Blogger: Pengertian, Sejarah Hingga Cara Mendapatkan Uang

Artikel terakhir diperbaharui 24-12-2020 oleh Aldy Amrillah

Blogger – Dijaman sekarang teknologi semakin maju, bisa dilihat dari beberapa hal yang dulunya sangat kuno menjadi lebih modern.

Muncul berbagai hal yang baru serta unik untuk dilakukan dan juga akan menghasilkan pendapatan bagian anda. Blogger adalah salah satu hal yang Mungkin anda sudah tidak asing lagi.

Munculnya sebuah blog di era sekarang membuat semua orang lebih berbondong bondong untuk mencoba berbagai hal yang baru dengan sebuah teknologi.

Apalagi jika hal yang baru itu dapat menghasilkan tentunya akan sangat dilirik oleh orang banyak. Seringkali seseorang lebih memilih untuk diam dan tidak mau belajar dengan sebuah internet.

Justru ini yang membuat seseorang susah untuk maju apalagi di zaman sekarang yang serba canggih. Mungkin anda akan sangat heran jika sebuah blog dapat menghasilkan pundi pundi uang bagi penggunanya. Berikut ini merupakan ulasan mengenai  blog secara rinci yang perlu anda simak agar anda dapat memahami betul secara luas tentang blog itu sendiri.

Apa Itu Blog?

Apa Itu Blog

Di jaman sekarang blog memiliki perkembangan yang sangat pesat hingga blog sendiri memiliki pengertian yang cukup banyak.

Blog adalah situs yang berada di internet yang mengandung sebuah konten berupa artikel yang memiliki sifat personal atau bahkan mungkin universal. Isi dari blog itu sendiri biasanya adalah gambar, artikel, video atau bahkan sebuah link yang tentunya dibuat oleh penulis atau pengelola suatu blog.

Ada juga pengertian blog dimana sebuah website yang dikelola oleh seorang pemilik itu sendiri dan mungkin juga oleh beberapa penulis untuk mengisi web itu sendiri. Blog ini diisi dengan konten yang bersifat universal atau bahkan personal bagi penulis.

Konten personal ini biasanya seperti pengalaman dari seorang penulis dan atau opini penulis tentang berbagai hal. Sedangkan untuk konten universal ini biasanya berisi seperti tutorial berbagai hal, tips dan trik, sebuah berita dan masih banyak lagi contohnya.

Pengertian blog selanjutnya adalah sebuah jurnal yang diakses dengan online atau melalui website, didalamnya berisi beragam jenis informasi.

Isi yang ada di blog ini biasanya diperbarui secara berkala yaitu seminggu dua kali atau bebas oleh para pengisi blog. Karena setiap blog biasanya bisa diisi lebih dari satu orang atau berbentuk sebuah tim atau hanya diisi oleh satu penulis saja.

Apa Itu Blogger?

Apa Itu Blogger

Mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu blogger, mungkin beberapa orang sering mendengar kata kata blogger tetap saja belum mengerti apa itu blogger.

Blogger adalah orang atau suatu kelompok yang mempunyai sebuah blog yang digunakan untuk tujuan tertentu dari seseorang atau kelompok tersebut.

Blogger ini dianggap sebagian orang merupakan sebuah profesi namun hal ini tergantung dengan penggunaan sebuah blog itu sendiri.

Jika seseorang membuat blog hanya untuk sekedar menulis tentang kegiatan sehari hari, memberikan opininya kepada publik, gemar menulis ini bisa dikatakan sebagai hobi seorang blogger.

Baca Juga: Cara Menjadi Youtuber Terkenal

Namun jika seseorang membuat blog untuk mencari uang dari sebuah blog, ini akan dikatakan sebagai profesi sebuah blogger.

Pengertian yang lain mengatakan bahwa blogger adalah seseorang yang melakukan kegiatan menulis di sebuah blog, entah itu pada sebuah blog gratis atau bahkan berbayar. 

kegiatan menulis ini bertujuan untuk mengisi sebuah konten pada blog yang dikelola seseorang, dan seseorang itu dapat menulis secara bebas atau sesuai dengan keinginannya. Namun pada saat menulis hal yang terpenting adalah tidak melanggar suatu hukum serta undang undang yang berlaku.

Apa Itu Blogging?

Apa Itu Blogging

Nah jika blogger adalah orang yang memiliki blog, maka Blogging adalah aktivitas atau kegiatannya. Blogging adalah sebuah aktivitas dimana seseorang yang sudah mulai menggunakan blog ataupun website untuk membuat jurnal atau hanya untuk menulis sebuah ide idenya.

Blogging memiliki kata lain yaitu sebuah blog atau website yang dapat ditambahkan sebuah konten  berupa teks dengan berkala atau hanya sebuah gambar saja.

Blogging menjadi kegiatan yang sangat sulit untuk dilakukan, dimana pengisi blog harus berupaya secara keras untuk agar blognya berjalan dan memiliki pengunjung. Dan apabila blog anda muncul pada pencarian paling atas di google ini merupakan sebuah pencapaian yang sudah serta akan sangat membutuhkan banyak waktu.

Setiap blogger tentunya ingin blognya muncul pada pencarian teratas. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya pengunjung pada blog membuat pendapatan dari blog akan semakin bertambah.

Setiap blogger akan sangat berharap artikel yang baru ditulis bisa berada pada posisi pertama di pencarian. Karena akan sangat membanggakan bagi blogger serta nama blog yang dimilikinya.

Sejarah Blog Di Indonesia

Sejarah Blog Di Indonesia

Tak hanya di dunia, di Indonesia blog mengalami perkembangan juga. Awal mula blogger di Indonesia hanya menggunakan platform blogger serta livejournal saja. Menggunakan kedua platform tersebut orang orang mulai mengembangkan blog itu sendiri. Hal ini menjadi generasi awal dari perkembangan blog yang ada di Indonesia.

Tahun 2001 sudah banyak muncul komunitas blogger, sebuah komunitas ini pada saat itu masih seputar mengenai jurnal pribadi saja.

Setiap tahun jumlah blogger semakin bertambah hingga tahun ini blogger sudah berkembang menjadi modern. Dimana kita sering menjumpai tema yang untuk digunakan pada blog, dibuat oleh creator yang sudah mulai kreatif dan lebih modern.

Blogger yang dulunya hanya tentang jurnal pribadi saja sekarang sudah berkembang menjadi hal apa saja yang dicari oleh masyarakat. Setiap generasi blogger di Indonesia sudah mulai menggunakan wordpress daripada blogger itu sendiri.

Namun juga tak sedikit yang masih menggunakan blogger untuk memulai menulis, hal ini tergantung pada pilihan mereka masing masing blogger.

Jenis Jenis Blog

Jenis Jenis Blog

Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui bahwa blog ini memiliki beberapa jenis. Jenis inilah yang dapat mengkategorikan jenis blog apa yang cocok untuk anda mulai lakukan.

Mungkin anda akan sedikit merasa bingung jika tidak mengerti pengertian pada setiap jenis blog. Berikut ini ulasan mengenai jenis blog jika anda bingung dalam memilih jenis blog untuk anda gunakan saat akan memulai membuat blog.

a)    Blog Pribadi

Dalam blog ini berisi mengenai hal hal yang ditulis oleh pemilik blog, biasanya blog ini ditulis hanya untuk sekedar mencurahkan pendapat penulis. Jenis blog ini biasanya memiliki tujuan untuk sekedar berbagi mengenai pendapat penulis.

Tidak ada unsur untuk mencari uang pada jenis blog ini biasanya didasari oleh seseorang yang suka menulis.

b)    Blog Otoritas

Berbeda dengan sebelumnya, biasanya blog ini digunakan oleh seseorang untuk membuat dirinya menjadi ahli dari sebuah topik yang dibahas olehnya. Blog jenis ini hanya memiliki satu topik, blog ini biasanya mendapat kunjungan dari media sosial. Dalam urusan konten jenis blog ini tidak mementingkan sebuah kata kunci.

c)     Blog Niche

Sama dengan sebelumnya blog ini hanya membahas satu topik saja, namun blog jenis ini sangat mementingkan sebuah kata kunci.

Blog jenis ini memiliki kelemahan apabila Google melakukan sebuah pembaruan yakni algoritma, ini akan membuat pengunjung pada jenis blog ini turun secara drastis. Padahal setiap penulis di blog ini sudah sangat memaksimalkan kinerja agar blog dapat muncul di pencarian teratas.

d)    Blog Perusahaan

Merupakan blog milik sebuah perusahaan, jenis blog ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai perusahaan.

Blog sebuah perusahaan berguna untuk menyiarkan artikel yang berkaitan dengan perusahaan itu sendiri, sedangkan website hanya digunakan untuk profil sebuah perusahaan.

e)    Blog Spam

Menjadi jenis blog yang tidak disukai oleh pengguna lainnya, hal ini dikarenakan konten yang berada di dalamnya merupakan konten dari blog orang lain.

Dengan AGC pengguna jenis blog ini dapat membuat ribuan blog secara instan, namun terkadang blog Spam ini tidak muncul di sebuah pencarian google.

Penyedia Layanan Blog yang Bisa Digunakan Gratis

Penyedia Layanan Blog gratis
Image: blogger.com/

Tentu saja syarat untuk menjadi seorang blogger adalah harus bisa menentukan dan memilih layanan atau platform penyedia blog itu sendiri.

Seperti pengertian blogger yaitu aktivitas menulis dan membagikan berbagai macam cerita atau teks, video atau gambar di internet. Untuk itu kita harus bisa menemukan platform blogger yang tepat.

Mungkin sekarang anda akan sangat sering menjumpai penyedia layanan blog pada internet. Penyedia layanan tersebut ada yang gratis, jadi anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk mencoba memulai menulis menggunakan layanan tersebut.

Mungkin anda menjadi bingung pada saat memilih layanan yang cocok untuk anda, karena setiap layanan memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Berikut ini ulasannya untuk anda jika bingung harus menggunakan layanan yang mana.

a)    Blogger.com

Palingan sering digunakan karena gratis serta memiliki perkembangan yang signifikan. Dimulai dari fitur hingga pengguna yang terus meningkat setiap tahun.

Sangat cocok untuk pemula karena memiliki fitur yang standar mudah untuk dipahami serta dapat memonetisasi meskipun anda belum memiliki domain sendiri.

b)    WordPress.com

Menjadi layanan yang paling sering digunakan sekarang karena didalamnya terdapat fitur fitur yang canggih dan juga dapat digunakan secara cepat untuk membuat website. Tersedia dalam versi gratis serta berbayar juga tergantung pada kegunaan anda.

Namun didalamnya juga terdapat kekurangan dimana pengguna diwajibkan untuk membeli domain agar dapat uang dari blog, karena wordpress tidak akan di monetize bila tidak ada domain.

c)     Weebly

Jarang terjangkau oleh orang orang karena memiliki reputasi yang cukup rusak karena biasanya digunakan untuk membuat blog penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

d)    LiveJournal

Situs ini bisa digunakan oleh pengguna sebagai sosial media, selain itu dapat juga dijadikan sebagai forum untuk berdiskusi dan menulis.

e)    Ghost

Menjadi layanan blog paling muda yaitu tahun 2013 oleh John on Nolan. Layanan ini memiliki keunggulan yaitu navigasi yang mudah dimengerti serta memiliki akses yang cepat. Pada layanan ini juga tersedia versi berbayar namun bagi pengguna baru cukup gunakan yang gratis saja.

f)      Tumblr

Biasa disebut dengan mikroblog selain digunakan sebagai blog Tumblr ini dapat dijadikan sebagai sosial media bagi beberapa orang.

g)    Postach

Merupakan hasil perkembangan dari aplikasi Evernote, di dalam postach ada bisa membuat blog serta website yang tentunya sudah terintegrasi dengan aplikasi Evernote. Selanjutnya catatan tersebut akan menjadi published dan dapat diakses oleh semua orang.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Setelah kita mengetahui pengertian blogger dan apa itu blogger, berikutnya kita akan membahas tentang bagaimana sih cara mendapatkan uang dari blog.

Seiring dengan berkembangnya zaman yang sudah menjadi canggih dan juga era digital seperti ini tentu saja membuat kita bisa dengan mudah melakukan apa saja termasuk juga mendapatkan uang dari internet.

Nah salah satu yang bisa kita lakukan dengan blogger adalah kita bisa mendapatkan uang dari blog yang kita miliki tersebut. Jadi dengan memiliki blog, kita tidak hanya bisa memberikan pendapat atau cerita kepada publik di internet, namun kita juga bisa mendapatkan uang dari blog yang kita miliki tersebut.

1.     Mendaftar Di Google Adsense

Cara mendapatkan uang dari blog yang pertama adalah dengan mendaftarkan blog milik kita di Google Adsense.

Nah salah satu hal yang membuat banyak orang ingin menjadi blogger adalah karena Google Adsense ini. Dimana Google Adsense sendiri adalah jasa periklanan yang dibuat oleh Google dan menjadi jasa periklanan paling populer saat ini.

Google Adsense ini menggunakan algoritma yang sangat kompleks dengan blog yang kita miliki. Jadi untuk bisa mendaftar dengan Google Adsense ini dibutuhkan persyaratan yang sangat kompleks. 

Bahkan terkadang banyak blogger yang ditolak saat ingin mengajukan blognya di Google Adsense ini.

2.     Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Dengan Program Afiliasi

pengertian blogger

Berikutnya, cara mendapatkan uang dari blog adalah dengan kita bergabung bersama program Afiliasi.

Dengan kita bergabung bersama program Afiliasi maka kita akan memperoleh bayaran dari setiap pengunjung yang membeli atau melengkapi informasi data anda ke program afiliasi blog anda tersebut.

Untuk jumlah penghasilan yang akan anda dapatkan dari program afiliasi blog ini berbeda-beda tergantung dari kesepakatan dari program afiliasi dengan pemilik blog.

Misalnya ada program afiliasi yang siap memberikan komisi hingga 35% dari setiap penghasilan atau biaya pendaftaran produk program afiliasi tadi.

3.     Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Melalui Program Endorsement

Blog adalah media online yang bisa berguna sebagai apa saja, kita bisa curhat, berbagi cerita dan juga berbagi pengalaman dengan menuliskan konten atau artikel dari blog tersebut.

Nah mungkin anda juga sering melihat isi konten dari blog orang lain yang memberikan penawaran atau mempromosikan produk tertentu contohnya saja dengan adanya content placement, ataupun bisa juga sponsored post dan masing-masing biaya biasanya menyesuaikan dengan kualitas blog tersebut.

Nah apakah anda tidak tahu jika ternyata orang-orang yang menawarkan atau mempromosikan suatu produk tersebut mendapatkan penghasilan dari tulisan yang mereka buat tadi?

Itulah yang dinamakan dengan program endorsement dari blog atau suatu produk. Hal ini disebut dengan endorsement. 

imana sama seperti yang dilakukan oleh suatu selebgram atau artis yang menjadi brand ambassador dari suatu produk. Namun yang membedakan adalah sebagai blogger mereka menawarkan produk atau endorsement tersebut dengan menuliskan artikel.

Sementara jika selebgram ini menawarkan produk atau mempromosikan suatu produk dengan cara mengunggah foto atau video terkait promosi dari produk tersebut.

Endorsement ini bisa saja terjadi jika ada suatu perusahaan yang menghubungi anda untuk mengajak kerjasama agar menawarkan atau membuat promosi terkait produk yang mereka miliki.

Untuk itu, selalu berikan kontak yang bisa dihubungi pada halaman blog anda agar jika ada perusahaan yang tertarik untuk bekerja sama dengan Sahabat Tedas.id dan bisa dengan mudah menghubungi, semoga bermanfaat.

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.