3 Cara Melihat Spek Laptop Untuk Windows 7, 8 dan 10

Membeli sebuah barang elektronik seperti laptop bisa saja menjadi hal menyenangkan apalagi laptop tersebut adalah keluaran terbaru dan biasanya sebelum Kamu membelinya Kamu terlebih dahlulu akan cek spek laptop tersebut dan hal ini bisa Kamu lihat informasinya di website maupun Kamu bisa cek spek laptop tersebut secara langsung.

Ada banyak keuntungan mengapa Kamu harus mencek spek laptop tersebut sebelum membelinya, salah satunya adalah Kamu dapat mengetahui berbagai macam kelebihan dan kekurangan laptop yang akan Kamu beli dibandingkan dengan jenis laptop yang lain.

Selain itu dengan cara melihat spek laptop secara langsung juga dapat membuat Kita tidak mudah tertipu, karena bisa saja ada yang menawarkan laptop yang mengaku-ngaku spek laptopnya tinggi padahal setelah di cek berbeda, untuk itu sangat penting buat Kita mengetahui cara cek spek laptop yang tepat.

Tinggal Klik, Ini 5 Cara Melihat Spek Laptop

cek spek laptop

Sebenarnya ada banyak keuntungan jika Kamu mengetahui spesifikasi PC atau laptop dan hal yang paling sering adalah Kamu nantinya dapat menyesuaikan aplikasi atau games apa sajakah yang dapat Kamu instal dan jalankan di laptop Kamu.

Nah buat Kamu yang masih bingung cara melihat spesifikasi laptop maupun spesifikasi komputer, berikut di bawah ini adalah beberapa cara cek spek laptop untuk system berbasis windows 7, 8 dan 10 dengan beberapa langkah mudah.

1. Menggunakan DXdiag
diagnostic tool

Cara melihat spesifikasi PC yang pertama adalah dengan menggunakan Dxdiag atau kepanjangan dari DirectX Diagnostic Tools.

Dxdiag adalah sebuah jendela yang nantinya ketika Kamu cari caranya adalah menekan tombol windows + R atau Run, lalu Kamu tinggal ketikan Dxdiag setelah itu ok, dan akan muncul jendela baru DirectX Diagnostic Tools.

Dimana di dalam jendela DirectX Diagnostic Tools akan memunculkan tentang spesifikasi komputer/laptop secara ringkas mulai dari: current date/time, computer name, system operation, language, system manufacture, BIOS, processor, memory, page file, direct vertion.

Dan ada 3 tab pada jendela DirectX Diagnostic Tools mulai dari tab System, display, Sound, Input dimana masing-masing tab tersebut akan memberikan informasi spesifikasi laptop maupun komputer Kamu secara detail.

2. Menginstall CPU-Z

cpu z
Cara melihat spek laptop selanjutnya adalah dengan menginstal CPU-Z, caranya adalah download terlebih dahulu softwarenya di linknya disini.

Perlu Kamu ketahui bahwa CPU-Z merupakan alat diagnostik yang bisa Kamu download secara gratis disitus resminya yang nantinya setelah Kamu menginstal software tersebut maka CPU-Z akan memberikan berbagai macam informasi tentang Spek laptop atau komputer Kamu dan tak hanya disitu CPU-Z juga ternyata dapat memonitoring kinerja benchmark software dan hardware pada laptop maupun komputer.

Pengunaan CPU-Z juga sangat mudah digunakan bahkan bagi pemula dan setalah program ini dijalankan maka Kamu dapat menemukan berbagai macam informasi tentang spek laptop Kamu seperti jenis prosesor, memori, dan dengan menggunakan CPU-Z, kita bisa mendapatkan informasi lengkap tentang spek laptop maupun komputer.

Begitu program CPU-Z dijalankan, program ini akan menampilkan informasi mengenai semua komponen yang terpasang di laptop maupun komputer Kamu.

CPU-Z juga akan menampilkan informasi detail mengenai cache prosesor pada tab [cache], sedangkan pada tab [motherboard] Kamu bisa melihat informasi lengkap mengenai motherboard, BIOS, dan kartu VGA, seperti yang dikutip Tedas.id dari laman Download.id.

Baca Juga  Cara Memasukkan Video Ke PPT Lengkap Dengan Gambar

Sedangkan di tab [memory] Kamu bisa melihat informasi mengenai memori, speed dan latency dan masih banyak fitur-fitur menarik lainnya seperti:

– Melacak nomer dan Nama CPU.

– Model BIOS dan tanggal.

– Internal dan eksternal clocks, clock multiplier.

– Informasi L1 dan L2 cache.

– Informasi mainboard: Vendor, model dan revisi.

– Proses Core.

– Informasi memori: Frekuensi dan timing.

– Grafis antarmuka.

– Sistem Windows dan versi DirectX.

– Intel CedarTrail platform.

– Modul (s) spesifikasi menggunakan SPD (Serial Presence Detect): vendor, nomor seri, timing.

3. Dengan Windows Explorer

Cara cek spek laptop selanjutnya adalah dengan memanfaatkan Windows Explorer untuk mendapatkan informasi mengenai spek laptop secara mudah tanpa menggunakan aplikasi atau pihak ketiga, berikut di bawah ini adalah caranya:

– Coba Kamu buka Windows Explorer dengan menekan shortcut “Lambang Windows+E”.

– Setelah itu akan muncul jedela file Explorer dan Kamu pilih My Computer atau jika di laptop Saya namanya AMR, lalu klik kanan “Properties”.

cara melihat spek laptop dengan mudah

Dimana setelah itu akan muncul berbagai macam informasi mengenai spesifikasi laptop atau komputer Kamu seperti: Windows edition, System seperti ptocessor yang digunakan, informasi seputar memory RAM, system type, pen and touch, hingga informasi mengenai computer name hingga windows activation.

4. Memanfaatkan Control Panel

Cara mengecek spesifikasi laptop juga bisa memanfaatkan control panel dimana hal ini akan sangat membantu Kamu saat melihat berbagai macam informasi seputar spesifikasi laptop maupun komputer Kamu.

– Coba Kamu buka Windows Explorer dengan menekan shortcut “Lambang Windows+R” kemudian ketikan “control panel” dan tekan ok.

– Setelah itu klik “System and Security” dan Kamu klik “System”.

Baca Juga  Cara Meredupkan Layar Komputer Pada Windows

Dimana sama halnya seperti cek spek laptop atau komputer dengan memanfaatkan Windows Eksplorer maka akan muncul berbagai macam informasi mengenai spesifikasi laptop atau komputer Kamu seperti: Windows edition, System seperti ptocessor yang digunakan, informasi seputar memory RAM, system type, pen and touch, hingga informasi mengenai computer name hingga windows activation.

5. Mendownload Software Speccy

software speccy
Cara yang terakhir adalah dengan mendownload Software Speccy, pertama Kamu download dulu Software Speccy dari Ccleaner di link ini dan setelah mendownloadnya coba install program tersebut.

Akan tetapi jika Kamu masih bingung mengenai Software Speccy, maka Saya akan menjelaskan terlebih dahulu bahwa Software Speccy merupkan utility kecil yang dapat memberikan berbagai macam informasi mengenai spesifikasi laptop maupun kumputer Kamu.

Software Speccy menurut Saya memiliki tampilan dan desain yang sangat mudah dipahami bahkan untuk para pemula yang baru pertamakali menginstal Software ini dan setelah menginstalnya maka coba jalankan programnya.

Kemudian tunggu beberapa saat dan Kamu akan mendapatkan berbagai macam informasi mengenai spesifikasi laptop maupun komputer Kamu dan Software Speccy memiliki banyak sekali menu yang akan membeirkan informasi seperti:

– Summary.

– Operation System.

– CPU.

– RAM

– Motherboard.

– Graphics.

– Hard Drives.

– Audio.

– Peripherals.

– Network.

Pada menu summary maka Kamu dapat melihat informasi laptop mengenai spesifikasi laptop maupun Komputer Kamu dna pada menu Operation System ketika di klik maka akan menampilkan informasi mengenai OS apa yang Kamu gunakan.

Dan Kamu dapat mencek satu per satu menu tersebut dan Kamu akan mendapatkan informasi mengenai spesifikasi laptop maupun komputer Kamu dengan mudah.

Itulah tadi berbagai macam informasi seputar cara melihat spek laptop maupun komputer dengan menggunakan software maupun tidak dengan system berbasis Windows dan semoga saja setelah membaca artikel ini Sahabat Tedas.id wawasan Kita semakin bertambah.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *