Pengertian Handphone: Sejarah dan Jenis-Jenisnya

Handphone – Jaman dahulu handphone menjadi hal yang paling jarang digunakan pada semua orang. Hal ini karena jaman dahulu handphone hanya dimiliki oleh beberapa orang yang memiliki kasta atas saja.

Harganya yang mahal ini membuat hanya beberapa orang yang mampu membelinya, tak heran orang jaman dulu jarang yang memiliki handphone.

Seiring berjalannya waktu serta perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat handphone dapat dimiliki hampir oleh semua orang di dunia ini.

Tak mengenal kaya atau seberapa terkenal orang itu, sebab sekarang handphone menjadi hal yang wajib dimiliki seseorang untuk beraktivitas seharian hari.

Untuk sekolah maupun untuk bekerja selain itu handphone juga bisa Digunakan untuk melihat video, memutar lagu dan masih banyak lagi.

Pengertian Handphone

Pengertian Handphone

Handphone adalah salah satu perangkat elektronik yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. Hal ini karena handphone adalah alat komunikasi paling efektif dan juga paling efisien di era yang serba canggih seperti sekarang ini.

Memiliki dua frasa kata yang berbahasa Inggris. Yaitu Hand yang memiliki arti tangan dan phone yang memiliki arti suara.

Dimana dapat disimpulkan pengertian handphone atau telepon genggam adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki dua arah serta dapat dibawa kemana mana tanpa menggunakan sebuah kabel untuk menggunakannya.

Ada dua jenis jaringan pada telepon nirkabel yang ada di Indonesia, yaitu GSM dan CDMA. Dimana ATSI menjadi badan yang mengatur sebuah telekomunikasi seluler yang ada di Indonesia.

Jaman sekarang manusia sudah melekat dengan handphone terlebih sekarang handphone memiliki fitur yang sangat canggih dan telah berkembang. Yang awalnya hanya memiliki fungsi untuk alat komunikasi sekarang bisa sebagai media belajar, bisnis dan masih banyak lagi.

Jaman sekarang handphone adalah bukan lagi menjadi barang mewah yang hanya dimiliki beberapa orang saja, namun handphone telah dimiliki hampir oleh semua orang.

Dengan menggunakan handphone pengguna dapat berkomunikasi dengan berbagai orang di penjuru dunia. Dengan melalui handphone semua hal dapat dikerjakan dengan efektif serta efisien sebab dari segi manfaat handphone dapat mempermudah kegiatan pada pengguna.

sejarah handphone
Image: motorolasolutions.com

Sejarah Handphone

Setelah anda mengetahui pengertian Handphone, berikutnya kita akan belajar tentang bagaimana sih sejarah dari handphone ini.

Dimana dulunya handphone adalah perangkat yang hanya bisa digunakan untuk SMS dan telpon saja, namun sekarang handphone adalah alat yang serba bisa. Kita tidak hanya bisa SMS atau telpon saja dengan handphone sekarang.

Menjadi orang pertama yang menemukan handphone membuat Martin Cooper diingat sebagai orang yang sangat kencang dan dikembangkan hasil penemuannya.

Walaupun masih belum sempurna handphone telah melalui perjalanan yang cukup panjang untuk.menjadi canggih hingga sekarang. Berikut sejarah mengenai handphone yang perlu anda ketahui.

1.     Generasi 0 (1940)

Handie- Talkie SCR536 menjadi alat komunikasi pertama pada perang dunia kedua yang dikembangkan oleh Galvin Manufacturing Corporation.

Didalamnya menggunakan teknologi 0G beserta sistem radio VHF yang berguna untuk menghubungkan telepon secara langsung dengan PSTN landline. Pengguna melakukan komunikasi secara bergantian yaitu berbicara atau mendengar.

2.     Generasi I (1973)

DynaTAC menjadi telepon genggam pertama yang ditemukan oleh karyawan Motorola Crop yaitu Martin Cooper.

Masih menggunakan teknologi 1G yang bersifat analog serta dikenal dengan istilah AMPS. Handphone ini memiliki bobot 1.1kg dan berukuran 25 cm, dan hanya memiliki kemampuan baterai yang hanya 20 menit saja serta harga jual pada saat itu adalah 36 juta.

3.     Generasi II (1990-an)

Teknologi berkembang menjadi 2G serta hp telah menggunakan chip yang digital, Amerika menggunakan teknologi CDMA sedangkan Eropa GSM. Sinyal yang dulunya analog sudah berubah menjadi digital, mendukung fitur SMS, panggilan tunggu serta pesan suara.

4.     Generasi III (2000-an)

Generasi ini berkembang menjadi 3G terdapat 3 standar telekomunikasi yaitu EDGE, wideband-CDMA serta CDMA2000. Fitur yang ada semakin lengkap, sistem operasi yang digunakan seperti android, iOS, Symbian, Windows Mobile.

5.     Generasi IV (2010-an)

Biasa disebut dengan generasi 4G yang menawarkan pendekatan serta infrastruktur yang mengintegrasikan sebuah teknologi nirkabel yang ada. Yaitu WiBro, CDMA, Bluetooth, dan masih banyak lagi lainnya.

Keunggulan yang dimiliki oleh 4G seperti kebebasan penggunaan untuk menggunakan sistem kapan saja, volume tinggi, kecepatan tinggi, kualitas tinggi, fleksibel terhubung dengan perangkat lain serta jangkauan global.

handphone adalah

Jenis-Jenis Handphone

Setelah kita belajar tentang apa sih pengertian Handphone dan juga sejarah handphone. Berikutnya kita akan belajar mengetahui jenis-jenis handphone.

Secara garis besar, jenis handphone ini dibagi menjadi tiga yaitu Handphone biasa, Featured Phone dan juga Smartphone. Lalu dari ketiga jenis handphone tersebut apa sih pengertian handphone berdasarkan jenisnya tersebut.

Untuk anda yang sudah penasaran dengan apa saja jenis handphone dan pengertiannya berikut sudah saya tuliskan beberapa jenis handphone yang mungkin belum anda ketahui.

1.     Handphone Biasa

Jenis handphone yang pertama adalah handphone biasa yang menjadi jenis handphone paling low dan pas-pasan. Pas-pasan disini maksudnya adalah dari segi fitur dan juga spesifikasi yang ditawarkan atau yang dimiliki oleh handphone biasa ini adalah masih standar.

Dulunya jenis handphone biasa ini didominasi oleh handphone merk Nokia yang berhasil mendominasi pasar dari penjualan handphone biasa. Namun seiring dengan perkembangan zaman handphone biasa ini sudah mulai tergeser.

Rata-rata fitur yang ada pada jenis handphone biasa ini adalah seperti fitur untuk SMS, fitur untuk melakukan panggilan dan juga fitur radio.

Walaupun memiliki fitur yang sangat terbatas serta tergolong sangat standar, namun handphone biasa ini memiliki keunggulan dari daya tahan baterai yang dimilikinya. Dimana handphone biasa ini bisa bertahan hingga beberapa hari lamanya.

Hal ini wajar saja sebab handphone biasa hanya memiliki fitur-fitur standar yang tidak akan memakan banyak konsumsi baterai dari handphone tersebut.

2.     Featured Phone

Jenis handphone berikutnya adalah featured phone. Dimana jenis handphone yang satu ini merupakan handphone semi canggih. Artinya handphone ini memiliki beberapa fitur dan juga hardware yang mumpuni untuk melakukan aktivitas lainnya selain melakukan SMS dan juga panggilan telepon.

Misalnya saja seperti fitur kamera dan juga fitur multimedia lainnya seperti Musik, perekaman video atau untuk browsing di internet.

Terkadang, jenis featured phone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur aplikasi sosial media seperti facebook dan juga fitur internet lainnya. Featured phone ini hadir di tahun 2007an dimana pada saat itu sudah mulai ramai handphone dengan fitur kamera yang jernih dan juga fitur internet.

Biasanya sistem operasi yang digunakan pada jenis handphone ini adalah seperti sistem operasi java dan juga sistem operasi Symbian yang dulunya sempat viral dan populer di kalangan para produsen handphone atau pabrikan handphone.

3.     Smartphone

Jenis handphone yang terakhir adalah Smartphone atau ponsel cerdas. Jenis handphone ini menjadi salah satu jenis handphone yang paling populer di kelasnya. Hal ini karena handphone jenis ini menawarkan berbagai macam fitur yang sangat lengkap.

Bahkan saking pintarnya handphone jenis smartphone ini memiliki fitur sekelas komputer. Hampir semua aktivitas atau pekerjaan yang dulunya hanya bisa dikerjakan menggunakan komputer sekarang sudah bisa digunakan pada smartphone ini. Beberapa fitur dari smartphone ini adalah koneksi internet yang sudah 4G, kamera yang jernih serta fitur-fitur lainnya sama seperti komputer.

Baca Juga: Perbedaan RAM dan ROM

Baca Juga  Apa Itu Mifi, Fungsi dan Cara Kerja Mifi

Saking cerdasnya smartphone ini banyak yang menyebutkan bahwa smartphone adalah komputer mini. Bahkan saat ini spesifikasi dari smartphone ini bisa menyaingi spesifikasi dari komputer mulai dari RAM, processor hingga fitur kecepatan internet.

Biasanya smartphone ini menggunakan sistem operasiAndroid atau iOS. Untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS ini biasa nya adalah smartphone buatan dari Apple. Sementara untuk sistem operasi android ini semua jenis smartphone selain produksi dari Apple.

Nah itulah beberapa pengertian handphone dan juga jenis-jenis handphone. Bermula dari dulunya yang hanya bisa digunakan untuk mengirimkan pesan dan juga melakukan panggilan saja. Sekarang handphone sudah bisa digunakan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang lebih kompleks sama seperti komputer. 

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *