Cara Memasukkan Video Ke PPT Lengkap Dengan Gambar

Cara Memasukkan Video Ke PPT – Tahukah Kamu bahwa selain menggunakan gambar, diagram maupun foto ternyata Kamu bisa memanfaatkan video yang bisa Kamu masukan kedalam file presentasi Kamu di Microsoft power point dimana dengan memasukan video yang tepat dapat meningkatkan nilai presentasi Kamu.

Namun, sebelum memasuki video ke dalam file presentasi Kamu, terlebih dahulu yang perlu Kamu siapakan adalah bahan-bahan yang nantinya akan dimasukan kedalam file PPT (Presentasi Power Point).

Karena walaupun Kamu sangat bagus saat membawakan materi prsentasinya akan tetapi jika materi di dalamnya biasa-biasa saja bisa menurunkan nilai saat Kamu sedang presentasi, sehingga ada baiknya kumpulkan semua data penting yang nantinya dipakai untuk presentasi.

Mengapa Video Sangat Penting Untuk Presentasi?

Menurut website Beatble yang saya kutip, bahwa diperkirakan pada tahun 2020, video online akan membentuk lebih dari 80% dari semua lalu lintas internet untuk para konsumen, namun sayangnya hanya 4% dari mereka yang memanfaatkan video selama melakukan presentasi.

Baca Juga  Cara Menyimpan Video Dari Instagram Ke Galeri Tanpa Aplikasi

Sehingga ada peluang besar untuk memicu minat pada presentasi Kamu dengan cara memasukan video ke PPT Kamu di slide yang nantinya Kamu bisa menjual ide, produk, atau strategi untuk pemasaran.

Sehingga pada intinya akan menarik perhatian audiens yang akan lebih efektif dengan video dibandingkan dengan melihat gambar maupun hanya melihat grafik saja.

cara memasukkan video ke ppt dengan mudah
Cara Memasukkan Video Ke PPT Berikut Dengan Gambar

Sebenarnya cara memasukkan video ke PPT sangatlah mudah dilakukan dan berikut di bawah ini adalah cara memasukkannya langkah demi langkah lengkap dengan gambar.

1. Buka Microsoft Power Point

cara memasukkan video ke presentasi

2. Setelah itu klik pada slide PPT yang ingin Kamu tambahkan video di dalamnya, lalu klik menu pilih insert video lalu Kamu bisa memilih video yang berada di laptop Kamu maupun video online dan pilih video on my PC dan klik insert.

cara memasukkan video ke power point

3. Setelah videonya sudah ada di dalam file slide presentasi Kamu dapat merubah posisi videonya dengan mendrag kursor ke arak kiri maupun kanan sesuai dengan selera peletakan videonya.

4. Nah di dalam menu format Kamu dapat merubah berbagai macam format video yang telah Kamu sisipakan sekedar untuk mempercantik tampilan maupun untuk mengatur hal lainnya.

cara memasukkan video5. Setelah cara memasukan video ke PPT berhasil coba Kamu play slide show dan coba cek video yang telah Kamu masukan kedalam PPT dan misalkan ada kekurangan tinggal Kamu rubah saja sesuai dengan keinginanmu.

Bagaimana Cara Memasukan Video Online Ke PPT?

Sebenarnya cara memasukan video online Ke PPT sangatlah mudah dan saya akan memberikan contoh memasukan video online yang berasal dari Youtube dan cara ini bisa dilakukan dari versi PowerPoint tahun 2016, 2013, dan 2010.

1. Buka Microsoft Power Point

2. Setelah itu klik pada slide PPT yang ingin Kamu tambahkan video online di dalamnya, lalu klik menu pilih insert video lalu Kamu bisa memilih video video online dan pilih video on my PC dan klik insert.

3. Namun sebelum kamu melakukan cara memasukan video online ke PPT Kamu pilih terlebih dahulu video youtube yang ingin Kamu masukan kedalam file presentasi Kamu.

Baca Juga  Cara Meredupkan Layar Komputer Pada Windows

4. Untuk contoh saya akan memasukan video di youtube dari Merry Riana dikolom pencarian tinggal cari “Merry Riana”

5. Setelah itu pilih salah satu video online yang akan Kamu masukan kedalam file presentasi Kamu setelah itu klik ok.

Penting untuk Kamu ketahui bahwa jika powerpoint meminta kode sematan (embed video) yang berasal dari youtube pastikan memasukan kodenya secara benar dan paste embed tersebut

6. Setelah selesai klik menu mulai untuk memilih bagaimana video akan diputar, karena hal ini sangat penting, karena video Kamu tidak akan berfungsi kecuali Kamu memilih salah satu dari opsi ini.

7. Perlu Kamu catat bahwa saat memasukan video online kedalam file PPT, Kamu memerlukan akses internet untuk memutar videonya tersebut, untuk itu paket data diperlukan untuk memutar video online.

tips sukses presentasi

Tips Agar Presentasi Kamu Berjalan Sukses Dengan Menambahkan Video 

1. Pilih template PPT yang menarik agar para audiens bisa memberikan kesan positif saat pertamakali melihat slide pertama.

2. Perlu diingat bahwa pengunaan video yang dimasukan kedalam file PPT menggantikan poin-poin penting untuk Kamu presentasikan sehingga video tersebut harus jelas dan tidak bertele-tele.

3. Sesuaikan durasi video Kamu untuk digunakan saat presentasi jangan terlalu lama dan jangan terlalu sebentar, umumnya videonya yang disisipkan berdurasi 30 sampai 60 detik, namun bisa juga lebih sesuai kebutuhan.

Baca Juga  Mau Ganti HP? Ini Review Iphone 11 Harga dan Spesifikasinya

4. Latihan dirumah terlebih dahulu dan jangan lupa berdoa

5. Jangan grogi saat melakukan presentasi, karena sebagus apapun slide PPT Kamu jika kamu grogi atau gugup saat melakukan presentasi maka hasilnay tidak akan maksimal.

Sekianlah pembahasan mengenai cara memasukan video ke PPT dengan mudah sampai tips agar presentasi Kamu berhasil dengan menambahkan video kedalamnya, selamat mencoba,semoga berhasil.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *