Aplikasi: Pengertian, Fungsi dan Jenis Klasifikasinya

Aplikasi – Di era digital saat ini, aplikasi merupakan perangkat lunak yang banyak digunakan. Banyak aplikasi yang menawarkan berbagai fitur, seperti chat, game, social media dan lain sebagainya. Namun, apa sebenarnya pengertian aplikasi ini?

Meski banyak digunakan, ada beberapa kalangan yang masih bingung dengan pengertian produk yang satu ini, begitu juga dengan fungsinya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Aplikasi

pengertian aplikasi

Aplikasi dari segi bahasa berasal dari kata application yang bisa diartikan sebagai penggunaan atau penerapan. Pengertian aplikasi secara harfiah adalah penerapan software atau perangkat lunak dengan tugas-tugas tertentu pada sebuah perangkat.

Aplikasi dikembangkan memang untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Para ahli pun mengemukakan pendapat tentang aplikasi. Seperti Harip Santoso yang mengatakan bahwa aplikasi adalah kelompok file (class, form, report) untuk kegiatan tertentu.

Baca Juga  Cara Memasukkan Video Ke PPT Lengkap Dengan Gambar

Di samping itu, Rachmad Hakim S. mengungkapkan bahwa aplikasi adalah perangkat lunak yang dibuat guna tujuan tertentu, seperti permainan, mengolah sebuah dokumen dan lain-lain.

Sri Widianti juga berpendapat tentang apa itu aplikasi. Menurutnya, aplikasi merupakan software atau perangkat lunak yang khusus dibuat sebagai front end, yaitu sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah sesuatu menjadi sebuah informasi.

3 Kelompok Aplikasi yang Dikembangkan

apa itu aplikasi

Pada dasarnya, terdapat tiga kelompok aplikasi yang dikembangkan. Apa saja kelompok tersebut? Ketiganya adalah sebagai berikut.

1. Aplikasi Mobile

Jenis yang satu ini merupakan aplikasi yang digunakan pada perangkat mobile atau ponsel. Tentu semua orang sudah sangat mengenal aplikasi ini

2. Aplikasi desktop

Untuk yang satu ini adalah aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada perangkat keras PC atau laptop.

3. Aplikasi web

Aplikasi web merupakan aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada laptop atau komputer dengan koneksi internet.

Aplikasi berjalan pada operating system atau OS pada perangkat yang disebutkan diatas. Jadi, jika Anda menjalankan aplikasi perangkat tertentu pada perangkat lainnya (misal, aplikasi mobile ke desktop) maka memerlukan aplikasi pendukung lainnya.

Fungsi Aplikasi Adalah Sebagai Berikut

aplikasi adalahAplikasi tidak dibuat begitu saja, namun memiliki tujuan dan fungsi tertentu. Fungsi ini bisa didapatkan dengan penggunaan aplikasi tersebut. Apa saja fungsi aplikasi? Berikut ini adalah daftar fungsi aplikasi di berbagai bidang.

1. Fungsi di Bidang Kedokteran

Aplikasi memiliki fungsi pada bidang kedokteran. Aplikasi pada dunia medis memang sudah banyak dikembangkan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti diagnosa penyakit, informasi kesehatan dan lain sebagainya.

2. Fungsi di Bidang Bisnis

Dalam dunia bisnis, aplikasi memiliki berbagai fungsi. Misalnya, lebih mudah dalam menghitung laba, melakukan jual-beli secara online hingga pengembangan bisnis digital.

Baca Juga  Sangat Mudah, Ini 3 Cara Install XAPK Step by Step

3. Dunia Pendidikan

Saat ini sudah banyak platform belajar online baik dalam bentuk website maupun aplikasi. Melalui aplikasi ini Anda bisa mendapatkan materi pelajaran untuk berbagai tingkat sekolah.

4. Bidang Lainnya

Fungsi aplikasi ternyata tidak terbatas pada ketiga bidang di atas. pasalnya, aplikasi sudah dikembangkan untuk bidang lainnya seperti militer dan ilmu pengetahuan. Misalnya aplikasi kontrol pesawat dan aplikasi yang dikembangkan untuk penelitian.

Aplikasi memiliki manfaat yang cukup banyak. Namun, apakah semua aplikasi tersebut berkualitas dan bermanfaat? Anda bisa mengidentifikasinya dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

– Aplikasi memenuhi kebutuhan pengguna

– Bisa berjalan pada multi-platform

– Merespon perintah dengan cepat

– Resource (memory, storage dan processor) yang rendah

Aspek-Aspek pada Aplikasi

Aspek-Aspek pada Aplikasi

Saat ini aplikasi baik pada perangkat keras ponsel, desktop atau web, sudah banyak dikembangkan. Mobilitas manusia menjadi lebih terbantu dengan adanya aplikasi. Katakan saja seperti aplikasi chatting yang memiliki banyak fitur bahkan bisa melakukan panggilan video.

Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan pada aplikasi tersebut. Apalagi jika Anda ingin mengembangkan atau menggunakan sebuah aplikasi. Berikut ini adalah aspek-aspek yang dimaksud.

1. Tujuan Aplikasi

Aplikasi tidak lantas dibuat atau digunakan begitu saja. Anda harus memahami tujuan aplikasi yang akan digunakan. Jika menginginkan aplikasi dengan tujuan hiburan, Anda bisa memilih aplikasi game, video dan lain-lain.

Namun, apabila hendak mencatat absen karyawan maka Anda membutuhkan aplikasi absen, bukan purchase order. Meskipun keduanya sama-sama memiliki kolom dan baris.

Penting untuk mengetahui apa tujuan penggunaan aplikasi. Tujuannya adalah agar penggunaan aplikasi bisa maksimal. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi lainnya sebagai aplikasi pendukung.

2. Teknologi

Teknologi yang digunakan pada aplikasi juga menjadi aspek yang penting. Teknologi ini akan menentukan aplikasi perangkat seperti apa yang bisa digunakan untuk mengoperasikan aplikasi tersebut.

Pastikan teknologi aplikasi bisa digunakan di perangkat Anda. Dengan begitu fitur-fitur pada aplikasi bisa dinikmati.

Baca Juga  Jenis dan Manfaat Jaringan Komputer yang Harus Diketahui

3. Resource

Resource atau vendor aplikasi dapat mempengaruhi kualitas aplikasi. Vendor yang sudah sering mengembangkan aplikasi tentu lebih dipercaya.

Misalnya aplikasi pengelola data dan angka, aplikasi mana yang pertama kali terlintas di pikiran? Tentu Anda memiliki alasan mengapa aplikasi tersebut yang langsung terlintas di pikiran.

Selain menggunakan aplikasi yang sudah populer, Anda juga bisa mencoba aplikasi baru di playstore. Anda bisa melihat spesifikasi aplikasi untuk melihat vendor, besar penyimpanan yang dibutuhkan hingga review aplikasi.

Para pengguna aplikasi pun bisa memberikan ulasan mengenai aplikasi tersebut dan memberikan rating. Dalam hal ini, Anda bisa menemukan dan mencoba aplikasi dengan rating tertinggi.

4. Software

Aplikasi memang berbentuk sebuah software atau perangkat lunak. Dengan begitu, aspek ini sangat penting apabila Anda ingin menggunakan atau mengembangkan aplikasi. Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi maka software ini harus diperhatikan.

Dalam pengembangan aplikasi, software atau System Development Life Cycle (SDLC) diterapkan untuk membantu pengembangan dan kelanjutan fungsi dari aplikasi.

Untuk menjalankan SDLC pada sebuah aplikasi, perlu dilakukan dalam beberapa tahapan. Tahapan tersebut yaitu analisis kebutuhan, grand design, coding, test aplikasi, proses instalasi, pengecekan kembali lalu proses pemberian BAST dan training.

5. Dokumentasi

Dokumentasi pada aplikasi juga tidak boleh dilupakan. Bagi para developer, dokumentasi pada aplikasi berguna untuk database pengembang. Proses dokumentasi data ini penting dilakukan agar tidak menyulitkan di suatu hari nanti.

Aspek-aspek diatas penting untuk diperhatikan, apalagi bagi para developer. Pasalnya, aspek tersebut bisa menentukan bagaimana aplikasi tersebut berjalan.

Klasifikasi Jenis Aplikasi

Klasifikasi Jenis Aplikasi

Setelah mengetahui pengertian, fungsi dan aspek aplikasi, selanjutnya adalah klasifikasi jenis aplikasi. Klasifikasi aplikasi adalah sebagai berikut.

1. System Software

Software yaitu sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengendalikan operasi internal dan mengelola data pada sistem komputer.

2. Business software

Klasifikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna kepentingan bisnis, salah satunya adalah mengatur pengelolaan keuangan.

3. Web based software

Jenis ini merupakan aplikasi yang menjadi penghubung antara user dengan koneksi internet secara langsung. Jenis aplikasi ini bisa membuat Anda berselancar di internet.

Baca Juga  Software: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

4. Real time software

Real time software adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengamati, menganalisis dan mengendalikan kejadian saat berlangsung.

5. Personal computer software

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dibuat dan dikembangkan untuk pengguna perangkat resmi dan pribadi. Saat ini sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini.

6. Engineering and scientific software

Untuk yang satu ini merupakan aplikasi yang berguna untuk memecahkan masalah non algoritmik.

Aplikasi saat ini sudah banyak digunakan baik pada perangkat mobile, desktop bahkan aplikasi web. Pada satu perangkat mobile saja, ada banyak sekali aplikasi yang digunakan. Nah, bagaimana dengan Anda? Aplikasi apa aja yang Anda gunakan saat ini?

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *