Apa Itu Link: Pengertian, Cara kerja dan Fungsinya

Apa Itu Link – Mungkin semua orang sudah tidak asing lagi dengan kata link yang mungkin sering muncul pada smartphone anda. Seringkali dijumpai kata link di berbagai hal yang mungkin sering anda kunjungi untuk melakukan sesuatu hal.

Namun siapa sangka link yang menurut anda merupakan hal yang cukup sepele menjadi hal yang terkadang amat penting bagi beberapa orang. Walaupun kita juga sudah sering mendengar kata “link” ini namun mungkin masih ada beberapa orang yang tidak tahu apa itu link.

Mungkin anda bisa mengetahui hal hal baru melalui sebuah link yang anda kunjungi atau bahkan beberapa orang mengalami hal yang tidak mengenakan, apabila mendapatkan link yang berasal dari orang yang tidak bertanggung jawab yang justru akan menyia nyiakan waktu anda.

Namun bagi anda yang bumi mengetahui apa itu link secara keseluruhan dapat menyimak berikut ini hingga akhir, agar anda tidak salah memahami arti dari sebuah link.

Link

Apa Itu Link?

Lalu sebenarnya apa itu link? Link merupakan sebuah pranala yang akan merujuk pada suatu halaman ke halaman yang lain, untuk mempermudah seseorang mengakses berbagai hal serta untuk merujuk pada sebuah penjelasan mengenai nilai yang terperinci tersebut.

Beberapa orang telah mengenal hyperlink melalui Microsoft, dimana sebuah konsep kerja yang dilampirkan memuat sebuah unsur untuk penggunaan di dalam peran suatu halaman. Untuk menjelaskan lebih lanjut kita ambil dari sebuah kegiatan sehari hari seperti saat kita akan mengunjungi sebuah rumah seseorang.

Tentu saja saat kita ingin mengunjungi atau pergi ke rumah teman yang kita tuju tersebut kita memerlukan alamat untuk dapat sampai kesana, setelah mendapatkan alamat tersebut kita bisa memulai untuk mengetahui informasi apa saja disana serta juga berbagai hal.

Nah hal ini sama seperti konsep dari Link, dimana untuk bisa mengetahui isi dari web di internet tentu saja kita harus mengetahui link terlebih dahulu. Setelah itu baru kita bisa menuju halaman web tersebut dan juga mendapatkan informasi terkait ada apa saja sih di dalam website tersebut.

Di Dalam halaman web pranala sangat berpengaruh untuk menerjemahkan isi dari sebuah konten yang ada.Maka dari itu mereka akan melakukan segala hal untuk membuat sebuah kata kunci yang akan mewakili isi dari halaman tersebut.

Selain itu juga berguna sebagai gambaran awal daya tarik dan juga untuk meningkatkan sebuah kepercayaan terhadap website yang dimiliki.

Dalam membuat link yang ideal, biasanya banyak orang yang menggunakan nama brand atau nama perusahaan mereka. Misalnya seperti nama perusahaan Gameloft, tentu saja dalam membuat link perusahaan juga akan menggunakan nama atau mengandung unsur kata Gameloft di dalamnya.

Hal ini selain bertujuan untuk meningkatkan skor SEO, juga bertujuan agar orang-orang bisa dengan mudah mengingat dan juga mengetahui jika link tersebut merupakan alamat dari website Gameloft.

Hindari membuat link yang panjang dan sangat rumit, hal ini karena akan mempersulit orang yang akan pergi atau masuk ke alamat internet anda.

Cara Kerja Link

Bagaimana Cara Kerja Link?

Setelah kita mengetahui apa itu link, berikutnya kita akan membahas tentang bagaimana sih cara kerja link. Hal ini karena Bagi beberapa orang yang sudah mengetahui apa itu link secara keseluruhan,  namun kebanyakan dari mereka juga masih ada yang belum mengerti terkait cara kerja dari sebuah link.

Untuk itu, jika anda belum mengetahui secara jelas mengenai bagaimana sih cara kerja dari sebuah link, anda perlu menyimak bagian ini sampai  akhir agar anda segera paham mengenai bagaimana sih cara kerja dari sebuah link.

Nah sebenarnya link ini merupakan suatu tautan yang tersusun seperti rantai dari suatu halaman website. Penjelasan ini bisa kita lebih persingkat menggunakan konsep kerja yang sangat sederhana. Misalnya terdapat link : Tedas.id/sapa-tedas.

Nah dari link ini tentu saja kita tahu bahwa induk dari link tersebut merupakan “Tedas.id” kemudian untuk “Sapa-tedas” adalah bagian dari induk direktori tersebut. 

Dari link ini muatan beberapa file direktori yang selanjutnya ada setelah “Tedas.id” ini akan mengarah terhadap konten yang tersimpan di dalam database website atau biasa juga disebut dengan permalink.

Konsep kerja yang sederhana lainnya adalah, misalnya saat kita sedang browsing atau berselancar ria di internet dan ingin tahu tentang sesuatu. Tentu saja mesin pencari akan memberikan banyak sekali referensi dari website yang relevan dengan kata kunci yang anda berikan.

Nah mesin pencari ibaratnya sebagai terminal dari website-website tersebut. Dan link-link dari website yang relevan tersebut seperti bus. Tentu saja saat kita memiliki tujuan ingin ke kota A tentu saja terdapat banyak sekali pilihan bus yang bisa dipilih kan?

Sama halnya seperti link, dimana ketika kita mencari kata kunci di internet. Terdapat banyak sekali pilihan website-website yang relevan. Tergantung kita ingin memilih website yang mana untuk kita tuju agar bisa mengetahui informasi terkait kata kunci yang kita cari.

Istilah Istilah Dalam Link

Istilah Istilah Dalam Link Beserta Penjelasannya

Saat kita berselancar di internet tentu saja terdapat juga beberapa istilah-istilah lainnya yang berhubungan dengan link tersebut. Namun terkadang kita tidak tahu apa sih pengertian dari istilah-istilah tersebut.

Tentu saja tidak afdol rasanya jika kita sudah tahu apa itu link namun belum tahu dengan beberapa istilah di dalam link beserta dengan penjelasannya.

1.     SafeLink

Safelink atau link yang aman ini Menjadi pengaman apabila karakter yang dimuat biasanya lebih panjang dan juga kombinasi yang digunakan kompleks.

Hal ini bertujuan sebagai pengaman tautan dari akses yang tidak di izinkan, ada beberapa penyedia untuk dapat menggunakannya tapi kebanyakan ada konten iklan atas pengalihan sebelum menuju link lainnya.

Contoh nyata dari safelink ini adalah, misalnya saat kita ingin mendownload film atau aplikasi sebelum kita diarahkan ke halaman download tentu saja kita harus melewati link lainnya terlebih dahulu. Nah inilah yang disebut sebagai safelink atau link aman.

2.     Link Not Found

Biasanya hal ini ditemui karena penulisan ada yang terlewat atau bahkan kurang tepat. Saat anda mengalami link not found ini biasanya akan muncul pesan 404 not found pada halaman website atau browser yang anda buka tersebut.

Broken Link

3.     Broken Link

Merupakan penjelasan mengenai apa yang akan diakses tidak ditemukan atau bahkan sudah dihapus, sehingga peran dari link tersebut menjadi tidak valid.

Misalnya saat anda ingin mengakses file yang akan anda download, namun ternyata file download tersebut sudah dihapus oleh server.

Baca Juga:  Pengertian Web Server dan Manfaatnya

Baca Juga  Apa Itu Flowchart: Pengertian, Fungsi dan Contohnya 

4.     Spam Link

Tautan ini biasanya tersebar secara paksaan atau berlebihan dan menyalahi sebuah standar komunikasi di suatu platform. Sehingga mengganggu jalannya penggunaan lain dan selanjutnya akan terjadi pelaporan spam.

5.     Backlink

Merupakan rekomendasi atas rujukan antar website yang melalui halaman atau yang lainnya, yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah value.

6.     Link Building

Sebuah proses untuk mendapatkan backlink dari halaman website, untuk tujuan membuat relasi yang dapat menaikkan pamor hingga puncak pada mesin pencari.

7.     Link Internal

Menjadi penguat topik dari yang dibahas sering merujuk ke halaman satu ke yang lain tetapi tetap pada satu website yang sama.

8.     Link External

Menjadi rujukan antar sebuah halaman dari website lain atau bisa juga disebut dengan dikaitkan web yang telah ditautkan yang akan menjadi sumber rujukan. Bertujuan untuk mendapatkan backlink.

Fungsi Link

Fungsi Link

Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui fungsi dari sebuah pranala, berikut ini merupakan fungsi yang dapat anda kupas agar anda paham secara keseluruhan.

  • Memudahkan Sahabat Tedas.id dalam berbagi sebuah tautan berupa file, gambar, video dan masih banyak lagi lainnya.
  • Untuk menjadi bookmark data saat anda ingin mengakses sebuah informasi diwaktu yang lain.
  • Menjadi sebuah perujuk serta referensi pada saat konten tidak dapat dimuat di dalam satu halaman.
  • Menjadi peran dari identitas konten yang berasal dari situs web itu sendiri.
  • Sebagai pengambil data dari sebuah situs web itu sendiri, seperti pada situs penyedia ikon makan dapat dimanfaatkan untuk menampilkan sebuah ikon pada produksi yang akan menjadi hasil akhir yang berbeda.
Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *