15 Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop Paling Recomended

Aplikasi Edit Video – Para konten creator terkadang bingung dalam memilih aplikasi edit video terbaik, karena untuk mengedit video tentu membutuhkan aplikasi yang mumpuni. Hal ini dilakukan agar dapat menghasilkan video dengan kualitas yang baik dan menarik.

Selain menyesuaikan aplikasi edit video dengan kapasitas PC atau laptop yang dimiliki, Anda juga harus memiliki kemampuan mengedit video yang mumpuni. Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi edit video di PC yang recommended, baik yang gratis maupun berbayar.

15 Aplikasi Edit Video laptop Terbaik

aplikasi edit video pc
Image: Akurat.co

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah salah satu aplikasi edit video PC yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Adobe sendiri merupakan perusahaan besar yang bergerak di bidang perangkat lunak, sehingga produknya banyak digunakan orang untuk keperluan editing.

Adobe telah membuat berbagai macam aplikasi untuk keperluan multimedia. Diantara jajaran aplikasi yang telah dibuat meliputi aplikasi desain grafis, aplikasi edit video, aplikasi edit majalah, hingga pengembangan website.

Adobe Premiere Pro menyediakan fitur yang cukup lengkap dan bermanfaat, mulai dari fitur untuk kebutuhan sederhana seperti capture, titler, dan trim hingga fitur lain yang lebih canggih. Aplikasi ini bisa digunakan untuk edit video dengan kualitas tinggi hingga resolusi 4K.

Selain memiliki tampilan yang sangat keren dan dapat digunakan untuk menambah efek, Adobe Premiere Pro juga mendukung banyak format dan dibekali dengan codec yang lengkap. Akan tetapi, bagi orang yang masih awam masih harus belajar lagi untuk mengoperasikan aplikasi ini.

2. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro merupakan aplikasi besutan Sony yang sebenarnya lebih diperuntukkan bagi orang yang sudah ahli dalam editing video. Jika Anda sudah familiar dengan editing video, Anda pasti dapat menghasilkan video yang keren dan menarik karena aplikasi ini memiliki fitur yang kompleks.

Meskipun demikian, di aplikasi ini Anda juga bisa menjumpai tampilan yang mudah dimengerti. Katakanlah diantaranya seperti timeline dengan tampilan simple. Selain itu, Anda juga akan mendapati fitur animasi yang sudah disediakan, sehingga tidak perlu membuat animasi sendiri.

Untuk mengedit video, Anda hanya perlu drag video yang akan diedit, lalu aplikasi ini secara otomatis akan membaginya menjadi dua kolom, yaitu kolom video dan kolom sound. Akan tetapi, aplikasi ini tidak dapat digunakan secara gratis, sehingga Anda harus memiliki lisensinya terlebih dahulu.

Sony Vegas Pro cocok digunakan untuk pemula, karena selain memiliki fitur yang lengkap, aplikasi ini juga menampilkan menu-menu yang sangat rapi sehingga tidak membuat bingung pemula. Aplikasi ini juga memiliki banyak pilihan render template, seperti internet 480p, internet 720p, dan lainnya.

Baca Juga  Pengertian Web Browser, Fungsi dan 4 Contohnya

3. Corel Video Studio

Corel merupakan sebuah perusahaan yang tidak kalah besar dari Adobe, yang juga menyediakan aplikasi edit video PC bernama Corel Video Studio. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti, sehingga cocok juga untuk dimanfaatkan oleh para pemula.

Meski demikian,, aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang menarik, mulai dari fitur sederhana hingga yang canggih. Fitur-fitur tersebut diantaranya efek, screen capture, media library management, smart features, freeze frame, creativity options, clearer audio XAVC S, dan masih banyak lagi.

Untuk dapat menggunakan Corel Video Studio, Anda harus memiliki lisensinya terlebih dahulu karena aplikasi ini tidak disediakan secara gratis. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan dengan interface yang terbilang sederhana dan simple.

Corel Video Studio memiliki tampilan user yang intuitif dan tampilan fitur yang rapi. Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan kecepatan sekitar 64 bit yang memungkinkan Anda melakukan render lebih cepat dan mudah.

4. AVS Video Editor

AVS Video Editor merupakan aplikasi edit video yang cukup ringan sehingga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan video cache, yaitu fitur yang digunakan untuk mengedit video dengan resolusi Full-HD dan berkecepatan tinggi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memotong video, memisahkan video, memberi teks, menyematkan video dan masih banyak lagi. AVS Video Editor juga dilengkapi 300 efek transisi untuk membuat video Anda menjadi lebih kreatif.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang dirancang dengan baik sehingga terasa menyenangkan saat digunakan. Anda juga bisa menambahkan berbagai gaya menu, membakar film ke DVD, serta berbagi video yang baru dibuat di internet secara langsung dari antarmuka aplikasi ini.

Melalui AVS Video Editor yang dapat dipasang pada Windows Vista, Windows XP, Windows 7, 8, dan 10, Anda dapat mengedit video HD dengan cepat dan mudah. Fitur-fiturnya juga mampu membantu Anda mengkombinasikan atau menghapus adegan dalam video sesuai kebutuhan.

5. Windows Movie Maker

Sesuai dengan namanya, Windows Movie Maker merupakan aplikasi edit video terbaik yang hanya dapat digunakan untuk PC berbasis Windows saja. Aplikasi ini memang dibuat untuk Anda yang memiliki hobi mengedit video, untuk menghasilkan video yang keren, bagus, dan kreatif.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat dioperasikan dengan mudah, karena memiliki interface yang sederhana, sehingga sangat cocok digunakan untuk pemula. Aplikasi ini juga menawarkan fitur-fitur yang simple namun menarik dan dijamin hasilnya akan memuaskan.

Windows Movie Maker bisa Anda gunakan untuk memotong video, memberi teks, dan memberikan efek transisi serta animasi pada video. Akan tetapi, aplikasi edit video ini tidak dapat Anda gunakan pada Windows 10, karena Microsoft sudah menghentikan supportnya.

Windows Video Maker bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengembangkan channel youtube, namun memiliki skill editing video yang pas-pasan. Aplikasi ini juga bisa melakukan editing video hasil rekaman handphone, serta menghilangkan suara pada video dan menggantinya dengan musik.

6. VirtualDub

VirtualDub merupakan aplikasi edit video gratis dan ringan yang dapat diunduh pada Windows dan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Aplikasi ini termasuk dalam kategori software yang simple dan tidak ribet saat digunakan, baik untuk menghapus maupun mengganti video.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah mampu menstabilkan video yang bergoyang-goyang dan memiliki fitur Deshaker untuk meredam getaran saat pengambilan video. Tidak hanya berfungsi sebagai video editor, VirtualDub juga dapat digunakan untuk merekam layar PC Anda.

VirtualDub tidak memiliki timeline seperti yang ada pada Movie Maker. Meski demikian, Anda dapat menggunakan semua tool yang ada pada aplikasi ini dengan cara meng-add atau select tool yang diinginkan, lalu hasilnya akan terlihat.

Baca Juga  Rekomendasi, 5 Emulator Android Ringan dan Cara Aksesnya

7. Camtasia

aplikasi edit video terbaik
Image: bitwisemag.com

Saat ini, pengguna Mac tidak perlu bingung lagi untuk mencari aplikasi edit video, karena Anda dapat menggunakan Camtasia. Camtasia merupakan aplikasi edit video PC yang juga dapat digunakan pada Windows.

Aplikasi penyunting ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat digunakan oleh siapapun. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengedit video saja tetapi juga berfungsi sebagai aplikasi perekam layar.

Selain itu, software penyunting video ini juga dapat digunakan untuk capture screen dan record dalam membuat video interaktif dan pembuatan media presentasi.Ia juga dapat merekam semua aktifitas pada desktop komputer, serta membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan e-learning.

Setelah merekam video di PC, Anda bisa langsung mengeditnya dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga dapat digunakan secara gratis, sehingga Anda dapat mengedit video terbaik tanpa harus membayar terlebih dahulu.

8. Kate’s Video Toolkit

Kate’s Video Toolkit merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan aplikasi edit video dengan format yang lengkap. Aplikasi ini sudah didukung dengan format AVI, MP4, 3GP, ASF, MOV, WMV, MPEG2, MPEG1, VCD-NTSC, VCD-PAL, SVCD-PAL, DVD-PAL, dan masih banyak lagi.

Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk convert video dengan mudah, serta dilengkapi berbagai macam fitur yang keren dan menarik, seperti efek 3D Transition. Akan tetapi, aplikasi ini hanya dapat digunakan pada PC Windows 98, Vista, dan XP saja.

Menariknya, aplikasi ini menyediakan 500 efek dan transisi yang akan membuat video Anda lebih keren serta dapat mengedit video secara cepat dan mudah. Fitur-fitur yang terdapat dalam video ini akan membantu Anda untuk mengkombinasikan adegan dalam video sesuai kebutuhan.

9. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio merupakan aplikasi edit video terbaik yang cocok digunakan oleh pemula yang sedang belajar menyunting video. Meskipun murah dan sederhana, aplikasi ini tetap memiliki banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan untuk keperluan editing.

Pinnacle Studio dilengkapi dengan berbagai fitur editing paling dasar, yang cocok untuk pemula agar dapat mengedit video sekaligus belajar membuat video yang berkualitas. Meskipun aplikasi ini untuk pemula, namun kualitas video yang dihasilkan cukup baik dan tidak perlu diragukan lagi.

Melalui Pinnacle Studio, Anda bahkan bisa mengedit video sambil mempelajari berbagai hal di dalamnya. Anda bisa mengasah kreativitas penyuntingan video dengan kualitas editing video aplikasi ini yang terbilang cukup baik.

10. EaseUS Video Editor

EaseUS Video Editor merupakan aplikasi edit video yang simple dan praktis, namun juga memiliki berbagai fitur canggih, baik dari segi efek visual maupun audio. Aplikasi ini digunakan untuk berbagai keperluan editing, mulai dari memotong video, memutar video, grading warna, dan masih banyak lagi.

Selain itu, EaseUS Video Editor dapat digunakan pada semua OS Windows dengan gratis. Aplikasi edit video di laptop ini cocok digunakan untuk membuat berbagai macam video, seperti video pengajaran, presentasi bisnis, film, materi training, marketing, dan lain sebagainya.

EaseUS Video Editor juga dapat Anda gunakan untuk mengkonversi video ke MP4, mengkompilasi klip video, dan menambah efek, termasuk transisi. Aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan format untuk mengekspor video dan bisa juga diputar di iPhone XS Max, iPhone 8 Plus, dan tipe sejenisnya.

11. Shotcut

Shotcut merupakan aplikasi edit video yang bisa Anda andalkan yang menawarkan interface yang sangat friendly, sehingga cocok bagi pemula. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang sangat beragam dan bisa Anda gunakan untuk melakukan trimming pada setiap video.

Anda juga bisa melakukan Append, insert, overwrite, lift, dan ripple delete editing pada satu timeline video yang sedang diedit. Bahkan, Anda juga dapat mendeteksi audio di video yang akan di edit, dan hasilnya dapat disimpan dalam berbagai resolusi hingga 4K.

Shotcut adalah software yang berlisensi open source dan aplikasi cross platform yang dapat digunakan pada PC dengan sistem operasi Windows, Linux, dan OS X. Selain gratis dan mudah digunakan, aplikasi ini juga didukung dengan format audio dan video terbaru berkat Ffmpeg.

Baca Juga  Mari Mengenal Malware, Waspadai Hal-hal Ini!

12. Avidemux

Avidemux merupakan aplikasi edit video PC gratis terbaik yang sengaja dirancang dengan pengoperasian sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ini juga bisa digunakan untuk memotong, menyematkan filter, hingga pengkodean.

Tidak hanya cocok digunakan untuk pemula, Avidemux juga bisa digunakan untuk penyunting video profesional dengan hasil yang berkualitas tinggi. Untuk fitur-fitur yang disediakan, bisa dikatakan hampir sama dengan aplikasi edit video Windows Movie Maker.

Avidemux mendukung sejumlah besar jenis file, diantaranya AVI, MP4, MPEG, MKV, FLV, TS, VOB, ASF, dan OGM. Aplikasi ini juga mendukung berbagai video/audio format, termasuk MPEG1, MPEG2, MPEG4 ASP, MP3, AAC, AC-3, DV, HuffYUV, H.264/ACV, dan Vorbis.

13. HitFilm Express

HitFilm Express merupakan aplikasi edit video yang dapat digunakan untuk video editing dan VFX pada Windows dan Mac. Aplikasi edit video gratis ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin membuat sesuatu yang keren dan berkualitas.

Aplikasi yang masuk dalam jajaran aplikasi terbaik ini cocok digunakan oleh pelajar, YouTuber, dan pembuat film pemula. Tidak hanya itu, HitFilm Express juga dilengkapi dengan fitur sangat variatif, bahkan Anda bisa menambahkan add-on untuk aplikasi ini.

Selain versi gratis, aplikasi ini ternyata juga tersedia dalam versi berbayar yang tentunya dilengkapi dengan fitur-fitur lain yang lebih baik dan keren untuk menunjang pembuatan video. Aplikasi ini didesain untuk Anda yang ingin terlihat pro di VFX dengan kurang lebih 180 special effect.

14. OpenShot

aplikasi edit video pc gratis terbaik
Image: omgubuntu.co.uk

OpenShot merupakan aplikasi edit video PC gratis terbaik yang memiliki fitur lengkap dan beragam. Semua fitur yang disediakan di aplikasi ini dapat digunakan secara gratis mulai dari fitur yang sederhana hingga yang canggih sekalipun.

Salah satunya adalah fitur curve-based Keyframe animation yang memberikan efek-efek animasi menarik pada video Anda. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan tidak membingungkan digunakan oleh pemula yang baru belajar editing video.

Openshot ini dapat digunakan pada Windows, Mac, dan Linux untuk semua format yang didukung oleh Ffmpeg, seperti WebM, AVSHD, dan HEVC. Pada aplikasi ini, Anda akan mendapati editor video non-linear dengan trimming, resizing, scaling, rotasi dan fitur seperti Chroma Key dan efek transisi.

15. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor merupakan aplikasi edit video yang dapat digunakan secara gratis, sesuai dengan namanya. Meskipun dapat digunakan tanpa harus membayar apapun, aplikasi ini tetap memiliki fitur editing seperti yang ada pada aplikasi berbayar dan mendukung banyak format file.

Selain bisa diinstal dan dipasang dengan cepat dan mudah di PC, aplikasi ini juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu mampu mengedit video tanpa watermark. Tidak hanya itu, Anda bahkan tidak perlu merasa kebingungan untuk mengedit dan menambahkan transisi.

VSDC Free Video Editor memang sangat menarik dengan interface yang mudah dan aman. Akan tetapi, ada satu hal yang mungkin dapat mengganggu Anda, khususnya yang masih pemula dalam video editing, yaitu tampilannya yang lumayan rumit.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *