teamviewer
Komputer

Beragam Cara Menggunakan TeamViewer untuk Remote PC atau Laptop

Artikel terakhir diperbaharui 07-03-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Menggunakan TeamViewer – Pernah dengar TeamViewer? Aplikasi yang satu ini memiliki fungsi utama untuk melakukan remote laptop atau PC jarak jauh. Bagaimana bisa? Caranya adalah dengan memanfaatkan internet yang digunakan di kedua sisi.

Selain melakukan remote, TeamViewer juga digunakan untuk melakukan transfer file. Aplikasi yang banyak digunakan untuk non komersial atau pribadi ini cukup terkenal. Banyak orang yang menjadi mitra akan memiliki akses pada komputer yang lainnya.

Dilihat dari fungsinya, lalu bagaimanakah cara menggunakan TeamViewer sendiri? Apakah proses penggunaannya cukup sulit? Tentu saja tidak.

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan dalam menjalankan TeamViewer. Yuk cari tahu bagaimana caranya secara lengkap.

Cara Menggunakan TeamViewer untuk Mengakses Laptop atau PC

Apabila dilihat dari segi fungsi TeamViewer, ada begitu banyak fungsi yang tidak bisa dilewatkan. Mulai dari remote control transfer hingga aplikasi meeting. Semua akses ini memiliki proses yang berbeda-beda.

Nantinya jika kamu sudah melakukan langkah dengan tepat, pengoperasian laptop bisa dilakukan menggunakan android atau komputer bahkan laptop lainnya. Hanya saja, kedua perangkat harus diinstal dengan aplikasi TeamViewer terlebih dahulu.

Ada juga layanan untuk remote tanpa menggunakan internet. Bagaimana caranya? Apabila ditilik dari cara kerjanya, TeamViewer digunakan dengan memanfaatkan ID pengguna. ID inilah yang nanti dimanfaatkan sebagai akses remote.

Lalu bagaimana cara aplikasi digunakan untuk mengontrol? Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.

cara menggunakan teamviewer

Cara Menggunakan TeamViewer dari PC ke PC

Cara pertama yang akan dijelaskan adalah bagaimana cara menggunakan aplikasi TeamViewer antar PC.

Apa fungsinya ketika hubungan antar PC dibuat? Tujuannya supaya lebih mudah untuk perbaikan dan pengontrolan.

Sehingga walaupun PC memiliki jarak yang terlalu jauh maka tidak ada masalah untuk pengecekan atau kontrol secara berkala.

Apa saja langkah yang harus dilakukan? Berikut ini yang bisa kamu ikuti:

1. Nyalakan kedua PC kemudian sama-sama install aplikasi TeamViewer. Untuk menginstall, kamu bisa masuk ke web www.teamviewer.com terlebih dahulu. Pilih menu download for free karena penggunaan secara privat atau non komersial.

menggunakan teamviewer

2. Apabila download sudah selesai, kamu bisa melanjutkan ke proses pembuatan ID. Buka terlebih dahulu aplikasi kemudian kamu bisa membuat ID. Cukup klik pada ikon TeamViewer yang muncul atau melalui menu Start pada Windows.

3. Ada dua pilihan yaitu Sign In atau Log In. Kalau kamu belum memiliki ID, maka sebaiknya mulailah dengan klik menu Sign In bukan Log In. Namun jika kamu sudah memiliki ID sebelumnya, tinggal klik Log In saja.

apa itu teamviewer

4. Setelah klik Sign In, maka kamu akan diarahkan untuk membuat akun baru. Kemudian isilah kolom yang keluar dari Create TeamViewer Account sesuai data yang dibutuhkan.

Beberapa hal yang harus diisi adalah nama, email atau username dan password. Jangan lupa untuk menggunakan password yang aktif dan isikan password yang dikonfirmasi.

teamviewer adalah

Registrasi akan selesai dalam beberapa saat, kemudian akan muncul pemberitahuan Completing the wizard dan klik finish.

5. Langkah selanjutnya adalah dengan mengulangi Log In. Masuk kembali ke halaman muka TeamViewer kemudian klik menu Log In. Masukan username dan juga password yang tadi sudah kamu buat.

cara menggunakan teamviewer di laptop

6. Setelah masuk klik menu remote control dan masukan ID dari teman pada partner ID dan klik Connect. Maka kamu akan langsung terhubung dengan PC milik teman, asalkan mereka juga sedang Log In dengan ID mereka.

Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan supaya proses connect bisa berhasil dan berjalan dengan mudah.

1. Jangan lupa saling berbagi ID

Karena Anda ingin melakukan remote control, maka ID dari masing-masing pengguna harus diketahui. Dengan begitu temanmu juga bisa melakukan kontrol berikut dengan kamu.

Penting untuk saling bertukar ID karena ini juga yang akan digunakan mereka untuk mengakses data di PC yang kamu miliki.

2. Membuka teamviewer

Ada tiga cara yang digunakan untuk membuka aplikasi ini setelah selesai diinstal. Pertama klik langsung pada ikon yang muncul, kedua melalui start Windows. Tetapi jika belum muncul juga, kamu bisa mencari aplikasinya di folder biasanya tempat instalasi program.

3. Menunggu hingga sukses

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah kamu harus menunggu hingga tersambung dengan sukses. Biasanya akan muncul tab dari tulisan sukses yang diikuti dengan tampilan dari layar PC milik temanmu.

teamviewer untuk kontrol android

Cara Menggunakan Teamviewer di PC dan Laptop untuk Kontrol Android

Cara di atas bisa dilakukan bukan hanya untuk mengontrol antar PC, tetapi juga laptop.

Topik selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan TeamViewer untuk mengontrol android. Misalnya kamu lupa membawa smartphone ke kantor dan membutuhkan data penting di dalamnya.

Satu-satunya cara adalah dengan memanfaatkan TeamViewer dari PC atau laptop.

Inilah keuntungan menggunakan TeamViewer ketika muncul masalah penting. Ada perbedaan utama dari cara yang pertama yaitu aplikasi yang digunakan.

Untuk PC atau laptop aplikasi yang digunakan bisa diunduh melalui web TeamViewer langsung. Sedangkan aplikasi untuk smartphone adalah TeamViewer QuickSupport. Keduanya harus diinstal ke masing-masing alat dengan benar.

Berikut ini cara menggunakan TeamViewer untuk mengontrol android dari laptop atau PC.

1. Langkah pertama adalah dengan menginstal TeamViewer di hp android kamu. Caranya adalah dengan mengunduhnya di Play Store. Pilih aplikasi TeamViewer QuickSupport.

manfaat teamviewer

2. Apabila aplikasi sudah diinstal, maka buka dan klik download ketika muncul pop up add on available.

teamviewer quicksupport

3. Maka kamu akan langsung diarahkan untuk instal add on: LG yang fungsinya untuk menjalankan aplikasi secara maksimal.

cara instal teamviewer

4. Setelah selesai instal add on, kamu bisa keluar dan buka kembali aplikasi TeamViewer. Maka akan langsung muncul ID hp yang perlu dicatat supaya memudahkan kontrol dari laptop atau PC.

5. Kamu sudah memiliki catatan ID hp, kini yang perlu dilanjutkan adalah membuka aplikasi TeamViewer di laptop atau PC. Setelah terbuka masukan ID hp yang tadi telah dicatat.

teamviewer untuk laptop

6. Selesai masuk kamu akan langsung ditampilkan layar hp yang kamu miliki sesuai dengan ID. Bahkan walaupun hp dalam keadaan terkunci, kamu tetap bisa mengaksesnya.

Jangan bingung ketika akses berubah menjadi lemot atau tidak berjalan dengan cepat. Masalahnya biasanya terdapat pada jaringan internet yang lemot. Jadi supaya bisa lebih cepat, pastikan koneksi internet yang terdapat pada laptop atau android cepat.

Cara Menggunakan TeamViewer di Android untuk Kontrol Laptop atau PC

Mungkin saja kamu melupakan data yang tersimpan di laptop atau PC kantor, padahal malam harinya kamu membutuhkan data tersebut di rumah. Supaya kamu bisa melakukan proses transfer, maka kini keadaan berbalik, kontrol dilakukan melalui hp android.

Karena kontrol dilakukan melalui android, maka aplikasi TeamViewer yang digunakan juga berbeda. Untuk kontrol dari hp, aplikasi yang perlu diunduh adalah TeamViewer for Remote Control. Berikut ini langkah lengkapnya untuk menggunakan aplikasi ini.

1. Buka Play Store dan cari aplikasi TeamViewer for Remote Control kemudian instal.

cara memakai teamviewer

2. Apabila sudah selesai diinstal, kamu bisa melanjutkan dengan membukanya. Kemudian pada kolom Partner ID ketik nama ID yang sudah kamu buat sebelumnya di laptop atau PC yang hendak diakses.

3. Untuk bisa mengontrol, PC atau laptop juga harus dalam keadaan menyala. Apabila ID sudah benar kamu tinggal klik saja remote control. Tapi jika ingin melakukan transfer file, kamu bisa klik menu transfer.

cara memakai teamviewer di komputer

4. Setelah itu kamu akan diarahkan ke password laptop atau PC. Password yang dimaksud ini adalah password yang diberikan aplikasi TeamViewer, bukan password dari laptop atau PC yang kamu miliki.

5. Setelah memasukan password kamu akan melihat panduan dari penggunaan mouse dari smartphone. Cobalah untuk mencermatinya supaya bisa mengakses laptop atau PC dengan mudah nantinya. Baru setelah itu ketuk continue.

6. Jika berhasil, kamu akan langsung diarahkan ke layar laptop atau komputer dari layar smartphone.

teamviewer untuk pc

Cara Menggunakan TeamViewer Tanpa Koneksi Internet

Ketiga cara di atas memanfaatkan kontrol dari laptop, PC atau hp android tergantung dengan internet. Lalu bagaimana jika tidak ada internet? Apakah kamu masih bisa terhubung dengan laptop, PC atau hp? Jawabannya bisa.

TeamViewer adalah aplikasi yang tidak hanya bergantung pada internet saja.

Aplikasi ini bahkan bisa menghubungkan kedua perangkat tanpa adanya jaringan internet. Syarat utamanya adalah keduanya harus memiliki jaringan sama.

Syarat selanjutnya adalah kedua perangkat letaknya juga tidak terlalu berjauhan. Bisa juga antar PC sudah terkoneksi dengan jaringan LAN. Jika memenuhi kedua syarat tersebut maka kontrol PC atau laptop bisa dilakukan.

Untuk langkah yang bisa diikuti adalah sebagai berikut ini:

  1. Instal TeamViewer di kedua perangkat dan jangan lupa buat ID terlebih dahulu.
  2. Setelah itu jika kamu menggunakan smartphone, matikan data internetnya dan nyalakan hotspot terlebih dahulu.
  3. Kamu bisa menciptakan koneksi terlebih dahulu antara laptop dengan hp menggunakan tethering.
  4. Kemudian pada laptop, kamu bisa buka menu Extras kemudian pilih kembali menu options.
  5. Maka akan muncul pop up tab dan pilih menu bagian Network Settings klik menu Incoming LAN connections dan ganti menjadi accept dan klik Ok.
  6. Catat Your ID yang berupa angka seperti IP address. ID inilah yang nantinya akan menjadi sambungan.
  7. Buka TeamViewer di smartphone kamu kemudian masukan ID yang tadi telah dicatat. Kemudian klik menu kontrol jarak jauh.
  8. Maka akan dilanjutkan pada memasukan kata sandi. Masukan password yang terdapat di layar laptop.
  9. Kamu akan langsung terhubung antara hp dengan laptop atau PC tanpa jaringan internet.

teamviewer di komputer

Perbedaan terbesar dari fungsi TeamViewer menggunakan internet dan tidak adalah soal kecepatannya.

Tanpa adanya jaringan internet, justru lebih cepat namun kelemahannya adalah perangkat harus berada di jarak yang berdekatan.

Baik dengan atau tanpa internet, tampilan dari smartphone atau PC akan tampak secara jelas sehingga mempermudah pengoperasiannya. Misalnya saja kamu ingin transfer data dari android ke PC atau sebaliknya.

Aplikasi yang ada sejak tahun 2005 ini merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat. Hanya saja jangan sampai disalahgunakan untuk membuka perangkat teman tanpa tujuan yang jelas.

Pastikan kamu menggunakan aplikasi ini untuk kepentingan pekerjaan atau belajar dengan benar. Karena ada segudang fitur canggih yang ditawarkan aplikasi gratis ini.

Jika ingin menggunakan lebih banyak fitur kamu bisa mengikuti akun premiumnya.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *