pakai laptop
Komputer

Apa Perbedaan Laptop Hybrid dan Convertible?

Artikel terakhir diperbaharui 04-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Pesatnya perkembangan teknologi menuntut banyak produsen menuruti kebutuhan pasar yang semakin dinamis. Salah satu yang mungkin menarik perhatian adalah diciptakannya laptop 2 in 1, di mana menggabungkan fungsionalitas dan fitur dari laptop dan tablet.

Walau tampak modern dan dapat meningkatkan mobilitas, Anda yang mungkin tertarik memiliki laptop 2 in 1 perlu menelusuri lebih dalam terkait peranti satu ini. Sebagai langkah awal, kami akan membantu Anda berkenalan dengan dua tipe utama dari laptop 2 in 1, yakni hybrid dan convertible.

Laptop 2 in 1 Tipe Hybrid

Laptop hybrid adalah laptop yang bagian layar dan keyboard-nya terpisah. Jadi, bagian layar dapat dioperasikan langsung berkat ketersediaan fitur touchscreen. Bagi beberapa orang, laptop hybrid dinilai lebih praktis untuk menunjang mobilitas.

Supaya lebih jelas, Anda perlu mengetahui beberapa aspek, khususnya kelebihan dan kekurangan dari laptop hybrid. Apa saja?

  • Daya Baterai yang Tahan Lama. Keunggulan pertama dari laptop hybrid ada pada baterai yang terpisah antar komponen, yakni layar dan keyboard. Dengan deikian, asupan tenaga pun akan lebih optimal untuk menunjang produktivitas harian Anda.
  • Praktis untuk Bepergian. Seperti telah dijelaskan, laptop hybrid terdiri dari bagian layar dan keyboard yang terpisah. Layar ini dapat beroperasi mandiri sebagai tablet, di mana Anda dapat merasakan keuntungan ketika hendak bepergian tanpa perlu membawa laptop yang berat.
  • Relatif Murah. Dengan membeli laptop hybrid, bisa dibilang Anda sudah menghemat uang karena tidak harus memiliki laptop dan tablet secara terpisah.
  • Hanya untuk Task Ringan. Keutamaan laptop hybrid adalah mobilitasnya yang tinggi. Hanya saja, laptop ini jarang dibekali prosesor yang mampu melaksanakan task berat, misalnya editing hingga gaming, melainkan hanya task ringan seperti browsing, Ms. Office, dsb.

Laptop 2 in 1 Tipe Convertible

Laptop convertible adalah laptop yang bagian layarnya dapat diputar hingga 360o. Saat dilipat, laptop ini akan berubah fungsi sebagai tablet. Sama seperti laptop hybrid, laptop convertible juga dibekali fitur touchscreen saat difungsikan sebagai tablet.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan dari laptop 2 in 1 tipe convertible?

  • Lebih Powerfull. Dukungan komponen keras pada laptop convertible memungkinkan kinerja yang lebih optimal. Salah satu keunggulannya adalah ditanamkannya prosesor yang powerfull untuk melakukan pekerjaan ringan hingga sedang.
  • Tampilan Elegan. Umumnya tipe laptop ini didesain dengan ukuran lebih tipis, sehingga terlihta elegan. Belakangan, produsen mulai merancang laptop convertible yang mengikuti gaya dari ultrabook dengan casing berbahan full
  • Cenderung Lebih Berat. Walau menghadirkan banyak keunggulan dibandingkan laptop hybrid, laptop convertible akan terasa lebih berat dan besar saat dioperasikan sebagai tablet. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan hal ini apabila mengutamakan kenyamanan saat bekerja.

Mana yang tepat untuk Anda dari kedua tipe laptop 2 in 1 ini? Jawabannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Bila Anda sering bepergian keluar rumah, maka laptop hybrid mungkin lebih cocok. Sementara, laptop convertible akan lebih pas bagi Anda yang butuh tenaga lebih untuk menyelesaikan task-task semi-berat.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *