adalah Anda harus menuju Kontrol panel setelah itu Anda pilih “Hardware and Sound,” kemudian pilih “Power Options.”

Dan Anda akan melihat slider “Adjust Brightness level” yang bisa Anda geser arahnya ke kiri untuk meredupkan layar komputer sedangkan kearah kanan untuk menambahkan kecerahan setelah cahaya cukup klik “Apply”

Bagaimana Cara Menyesuaikan Tingkat Kecerahan Secara Otomatis Saat Laptop Dicas?
tutorial redupkan layar

Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar laptop yang berbeda pada laptop Anda saat dicas atau tidak, Contohnya saja Anda bisa mengaturnya ke tingkat kecerahan tinggi ketika laptop sedang dicas

Dan Anda juga bisa mengatur kecerahan yang lebih rendah ketika Anda menggunakan daya baterai atau tanpa dicas, kemudian windows akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan laptop Anda. Untuk menyesuaikan kecerahan ini caranya adalah

Baca Juga  3 Cara Melihat Spek Laptop Untuk Windows 7, 8 dan 10

– Buka Kontrol panel

– Pilih “Hardware and sound “

– Pilih “Power Option,” kemudian klik tautan “Change plan settings” di sebelah paket daya yang Anda gunakan.

– Kemudian konfigurasikan tingkat kecerahan layar yang berbeda untuk “Daya baterai” dan “Dicolokkan” di bawah ” Adjust plan brightness.”

Pengaturan ini terkait dengan pengunaan baterai laptop, Anda dapat mengonfigurasikan tingkat kecerahan layar yang berbeda untuk daya baterai yang berbeda saat laptop dicas maupun tidak.

Bagaimana Cara Meredupkan Layar Laptop Secara Otomatis Berdasarkan Cahaya Sekitar?

Tahukah Anda bahwa seiring dengan berkembangnya zaman maka banyak inovasi yang dikeluarkan oleh banyak perusahaan dibidang teknologi dan salah satunya adalah banyak keluaran laptop teranyar memiliki sensor yang dapat menyesuaikan kecerahan sekitar, yang bekerja mirip dengan yang ditemukan pada smartphone maupun tablet.

Windows dapat menggunakan sensor untuk “kecerahan adaptif,” secara otomatis yang dapat meningkatkan kecerahan layar laptop Anda saat Anda berada di area yang terang, dan mengurangi kecerahan layar laptop saat Anda berada di ruangan yang gelap.

Tentunya cara meredupkan layar komputer secara otomatis dengan menggunakan fitur ini sangat aman bagi kesehatan mata Anda bukan? Karena Anda tak perlu repot-repot untuk mengaturnya, namun terjadang pada beberapa orang merasa hal ini dapat mengganggu aktifitas.

Fitur ini dapat secara otomatis mengurangi atau meningkatkan kecerahan layar laptop Anda ketika Anda tidak menginginkannya, dan Anda mungkin lebih suka mengelola kecerahan secara manual dengan pengaturan di atas, lalu bagaimanakah cara mengaktifkan fitur ini pada windows 10?

meredupkan layar laptop

– Pilih “Settings”

– Pilih “Display” kemudian aktifkan atau matikan opsi “Change brightness automatically when lighting changes ”

Baca Juga  Mari Mengenal Malware, Waspadai Hal-hal Ini!

– Anda hanya akan melihat opsi ini jika laptop Anda memiliki sensor kecerahan sekitar.
Anda dapat mengubah pengaturan ini melalui Kontrol panel caranya adalah:

– Buka kontrol panel

– Pilih ” Hardware and sound,”

– Kemudian pilih “Power Options,”

– Klik “Change plan settings” di samping paket daya yang Anda gunakan, dan klik “Change advanced power settings.”

Luaskan bagian “Tampilan” di sini, dan kemudian rentangkan bagian “Enable adaptive brightness”. Opsi di sini memungkinkan Anda untuk mengontrol apakah kecerahan otomatis akan digunakan ketika Anda menggunakan baterai atau ketika laptop Anda terhubung dengan casan.

Misalnya, Anda dapat menonaktifkannya ketika laptop Anda terhubung dan membiarkannya diaktifkan ketika Anda menggunakan daya baterai.

cara meredupkan layar komputer pada windows 7

Perlu Anda perhatikan bahwa dengan mengaktifkan kecerahan otomatis tidak akan mencegah Anda untuk mengubah kecerahan di laptop dengan shortcut atau opsi di Windows kapan pun Anda mau, dan semoga saja tips diatas dapat bermanfaat selamat mencoba dan sampai bertemu di artikel Tedas.id lainnya.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *