Cara Jitu Memformat Flashdisk Yang Baik dan Benar

Cara format flashdisk yang benar akan kita bahas secara mendalam di bawah ini. Flashdisk di format oleh si pengguna biasa nya flashdisk mempunyai kendala masalah internal entah itu karena terkena virus atau faktor lain nya yang membuat flashdisk memang harus segera di format. Jika tidak segera di format maka flashdisk tersebut tidak layak di gunakan kembali kalaupun flashdisk di paksa pergunakan dalam keadaan kondisi bermasalah dan memiliki kendala tidak bisa menyimpan data ataupun kadang file yang terdapat di flashdisk tidak terbaca di komputer maka kita mempergunakan flashdisk tersebut hanyalah sia – sia karena flashdisk tidak bekerja sebagaimana mesti nya.

Cara format flashdisk yang baik dan benar

Flashdisk yang memiliki kendala bermasalah memanglah suatu hal yang sangat membuat si pengguna nya merasa kesal dan kecewa karena hasil yang di inginkan tidak sesuai dengan apa yang telah di rencanakan sebelum nya. Maka sangatlah butuh sekali untuk memformat nya ketika bermasalah agar si pengguna flashdisk merasa nyaman kembali untuk menggunakan di komputer nya.

Untuk memformat flashdisk tentulah tidak dengan cara yang sembarangan. Tentu ada tata cara dan aturan nya agar flashdisk di format berjalan dengan lancar dan kita melakukan nya tidak penuh dengan rasa bingung, sehingga cepat untuk menyelesaikan formatting nya. Terkadang kebanyakan orang memformat flashdisk dengan menggunakan settingan default yang ada pada windows komputer itu sendiri atau yang biasa di sebut dengan bawaan dari komputer nya tetapi tidak mengetahui dan tidak mengerti menu serta fungsi nya untuk apa saja.

Baca Juga  Cloud Computing: Perkembangan, Penerapan dan Manfaatnya

Memformat itu berarti menghapus seluruh data yang ada di dalam flashdisk dan mengatur ulang kembali ke pengaturan awal semula atau ke pengaturan pabrik, sehingga memformat itu menjadikan flashdisk seperti benar – benar baru, karena setelah format selesai flashdisk benar – benar kosong tidak ada satu file ataupun data yang terdapat di dalam nya, semua bersih kosong tidak ada yang tersisa.

Sebelum ingin memformat jangan lupa untuk back up semua data yang ada di flashdisk agar tidak kehilangan data – data penting yang ingin tetap di simpan. Back up data ke komputer atau di handphone terlebih dahulu agar semua data di pastikan aman dan tidak hilang. Lalu barulah melanjutkan mulai lakukan format pada flashdisk yang bermasalah tersebut.

Langkah – langkah memformat flashdisk

Meskipun sebenarnya memformat flashdisk terdengar sangat mudah untuk di lakukan namun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara untuk memformat nya, khusus nya bagi mereka kaum awam atau yang gagap akan teknologi kemungkinan besar mereka merasa ada kesulitan untuk memformat flashdisk nya. Maka dari itu disini akan di beritahukan cara untuk memformat flashdisk yang mempunyai beberapa kendala masalah.

Berikut cara jitu untuk memformat flashdisk yang baik dan benar

  • Langkah awal pasang flashdisk ke komputer

Pasang atau hubungkan flashdisk ke komputer lalu input semua data yang ada di flashdisk kemudian back up ke tempat yang sekiranya aman seperti komputer dan handphone yang terbebas dari virus. Ini adalah hal pertama yang terpenting yang harus kita ingat dan kita butuhkan sekali, karena jika kita terlupa maka semua data – data yang ada di flashdisk akan hilang seketika setelah di format begitu saja tanpa di back up.

  • Buka explorer

Buka jendela explorer pada komputer klik kanan pada drive flashdisk lalu pilih format. Tunggu sampai keluar jendela format removable disk

  • Pilih menu pada jendela format removable disk

Pilih menu capacity tentukan dan sesuaikan dengan kapasitas besar nya flashdisk. klik file system lalu pilih NTFS pada menu. Pilih allocation unit size sesuai kan kapasitas flashdisk nya lalu centang pada kotak kecil yang bertulisan quick format, jika tidak klik quick format biasa nya akan memakan waktu lebih lama proses nya sekitar kira –kira 15 menit. Kemudian klik start

  • Popup konfirmasi
Baca Juga  Repeater : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Setelah klik start maka komputer akan segera memformat flashdisk. Tapi sebelum itu akan muncul terlebih dahulu popup konfirmasi untuk memformat flashdisk serta menghapus seluruh data – data yang ada di dalam flashdisk tersebut, jika sudah muncul klik OK

  • Tunggu sampai selesai
    • Ketika sudah klik OK pada jendela popup tunggulah sampai proses selesai melakukan format pada Ketika sudah selesai buka lah drive flashdisk nya di klik kanan menu explorer lalu lihat hasil nya.

Itulah langkah jitu untuk memformat flashdisk dengan cara yang baik dan benar. Nah pastikan cara – cara trik dan tips nya sesuai dengan perintah. dan alur yang telah di uraikan, sehingga kita mudah untuk memformat flashdisk nya serta hasil format nya pun tidak mengecewakan nanti nya.

Jika mengalami masalah misalnya muncul pesan error flashdisk write protected maka kita harus mengatasi masalah tersebut terlebih dahulu. Silahkan baca cara mengatasi flashdisk write protected di sini: https://itkoding.com/cara-mengatasi-flashdisk-write-protected/

Karena flashdisk adalah salah satu alat media penyimpanan yang sangat mudah untuk di bawa kemana – mana namun jika tidak di rawat dengan baik maka akan mudah rusak karena kadang terlalu sering menghubungkan flashdisk ini ke berbagai komputer mana saja yang belum tentu terbebas dari virus.

Oleh karena itu walaupun flashdisk sudah di format tetap haruslah sangat berhati – hati dalam menggunakan serta perawatan nya agar terhindar dari virus – virus yang bersarang di komputer yang telah pernah di hubungkan dengan flashdisk tersebut. Karena flashdisk memang harus ekstra hati – hati jika sudah terhubung dengan komputer yang bervirus. Demikian cara format flashdisk yang benar.

Baca Juga  Database: Manfaat, Fungsi Tipe, dan Jenis-Jenisnya

 

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *