10 Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Artikel terakhir diperbaharui 15-04-2021 oleh Aldy Amrillah

Headset tidak terdeteksi di laptop – Headset menjadi solusi tepat untuk mendengarkan audio secara pribadi. Tanpa menggunakan speaker yang mungkin akan mengganggu lingkungan, kamu bisa tetap bisa mendengarkan musik atau video call dengan nyaman. 

Tapi pada beberapa kasus, laptop yang disambungkan dengan headset tak bisa tersambung. Apa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop? 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa harus membongkar hardware pada komputer. Langkah awal ini harus dicoba karena siapa tahu bisa berhasil untuk mengatasinya. 

Cara untuk mengatasi Headset yang Tidak Terdeteksi

 

Masalah headset tidak terdeteksi di laptop bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Pertama kemungkinan besar laptop tersebut tidak memiliki driver yang tepat atau mengalami masalah. 

Kedua bisa saja yang bermasalah adalah port audio sehingga walaupun sudah menggunakan headset baru sekalipun tidak akan konek. Ketiga bisa juga disebabkan headset yang kamu gunakan sudah rusak. 

Apapun alasannya, apalagi kamu membeli headset baru maka kendala ini harus segera diatasi. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengikuti kesepuluh cara berikut ini yang sangat membantu dan mudah untuk dilakukan. 

 

Cara 1. Restart Laptop atau PC

 

Ketika laptop sudah menyala dan kamu memasang headset tetapi tidak menyala tak perlu panik. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan merestart laptop. Cara ini banyak dilakukan dan cukup efektif. 

Laptop yang direstart akan kembali seperti baru ketika program belum banyak yang dijalankan. Dengan begitu headset yang tidak menyala atau terdeteksi pun akan pulih. Cara restart laptop pun sangat mudah, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini. 

  1. Tutup terlebih dahulu semua aplikasi yang sedang berjalan agar proses restart berjalan lebih cepat. 
  2. Kemudian cabut headset yang telah terpasang karena nanti kamu akan memasangnya kembali.

  3. Kemudian masuk ke Start dan pilih Restart, tunggu sampai laptop mati kemudian menyala kembali. 
  4. Saat laptop sudah menyala, kamu bisa mencolokkan headset kembali dan cobalah untuk mendengarkan musik. 

Headset akan langsung terdeteksi selama tidak ada masalah pada hardware laptop atau headset. Namun jika masih tidak terdeteksi juga, kamu bisa mengikuti cara selanjutnya di bawah ini. 

Cara 2. Scan Hardware Change

Headset tidak terdeteksi di laptop meskipun sudah restart bisa saja terjadi. Karena ketika masalah ini  muncul maka adanya indikasi kerusakan pada software cukup kuat. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan scanning pada hardware atau perangkat Device Manager. 

Langkah ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perubahan pada perangkat yang mungkin tidak kamu ketahui. Cara ini tergolong cukup efektif untuk dilakukan dan sangat mudah. Asalkan kamu mengikuti langkah berikut maka bisa mengatasinya. 

  1. Nyalakan laptop dan cabut headset terlebih dahulu.
    cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop
  2. Kemudian pada keyboard tekan menu Windows + X secara bersamaan untuk masuk ke menu Device Manager.

  3. Maka kamu akan dilihat laman Device Manager, kemudian pada bilah kiri carilah menu sound, video and game controller.

  4. Pilih scan for hardware change dan tunggu beberapa saat untuk scanning. 
  5. Apabila sudah selesai kamu bisa menutup device manager kemudian tancapkan headset. 

Jika tidak ada masalah lain maka headset bisa langsung konek dan digunakan. Kamu bisa refresh komputer sebelum mencolokkan headset sehingga kinerja komputer kembali seperti semula. 

Merasa masih kurang efektif? Kamu bisa mengikuti cara ketiga selanjutnya berikut ini. 

Cara 3. Mengupdate Driver 

Pada cara yang ketiga ini masalahnya biasanya terletak pada driver bawaan dari laptop untuk headset atau audio. Driver mungkin saja sudah tidak bekerja dengan baik atau masih menggunakan versi lama yang tidak sesuai dengan os terbaru. 

Cara satu-satunya adalah dengan update driver ke versi yang terbaru. Langkah ini biasa nya tak hanya digunakan pada headset yang menggunakan kabel tetapi juga bluetooth. Proses updatenya sendiri begitu mudah, kamu hanya perlu koneksi internet. 

  1. Nyalakan laptop atau pc kemudian dikoneksikan dengan internet. Pastikan jaringannya stabil. 
  2. Pada halaman home komputer kamu bisa tekan Windows+X kembali untuk masuk ke menu Device Manager. 
  3. Langkah selanjutnya masih sama yaitu masuk pada opsi sound, video dan game controllers.

  4. Kamu bisa klik menu update driver software. Maka otomatis update akan berlangsung selama beberapa menit. 

Laptop akan mencari update terbaru dan bekerja memperbaharui software. Lama tidaknya proses ini tergantung dengan kecepatan jaringan internet. Jadi tunggu prosesnya sampai selesai dan jangan matikan laptop. 

Driver yang sudah terupdate otomatis akan menyambungkan headset hingga headphone jenis apapun. Mengetahui cara update ini akan membantu kamu untuk mengembalikan fungsi headset. 

Cara 4. Mengubah Bit Depth dan Sample Rate

Masih juga tidak berhasil pada cara ketiga? Jangan putus asa karena masih ada cara keempat yang perlu kamu coba. Cara ini juga cukup efektif mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop.

Tidak koneknya headset bisa dikarenakan pengaturan pada sample rate dan bit depth berubah. Sehingga headset tidak akan terdeteksi pada laptop atau tidak keluar suaranya. Untuk itu ikuti beberapa langkah mudah berikut ini untuk mengatasinya.

  1. Pada bagian bar sebelah kiri bawah layar komputer kamu akan menemukan menu dengan simbol speaker. Klik simbol tersebut kemudian klik menu playback device.
  2. Kamu akan dilihat tab sound dengan beberapa pilihan menu lainnya. Kamu bisa klik menu speaker atau headphones maka akan langsung menjadi set as default. 
  3. Kemudian pada bagian bawah tab audio klik Properties.

  4. Maka akan muncul kembali menu properties, pada menu ini kamu bisa pilih menu Advanced dan jangan lupa ubah sample rate and bit depth sesuai kebutuhan. 
  5. Terakhir klik Apply untuk mengaktifkan perubahan yang dipilih baru hubungan headset dengan laptop atau pc. 

Melalui pengaturan yang baru ini maka headset seharusnya sudah bisa terdeteksi dan bisa langsung digunakan. Apabila cara ini masih tidak berhasil, masih ada lima cara lainnya berikut ini. 

Cara 5. Cek Kembali Port Audio di Laptop

Kerusakan pada port audio di laptop seringkali terjadi. Khususnya jika kamu sangat sering memasang headset atau speaker pada port ini. Kemungkinan besar port akan mengalami kerusakan karena tekanan dari headset yang terlalu kasar. 

Kamu mungkin tidak sengaja untuk menggunakan headset terburu-buru sehingga bagian dalam port rusak. Jika yang terjadi adalah kerusakan port maka solusi untuk memperbaikinya adalah membuka hardware laptop. 

Apabila terdapat komponen yang bergeser pada port maka harus diperbaiki. Jika terdapat komponen port yang mungkin patah juga harus diganti dengan yang baru. Namun untuk membongkar pasang laptop sebaiknya dilakukan oleh ahlinya. 

Cobalah untuk mendatangi tempat service, kemudian cari tahu bagian mana yang mengalami kerusakan. Apakah terdapat komponen dari port yang perlu diganti atau tidak. Kebanyakan kerusakan ini terjadi pada laptop lama yang sering digunakan. 

Cara 6. Menggunakan Driver Booster

Ketika sudah mengupdate driver, scanning hingga mengubah pengaturan sample rate and bit depth masih juga belum berhasil, kamu bisa memanfaatkan aplikasi tambahan. Aplikasi driver booster adalah salah satu software untuk memeriksa driver otomatis. 

Aplikasi ini akan bekerja dengan mengunduh update software secara otomatis dari situs produsen. Supaya Driver Booster ini bekerja dengan cepat, pastikan laptop selalu terkoneksikan dengan internet. 

Cara menggunakan Driver Booster untuk mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama cobalah untuk mengunduh software Driver Booster terlebih dahulu. Aplikasi ini gratis dan bisa langsung didownload di situs resminya. 
  2. Setelah selesai mengunduh, jalankan aplikasi dan aplikasi ini akan langsung bekerja melakukan scanning. 
  3. Ketika terdapat driver yang perlu di update maka akan muncul langsung pada laporan. 
  4. Kamu tinggal klik update pada driver apa saja yang perlu di update bahkan bukan hanya driver sound saja. 

Cara 7.  Mengecek Sound Card

Setiap laptop dibekali dengan perangkat keras berupa soundcard. Hardware ini berfungsi untuk mengubah input data bentuk digital menjadi suara. Perangkat inilah yang membuat headset bisa mengeluarkan suara. 

Jika ternyata yang rusak adalah soundcard maka kamu harus segera memperbaikinya. Oleh karena itu pada saat membuka laptop untuk mengecek port headset sebaiknya cek juga soundcard yang ada di dalamnya. 

Kerusakan mungkin saja terjadi karena sound card terlalu panas atau memang sudah usia harus diganti dengan yang baru. Ingat jika kamu tidak terbiasa membuka perangkat komputer sebaiknya pergi ke tempat service untuk membuka laptop. 

Cara 8. Menginstal Driver Sound Card

Usai mengganti soundcard yang baru maka cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop tidak berhenti disitu saja. Kamu juga harus menginstal driver dari soundcard terlebih dahulu. Apabila driver ini lupa tidak diinstal maka perangkat tidak akan bekerja. 

Driver ini akan membantu kinerja hardware untuk mengubah menjadi data suara. Untuk bisa menginstalnya biasanya sudah bebarengan dengan pembelian soundcard. Jadi kamu bisa langsung menginstalnya saja dari driver bawaan. 

Cara 9.  Mengecek Ulang Kondisi Headset

Cara selanjutnya adalah dengan mengetahui apakah headset yang kamu gunakan masih bisa digunakan. Karena kemungkinan besar jika kedelapan cara di atas masih saja tidak bisa memperbaiki koneksi headset maka perangkat headset itu sendiri yang bermasalah. 

Banyak sekali yang lupa untuk mengecek kondisi headset apakah masih bisa berfungsi dengan baik. Padahal langkah ini penting dilakukan agar kamu tak perlu mengikuti langkah lainnya. 

Cara mengecek apakah headset masih berfungsi pertama coba ganti headset untuk dipasang di laptop. Jika tidak memiliki headset lain kamu juga bisa menggunakan speaker. 

Apabila kamu tak memiliki headset cadangan atau speaker maka coba untuk memasang headset pada perangkat smartphone. Jika tidak menyala juga artinya headset kamu yang rusak. 

Cara 10.  Mengganti Headset dengan yang Baru

Tak ingin pusing memikirkan headset tidak terdeteksi di laptop? Cara paling praktis yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggantinya baru. Harga headset kini sangat murah tidak sampai ratusan ribu. 

Untuk sementara kamu bisa menggunakan headset dengan harga murah sebelum membeli yang baru dengan kualitas terbaik. Tapi sebelum menggantinya akan lebih baik untuk mencoba cara-cara di atas terlebih dahulu. 

Kini sahabat Tedas.id tak perlu bingung lagi jika tiba-tiba headset tidak terdeteksi, karena banyak cara untuk mengatasinya. 

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.