cara mengecek gaji youtuber
Komputer

Begini Cara Mengecek Gaji YouTuber yang Bisa Diterapkan

Saat ini ini banyak sekali orang yang beralih profesi menjadi seorang YouTuber. YouTuber memang bisa menghasilkan uang dengan beberapa sumber penghasilan, dan adsense adalah salah satunya.

Dalam hal ini, cara mengecek gaji YouTuber via adsense sendiri bisa dilakukan secara mudah.

Namun sebelum beranjak ke langkah-langkahnya, Anda perlu tahu dari mana saja penghasilan tersebut didapatkan.

Untuk lebih jelasnya mengenai kedua informasi tersebut, Anda bisa simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Sumber Penghasilan YouTuber

Penghasilan seorang YouTuber sebenarnya berasal dari banyak sumber, diantaranya youtube adsense, endorsement, affiliate marketing dan berjualan.

Namun dari semua sumber penghasilan tersebut hanya youtube adsense saja yang bisa Anda lihat berapa jumlah gajinya dengan mudah.

Berkaitan dengan beberapa sumber penghasilan tersebut, jika Anda ingin mengenalinya lebih dalam, maka bisa langsung simak penjelasannya masing-masing di bawah ini.

cara melihat gaji youtuber

  • Adsense

Adsense merupakan salah satu sumber penghasilan seorang YouTuber atau influencer yang paling umum.

Adsense sendiri sebenarnya merupakan salah satu bagian dari perusahaan milik Google yang melakukan kerjasama dengan bidang periklanan berupa video di media sosial.

Jika Anda sedang memutar video di Youtube, kemudian muncul sebuah iklan baik di awal, tengah maupun akhir video, maka iklan tersebut berasal dari adsense.

Pada umumnya, berapa jumlah gaji yang diperoleh oleh seorang YouTuber dapat dihitung dari berapa jumlah penonton videonya.

Jika sebuah video yang dikirim di Youtube berhasil ditonton oleh banyak orang, maka gaji yang didapatkan juga lumayan banyak.

Jadi semakin banyak jumlah penontonnya, semakin banyak pula gaji yang akan diterima. Oleh karena itu, wajar jika banyak YouTuber yang mempromosikan videonya.

cara cek gaji youtuber

  • Endorsement

Bagi Anda yang telah berkecimpung di dunia media sosial pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah endorsement?

Endorsement merupakan semacam usaha yang dilakukan untuk memasarkan produk yang biasanya mengajak kerjasama para publik figur atau seorang YouTuber.

Ketika Anda memutar video, tak jarang Anda melihat seorang YouTuber mempromosikan sebuah produk. Produk tersebut biasanya berkaitan dengan isi konten yang dibuat.

Informasi yang berkaitan dengan produk tersebut dapat Anda temui di awal, tengah maupun akhir video. Nah, seorang YouTuber menyisipkan produk tersebut dalam videonya tidak lain atas permintaan pihak perusahaan.

Tujuannya adalah mempromosikan produk agar jumlah penjualan dapat bertambah. Oleh karena itu, pemilik produk mengajak kerjasama publik figur untuk menarik minat pelanggan.

  • Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu sumber pendapatan yang diperoleh seorang YouTuber dengan sistem bisnis. Sistem bisnis yang dimaksud adalah usaha untuk memasarkan sebuah produk.

Ketika seorang YouTuber berhasil menjualnya, maka YouTuber akan mendapatkan gaji atau bayaran. Gaji tersebut diperoleh dari perusahaan yang memiliki produk yang dipromosikan.

Jadi YouTuber dalam hal ini berlaku sebagai seorang sales yang menawarkan sebuah produk melalui video Youtube. Sistem semacam ini biasanya telah melalui kesepakatan dari kedua belah pihak yang bersangkutan.

Jika kedua pihak telah sepakat, pihak YouTuber akan mendapatkan kode tertentu agar pemilik produk dapat dengan mudah melacak keadaan produknya terjual atau belum.

Selain itu, kode semacam ini juga dapat menjadi barang bukti bahwa produk yang ditawarkan telah berhasil terjual.

cara lihat gaji youtuber

  • Berjualan

Zaman yang semakin modern juga telah berhasil menjadikan perusahaan-perusahaan besar untuk mempromosikan produknya melalui media sosial, salah satunya melalui youtube.

Nah, dalam hal ini tidak jarang sebuah perusahaan akan mengajak kerjasama seorang YouTuber untuk memasarkannya.

Video yang dibuat berisi informasi tentang produk yang dijual beserta kalimat-kalimat berisi berbagai macam ajakan untuk menarik minat pembeli.

Hal ini sebagai salah satu upaya yang dilakukan pengusaha untuk mengenalkan produknya agar dikenal lebih luas lagi sehingga penjualan meningkat.

Dengan cara semacam ini, tidak jarang jumlah penjualan mengalami pertambahan. Tidak ada salahnya bukan mencoba peruntungan?

Bahkan, artis-artis juga banyak yang mulai merambah bidang jual beli seperti ini. Mereka memanfaatkan channel Youtube yang dimiliki sebagai tempat pemasarannya.

Cara Melihat Jumlah Gaji YouTuber

Bagi sebagian besar YouTuber, jika ditanya mengenai berapa jumlah gaji yang diperoleh dari channel Youtube miliknya, jawaban mereka biasanya sedikit atau bahkan tidak ada.

Padahal mereka bisa saja mendapatkan gaji yang besar melalui Youtube adsense semacam ini. Gaji Youtube adsense biasanya dapat Anda lihat melalui sebuah fitur dalam aplikasi yang sudah tersedia.

Jadi sebenarnya Anda tinggal mengecek aplikasinya saja. Selain itu Anda juga bisa menerapkan cara melihat gaji YouTuber melalui situs-situs tertentu.

Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka situs Socialblade.com. Kemudian di kolom pencarian yang berada di pojok kanan bagian atas, silahkan Anda ketik nama channel Youtubenya.

Setelah itu klik channel Youtube tersebut. Semua informasi yang berkaitan dengan channel yang Anda cari termuat di sana.

Informasi tersebut termasuk jumlah subscriber yang dimiliki sampai penghasilan yang didapatkan. Penghasilan tersebut dapat dilihat dari kolom estimasi, ada yang perbulan, ada juga yang pertahun.

Namun pendapatan ini bukanlah penghasilan pasti, melainkan hanya sebuah perkiraan saja. Meskipun hanya sebuah perkiraan saja, setidaknya jumlah penghasilan tersebut dapat dijadikan sebagai patokan.

Jadi dengan melihat berapa penghasilan yang diperoleh, seorang YouTuber bisa memacu dirinya lebih keras lagi untuk mendapatkan jumlah penghasilan yang optimal.

cek gaji youtuber

Cara Menghitung Jumlah Gaji yang Diperoleh

Apakah Anda termasuk yang penasaran dengan kesuksesan seorang YouTuber? Berapa sebenarnya jumlah gaji yang diperoleh sampai ada yang nyaman menggantungkan hidupnya dari penghasilan Youtube saja?

Nah, Anda tidak perlu bingung lagi ya. Anda bisa menghitungnya melalui cara berikut ini.

Dalam menetapkan berapa jumlah gaji yang diperoleh seorang YouTuber dari adsense, biasanya pihak Youtube akan memberikannya sesuai dengan patokan gaji yang mereka miliki.

Ada dua jenis patokan, diantaranya Cost Per Mile (CPM) dan Cost Per Click (CPC). Apa sih CPM dan CPC itu?

CPM merupakan penghasilan YouTuber yang diperoleh dari setiap 1000 kali iklan ditayangkan dalam video Youtube miliknya.

Sedangkan CPC merupakan penghasilan yang dapat diperoleh jika ada seseorang yang melihat video Anda kemudian mengklik iklan yang muncul pada video tersebut.

Namun jika Anda memiliki keinginan menjadi seorang YouTuber dan baru akan memulainya, nampaknya Anda harus mau bekerja keras supaya mendapatkan penghasilan dari adsense.

Pasalnya, pihak Youtube akhir akhir ini telah menetapkan peraturan baru mengenai gaji tersebut.

Peraturan tersebut memuat tentang informasi jumlah minimal subscriber dan penayangannya sebelum bisa mengaktifkan adsense pada video yang diupload.

Meski demikian Anda tidak perlu khawatir, karena penghasilan seorang YouTuber bisa Anda dapatkan selain dari youtube adsense ini.

Youtube bagi sebagian orang memang dianggap sebagai bisnis yang menjanjikan. Wajar jika banyak artis-artis yang beralih menjadi seorang YouTuber.

Nah, bagaimana dengan Anda? Setelah mengetahui bagaimana cara mengecek gaji YouTuber, apakah Anda merasa tertarik mengikuti jejak kesuksesan mereka?

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *