Cara Menggunakan Laptop yang Benar agar Tak Mudah Rusak

Cara Menggunakan Laptop – Komputer, laptop, smartphone kini menjadi alat elektronik yang terus berkembang. Teknologi ini pun membantu berbagai aktivitas manusia, tapi penggunaannya pun harus benar.

Sama seperti mesin yang memiliki kemampuan beroperasi atas perintah karena laptop memiliki program yang sudah diatur sebelumnya. Tapi jika salah menggunakannya laptop pun akan semakin cepat rusak.

Sudahkan kamu tahu bagaimana cara menggunakan laptop yang benar? Baik hardware dan software laptop harus dioperasikan dengan benar. Mengoperasikan laptop yang benar juga jadi salah satu bagian dari perawatan. Jadi jangan sampai salah menggunakannya ya.

Cara Menggunakan Laptop dengan Benar bagi Pemula

Pengoperasian laptop tidaklah sulit, ada beberapa hal dasar yang harus kamu lakukan dengan benar. Ada cara menyalakan, cara menyimpan hingga perawatannya. Berikut ini beberapa cara menggunakan yang bisa kamu ikuti.

Cara Menyalakan Laptop yang Benar

Menyalakan laptop tidak boleh dilakukan dengan asal. Produsen laptop telah menciptakan tombol untuk menyalakan laptop yang mudah dicari. Ikon tombol juga didesain universal yaitu bentuk lingkaran dengan sebuah garis yang membentuk lingkaran seperti terbelah menjadi dua.

Untuk bisa menyalakannya kamu hanya perlu menekan tombol power tersebut. Tunggu sebentar hingga proses boot selesai dan program berjalan. Jangan terburu-buru menggunakan laptop dan tunggu proses sampai selesai baru menjalankannya.

Selama proses menyalakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut ini:

Cara Meletakkan laptop dengan benar

Laptop adalah komputer portable yang bisa dibawa kemana saja dan bentuknya sangat ringkas. Walaupun begitu kamu harus menyalakannya dengan kondisi yang nyaman, baik untuk diri sendiri dan juga laptop.

Jangan menyalakan laptop di atas kain karena akan merusak prosesornya. Selain itu pastikan arah pandang monitor sejajar dengan mata ketika kamu sedang duduk tegak. Sebaiknya laptop diletakkan di atas meja yang datar bebas dari tetesan air.

Cara membuka laptop

Langkah kedua yang harus diperhatikan adalah cara kamu membuka layar monitornya. Jangan angkat dari sudut monitor, tapi dari tengah. Karena jika mengangkatnya dari sudut akan membuat risiko layar mudah patah.

Laptop yang sudah diinstal akan masuk ke windows atau program yang sudah diinstal. Selama proses boot ini kamu harus menunggu dengan sabar. Lama tidaknya booting ini tergantung dengan kondisi dari laptop.

Cara Menggunakan Touchpad

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bagaimana kamu menggunakan touchpad yang merupakan pengganti mouse. Jika kamu tidak terbiasa atau canggung menggunakan touchpad bisa memasang tambahan mouse.

Cara menggunakan touchpad tidak susah, untuk membuka menu kamu bisa tekan tombol kanan. Jika ingin memilih tekan tombol kiri atau bisa juga ketuk dua kali.

Cara Menginstal Software

Cara menggunakan laptop selanjutnya yang harus dijalankan dengan benar adalah menginstal software. Apabila tak ingin repot kamu bisa juga ke tempat reparasi komputer untuk menginstal software yang dibutuhkan.

Beberapa software dasar yang dibutuhkan adalah Ms Office yang digunakan untuk mengetik, membuat presentasi, membuat tabel dan masih banyak lagi. Ada juga software editing bagi kamu yang suka edit foto atau video.

Jangan lupa setiap software memiliki kapasitas masing-masing yang disesuaikan dengan spek komputer. Apabila software yang kamu instal lebih berat dibandingkan kapasitas RAM maka yang terjadi adalah aplikasi akan berjalan lama.

Cara mengoperasikan laptop untuk instal sendiri sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan driver saja di CD, flashdisk atau secara online. Jangan lupa untuk memasukan serial number agar software bisa digunakan terus menerus.

Jika kamu hanya menggunakan software bajakan atau trial maka ketika terjadi pembaruan software tidak bisa digunakan kembali.

pakai wifi

Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop

Internet kini menjadi bagian yang sangat wajib bagi pengguna laptop. Semua laptop juga sudah dilengkapi dengan penangkap sinyal wifi. Cara menggunakan wifi adalah dengan klik pada tombol sinyal internet yang ada di deretan bawah sebelah kanan.

Kemudian klik untuk mencari sinyal wifi dan pilih salah satunya. Kamu tinggal memasukan password wifi saja maka otomatis akan langsung tersambung. Selain menggunakan wifi ada beberapa alternatif untuk mendapatkan sambungan internet lainnya.

Pertama adalah memanfaatkan modem yang isinya kartu provider dan telah didaftarkan internetan. Kamu tinggal menyambungkan modem ke dalam slot USB atau bisa juga dengan sinyal wifi. Kedua adalah dengan jaringan LAN kabel, kamu bisa mencolokkan kabel LAN ke slot di laptop.

Ketiga adalah dengan tethering melalui hp. Cara menggunakan laptop agar mendapatkan sinyal sama ketika menyalakan wifi. Hanya saja, sebelumnya fitur tethering pada ponsel harus diaktifkan terlebih dahulu.

Proses penyambungannya sangat mudah karena kamu cukup klik sana dan di sini untuk mendapatkan jaringan internet.

Cara Mengisi Daya dan Mematikan Laptop

Satu lagi yang sangat penting untuk diketahui adalah jangan sampai menggunakan laptop sampai mati. Jika keseringan akan merusak hardware laptop lama kelamaan. Padahal cara mengecas baterai laptop itu sangat mudah.

Kamu hanya perlu menyambungkan charger laptop ke stop kontak yang memiliki aliran listrik. Beberapa laptop memiliki indikator lampu menyala jika baterai habis dan akan mati jika baterai penuh. Kamu bisa mengecas baterai saat laptop keadaan menyala atau mati.

Kemudian jika laptop sudah selesai digunakan kamu juga harus tahu cara mematikannya yang benar. Cara menggunakan laptop sebaiknya jangan menyala terus 24 jam. Laptop juga butuh istirahat dan ada cara mematikan yang benar.

Pertama jangan mematikan laptop dengan langsung mencabut baterai. Kamu bisa mematikan laptop dengan masuk ke Start kemudian pilih ikon power dan shut down. Laptop akan mati dan kamu bisa menyalakan kembali pada saat ingin digunakan.

Namun jika kamu akan menggunakannya kembali satu jam atau dua jam kemudian akan lebih baik jika memilih tombol sleep. Menu ini akan membuat laptop standby tanpa menghabiskan banyak daya.

Cara Menyimpan Laptop

Cara Menyimpan Laptop

Bukan hanya cara mengoperasikan laptop saja yang harus kamu perhatikan tetapi juga penyimpanannya. Karena menyimpan alat elektronik seperti laptop tidak boleh sembarangan. Apalagi jika kamu sering membawanya, pastikan laptop selalu disimpan ke dalam tas.

Jika sudah selesai menggunakan laptop dan mematikannya segera tutup laptop dan simpan di ruang yang kering. Pastikan kamu juga menggunakan tas laptop khusus yang memiliki bagian tebal dan lembut di dalam.

Tas laptop sudah dirancang agar tahan terhadap guncangan ketika laptop di bawa kemanapun jadi tidak mudah rusak. Perawatan yang baik bukan hanya menyimpan, kamu juga tahu hal apa saja yang harus dihindari ketika menggunakannya.

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Cara Menggunakan Laptop

Penggunaan laptop yang baik perlu menghindari beberapa hal dan cara penggunaannya pun harus benar. Apalagi jika kamu menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama misalnya seharian.

Baik itu untuk kebutuhan kerja atau ngegame, laptop tetap membutuhkan perlakukan yang benar. Berikut ini lima hal penting yang harus kamu perhatikan saat menggunakannya.

Menambahkan cooling pad

Jika kamu menggunakan laptop dalam waktu yang sangat lama atau seharian untuk menghindari panas, kamu bisa menambahkan cooling pad. Suhu panas akan dikurangi dengan adanya cooling pad dan sirkulasi udara jadi lebih lancar.

Backup data secara teratur

Penyimpanan data di laptop harus dilakukan dengan benar, akan lebih baik jika kamu rutin untuk membackup data dengan teratur. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada laptop, data penting masih tersimpan dengan aman di tempat lain.

Hindari tumpahan baru

Jangan menggunakan laptop di samping tempat minum, risiko terkena tumpahan air sangat tinggi. Air sangat mudah masuk ke sela-sela lubang dan masuk ke dalam hardware laptop. Padahal hardware harus terhindar dari air atau kelembaban yang membuat konslet.

Jangan jatuhkan laptop

Hati-hati dalam membawa laptop di dalam tas, jangan sampai kamu menjatuhkannya. Walaupun tas laptop memiliki lapisan empuk di dalamnya tapi jika jatuh kerusakan akan lebih membahayakan. Misalnya saja kerusakan pada LED monitor bahkan bisa saja pecah.

Pasang antivirus

Pasang atau instal antivirus dalam laptop karena virus bisa masuk kapan saja. Mulai dari USB atau saat kamu sedang browsing dan tidak sengaja mengklik situs tertentu yang membawa malware merusak laptop. Cukup memasang antivirus satu saja dan rutinlah untuk scan virus.

Apabila laptop mengalami kerusakan, jangan panik karena kamu bisa mencari tahu dari mana kerusakannya berasal. Jangan pula terburu-buru untuk langsung memberikannya ke costumer service laptop karena bisa saja kerusakan yang terjadi adalah hal sepele.

Kamu bisa mengecek kerusakan mulai dari bagian sistem kemudian cek komponen atau hardwarenya. Jika yang terjadi kerusakan komponen akan lebih baik jika kamu segera memperbaikinya.

Cara menggunakan laptop tidaklah sulit dan kamu hanya perlu belajar menggunakannya dengan benar secara rutin. Dengan begitu laptop bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.