wifi publik
Komputer

7 Tips Aman Menggunakan WiFi Publik

Sudah tidak asing lagi bagi kita untuk menggunakan WiFi di tempat umum. Ini semua kerena WiFi sudah menjadi sebuah konsumsi umum dimana semua orang selalu menggunakan internet di mana-mana. Jadi, jangan kaget kalau kamu sering melihat WiFi publik setiap kamu keluar rumah.

Sayangnya, WiFi publik tidak bisa menjamin keamanan data kita. Alhasil, ada kemungkinan bahwa data kita bisa dicuri ketika kita menggunakan WiFi publik. Agar kamu bisa terhindar dari cyberattack ketika menggunakan WiFi publik, berikut adalah tips aman yang bisa kamu lakukan saat kamu memakai WiFi Publik.

1. Jangan melakukan transaksi

Kalau kamu sedang menggunakan WiFi publik, hindari membuka informasi sensitif seperti buka email, melakukan transaksi, mengakses kartu kredit, dan hal-hal sensitif lainnya. WiFi publik membuka celah bagi hacker untuk mengakses data pribadimu. Dan jika sang hacker berhasil, maka semua datamu bisa diubah oleh sang hacker, dan dia bisa menggunakan datamu untuk melakukan hal berbahaya.

2. Tidak menggunakan sambungan otomatis

Ketika kamu sedang diluar, pastikan bahwa opsi untuk menyambungkan perangkat dengan WiFi dengan otomatis telah dimatikan. Hal ini untuk mencegah perangkat kamu untuk terhubung dengan WiFi yang mencurigakan di tempat umum. Ketika fitur tersambung secara otomatis dinyalakan, ada kemungkinan bahwa handphone kita akan tersambung dengan WiFi yang sengaja dibuat oleh hacker.

3. Perhatikan WiFi yang tersedia

Meskipun kita menyambungkan WiFi publik secara manual, kita harus tetap berhati-hati dalam memilih WiFi umum yang disediakan. Tidak sedikit hacker yang sering membuat jaringan WiFi dengan nama yang mirip dengan WiFi lain. Hal ini sengaja dilakukan agar kita menyambungkan handphone kita ke jaringan mereka, dan mereka bisa meretas kita jika hal ini terjadi.

Jadi, kalau kamu ingin menggunakan WiFi umum, perhatikan namanya baik-baik dan pastikan bahwa kamu tersambung dengan WiFi publik yang benar. Biasanya, WiFi publik yang resmi mempunyai nama lengkap lokasinya. Kalau kamu tidak yakin, kamu bisa mencari spanduk yang memberi nama resmi WiFi publik atau bertanya ke petugas dari tempat tersebut. 

4. Update router WiFi secara berkala

Kalau kamu adalah pemilik WiFi publik dan memiliki router seperti router ZTE, kamu harus update router secara berkala. Hal ini karena router juga sering dihack oleh para hacker, dan router yang tidak perbah diperbarui akan rentan dengna cyberattack. Oleh sebab itu, update routermu secara berkala melalui halaman manajemen router di 192.168.100.1. Dengan update, router ZTE milik kamu akan terhindar dari cyberattack.

5. Cek HTTPS website

Website yang mempunya HTTPS di depan menunjukan bahwa website tersebut sudah aman dan memilik sertifikat digital yang bisa memastikan keamanan website tersebut. Jadi kalau kamu mau akses website, pastikan bahwa website tersebut ada HTTPS di depannya. 

6. Gunakan VPN

Opsi keamanan yang lain adalah menggunakan VPN. VPN akan melakukan enskripsi data ketika kamu menggunakannya, sehingga data yang dikirim ke router berbeda dengan yang asli. Jadi sang hacker tidak akan bisa melihat data kamu yang asli.

7. Aktifkan Firewall 

Kalau kamu menggunakan laptop di tempat umum, pastikan bahwa firewall laptopmu sudah dinyalakan. Firewall adalah sistem di komputer yang memonitor jaringan yang kita gunakan. Apabila Firewall merasa ada yang “janggal” dengan jaringan tersebut, ia akan memberitahu kita dan konfirmasi ulang apakah kita mau menggunakan jaringan tersebut atau tidak. Sangat berguna, bukan? Jadi, pastikan firewall kamu selalu aktif!

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita & semoga saja artikel yang saya tulis untuk Sahabat Tedas.id dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    You may also like

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *