Artificial Intelligence: Apa Manfaat dan Dampaknya?

Kecerdasan merupakan sebuah anugerah dari Sang Maha Kuasa yang dimiliki oleh manusia. Manusia lahir di dunia dibekali akal dengan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda.

Semakin berkembangnya zaman kini manusia dengan kecerdasannya mampu menciptakan kecerdasan buatan yang dikenal dengan AI atau Artificial Intelligence.

Tentu sering mendengar tentang robot yang memiliki kecerdasan yang sama dengan manusia. Bahkan melebihi tingkat kecerdasan manusia. Oleh karena itu, dalam dunia persaingan global menciptakan berbagai jenis AI untuk membantu menyelesaikan berbagai aktivitas.

Artificial Intelligence Adalah Kecerdasan Buatan

apa itu ai

Sebelum seperti saat ini, AI sudah dikenalkan mulai dari tahun 1950-1970 an. Namun sampai saat ini belum banyak yang mengetahui tentang apa itu AI? Bagaimana cara kerjanya dan apa tujuannya?

Secara umum AI atau Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang dilengkapi dengan berbagai sistem untuk dapat diatur berdasarkan pada cara kerja ilmiah. Atau sebuah teknologi yang bisa dibuat cerdas layaknya manusia. Jika Anda mengenal tentang komputer, itulah salah satu bentuk AI dengan melalui jaringan maka semua data bisa ditemukan.

Baca Juga  3 Cara Melihat Spek Laptop Untuk Windows 7, 8 dan 10

Artificial Intelligence adalah saat ini mengombinasikan berbagai teknologi yang mampu menghasilkan perintah sesuai dengan tujuan dibentuknya pada saat awal. Konsep kecerdasan secara buatan saat ini Anda bisa merasakannya pada berbagai hal. Seperti perkiraan cuaca, mesin pencarian, sugesti aplikasi, penyaring email yang termasuk spam dan lain sebagianya.

Pada era yang modern saat ini, Artificial Intelligence adalah memang sangat dibutuhkan. Karena sebagian besar akan menyangkut tentang berbagai data yang bersifat penting. Oleh karena itu, sebelum mengetahui tentang pentingnya Artificial Intelligence adalah perlu dipahami terlebih dahulu mengenai tujuan diciptakannya konsep kecerdasan ini.

Tujuan Artificial Intelligence

pengertian artificial intelligence

Berikut ini beberapa tujuan terbentuknya Artificial Intelligence adalah sebagai berikut:

1. Memahami Kecerdasan

Munculnya berbagai permasalahan mendorong manusia untuk berfikir cepat. Maka dari itu, dengan adanya bantuan AI maka diciptakannya mesin kecerdasan yang mampu memahami kecerdasan. Maksudnya yaitu mesin difokuskan pada kecerdasan dalam memecahkan masalah, lebih telitif, esien dan juga efektif.

2. Menciptakan teknologi yang lebih pintar

Tujuan yang paling dasar penciptaan AI adalah mewujudkan teknologi yang mampu membantu segala jenis kegiatan manusia yang dirancang dengan teknologi khusus secara pintar.

3. Teknologi yang lebih bermanfaat

Penciptaan AI tidak semata-mata hanya untuk terlihat lebih canggih dan modern. Namun adanya AI akan semakin membuat berbagai jenis kegiatan akan terasa ringan. Dengan demikian manfaatnya akan begitu terasa dengan kurun waktu pengerjaan yang cepat dan tanggap. AI ini juga menyimpan berbagai jenis data sehingga sangat bermanfaat pada perkembangan dunia bisnis saat ini.

Itulah beberapa tujuan dibentuknya mesin kecerdasan atau kecerdasan buatan. Oleh karena itu AI ini sangat penting dalam arah pandangan dunia yang semakin maju dan modern.

AI tidak hanya mengumpulkan data, akan tetapi memiliki kemampuan untuk menganalisis, mengolah big data, meresponnya secara cepat, memperbaiki berbagai dokumen secara lebih akurat dan melakukan deeper personalization.

Manfaat Artificial Intelligence Untuk Kehidupan

kecerdasan buatan
Berikut ini beberapa alasan pentingnya artificial intelligencE bagi kehidupan saat ini. Diantarannya:

– Menambah Kecerdasan

Tidak perlu dipungkiri bahwa sitem AI ini memiliki kemampuan jauh lebih besar dari manusia dengan tingkat kecerdasan tertentu. Oleh karena itu, Anda bisa belajar dari AI. Sebagian besar mesin AI ini sangat jarang dimiliki oleh individu dan lebih menekankan pada mesin aktivitas kerja sampai dengan mesin investasi.

– Cara adaptasi AI melalui algoritme pembelajaran progresif

Hal tersebut berfungsi untuk melakukan pemrorgaman. Dengan begitu, IA mampu mengajarkan pada dirinya untuk memberikan rekomendasi terbaik secara online. Adaptasi AI menggunakan propagasi belakang dengan berbagai pelatihan dan berdasarkan data tambahan.

– Artificial Intelligenci ini sebagian besar mempengaruhi berbagai data

Dengan begitu secara otomatis kecerdasan buatan ini memiliki kekayaan intelektual yang luar biasa.

Baca Juga  Cara Memasukkan Video Ke PPT Lengkap Dengan Gambar

– Mampu mencapai tingkat keakuratan

Selain itu AI mampu untuk menanalisis data jauh lebih besar serta banyak dengan menggunakan jaringan naural. Sehingga berbagai hal bisa dilakukan contohnya melacak penipuan dengan 5 lapisan tersembunyi sekalipun.

Penjelasan di atas sudah mewakili mengapa AI itu sangat penting dan begitu dibutuhkan. Secara umum, AI terbagi atas dua kategori besar yakni AI lemah dan AI Kuat.

Dikatakan AI lemah karena sistem AI yang dirancang dengan memfokuskan tertentu saja. Sedangkan AI Kuat memiliki kemampuan luar biasa seperti kemampuan kognitif manusia secara menyeluruh dengan begitu AI kuat mampu bekerja sendiri tanpa campur tangan manusia.

Apa Dampak Negatif Artificial Intelligence?

dampak negatif artificial intelligence

Berbicara mengenai perkembangan teknologi yang satu ini tidak akan lepas dari perkembangan industri teknologi yang ada. Penggunaan artificial intelligence adalah terutama untuk dunia industri memang sangat penting. Namun di sisi lain mengakibatkan beberapa dampak negatif terutama bagi manusia dan lingkungan sekitar.

Berikut ini beberapa dampak negatif adanya rtificial intelligence adalah bagi Industri, diantarannya sebagai berikut:

1. Menambah Jumlah Pengangguran.

Mesin AI mampu bekerja secara optimal dan akurat serta teliti. Di samping itu juga bisa digunakan selama 24 jam tanpa ada waktu libur terkecuali terjadi kerusakan. Dengan begitu mampu menggantikan sumber daya manusia. Sehingga tingkat pengangguran semakin meningkat.

Jika pengangguran meningkat maka kesejahteraan masyarakat akan menurun dan nantinya timbul permasalahan kemiskinan. Oleh karena itu peningkatan teknologi harus disertai dengan penigkatan daya kreatifitas dan juga penguasaan teknologi yang mumpuni.

2. Biayannya yang mahal

Walaupun memberikan keuntungan yang besar dan signifikan bagi perusahaan, akan tetapi biayanya yang cukup mahal. Oleh karenanya perusahaan harus menghabiskan banyak pengeluaran untuk bisa membeli alat-alat canggih.

Baca Juga  Cara Meredupkan Layar Komputer Pada Windows

3. Tidak bisa menjalankan perintah di luar pemrograman

Walaupun dibelaki dengan berbagai jenis data, namun robot AI tidak bisa melakukan perintah di luar program sirkuit internal mereka. Di balik sisi kreatif dan inovasi ada tangan manusia handal yang bisa membuat robot bekerja dengan baik. Dalam berfikir secra kreatif tidak akan bisa seperti manusia walupun secara fisik menyerupai.

Robot atau mesin AI tidak bisa berfikir secara think out of box seab pikiran hanya muncul melalui emosi dan juga pengalaman yang secara langsung dapat dirasakan atupun terbayang di benak pikiran manusia.

4. Tidak memiliki perasaan

Mesin AI memang bisa berfungsi secara efisien, namun dalam organisasi tidak hanya mampu berfikir optimal tetapi juga mampu bekerja secara tim. Mesin tidak bisa mengikat dengan perasaan manusia, oleh karennya hal ini menjadi salah satu kendala AI.

Demikianlah penjelsan mengenai AI mulai dari pengertian hingga dampak yang ditimbulkan. Di sisi lain memang sangat menguntungkan dan meringankan pekerjaan manusia, namun oleh banyak orang membuat
kehilangan pekerjaan yang seharusnya menjadi haknya. Karena itu, hanya orang-orang yang mampu mengendalikan yang bisa memilikinya.

Jangan sampai hadirnya AI justru disalahgunakan. Adanya AI harus mampu dikelola dengan baik untuk kemajuan berbagai aspek di kehidupan sekarang maupun di masa yang akan datang.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *