Komputer

Cara Cek RAM Laptop Mulai dari Kapasitas hingga Penggunaan

Cara Cek RAM Laptop – RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu perangkat keras yang tersematkan di dalam laptop atau smartphone. Fungsi dari RAM adalah untuk menyimpan data sementara ketika pengguna menjalankan software tertentu.

Sifat dari RAM sendiri adalah Volatile yang perlu aliran listrik namun fungsinya berbeda dari tempat penyimpanan seperti hardisk atau flashdisk hingga cd atau dvd. RAM hanya akan bekerja ketika laptop sudah menyala.

Karena digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara maka kapasitas dari RAM pun cukup besar. Oleh karena itu perlu dikenali bagaimana cara cek RAM laptop untuk tahu berapa kapasitas dan jenisnya.

buka browser di laptop

 

Berbagai Macam Cara Cek RAM Laptop Dengan Mudah

Cara Cek RAM Laptop dari Stiker

Cara pertama dan paling mudah adalah dengan mengamati bagian fisik laptop. Biasanya RAM terdapat dalam stiker yang menempel pada bagian bawah keyboard.

Cara ini digunakan untuk mengecek RAM yang biasa dimiliki oleh laptop bekas yang sudah tidak memiliki kardus. Setiap merk laptop biasanya memberikan berbagai macam informasi melalui stiker.

Beberapa informasi yang biasanya tercantum adalah jenis CPU, RAM sesuai dengan kapasitasnya. Bahkan OS apa yang digunakan dalam laptop tersebut. Informasi ini adalah spesifikasi asli atau bawaan dari laptop.

Berbeda cerita jika ternyata RAM di laptop telah dikurangi atau justru ditambah, maka cara mengeceknya berbeda. Harus masuk melalui sistem dan bukan dari stiker.

Mengecek RAM Laptop dari Kardus Kemasan

Khusus untuk laptop baru atau yang bekas tapi lengkap dengan kardusnya maka cara cek RAM laptop pun mudah. Sama seperti stiker, kemasan laptop atau kardus berisi informasi singkat mengenai spesifikasi bawaan yang disediakan pabrik.

Beberapa informasi yang biasanya dijelaskan adalah kapasitas RAM, CPU, HDD, LAN, ukuran layar laptop, baterai, dan OS. Namun sama dengan stiker, informasi ini hanya berlaku sesuai dengan produk baru keluaran pabrik.

Apabila laptop mengalami perubahan hardware seperti RAM (biasa terjadi pada laptop bekas) maka membuka laptop harus dilakukan. Membuka fisik RAM yaitu melalui bagian bawah laptop.

Cara Melihat RAM Laptop dari CMD

Cara cek RAM laptop yang selanjutnya adalah dengan melalui Command Prompt atau CMD. Alat ini digunakan bukan hanya mengecek RAM saja tetapi juga semua aktivitas yang dilakukan di laptop atau komputer.

Bagaimana cara masuk ke CMD dan melihat RAM laptop? Berikut ini cara lengkapnya.

  • Masuk ke CMD dengan menekan Windows + R pada keyboard dan ketik CMD kemudian tekan enter.
    cara mengecek ram laptop
  • Pada tab yang keluar, kamu bisa mengetik ‘’systeminfo’’ dan tekan enter. Kemudian tunggu hingga informasi muncul dan banyak info yang terlihat bukan hanya RAM saja.
    cara mengecek ram laptop dengan cmd
  • Melalui data yang keluar, informasi RAM biasanya ditulis dengan istilah Total Physical Memory dan berupa angka yang merupakan kapasitas RAM.

Informasi yang dijelaskan dalam CMD ini ada beberapa jenis mengenai RAM yaitu kapasitas yang dimiliki serta ketersediaan ruang. Terdapat info mengenai Available Physical Memory yang menjelaskan berapa ruang RAM yang masih bisa digunakan.

Angka yang dijelaskan ini adalah dalam satuan MB, jadi perlu mengkonversikannya dengan satuan GB. Mudah bukan cara mengecek RAM laptop dengan CMD, apalagi informasi yang diberikan cukup lengkap.

Cara Mengetahui RAM Laptop Melalui Control Panel

Cara Mengetahui RAM Laptop Melalui Control Panel

Bagian lain dari sistem di dalam laptop yang bisa digunakan untuk mengecek RAM adalah Control Panel. Metode ini bisa diterapkan jika laptop masih dalam keadaan hidup.

Selain itu informasi yang diberikan sangat akurat dan simpel. Beberapa yang dijelaskan adalah kapasitas RAM, jumlah RAM yang sudah digunakan dan yang masih tersisa.

Cara cek RAM laptop menggunakan Control Panel yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Masuk ke dalam Control Panel, cara paling mudah adalah ketik Control Panel dari search di komputer.
  • PIlih menu System and Security dan klik System maka akan keluar banyak sekali informasi di dalamnya.
  • Informasi yang dijelaskan yaitu Prosesor yang digunakan, RAM, tipe sistem, pabrikan dan info mengenai sistem komputer lainnya. Masing-masing Windows memiliki cara berbeda untuk mengakses Control Panel.

Windows 7, 8 dan 10 memiliki penggunaan sistem yang berbeda, jadi kamu perlu menyesuaikan. Namun cara yang paling mudah adalah dengan mencarinya melalui search.

Cara lain untuk masuk ke Control Panel adalah melalui dengan menekan Windows+pause break. Maka akan langsung muncul tab Control Panel pada layar.

Cara Cek RAM Laptop dengan Dxdiag Tools

Walaupun disebut dengan tools namun kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Dxdiag Tools merupakan alat yang bisa langsung digunakan di laptop atau komputer.

Informasi yang tersedia melalui tools ini juga lengkap seperti OS, manufacture, RAM dan masih banyak lagi. Untuk bisa mengecek melalui Dxdiag Tools adalah:

Tekan Windows + R di keyboard hingga muncul tab RUN.

Setelah itu pada kolom yang tersedia ketik dxdiag dan tekan OK.

Maka akan muncul informasi DirectX Diagnostik Tool dan sudah jelas terpapar mengenai informasi RAM dan lainnya yang dimiliki laptop.

Cara mengetahui RAM laptop ini bisa dilakukan bahkan ketika RAM atau hardware lainnya sudah diubah. Penjelasan mengenai kapasitas RAM hingga OS yang digunakan juga akurat.

Cara Mengecek Spesifikasi RAM Laptop yang Rusak

Beberapa cara di atas bisa dilakukan jika laptop bisa dinyalakan, tapi bagaimana jika ternyata laptop rusak dan tidak menyala? Alternatif caranya adalah dengan melihat stiker atau pada kemasan kardus.

Sayangnya untuk kemasan tersebut tidak ada jaminan jika informasi masih bisa terbaca. Apalagi untuk laptop yang sudah berusia lama. Lalu bagaimana cara untuk bisa mengetahui RAM?

Cara untuk mengetahuinya adalah dengan membuka casing laptop sehingga terlihat spesifikasi RAM secara fisik. Ketika melihat RAM ini ada beberapa informasi yang bisa didapatkan seperti merk RAM dan kapasitasnya.

Apapun jenis RAM yang dipasang maka informasi ini pasti bisa dilihat. Bahkan jika RAM asli bawaan laptop sudah diganti dengan jenis RAM baru atau ditingkatkan. Informasi ini juga lebih akurat.

Hanya saja untuk membongkar prosesnya tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan bongkar pasang. Karena ada banyak perangkat yang tidak boleh terganggu dan cara pemasangan kembali harus benar.

Jika tidak akan mempengaruhi hardware lainnya bahkan mengganggu proses kinerja laptop selanjutnya.

Cara Mengetahui Penggunaan RAM Laptop

Apabila melihat secara fisik, maka belum jelas berapa penggunaan RAM baik yang masih kosong dan terpakai. Satu-satunya cara mengecek adalah melalui sistem. Jadi jika kamu hendak mengecek RAM pada laptop yang rusak, caranya adalah dengan memasangnya pada laptop lain.

Bagian dari sistem yang digunakan untuk mengecek adalah task manager. Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Masuk ke task manager. Kamu bisa mencarinya melalui kolom search atau bisa klik kanan di taskbar. Bisa juga dengan tekan ctrl+shift+esc pada keyboard.
  • Apabila tab task manager sudah muncul selanjutnya klik tab performance.
  • Maka akan muncul tab task manager yang isinya adalah grafik. Cara membaca grafik ini pun mudah karena sudah ada penjelasannya di bawahnya. Untuk membaca kapasitas RAM, kamu bisa klik Memory pada bagian kolom kanan.

Maka akan muncul grafik Memory dalam RAM dan terlihat berapa ruang yang terpakai dan ketersediaannya. Perlu diingat, karena fungsinya adalah untuk ruang sementara aplikasi, maka semakin banyak software yang digunakan ruang juga cepat penuh.

Fluktuasi grafik dalam aplikasi ini juga semakin meningkat dan perubahan bisa terjadi kapan saja tergantung jumlah aplikasi atau software yang kamu gunakan. Sedangkan untuk melihat apa saja aplikasi yang memakan memori RAM bisa dengan cara klik tab Process.

Maka akan muncul informasi dari masing-masing aplikasi dan berapa jumlah kapasitasnya yang memenuhi memori.

Ketika RAM sudah mulai penuh maka kinerja laptop akan mulai lambat. Apabila sudah mulai muncul masalah ini, maka kamu bisa melanjutkan dengan memilih aplikasi. Pilih aplikasi yang tidak banyak digunakan dan menghapusnya.

Baca Jug: PVN Untuk Laptop

Dengan begitu kinerja laptop akan kembali optimal dan pekerjaan dengan laptop bisa dengan mudah dilakukan.

Cara Mengecek RAM Laptop Melalui Aplikasi

Cara Mengecek RAM Laptop Melalui Aplikasi

Selain langsung mengecek RAM melalui laptop langsung baik sistem dan fisik, ada juga aplikasi yang bisa membantu. Menggunakan aplikasi sebenarnya bukan cara yang paling efektif untuk mengecek, apalagi soal kapasitas RAM.

Alasannya adalah keakuratan yang diberikan biasanya tidak terlalu besar. Mengingat dengan adanya software ketiga yang digunakan tentu tingkat keakuratannya sangat rendah.

Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara melihat RAM laptop dengan aplikasi, ditambah lagi aplikasi tidak memakan terlalu banyak beban. Dengan begitu laptop tidak akan terlalu berat.

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek RAM dan cara menggunakanya:

Aplikasi CPU-Z

Merupakan aplikasi yang sangat terkenal dan paling direkomendasikan. Aplikasi bawaan Windows ini tersedia untuk android serta laptop jadi kamu bisa dengan fleksibel menggunakanya.

Selain mengecek RAM, CPU-Z ini juga bisa digunakan untuk mengecek perangkat keras hingga lunak lainnya yang terdapat dalam laptop. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Menginstal aplikasi melalui www.cpuid.com secara gratis.
  • Selesai menginstal, kamu bisa membuka aplikasi seperti biasa lalu klik tab Memory. Mak akan muncul informasi tentang RAM yang digunakan pada laptop.
  • Setelah itu klik tab SPD dan pilih menu Memory Selection untuk mengetahui jumlah slot RAM.
  • Pada kolom Memory Selection maka akan muncul kolom menu yang menjelaskan berapa ruang slot yang dimiliki RAM.

Aplikasi Speccy

Cara cek RAM laptop selanjutnya dengan menggunakan aplikasi Speccy yang juga memperlihatkan informasi spek komputer dengan lengkap. Khusus RAM beberapa informasi yang tersedia adalah kapasitas hingga slot RAM. Berikut ini cara untuk mengecek RAM menggunakan Speccy.

  • Instal aplikasi Speccy melalui cleaner.com/speccy. Setelah selesai menginstal buka aplikasinya.
  • Setelah aplikasi terbuka, klik menu RAM dan buka menu SPD Modules.
  • Pada layar yang terlihat, cek di kolom Nombor of SPD Modules dan akan terlihat jumlah slot RAM.

RAM yang menjadi bagian penting dari laptop bisa terjaga keawetannya jika kamu memasang kapasitas yang sesuai. PIlih RAM yang sesuai dengan penggunaan software, jika ada banyak yang digunakan maka pilih yang kapasitasnya besar.

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *