cara kerja komputer
Komputer

Cara Kerja Komputer: Pengertian dan Perangkatnya

Cara Kerja Komputer – Menjadi salah satu perangkat yang dibilang tua di seluruh dunia, membuat komputer ini terkadang terlihat tidak efisien untuk digunakan oleh sebagian orang jaman sekarang. 

Namun walaupun menjadi salah satu perangkat yang paling tua yang pernah ada di dunia ini, tetapi tentunya komputer juga menjadi perangkat yang paling diidamkan idamkan jaman dahulu.

Komputer berasal dari kata komputasi yang memiliki arti perhitungan matematika, dari ini dapat disimpulkan bahwa komputer adalah sebuah alat bantu komputasi dan yang paling sederhana.

Semakin tahun Komputer mengalami perkembangan yang cukup pesat, dimulai dari kayu hingga menjadi sempoa.

Perkembangan yang semakin pesat ini membuat penemuan sebuah mekanisme yaitu Antikythera yang dimiliki oleh Yunani kuno.

Hingga pada tahun 1830an seorang insinyur mekanik yang berasal dari Inggris ini, yaitu Charles Babbage telah menemukan ” the father of computer”.

Berkembang dengan pesat hingga akhirnya komputer menjadi bentuk yang sekarang kita temui. Lalu sebenarnya bagaimana sih cara kerja komputer sekarang?

Definisi Komputer Modern

Definisi Komputer Modern

Seiring berjalannya waktu membuat komputer juga mengalami perubahan dimana yang awalnya hanya sebuah alat bantu hitung, sekarang menjadi alat elektronik yang mampu melakukan banyak hal.

Seperti prosesi informasi dimana data mentah diambil oleh komputer kemudian diolah dan akan mengeluarkan sebagai sesuatu yang output spesifik. 

Jadi sebenarnya cara kerja komputer ini mengolah data inputan atau masukan untuk menjadi data output.

Semua hal ini menjadi dasar yang sederhana dari cara kerja komputer.

Pengambilan data disebut input, penyimpanan informasi yaitu memory, pengeluaran disebut output, pengolahan data disebut processing.

Dengan empat bagian besar ini komputer akan bekerja dan mungkin anda akan lebih mengerti.

Didalam proses sebuah input perangkat yang akan ditemui adalah mouse, keyboard yang sudah anda sambungkan pada PC. Dan apapun yang membuat sinyal terhadap PC juga disebut sebuah input.

Baca Juga: Cara Format Flashdisk Dengan Benar

Pada sebuah penyimpanan pasti terdapat sebuah hard drive, mungkin beberapa yang la

in yang sering anda temui seperti micro SD, flashdisk.

Central processor unit memiliki fungsi untuk memproses informasi pada PC. Bagian microchip yang ditanam di PC dan juga menjadi otak dari PC.

Tanpa benda ini PC tidak akan mampu berjalan, hal ini menjadi alasan untuk selalu mendinginkan CPU untuk dapat mencegahnya dari overheating.

Alat output yang terdapat pada PC yaitu seperti speaker, LCD dan printer yang mungkin sering anda gunakan dengan sehari hari.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Sebelum kita mengetahui tentang cara kerja komputer, ada baiknya kita harus mengetahui dulu apa itu komputer.

Nah dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa pengertian komputer menurut para ahli.

1.     Pengertian Komputer Menurut C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky

Pengertian komputer menurut C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky mengatakan jika komputer didefinisikan menjadi mesin penghitung elektronik yang lebih cepat untuk menerima informasi berupa masukan digital, kemudian diproses sesuai dengan program yang disimpan di memori.

2.     Pengertian Komputer Menurut American Standard Institute

Menurut pengertian American Standard Institute mengatakan jika pada dasarnya komputer adalah alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan dengan cepat, termasuk juga terhadap perhitungan aritmatika tanpa adanya campur tangan manusia untuk bisa mengoperasikan prosesnya.

3.     Pengertian Komputer Menurut Arif Susanto

Arif Susanto mengatakan jika komputer merupakan sekelompok alat elektronik mulai dari perintah input, alat untuk mengelola input dan juga peralatan dari output yang bisa memberikan informasi dan juga dapat bekerja dengan otomatis. Komputer juga berasal dari bahasa Latin yakni Computaire. Computare sendiri berarti alat hitung.

4.     Pengertian Komputer Menurut Robert H. Blissmer

Pengertian komputer menurut Robert H. Blissmer jika komputer merupakan alat elektronik yang bisa melakukan berbagai macam tugas seperti untuk menerima input, memproses input dan juga mengolahnya menjadi suatu data keluaran atau output.

5.     Pengertian Komputer Menurut William M. Fuori

Menurut William M. Fouri, pengertian komputer merupakan suatu alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan data besar dengan cepat dan juga perhitungan aritmatika yang besar.

Perangkat yang Ada Di Komputer

Perangkat yang Ada Di Komputer

Di dalam cara kerja komputer ini terdapat beberapa perangkat keras atau hardware. Dimana hardware ini berbeda dengan software yaitu hardware bisa dilihat, berbentuk nyata dan juga bisa diraba.

Untuk perangkat-perangkat yang ada di komputer ini bukan hanya tertuju di bagian dalam komputer saja, namun juga semua perangkat yang mendukung cara kerja komputer itu sendiri.

1.     CPU

Menjadi otak dari cara kerja komputer, dimana menjadi pemegang tanggung jawab atas segala proses yang ada di komputer.

Untuk anda yang ingin merakit komputer pastikan kesuksesan socket CPU dengan mobo yang sudah anda beli, karena tidak semua CPU kompatibel dengan berbagai jenis mobo. CPU yang mungkin sering anda temui Intel Core i5, Pentium, Cyrix 486 dan masih banyak lagi lainnya.

2.     RAM

Menjadi chip komputer yang berguna untuk menyimpan data dinamik yang sementara untuk meningkatkan sebuah performa komputer pada saat bekerja. RAM menjadi penyimpanan yang Volatile dimana data akan hilang saat PC dalam kondisi mati.

3.     BIOS

Merupakan sebuah memori yang terdiri dari sebuah software yang berguna untuk mengendalikan hardware sistem, keseluruhan sistem serta sebagai tampilan antar muka antara hardware serta sistem operasi.

Untuk kamu yang belum tahu, ini cara masuk bios di laptop.

Baca Juga: Cara Melihat Spek Komputer

4.     CMOS RAM

Merupakan sebuah blok memori yang terpisah dan terdapat didalam sebuah mobo. Perangkat ini juga memiliki baterai tersendiri, sehingga perangkat ini akan mempertahankan PC saat keadaan mati. Hal ini juga menjadi PC yang mengalami rekonfigurasi, informasi yang disimpan oleh perangkat ini yaitu jenis harddisk, ukuran RAM, serta masih banyak lagi.

5.     CMOS RAM

Menjadi blok kecil didalam RAM yang memiliki kecepatan tinggi dan bertugas untuk melakukan preload sebuah informasi dari memori utama yang akan diteruskan pada CPU.

6.     Expansion bus

Merupakan alur input dan output yang menuju perangkat lain yang berasal dari CPU. Terdiri dari beberapa colokan dimibo, kegunaannya antara lain untuk menyambungkan PCI

7.     Chipsets

Merupakan kumpulan suatu sirkuit yang memiliki fungsi untuk mengatur adanya aliran data yang menuju komponen PC. Dalam komputer terdapat dua Chipsets yaitu the north bridge dan the south bridge.

8.     The North Bridge

Memiliki fungsi mengatur sebuah transfer CPU serta RAM, maka dari itu diletakkan dekat oleh CPU biasanya disebut dengan GMCH. Selain itu south bridge adalah perangkat yang mengatur hubungan antara perangkat lain yang lebih lambat.

9.     South Bridge dan North Bridge

CPU Clock mempunyai fungsi sebagai sinkronisasi untuk seluruh aktivitas yang ada di PC, dan memberikan nyawa kepada PC.

Cara Kerja Komputer Saat Dinyalakan

Cara Kerja Komputer Saat Dinyalakan

Ketika kita pertama kali menyalakan komputer, tentu saja mesin akan melewati beberapa proses internal sebelum komputer siap untuk digunakan. Nah proses internal inilah yang dinamakan dengan proses boot.

Boot merupakan singkatan dari bootstrap yang prosesnya ini dikendalikan oleh sistem input output dasar yaitu BIOS. Lebih lengkapnya tentang cara gunakan bootstrap di artikel ini.

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis Komputer

BIOS merupakan perangkat lunak yang tersimpan di chip flash memory. BIOS ini tertanam di mainboard, selain mengendalikan proses booting perangkat keras ini juga menyediakan user interface konfigurasi dasar untuk hardware komputer.

Pada user interface tersebut kita bisa mengkonfigurasikan beberapa hal seperti urutan membaca drive ketika booting dan juga seberapa cepat prosesor yang harus dibiarkan berjalan.

Ringkasan Cara Kerja Komputer Pada Saat Booting 

  1. Saat tombol turn on atau turn off ditekan, maka komputer akan mengirimkan daya menuju ke mainboard dan juga komponen lain.
  2. PC akan melakukan POST atau Power On Self Test. Dimana POST ini merupakan program komputer kecil yang terdapat pada BIOS yang memeriksa kegagalan pada perangkat keras. Biasanya saat komputer dinyalakan ini BIOS akan memberikan suara satu bip yang memberikan sinyal semuanya baik-baik saja.
  3. PC akan menampilkan informasi di monitor dengan menunjukan detail tentang proses dari booting. Hal ini termasuk juga produsen serta revisi BIOS, jumlah RAM, spesifikasi Processor dan juga drive yang terdeteksi.
  4. BIOS akan mencoba mengakses sektor pertama dari drive yang menjadi disk boot. Sektor pertama ini merupakan kilobyte pertama yang secara berurutan, apabila drive dibaca secara berurutan dimulai dengan alamat penyimpanan yang tersedia pertama.
  5. BIOS nantinya akan mengkonfirmasi jika terdapat bootstrap loader. Pada sektor pertama dari disk boot ini membuat boot loader ke dalam memori atau RAM.
  6. Selanjutnya setelah boot loader berada di memori, BIOS akan menyerahkan pekerjaan ke boot loader yang selanjutnya akan memuat sistem operasi.
  7. Saat bootloader menyelesaikan tugasnya, hal tersebut akan mengalihkan kendali PC ke dalam sistem operasi.

Cara Kerja Komputer Pada Sistem Operasi 

Cara Kerja Komputer Pada Sistem Operasi 

Setelah PC menyelesaikan proses Booting, kita bisa mengontrol perangkat hardware yang membentuk komputer tersebut.

Kebanyakan komputer di Indonesia ini menggunakan sistem operasi Windows. Sistem operasi Windows ini dibuat untuk menghubungkan perangkat keras dengan pengguna.

Sistem operasi pada komputer ini bertanggung jawab terhadap beberapa tugas seperti :

  • Memecahkan pekerjaan prosesor untuk menjadi potongan yang bisa dikelola serta memprioritaskannya sebelum mengirim ke CPU.
  • Mengkoordinasikan aliran data yang masuk dan juga yang keluar dari RAM, kemudian menentukan kapan waktunya untuk menggunakan memori virtual di harddisk untuk menambahkan jumlah RAM jika tidak mencukupi.
  • Menyediakan antarmuka yang berbasis perangkat lunak antar komponen dan juga setiap perangkat yang terhubung menuju komputer. Misalnya seperti menerjemahkan input keyboard dan menyesuaikan data grafik dengan layar monitor.
  • Mengarahkan tempat data yang harus disimpan dengan permanen di hardisk. Tugas lainnya seperti membaca, membuat, menyalin atau memindahkan serta menghapus dokumen.
  • Menyediakan pertukaran data dari program perangkat lunak dan juga PC. Aplikasi harus disetting agar bisa berguna dengan user interface sistem operasi yang digunakan.
  • Menjembatani antara pengguna dengan hardware dari komputer, artinya sistem operasi ini bertanggung jawab agar setiap hardware bisa berjalan dan juga digunakan oleh pengguna.

Nah itulah pembahasan mengenai cara kerja komputer secara lengkap, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda yang masih kebingungan terkait cara kerja komputer.

Anton Wahyu
Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Comments are closed.