Apa Itu Flowchart: Pengertian, Fungsi dan Contohnya 

Apa Itu Flowchart – Untuk kita yang ingin belajar pemrograman atau membuat program tentu saja sebelum itu kita harus belajar membuat dan memahami flowchart terlebih dahulu.

Flowchart adalah bagan atau chart yang menunjukkan alir atau flow yang ada di dalam program atau prosedur suatu sistem secara logika.

Flowchart ini digunakan sebagai alat bantu dari komunikasi dan juga digunakan untuk dokumentasi.

Pengertian Flowchart

Pengertian Flowchart

Flowchart ini berasal dari kata bahasa inggris yang berarti diagram alir. Pada umumnya Flowchart ini disusun berdasarkan algoritma dari suatu program yang ingin kita buat atau ingin kita jalankan. 

Tujuan dibuatnya flowchart adalah untuk mempermudah pemahaman bahasa program yang akan kita buat tadi.

Karena dibuat untuk mempermudah pemahaman bahasa program tentu saja flowchart juga harus dibuat dengan sistematis dan juga berurutan sesuai dengan alur dari program yang akan kita buat itu sendiri.

Pengertian Apa Itu Flowchart Menurut Para Ahli

Pengertian Flowchart

Setelah kita mengetahui pengertian flowchart secara definisi umum, berikutnya kita akan belajar tentang apa itu Flowchart menurut pendapat para ahli.

Untuk itu, berikut dibawah ini adalah beberapa pengertian Flowchart menurut para ahli.

1.     Pengertian Flowchart Menurut Indrajani

Menurut Indrajani, pengertian apa itu Flowchart adalah gambaran yang sebelumnya dibuat dengan bentuk grafik dimana di dalamnya ini berisi langkah-langkah atau prosedur untuk membuat suatu program yang secara runtut.

2.     Pengertian Flowchart Menurut Jogiyanto

Pengertian apa itu flowchart menurut Jogiyanto, Flowchart adalah bagan alir yang dibuat untuk menunjukan arus atau flow dari suatu program dengan memakai prosedur sistematis dan juga berlaku secara logis.

3.     Pengertian Flowchart Menurut Krismiaji

Krismiaji adalah penulis yang menulis buku Sistem Informasi dan Akuntansi di tahun 2010 lalu. 

Dimana dalam buku itu, Krismiaji mengatakan jika apa itu flowchart adalah suatu teknis analitis untuk membantu menjelaskan aspek-aspek dari urutan suatu program atau sistem informasi. Dimana aspek yang dijelaskan pada flowchart tersebut harus bersifat logis, tepat dan juga jelas.

Simbol-Simbol Flowchart

Simbol-Simbol Flowchart

Karena flowchart adalah bagan alir, maka tentu saja di dalam flowchart ini akan mengandung berbagai macam simbol di dalamnya yang menentukan atau memiliki makna tersendiri.

Secara garis besar simbol flowchart ini terbagi menjadi tiga yaitu Flow Direction, Processing Symbols dan juga Input Output Symbols.

1.     Flow Direction Symbols

a)     Simbol Arus

Simbol arus ini menggambarkan atau sebagai simbol dari jalan atau arusnya suatu proses.

b)    Communication Link

Simbol ini menggambarkan transmisi data dari suatu lokasi menuju lokasi lainnya.

c)     Connector Symbol

Selanjutnya ada connector symbol yang berguna untuk menyatakan sambungan dari proses satu ke proses lainnya di halaman yang sama.

d)    Offline Connector

Selain ada connector symbol yang digunakan untuk menyambungkan satu proses ke proses lainnya di halaman yang sama, ada juga Offline Connector yang menyatakan hubungan antara satu proses ke proses lainnya di halaman yang berbeda.

2.     Processing Symbols

a)     Simbol Proses

Pertama ada simbol proses yang mengatakan jika tindakan atau proses yang dilakukan suatu komputer.

b)    Simbol Manual

Berikutnya ada simbol manual yang menyatakan tindakan atau proses yang dilakukan secara manual atau tidak dilakukan oleh komputer.

c)     Simbol Decision

Selanjutnya ada simbol decision yang merupakan simbol untuk menunjukan suatu kondisi tertentu yang akan menghasilkan dua pilihan atau dua kemungkinan seperti iya atau tidak.

Baca Juga: Cara kerja komputer

d)    Predefined Process

Simbol Predefined Proses ini merupakan simbol yang menyatakan tempat penyimpanan dari suatu pengolahan data untuk memberikan harga awal.

e)    Simbol Terminal

Berikutnya ada simbol terminal yang menyatakan suatu permulaan dari akhir suatu program.

f)      Simbol Keying Operation

Simbol ini menyatakan bahwa semua jenis operasi yang diproses menggunakan suatu mesin, biasanya digunakan untuk menerjemahkan pilihan dari inputan keyboard.

g)     Simbol Offline Storage

Simbol ini berguna untuk menyatakan jika data yang ada di simbol ini nantinya akan disimpan pada suatu media tertentu secara offline.

h)    Simbol Manual Input

Berikutnya ada simbol manual input yang menyatakan bahwa pengguna harus memasukkan data secara manual menggunakan keyboard.

3.     Input Output Symbol

flowchart adalah

1.     Simbol Input Output

Pertama adalah simbol input output yang menyatakan jika prose input atau proses output yang bisa dilakukan tanpa tergantung jenis peralatannya.

2.     Simbol Punched Card

Berikutnya ada simbol Punched Card, dimana simbol ini akan menyatakan input yang berasal dari suatu kartu atau output yang nantinya akan ditulis ke kartu.

3.     Simbol Magnetic Tape

Simbol magnetic tape ini menyatakan jika proses input ini berasal dari pita magnetis, bukan hanya inputan saja namun hasil output juga akan disimpan ke dalam pita magnetis.

4.     Disk Storage

Berikutnya ada simbol disk storage yang menyatakan jika proses input atau output berasal dari disk, atau proses output akan disimpan ke dalam disk.

5.     Simbol Dokumen

Simbol dokumen ini berguna untuk mencetak atau membuat hard copy dari file lewat printer.

6.     Simbol Display

Terakhir ada simbol display yang berguna untuk mencetak file keluaran ke dalam layar monitor.

Fungsi Flowchart

Fungsi Flowchart

Di atas sudah saya jelaskan bahwa fungsi dasar atau fungsi utama dari Flowchart adalah untuk mempermudah atau menjelaskan alur dari suatu proses pembuatan atau penggunaan dari suatu aplikasi.

Namun selain itu, Flowchart juga memiliki beberapa fungsi lainnya.

Berikut dibawah ini adalah beberapa fungsi dari Flowchart.

1.     Untuk Merancang Proyek Baru

Fungsi Flowchart yang pertama adalah untuk merancang suatu proyek baru yang akan kita buat.

Misalnya dengan cara memetakan proyek baru tadi ke bentuk diagram alir agar bisa dengan mudah dipahami dan juga bisa membantu menyusun langkah agar bisa mewujudkan proyek tadi.

2.     Dokumentasi Dari Proses Kerja Program

Fungsi lain dari Flowchart adalah untuk media dokumentasi dari suatu proses kerja pembuatan suatu aplikasi.

Mendokumentasikan sangat penting untuk kita lakukan pada proses pembuatan program tertentu. Dimana nantinya kita bisa menjadikannya sebagai referensi untuk membuat program berikutnya.

3.     Mengelola Alur Kerja

Fungsi berikutnya adalah untuk bisa menciptakan dan membuat program yang berkualitas dengan cara mempertimbangkan integritas prosedur yang sudah dibuat untuk pengerjaan dari pembuatan aplikasi tadi.

4.     Merepresentasikan Algoritma

Algoritma dalam pembuatan aplikasi ini sangat penting untuk diperhatikan. hal ini karena program membutuhkan flowchart dalam proses pembuatannya. Flowchart juga bisa memenuhi kebutuhan dari representasi algoritma program yang sebelumnya sudah kita rencanakan.

5.     Membantu Mengaudit Proses Kerja

Fungsi terakhir dari Flowchart adalah untuk membantu mengaudit proses kerja yang akan kita buat.

Karena flowchart ini berbentuk diagram yang akan diuraikan, maka jika suatu program mengalami kesalahan maka kita bisa dengan mudah mendeteksi kira-kira dari mana sumber kesalahan atau kerusakan program yang kita buat.

Jenis-Jenis Flowchart

Jenis Jenis Flowchart

Terakhir kita akan membahas tentang beberapa jenis-jenis dari flowchart.

Berikut adalah beberapa jenis-jenis flowchart.

1.     Flowchart Sistem

Flowchart sistem adalah diagram alir yang digunakan untuk membantu menggambarkan alur kerja dari suatu sistem atau aplikasi secara keseluruhan. Urutan dari flowchart ini tentu saja harus terstruktur.

2.     Flowchart Dokumen

Flowchart dokumen ini bisa digunakan untuk membantu menjelaskan arus laporan dan juga beberapa formulir yang lengkap beserta tembusannya. Flowchart jenis ini sering berkaitan dengan hal-hal administratif.

3.     Flowchart Skematik

Berikutnya ada flowchart skematik. Dimana flowchart ini hampir sama seperti flowchart sistem, namun jenis flowchart ini menggunakan ilustrasi lain seperti gambar komputer dan lain sebagainnya.

4.     Flowchart Program

Flowchart program ini mempunyai sifat yang lebih detail dalam menggambarkan langkah-langkah proses dari suatu program dan juga dibuat menggunakan derivasi flowchart dari suatu program.

Ada 2 flowchart yang paling sering dipakai yaitu flowchart program komputer dan flowchart logika program.

5.     Flowchart Proses

Terakhir ada flowchart Proses yang menjadi teknik penggambaran dari proses rekayasa industrial.

Tujuan dari flowchart ini adalah untuk menganalisis sekaligus memecah langkah yang akan diambil dari suatu prosedur yang sudah terorganisir sebelumnya.

Nah selesai sudah artikel kali ini mengenai apa itu flowchart dan beberapa jenis-jenis dari flowchart tersebut dan semoga bermanfaat ya Sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *