aman dengan pvn
Internet

Tips Mengakses Website yang Dibatasi secara Aman dengan VPN

Salah satu website yang sering saya gunakan namun dibatasi adalah Telegram.

Telegram saat ini menjadi aplikasi chatting favorit saya karena media yang dapat diunggah maupun diunduh tidak dibatasi ukurannya.

Namun yang sering menjadi masalah adalah proses mengunggah maupun mengunduhnya yang lemot padahal koneksi internetnya cukup kencang.

Dari hasil googling yang saya lakukan hal ini terjadi karena pembatasan IP alias pemblokiran baik di aplikasi maupun di website Telegram.

Nyebelin ya? Tapi tenang, banyak jalan menuju download media tanpa drama.

Salah satunya aman dengan VPN. VPN ini akan merubah alamat IP asli ke alamat IP VPN yang bebas blokir.

Pemilihan VPN

ip saya

Image: myip.veepn.com

Awal pandemi, saya menggunakan VPN yang disediakan oleh kampus karena dikasih tau oleh teman yang lain saat akan mengakses website yang diblokir jika menggunakan jaringan wifi kampus.

Ternyata penggunaan VPN mudah dIpakai dan membuat koneksi jaringan lebih cepat termasuk download di telegram.

Namun setelah lulus, VPN kampus tidak dapat digunakan lagi sehingga saya juga kesulitan mengakses data di telegram karena dibatasi. 

Saya mencoba berbagai cara termasuk mengecek berapa IP saya untuk diakali sebelum bertemu dengan aplikasi VeePN. Ternyata hasilnya gagal.

Ramainya penggunaan VPN membuat salah satu isu keamanan data pribadi dIpertanyakan.

VPN disinyalir dapat membocorkan berbagai data pribadi penggunanya karena  server yang dIPakai merupakan server luar negeri bukan server yang disediakan oleh pemerintah Indonesia.

Namun aplikasi VeePN dapat menjamin keamanan data penggunanya dengan proteksi yang tinggi.

VeePN dapat digunakan sebagai pemeriksa IP pribadi hingga menyembunyikannya sehingga tidak terdeteksi oleh website maupun pengguna lain sehingga privasi lebih terjaga

Jika dilihat dari keterangan di websitenya, VeePN memiliki 2500 server yang tersebar di 50 negara.

Pemilihan VPN yang digunakan untuk membantu berselancar di dunia maya tentu perlu dilakukan.

Hal ini memang berkaitan tentang privasi pengguna supaya lebih terlindungi sehingga dapat terhindar dari aktivitas ilegal seperti cybercrime.

Saya sendiri lebih memilih layanan VPN berbayar karena saya masih percaya pelayanan yang optimal dapat dIPeroleh dari sesuatu yang berbayar bukan gratis.

Saya sendiri pernah melakukan cek IP saya di website VeePN secara gratis dan hasilnya cukup membuat saya kaget karena ternyata alamat IP saya dapat diakses oleh semua orang.

Penggunaan VPN

VPN sendiri penggunaannya beragam. Pada VPN kampus yang pernah saya pakai, penggunaannya cukup ribet karena perlu mensetting secara manual di pengaturan ponsel.

Penggunaan aplikasi VPN gratis juga sering bermasalah karena tidak mau connect bahkan sekalipun connect tidak dapat digunakan untuk mengakses internet. 

Selain itu, penggunaan VPN gratis cenderung memiliki resiko kebocoran yang lebih tinggi pada keamanan data pengguna yang menurut saya cukup meresahkan karena tereksposnya alamat IP saya di aplikasi tersebut.

Layanan VPN berbayar menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan.

Selain karena keamanannya, VPN berbayar seperti VeePN juga memberi pilihan paket langganan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Penggunaan VeePN pada Google Chrome juga cukup mudah yakni dengan menginstall saja lalu memasangnya sebagai extension.

Melakukan pendaftaran akun dan memilih paket langganan. Setiap proses berselancar di Google Chrome cukup menekan connect di extension yang telah terpasang.

Secara ajaib, seluruh website yang awalnya tidak bisa dibuka karena dibatasi akhirnya dapat dibuka dengan kecepatan yang stabil.

Karena saya biasa menggunakan VPN untuk mendownload media di Telegram, kecepatan downloadnya terasa mengagumkan.

Jika sebelumnya hanya berkisar di 50an Kbps, setelah menggunakan VeePN kecepatan downloadnya berada di kecepatan internet normal yang mencapai 5 Mbps.

Alamat IP saya aman, data pribadi saya aman, segala kegiatan saya yang berhubungan dengan internet pun terasa aman dengan penggunaan VPN ini.

Oh iya, ini juga salah satu yang paling menyenangkan saat menggunakan VPN berbayar.

Sangat minim iklan mengganggu karena kebocoran riwayat browsing dengan IP asli yang saya gunakan. 

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita & semoga saja artikel yang saya tulis untuk Sahabat Tedas.id dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    You may also like

    Leave a reply

    Your email address will not be published.