9 Aplikasi Menggabungkan Video Di Android Terbaik

Aplikasi Menggabungkan Video – Salah satu bagian dari proses editing video adalah proses penggabungan video menjadi satu. Salah satunya yang paling sering adalah menyatukan semua bagian video atau momen penting menjadi satu sekumpulan video.

Jika dulu untuk melakukan editing video ini harus membutuhkan keahlian khusus untuk mengoperasikan software video editor yang diinstall di komputer. Namun kini orang awam pun sudah bisa melakukan hal tersebut.

Karena seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini kita sudah bisa melakukan penggabungan video melalui smartphone android saja.

Aplikasi penggabung video saat ini bisa kita dapatkan dan bisa kita install di android dan bisa menjadi solusi yang tepat untuk kita yang senang melakukan aktivitas editing video. Dimana editing video sendiri adalah aktivitas untuk memodifikasi video yang dapat kita lakukan untuk membuat satu klip video yang lebih menarik.

9 Aplikasi Menggabungkan Video Di Android

aplikasi gabung video
Image: PlayGoogle.

Seperti yang sudah kita singgung di atas bahwa di zaman dulu untuk bisa melakukan aktivitas editing video termasuk juga penggabungan video dibutuhkan skill khusus dalam mengoperasikan software di komputer atau laptop.

Namun kini kita bisa melakukannya dengan sangat mudah, bahkan untuk orang awam pun saat ini kita bisa melakukannya. Kemudahan ini didapat dengan menggunakan aplikasi di android. Dimana selain mudah untuk melakukan proses pengeditan, aplikasi juga bisa didapatkan secara gratis.

Baca Juga: Cara Instal XAPK

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar smartphone kini sudah memiliki setidaknya dua sampai 4 kamera. Dengan frame rate yang cukup canggih rasanya sangat mubazir jika kita tidak memanfaatkannya untuk kegiatan positif seperti pengambilan gambar atau video untuk kemudian kita gabungkan dengan aplikasi penggabung video yang akan kita bahas di bawah ini.

Lalu apa saja daftar aplikasi aplikasi menggabungkan video yang bisa kita andalkan untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu? Berikut adalah daftar rekomendasinya.

1.     VivaVideo

Siapa sih yang tidak tahu VivaVideodisini? Saya yakin hampir pengguna android mengetahui bahwa VivaVideo adalah salah satu aplikasi penggabung video terbaik yang pernah ada. Aplikasi VivaVideo ini dikembangkan oleh developer QuVideo yang sudah diunduh lebih dari 500 juta kali di Google Play Store.

VivaVideo adalah salah satu aplikas penggabung video terbaik yang memiliki berbagai macam fitur canggih seperti bisa memotong bagian video, menggabungkan banyak video menjadi satu, menambahkan filter, teks dan juga musik ke dalam bentuk video, bisa mempercepat dan melambatkan kecepatan video dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya dari VivaVideo.

2.     VideoShow

video show

Selanjutnya ada aplikasi menggabungkan video taitu VideoShow, dimana aplikasi ini dibuat oleh developer EnjoyMobi yang sudah populer di kalangan developer dunia android.

Karena dibuat oleh developer yang sudah terkenal tentu saja kita bisa mengandalkan VideoShow ini untuk memenuhi kebutuhan penggabungan video yang kita lakukan.

Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam fitur yang memungkinkan kita untuk menggabungkan beberapa video seperti memotong video, membuat slideshow, menambahkan backsound musik dan juga berbagai fitur menarik lainnya.

Selain itu kita juga bisa menambahkan efek filter, menambahkan stiker, menambahkan tema dan juga menambahkan berbagai macam fitur lainnya.

3.     VidTrim

 vid trim

Untuk anda yang tidak suka ribet, maka aplikasi VidTrim sangat cocok untuk anda. Dimana aplikasi ini sangat sederhana dan mudah untuk membantu kita dalam proses penggabungan beberapa video menjadi satu.

VidTrim hanya memiliki fitur sederhana seperti memotong dan menggabungkan video, mengkonversi video menjadi file audio dan juga bisa mengambil potongan gambar dari frame video untuk kita simpan.

Dengan fitur yang bisa dikatakan sangat simple dan terbatas ini bisa kita simpulkan bahwa aplikasi ini sangat cocok untuk kita yang tidak ingin terlalu ribet dan melakukan banyak aktivitas pengeditan video. Untuk urusan tampilan, VidTrim  memiliki tampilan yang sangat sederhana dan mudah dipahami.

4.     AndroVid

 AndroVid
Image: PlayGoogle.

Memang aplikasi menggabungkan video AndroVid ini belum mempunyai banyak pengguna seperti aplikasi-aplikasi diatas. Tapi walaupun begitu, aplikasi buatan dari Zeoxy ini memiliki berbagai macam fitur yang bisa menunjang kebutuhan editing video yang kita lakukan.

Selain memiliki fitur pemotongan video dan juga penggabungan video, aplikasi ini juga bisa kita gunakan untuk melakukan konversi format video ke format lain. Misalnya kita bisa mengubah format .MP4 ke format .MP3.

Kita juga bisa membuat video slideshow, menambahkan backsound musik dari smartphone kita, menambahkan tulisan dan juga menyesuaikan kontras dan kecerahan.

5.     VEdit Video Cutter and Merger

vedit
Image: PlayGoogle.

Sesuai dengan namanya, aplikasi menggabungkan video VEdit Video Cutter and Merger ini hanya bisa kita gunakan untuk memotong serta menggabungkan beberapa video menjadi satu. Terdapat juga fitur tambahan yang bisa kita andalkan dari aplikasi VEdit Video Cutter and Merger ini, yaitu mengubah format file Video ke MP3.

Kita juga bisa menyesuaikan audio yang terdapat pada video yang akan kita edit. Terakhir, jika kita melihat dari sisi tampilan dan ukuran. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana dan juga ukuran aplikasi yang sangat kecil.

6.     Videshop

videoshop
Image: PlayGoogle.

Aplikasi menggabungkan video di android berikutnya adalah Videshop. DImana aplikasi ini tidak kalah dari beberapa aplikasi yang sudah kita singgung di atas.

Videshop adalah aplikasi buatan dari developer Appsolute yang selain memiliki fitur yang bisa kita andalkan untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu, aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan yang bisa membuat video yang kita edit menjadi keren.

Baca Juga: Cara merekam suara di laptop

Baca Juga  Big Data: Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Contohnya

Beberapa fitur keren yang ada di aplikasi ini adalah bisa mempercepat dan memperlambat kecepatan video, terdapat efek suara, bisa mengatur kontras dan juga tingkat kecerahan video, menambahkan teks dan berbagai fitur lainnya.

7.     KineMaster

kinemaster
Image: PlayGoogle.

Untuk anda yang ingin melakukan aktivitas editing video profesional seperti sedang mengedit video di komputer maka anda wajib menginstall aplikasi KineMaster ini.

Hal ini karena bisa dibilang aplikasi KineMaster adalah salah satu aplikasi editing video paling profesional dengan segudang fitur menarik yang tersedia untuk smartphone android.

Dengan tampilan yang menarik dan didukung dengan fitur lengkap yang mudah untuk digunakan rasanya sudah menjadi keunggulan yang tidak bisa kita ragukan dari KineMaster.

Fitur menarik dari aplikasi KineMaster ini adalah adanya efek transisi, memotong dan menggabungkan video, mengatur visualisasi warna dan masih banyak lagi fitur keren dari aplikasi KineMaster.

8.     FilmoraGo

filmora go
Image: PlayGoogle.

Sebelumnya, aplikasi FilmoraGo ini hanya tersedia di komputer atau PC. Namun sekarang kita sudah bisa menginstall aplikasi FilmoraGo ini di smartphone android yang kita miliki.

Dengan aplikasi FilmoraGo ini kita bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan editing seperti kegiatan memotong dan menggabungkan video, menambahkan efek musik, menambahkan filter dan juga bisa menambahkan teks.

FilmoraGo juga memiliki efek visual seperti transisi dan juga bisa mengatur visualisasi dari video yang kita miliki. Namun sayangnya aplikasi FilmoraGo ini juga akan menampilkan watermark jika kita tidak membayar atau membeli aplikasi ini.

9.     Adobe Premiere

Adobe Premiere Rush
Image: PlayGoogle.

Terakhir, aplikasi menggabungkan video di android yang bisa kita andalkan adalah Adobe Premiere. Mungkin ketika mendengar nama aplikasi ini kita akan teringat pada software editor video yang ada di PC atau Laptop.

ya karena memang aplikasi ini adalah aplikasi resmi buatan dari Adobe yang menjadi aplikasi video editor khusus untuk pengguna android.

Namun tidak seperti versi PC yang memiliki banyak sekali segudang fitur yang sangat kompleks. Aplikasi Adobe Premiere untuk android ini hanya dilengkapi dengan fitur dan juga tampilan yang sederhana.

Namun yang pasti aplikasi Adobe Premiere dapat kita andalkan untuk melakukan aktivitas editing video standar seperti menambahkan teks, mengatur tingkat kecerahan video, memotong dan menggabungkan video dan juga melakukan aktivitas editing video standar lainnya.

Itulah beberapa daftar aplikasi penggabung video di android terbaik tahun 2020 ini yang bisa anda coba dan andalkan untuk melakukan aktivitas editing video standar seperti memotong dan menggabungkan video. 

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.