cara mengaktifkan wifi di laptop
Komputer

Cara Mengaktifkan WIFI di Laptop Pada Windows

Cara Mengaktifkan WIFI di Laptop – Munculnya internet membuat semua perangkat yang digunakan memiliki adapter untuk menangkap sinyal WIFI. Baik itu komputer, laptop hingga smartphone.

Jika dulu untuk mendapatkan WIFI sebuah laptop harus ditambahkan penguat sinyal kini tidak lagi. Semua laptop yang baru saja diproduksi telah dilengkapi adapter WIFI jadi pengguna laptop hanya tinggal satu kali tekan saja.

Bukan hanya itu saja, para pengguna juga bisa membagikan sinyal WIFI yang ditangkap ke perangkat lainnya misalnya smartphone. Tapi bagaimana cara mengaktifkan wifi di laptop apalagi jika dalam keadaan rusak? Ada cara tersendiri yang bisa kamu ikuti. Bagaimana langkahnya ikuti di sini.

Macam-Macam Cara Menghidupkan WIFI pada Laptop

Tidak sedikit juga kamu yang baru saja membeli laptop bingung bagaimana caranya menghidupkan wifi. Setelah laptop menyala jaringan wifi tidak langsung tersambung. Apa masalahnya?

Beberapa laptop ada yang didesain harus mengaktifkan adapter terlebih dahulu. Tapi untuk masing-masing laptop caranya sama, jadi kamu bisa menggunakan cara ini untuk berbagai brand. Berikut ini cara-caranya.

Menekan tombol wifi

Beberapa brand memisahkan tombol wifi dengan keyboard jadi kamu akan lebih mudah mencarinya. Biasanya terletak pada tombol power di laptop yang mudah ditemukan. Ikon pada tombol tersebut tampak seperti tower yang sedang memancarkan sinyal.

Apabila kamu sudah menyalakan laptop dan masuk ke OS maka tinggal tekan saja tombol tersebut. Ada juga yang dilengkapi dengan lampu jadi kamu bisa tahu apakah tombol sedang menyala atau tidak.

Selesai menekan maka sistem akan langsung mencari sinyal wifi terdekat dan terlihat pada layar. Kamu tinggal memilih manakah sumber yang ingin digunakan dan mengkoneksikannya.

Menekan tombol F

Apabila kamu tidak menemukan tombol wifi khusus dekat power artinya tombol untuk menyalakan wifi terdapat pada area keyboard. Untuk mempermudah kamu bisa mencari tombol yang memiliki ikon wifi.

Biasanya tombol terletak pada keyboard F di bagian atas alfabet. Tombol function ini salah satunya pasti memiliki ikon wifi yang mudah kamu kenali. Ada yang terletak pada F10 ada juga yang terletak pada F2. Setiap brand peletakannya berbeda.

Setelah menemukannya lantas kamu tidak hanya menekan tombol dengan ikon wifi saja. Namin untuk mengaktifkannya kamu harus tekan tombol Fn dan F yang memiliki ikon tersebut. Maka otomatis adapter wifi akan menyala.

Sama seperti tombol wifi khusus, biasanya terdapat lampu pada tombol tersebut. Dengan ciri ini kamu bisa mencari mana tombol yang benar dengan mudah. Kamu juga harus menekan tombol yang dimaksud secara bersamaan sehingga prosesnya berlangsung lebih cepat.

Mengatur Windows Mobility Center

Apabila kamu tidak juga menemukan tombol pada keyboard yang tepat, memanfaatkan juga Windows Mobility Center. Ketika laptop sudah memiliki wireless card maka langkah ini bisa dilakukan. Langkahnya pun sangat mudah.
Pertama-tama kamu bisa masuk ke control panel terlebih dahulu kemudian pilih menu Adjust commonly used mobility settings. Menu ini terletak di Hardware dan Sound.

Maka akan muncul kembali halaman baru dengan beberapa menu yang isinya volume, display dan salah satunya adalah wifi. Kamu tinggal menyalakan wireless dengan menekan turn wireless on.

Maka pada bagian taskbar akan muncul tampilan wireless yang menyala. Otomatis wifi akan menyala dan melakukan pencarian jaringan. Tapi jika tidak ada jaringan maka akan muncul tanda silang dengan ikon layar komputer.

Cara Mengaktifkan WIFI pada Windows 8

Bagi kamu yang menggunakan Windows 8 maka pengaturan juga sudah dilengkapi. Kamu bisa menyalakan dan mematikan WIFI sesuai kebutuhan. Hanya saja langkah ini mungkin tidak terpikirkan ketika kamu terbiasa dengan langkah otomatis.

Pertama arahkan kursor ke kanan layar hingga muncul charm bar. Kemudian pilih menu Settings.

Pada bagian selanjutnya pilih menu Change PC Settings kemudian tekan menu Network. Jangan lupa untuk mematikan Airplane Mode sehingga jaringan bisa terdeteksi.

Kemudian pada menu Wireless Device kamu tinggal menyalakan Wifi. Otomatis pencarian WIFI akan berlangsung dan kamu bisa memilih salah satu dari jaringan yang pada.

Cara Mengaktifkan WIFI di Windows 10

Berbeda lagi jika kamu yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Ada beberapa pengaturan yang tersedia untuk WIFI secara terpisah dan mudah diakses. Bagi kamu yang sudah menggunakan sistem operasi ini ada langkah yang bisa diikuti.

Pertama klik ikon WIFI atau network yang terdapat di taskbar bagian pojok kanan bawah. Tekan ikon tersebut kemudian pastikan Airplane mode mati, jika menyala kamu bisa mematikan terlebih dahulu.

Setelah itu tekan ikon WIFI yang ada di sebelahnya untuk menyalakan. Jika sudah maka otomatis WIFI akan menyala dan mencari jaringan. Kamu tinggal pilih saja mana jaringan yang tersambung.

Cara Menyalakan Adapter WIFI Manual

Apabila kamu tidak bisa menggunakan cara otomatis di atas sesuai dengan jenis OS, maka cara lainnya adalah menyalakannya manual. Mungkin saja adapter WIFI yang kamu miliki tidak bisa menyala otomatis karena terjadi sebuah gangguan.
Cara Menyalakan Adapter WIFI ManualLangkah ini bisa digunakan untuk menyalakan WIFI dalam sistem operasi apapun. Pertama adalah masuk ke Control Panel kemudian buka menu Network and Internet dan pilih menu Networking and Sharing Center.

Maka akan muncul kolom baru dan lihat pada bagian sebelah kiri yaitu Change Adapter Settings. Kamu bisa klik pada ikon Wireless dan nyalakan dengan klik kanan dan Enable.

Maka koneksi WIFI akan langsung menyala dan sudah bisa digunakan. Langkah ini juga bisa kamu dilakukan jika sambungan internet menggunakan kabel. Tinggal klik saja sambungan Ethernet dan nyalakan.

Menginstal Wireless Driver

Cara aktifkan wifi di laptop selanjutnya yang bisa kamu dilakukan adalah dengan menginstal adapter terlebih dahulu. Hardware mungkin saja sudah terpasang tetapi jika tidak ada instalasi dari adapter maka tidak dapat digunakan.

Cara menginstal harus menggunakan DVD bawaan dari hardware yang tersedia pada saat kamu membeli laptop. Tersedia juga ketika kamu membeli adapter secara terpisah. Jika sudah memasukan DVD Driver kamu tinggal mengikuti perintah untuk instalasi saja.

Tapi mungkin juga jika driver sudah terpasang hanya saja kamu belum melakukan instalasi. Nah cara praktis yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut ini. Pertama masuk ke Control Panel kemudian cari menu Hardware and Sound.

Pilih menu Device Manager kemudian cari adapter wireless yang digunakan. Klik kanan dan update driver software. Klik menu search automatically pada jendela baru yang muncul.

Setelah driver ditemukan maka proses instalasi bisa langsung dilakukan pada laptop.

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Tersambung WIFI

Tidak jarang juga kamu akan menghadapi situasi di mana laptop tidak bisa tersambung dengan WIFI. Beberapa masalah mungkin saja terjadi yang harus diteliti satu per satu. Kesalahan pun tidak selalu terdapat pada laptop tetapi bisa juga karena jaringan.

Berikut ini cara mengaktifkan wifi di laptop ketika terjadi masalah yang harus kamu atasi terlebih dahulu.

Menggunakan antivirus

Jaringan tidak tersambung bisa saja alasannya karena laptop kamu terserang virus. WIFI akan otomatis menyala pada laptop setelah adapter dinyalakan atau tombol WIFI menyala. Tapi jika sudah menyala tetapi tetap tidak tersambung maka kamu harus menggunakan antivirus.

Scan seluruh laptop dengan antivirus, jika sudah ketemu hapus. Kemudian nyalakan kembali WIFI dan pasti akan langsung tersambung.

Instal ulang driver

Ketika WIFI tidak menyala kesalahan juga bisa terjadi pada driver. Apalagi jika virus sudah menginfeksi sampai ke sistem. Langkah satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan menginstal ulang driver.

Kamu bisa uninstall driver terlebih dahulu pada Control Panel. Kemudian instal ulang kembali dengan langkah sama seperti nomor 7.

Tidak menggunakan driver yang tepat

Kesalahan juga bisa terjadi pada driver yang tidak cocok digunakan. Bisa saja kamu mendapatkan driver dari internet yang serinya tidak sesuai. Oleh karena itu walaupun sudah diinstal, driver tidak akan bekerja dengan benar.

Carilah driver yang cocok dan sesuai dengan seri dari adapter yang digunakan. Cek kembali tipe dan juga serinya.

Ada masalah pada IP Address

Cara mengaktifkan wifi di laptop yang dilakukan sudah benar tetapi tetap saja tidak ada koneksi yang terjadi. Bisa saja kesalahan terdapat pada IP Address. Maka kamu harus memperbaikinya dengan masuk ke Control Panel.

Inilah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi koneksi WIFI pada laptop. Cobalah menggunakan cara ini satu persatu sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *