cara merakit pc
Komputer

Lengkap, Ini Cara Merakit PC dari Awal sampai Akhir untuk Pemula

Cara Merakit PC – Personal Computer atau PC menjadi kebutuhan di banyak bidang. Baik hiburan dan pekerjaan kini melibatkan salah satu teknologi yang terus berkembang ini. Merakit komputer sendiri pasti akan terasa cukup berat apalagi jika kamu masih pemula.

Selama kamu berhati-hati dalam memilih komponen PC serta pemasangannya pada slot serta konektor yang benar sebenarnya tidak terasa sulit. Tapi panduan cara merakit PC secara keseluruhan biasanya tidak ada.

Yang ada hanyalah panduan pemasangan dari masing-masing komponen. Kamu pasti bingung harus mulai memasang dari komponen mana terlebih dahulu dan prosesnya. Supaya tidak bingung ikuti panduannya di sini.

Cara Merakit PC bagi Pemula

Panduan Mudah Cara Merakit PC bagi Pemula

Tidak perlu takut jika kamu tidak tahu darimana harus memulai. Prosesnya sangat mudah asalkan kamu sudah memiliki semua komponen yang dibutuhkan.

Merakit PC sendiri lebih menguntungkan karena dengan begitu kamu bisa mengetahui komponen yang rusak.

Selain itu PC juga perangkat yang lebih kuat dan tahan lama. Kamu bisa mengganti komponen kapan saja jika ingin upgrade spek.

Kamu pasti akan bangga jika bisa merakit komputer sendiri bukan?

Berikut ini cara merakit PC yang bisa diikuti.

Mempersiapkan Komponen dan Alat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan komponen PC. Apa saja yang hendak dipasang harus disesuaikan dengan kebutuhan.

PC apa yang ingin kamu buat, apakah kamu ingin merakit PC untuk mengolah data sederhana atau game.

Khusus untuk game maka spek yang dibutuhkan tentu lebih tinggi.

Misalnya menggunakan VGA, RAM yang tinggi serta power supply yang mumpuni. Memperhatikan spek komputer jadi bagian penting dalam persiapan.

Secara umum sebuah PC akan bisa dijalankan dengan sempurna dengan mempersiapkan komponen berikut ini:

1. Motherboard

Bagian yang sangat penting dalam komputer karena motherboard akan menjadi wadah untuk berbagai komponen lainnya. Semua komponen akan disambungkan melalui motherboard.

Siapkan motherboard sesuai dengan komponen apa yang hendak dipasang.

Seperti berapa jumlah card yang digunakan dan apakah memiliki slot HDMI. Selain itu ada banyak merk motherboard, kamu bisa pilih yang sesuai dengan biaya.

2. Hardisk

Tempat penyimpanan sistem, itulah fungsi dari hardisk. Karena tanpa adanya sistem PC tidak dapat menjalankan fungsinya.

Ada dua jenis hardisk yang tersedia yaitu hard disk solid state atau HDD dan SSD atau solid state drive.

Perbedaannya hanya pada sistem kerja dan ruang penyimpanan.

Jenis SSD terbesar adalah 250 dan bisa digunakan untuk penyimpanan yang lebih besar daripada HDD. Namun harga SSD bisa 9 kali lipat lebih mahal dibandingkan HDD.

3. RAM

Random Access Memory yang merupakan komponen untuk menyimpan memori secara sementara. Jika RAM semakin besar maka proses pembacaan sistem akan lebih cepat. Jadi jika kamu ingin membanun PC gaming sebaiknya perhatikan ukuran RAM yang digunakan.

komponen pc

4. VGA

Video Graphic Accelerator atau VGA ini akan mendukung tampilan gambar pada monitor. Sesuai dengan istilahnya. hardware ini juga perlu diperhatikan pemilihannya untuk PC gaming. Tapi bagi kamu yang tidak ingin merakit PC untuk game bisa melewatkan komponen ini.

5. Sound Card

Berfungsi untuk sistem suara dan biasanya sudah tersedia dalam paket motherboard. Jika kamu ingin menggunakan PC untuk mengedit video atau bahkan film atau suara maka perhatikan pemilihan sound card. Semakin baik kualitasnya akan mempengaruhi hasil audio.

6. Power Supply

Tanpa adanya power supply, tidak akan ada arus yang terpasang dan menghidupkan komputer. Alat inilah yang bekerja membagi aliran listrik ke semua hardware sehingga PC bisa menyala.

Cara merakit komputer yang benar juga harus memperhatikan power supply. Jika tidak terpasang dengan baik maka kamu tidak akan bisa menyalakan komputer.

7. Casing

Selain motherboard, tempat untuk meletakkan semua komponen adalah casing. Ada jenis casing yang memiliki power supply bawaan. Tapi jika ingin yang lebih bagus sebaiknya pilih power supply yang terpisah karena bisa memilih merk dan kapasitas.

8. DVD rom

Hardware yang berfungsi untuk membantu membaca sebuah sistem dan menginstal sistem. DVD rom bisa digunakan untuk membaca CD, VCD atau alat yang biasanya digunakan untuk menyimpan OS, software, pemutar lagi dan lain sebagainya.

9. Monitor, Keyboard, Mouse speaker

Penyelesaian dari merakit komputer biasanya diakhiri dengan menyambungkan keempat komponen ini. Monitor digunakan untuk menampilkan data serta gambar. Keyboard berfungsi untuk mengetik sekaligus mouse untuk menjalankan kursor.

cara merakit komputer

Mengkoneksikan Komponen ke Motherboard

Pada tahapan selanjutnya cara merakit PC adalah dengan melengkapi motherboard dengan berbagai komponen kunci.

Motherboard adalah komponen utama yang dirakit terlebih dahulu karena ada beberapa komponen lain yang berukuran kecil harus dipasang.

Berikut ini langkah-langkah perakitan motherboard yang dilakukan.

1. Memasang CPU

Baik itu menggunakan Intel atau CPU, alat ini dipasang terlebih dahulu pada motherboard. Pertama yang dilakukan adalah melepaskan pengunci yang terdapat pada CPU. Kemudian letakkan pelan-pelan prosesor ke dalam soket CPU.

Untuk pemasangan yang benar perhatikan tanda panah yang terdapat pada soket. Kamu bisa menyesuaikan bentuk dari prosesor sesuai dengan panah tersebut. Pastikan arahnya sama jika tidak prosesor akan rusak atau tidak bekerja.

2. Memasang cooler

Pada motherboard kamu harus memasang cooler di dekat prosesor karena tujuannya untuk mendinginkan agar tidak terbakar. Kamu bisa memasang cooler dengan baut pada tempat yang sudah tersedia pada motherboard.
cara menambahkan ram laptop

3. Memasang RAM

Cara merakit PC adalah memasang RAM pada slot yang tersedia. Kamu bisa memasang RAM pada slot yang terbuka hanya dengan memasukan ke dalamnya. Pastikan posisinya sesuai dengan instruksi pada kemasan RAM.

Sama seperti prosesor, pemasangan RAM ini posisinya harus benar. Jika tidak akan merusak RAM serta slot di dalamnya.

Meletakkan Motherboard Pada Casing CPU

Meletakkan Motherboard Pada Casing CPU

Motherboard sudah selesai dirakit dan beberapa komponen penting sudah terpasang. Sekarang saatnya untuk memasang motherboard pada casing sehingga perangkat lainnya pun bisa segera dipasang.

Berikut ini langkah-langkah memasang motherboard pada casing PC.

1. Melepaskan sekrup

Pertama kamu bisa melepaskan sekrup pada bagian tempat pemasangan di casing. Kumpulkan sekrup karena nantinya akan digunakan untuk memasang motherboard. Ukurannya sama dengan lubang yang terdapat pada motherboard.

2. Memasang penutup I/O

Biasanya penutup I/O yang berisi berbagai ports didapatkan bersamaan dengan motherboard. Kamu bisa memasang bagian ini terlebih dahulu pada casing. Berhati-hatilah dengan sudut yang tajam karena bisa melukai tangan.

3. Memasang motherboard

Cara merakit PC selanjutnya adalah meletakkan motherboard pada tempat yang telah disediakan casing. Biasanya letaknya menempel pada dinding casing dalam. Kemudian pasang dengan sekrup yang tadi telah dikumpulkan.

Pastikan posisinya tepat dan kuat. Pemasangan sekrup akan mensejajarkan posisinya dengan benar.

Memasang Power Supply dan HDD

Motherboard sudah terpasang tapi masih ada beberapa cara merakit PC berikutnya yang harus diselesaikan. Bagian yang harus dipasang selanjutnya adalah power supply dan HDD atau SSD. Berikut ini langkahnya.

1. Memasang Power Supply

Pemasangan perangkat ini biasanya menempel pada bagian belakang casing baik itu di atas atau di bawah. Beberapa casing juga sudah menciptakan tempat khusus dalam pemasangannya.

Cara memasangnya adalah dengan memasang sekrup bawaan dari casing di bagian belakang. Cukup sekrup dengan kencang ke empat sisi yang tersedia. Jangan lupa untuk mencolokkan konektor power pada motherboard.

beda hdd dan ssd

2. Memasang hardisk

Pemasangan HDD biasanya pada bagian laci-laci di dalam casing yang sudah disediakan. Kamu bisa memasangnya terlebih dahulu dengan sekrup. Setelah itu menyambungkannya dengan konektor pada motherboard dan power supply.

Hal yang sama ketika kamu hendak menggunakan SSD. Hanya saja karena bentuk dari SSD kecil jadi tidak perlu sekrup ke casing. Kamu cukup memasang konektor saja.

3. Memasang VGA

Step terakhir dalam memasang hardware pada casing yaitu VGA. Jika kamu ingin menggunakan VGA pada pc gaming pastikan menggunakan yang bagus. Cara pemasangannya sama seperti hardisk.

Sekrup VGA ke casing pada area yang sudah disediakan. Kemudian pasang konektor ke power supply dan motherboard. Nantinya sistem akan membaca setelah komputer dinyalakan.

Memasang Card Wifi jika Dibutuhkan dan DVD rom

Kebanyakan motherboard ada yang sudah dilengkapi dengan port Ethernet namun ada juga yang tidak. Untuk motherboard yang tidak dilengkapi dengan port Ethernet maka diperlukan tambahan hardware untuk menangkap sinyal wifi.

WIfi card ini perlu diinstal pada salah satu bagian slot motherboard di casing. Ada juga yang menggunakan adapter berbentuk usb jadi kamu hanya cukup menancapkannya saja pada port yang tersedia. Dengan begitu cara merakit PC yang akan menangkap jaringan internet sudah selesai.

Jika sudah selesai pasang DVD rom pada casing dengan cara menyekrupnya. Jika sudah selesai, kamu bisa mengkoneksikannya dengan koneksi ke power supply dan motherboard.

Menginstal Operating System

Menginstal Operating System, Driver dan Software Lain

Sebelum akhirnya kamu bisa menyalakan komputer, pasang terlebih dahulu monitor keyboard dan mouse. Ketiganya sangat penting, tapi kamu nantinya juga bisa menambahkan UPS untuk menjaga daya tetap stabil.

Kabel dari layar monitor harus menyambung pada power listrik dan CPU. Sedangkan keyboard dan mouse hanya perlu disambungkan ke CPU saja. Selanjutnya kamu bisa menyalakan komputer dengan mencolokkan kabel power ke CPU. Tekan tombol power.

Jika semuanya sudah terpasang dengan benar maka komputer akan menyala dengan baik.

Cara merakit PC yang kamu lakukan berjalan dengan sukses. Selanjutnya adalah menginstal OS dan software.

1. Menginstal OS

Cara instal OS adalah dengan memasukan DVD sistem OS atau melalui USB. Ikuti proses instalasi yang tersedia dan tunggu sampai selesai.

2. Menginstal software

Terakhir adalah instal software yang kamu ingin sesuai dengan kebutuhan perakitan. Ada beberapa software standar yang biasa digunakan seperti Ms Office, Adobe reader, dan lain sebagainya.

Pilih software yang sesuai dengan spek komputer. Karena kamu sudah menyesuaikan komponen yang terdapat pada komputer artinya tak perlu bingung lagi dalam memilih software.

Akhirnya komputer yang kamu rakit sendiri sudah selesai dan bisa digunakan. Kini kamu bisa menonton film, mengedit foto, bermain game sesuai dengan yang diinginkan. Kamu juga bisa surfing internet jika sudah tersambung dengan jaringan.

Mudah bukan cara merakit PC sendiri, Sahabat Tedas.id yang pemula pun bisa melakukannya sendiri dengan berhati-hati.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *