macam permainan
Games

5 Games Asah Otak yang Wajib Kamu Coba!

Pandemi yang sedang berlangsung membuat beberapa bekerja di rumah, dan hal ini bisa membuat orang merasa lelah.

Hal ini karena situasi membuat beberapa orang tidak bisa membedakan di antara pekerjaan dan rumah, dan hal ini lah yang membuat orang-orang lelah.

Kalau kamu adalah salah satu yang merasa lelah, kamu bisa mencoba beberapa game asah otak yang bisa mengatasi rasa jenuhmu sambil mempertajam pikiranmu.

Mau tau mereka itu game apa aja? Yuk, lihat di artikel di bawah ini!

1. Solitaire

Kalau kamu pernah menggunakan Windows ‘98, kamu pasti pernah melihat game bernama Solitaire. Solitaire di dunia nyata sendiri tidak begitu jauh dengan Solitaire yang ada di Windows, Hanya saja, ada beberapa permainan Solitaire yang mengadaptasi Solitaire versi lama, dimana penataan kartunya agak berbeda. 

Tapi tenang saja, beda bukan berarti susah. Di versi asli Solitaire, pemain diberikan kartu yang tertutup, dan mereka wajib untuk mengisi bagian bawah mereka dengan kartu yang memiliki warna yang berbeda dari yang atas dan lebih kecil. Di versi asli Solitaire, setiap baris akan dimulai dengan kartu tertutup sehingga kamu tidak langsung tahu kartu yang ada di baris tersebut.

2. Freecell

Nah, ini nih, Solitaire veri Windows. Ya, FreeCell adalah versi Solitaire yang paling serind diadaptasi oleh orang-orang sekarang. Di FreeCell, kartunya tetap ditata dalam baris, tetapi mereka semua ditata secara terbuka alias tidak ada kartu yang tertutup. 

Eits, tapi jangan salah! Kamu masih tetap harus menata kartu dari nomor paling besar (K) ke paling kecil (A) sambil diselang-seling (merah, hitam, merah, hitam). Nah, kamu bisa memindahkan kartu dari satu baris ke baris yang lain agar mereka tertata dari yang paling besar ke paling kecil. Kalau kamu kehabisan kartu, kamu wajib “minum” atau mencari kartu yang disediakan di atas. Kalau kamu berhasil menata semua tipe kartu, selamat! Kamu menang!

2. Sudoku

Sudoku adalah permainan yang mengandalkan memori dan seberapa pintar anda bisa mengingat apa yang telah terjadi. Di Sudoku, kamu harus menyelesaikan puzzle sambil mengikuti peraturan angka merea. Contohnya, kalau kamu menaruh nomor 6 di boks yang ada, kamu harus mengikuti peraturan khusus untuk nomor 8 dan 4.

Kalau kamu mau bermain Sudoku, kamu bisa menemukannya, dimana-mana. Di internet, koran, buku, aplikasia handphone – dengan semua akses ke Sudoku, kamu pasti bisa mnemukannya dengan gampang.

3. Teka-teki silang

Teka-teki silang, atau crosswords, adalah permainan asah otak dimana kamu harus menyelesaikan puzzle yang ada dengan menggunakan kata-kata. Ya, puzzle tersebut ada dalam bentuk kotak kosong yang saling menumpuk, dan setiap baris kotak akan tersambung dengan kotak lain melalui huruf di salah satu kata yang ditaruh disitu. Kamu tidak usah khawatir, karena teka-teki tersebut memberikan hint atau petunjuk untuk kata-kata yang digunakan di puzzle tersebut. Jadi, selain mengasah otak, kamu juga akan belajar kata-kata baru!

5. Scrabble

Scrabble mempunyai konsep yang mirip dengan teka-teki silang, dimana kita harus menyambungkan satu kata dengan yang lain hanya dengan beberala huruf saja. Yang membuat mereka berbeda adalah teka-tekinya dimulai dengan satu huruf.

Contohnya, kamu menaruh huruf “A” di papan Scrabble. Nah, lawanmu harus membuat kata-kata dengan huruf “A.” Lalu, kamu melanjutkannya dengan memilih salah satu huruf yang ada di kata yang digunakan lawanmu. Menarik, bukan?

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita & semoga saja artikel yang saya tulis untuk Sahabat Tedas.id dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    You may also like

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *