Ayo Mengenal Apa Itu Notebook dan Fungsinya

Apa itu Notebook – Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan pesat kini tidak bisa dipungkiri lagi. Salah satu bentuk pencapaian perkembangan teknologi adalah munculnya notebook sebagai salah satu produk digitalnya.

Dalam hal ini, pasti banyak dari Anda yang sudah tidak asing lagi bukan dengan apa itu notebook?

Melihat dari bentuknya, banyak orang yang menganggap gadget ini berbeda dengan laptop.

Kedua barang elektronik tersebut memang memiliki bentuk dan fungsi yang hampir sama tapi apakah memang sama?

Supaya Anda bisa membedakan keduanya simak informasi seputar notebook berikut ini.

apa itu notebook

Pengertian Notebook

Secara umum orang menganggap laptop dan notebook berbeda.

Pendapat banyak orang tersebut kebanyakan berasal dari anggapan ukuran dari notebook dan laptop yang memang berbeda.

Menurut pendapat mereka, laptop memiliki ukuran 14 an inchi sedangkan notebook hanya 10 inchi.

Hal tersebut tentu tidak benar karena notebook adalah jenis laptop, namun laptop belum tentu notebook.

Notebook pada dasarnya merupakan alat elektronik pengganti komputer yang difungsikan untuk pemakaian pribadi seseorang dengan desain portabel sehingga efisien dibawa kemana saja.

Pengertian notebook sendiri menurut istilah yaitu komputer jinjing yang dibuat dengan bentuk portable sehingga bisa dibawa kemana saja dengan efisien karena bisa menyimpan daya baterai sendiri.

Notebook secara bentuk mempunyai wujud lebih mungil dibandingkan komputer atau laptop.

Alat ini bisa dikatakan kecil karena tidak mempunyai ruang DVD atau CD, sekaligus tanpa banyak space tambahan.

Bila dilihat dari pengertian sebenarnya, notebook adalah merk dagang laptop agar penyebutannya lebih efisien.

Kebanyakan penjual menyebut merk ini supaya pelanggan mudah mengenali.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini orang banyak yang berganti dari komputer ke notebook untuk mengefisienkan kerjanya.

Ketika memutuskan memakai alat praktis ini, Anda akan lebih mudah bekerja dimana saja karena alat ini lebih mudah untuk dibawa kemana-mana.

Fungsi Notebook

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya notebook adalah perangkat lunak pengganti kinerja komputer supaya lebih efisien untuk dibawa kemana saja.

Baca Juga  Apa Itu Mifi, Fungsi dan Cara Kerja Mifi

Hal ini sekaligus merupakan salah satu fungsi produk tersebut. Fungsi ini dapat membantu para pekerja untuk memaksimalkan kinerjanya.

Saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak kalangan yang mulai menggunakan notebook, mulai dari pelajar, guru, pekerja kantor, dan masih banyak lagi.

Semua kalangan tersebut menggunakan notebook untuk kemudahan aktivitasnya sehari-hari tanpa harus menggunakan komputer yang tidak bisa dibawa ke mana-mana.

Secara tidak langsung gadget yang satu ini bisa berkontribusi meringankan beban seluruh komponen masyarakat termasuk Anda untuk mengerjakan segala bentuk tugas dan pekerjaan sesuai kebutuhan.

Keunggulan ini sangat menarik karena konsumen memang semakin membutuhkan sesuatu yang makin canggih.

Notebook ini juga bisa menunjang para pekerja freelance yang membutuhkan komputer yang fleksibel supaya pekerjaannya tetap berjalan dimanapun.

Keefisienan notebook ini membuat persaingan produsen teknologi semakin berbondong-bondong menciptakan notebook yang semakin canggih.

Fungsi umum notebook tersebut tentunya tidak menghilangkan fungsi spesifik lainnya yang bisa menyimpan, mengolah, dan membuka data seperti komputer pada umumnya.

Fungsi-fungsi notebook ini tentu sangat bermanfaat untuk kemajuan IPTEK untuk masa mendatang.

desktop dan notebook

Kelebihan Notebook

Selain memahami tentang apa itu notebook Anda juga perlu tau kelebihan notebook dibanding perangkat pengganti komputer lainnya.

Notebook mempunyai keunggulan yang bisa ditilik dari kinerja sistemnya yang sudah semakin canggih dalam menyesuaikan perkembangan teknologi saat ini.

Kebanyakan notebook sudah dilengkapi fitur untuk menjalankan office dalam desktop windows yang tersedia di setiap perangkat lunak.

Keunggulan ini tentu sangat membantu Anda untuk menyelesaikan tugas harian bagi pelajar maupun pekerjaan harian untuk para pekerja.

Melalui notebook, seluruh pekerjaan tidak perlu dilakukan secara manual karena bisa diketik atau dikerjakan dengan perantara digital manajemen.

Pada notebook, banyak fitur yang juga bisa menunjang kelancaran penggunaan produk ini, mulai dari word, excel, sampai power point, sebagaimana pada PC lain.

Baca Juga  Mau Beli Skuter Listrik? Why Not, Ini Kelebihannya

Keunggulan lain dari notebook yang mungkin dinantikan banyak orang adalah bisa menunjang orang yang hobi menonton film dimana saja karena alat elektronik ini memiliki resolusi kecerahan yang tinggi.

Selain itu, dalam notebook Anda juga bisa memainkan beberapa jenis game 3D dengan mudah.

Namun demikian, untuk memperoleh beberapa kelebihan ini Anda harus memahami terlebih dahulu beberapa jenis notebook yang dijual dipasaran, karena setiap jenis punya keunggulan berbeda.

Banyaknya notebook dengan spesifikasi berbeda yang dijual dipasaran ini harus membuat Anda lebih teliti dalam memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan.

Tentunya Anda juga harus memastikan bahwa merek yang dipilih pun berkualitas.

notebook kecil

Kekurangan Notebook

Notebook pastinya memiliki kelemahan sebagaimana produk elektronik yang lain.

Secara umum kekurangan notebook terletak pada daya tahan baterainya karena tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan notebook yang didesain portable mengharuskannya menyimpan banyak daya.

Ketika notebook tidak bisa menyimpan cukup banyak daya, produk tersebut tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Hal tersebut membuat notebook tidak akan bisa dimanfaatkan tanpa tersambung langsung ke medan listrik.

Ini sebenarnya juga berlaku untuk laptop. Hanya saja, biasanya beberapa laptop memiliki kapasitas penyimpanan daya yang lebih besar.

Pemakaian notebook ini juga bisa dikatakan menyerupai smartphone karena bisa menyimpan daya dengan baik asalkan Anda menerapkan sistem pemakaian yang tepat dan benar.

Dalam menjalankan pemakaian saat di luar rumah, tentu Anda tidak menginginkan memakai dengan membawa charger kemana-mana bukan?

Untuk itu, supaya notebook tetap prima dalam menjalankan fungsinya, sebelum menggunakannya, Anda harus memaksimalkan pengisian dayanya terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan juga untuk menjaga keawetan baterai ini dengan baik.

Cara yang paling tepat bisa Anda gunakan untuk merawat baterai ini bisa dilakukan dengan menghindari pemakaian notebook ketika sedang diisi daya.

Hal ini banyak diabaikan, padahal sangatlah penting. Ini bisa mengurangi kinerja baterai dan tentu pada akhirnya akan cenderung mengurangi performa ketahanan daya notebook.

Baca Juga  13 Sejarah Televisi, Penemu dan Perkembangan Di Indonesia

Jenis-jenis Notebook

Secara umum, ada beberapa jenis notebook yang sering dijumpai di pasaran.

Tentunya, Anda juga harus mengetahui dengan baik informasi terkait hal tersebut. Apalagi jika ingin mulai menggunakannya. Beberapa jenis tersebut adalah sebagai berikut.

  • Multimedia

Jenis notebook yang pertama ini saat ini tentu cukup banyak digunakan, dengan semakin maraknya berbagai produk digital, baik untuk hiburan maupun kebutuhan tertentu.

Notebook multimedia ini adalah produk yang banyak digunakan oleh kalangan pendesain grafis, editor video, hingga musisi.

Sesuai namanya, notebook ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang berkaitan dengan aktivitas di bidang multimedia.

Di samping itu, notebook ini juga unggul di beberapa aspeknya. Diantaranya seperti pada aspek RAM, prosesor, dan VGA nya.

  • Perkantoran

Ini adalah jenis notebook yang banyak digunakan oleh para pegawai kantor.

Karena digunakan oleh pegawai kantor, tentu saja keunggulannya juga terdapat pada aspek-aspek yang memang akan mendukung kebutuhan dalam pekerjaan.

Beberapa aspek penting terkait pemilihan notebook untuk perkantoran ini adalah kecepatan dalam memproses data dan respon terhadap koneksi internet.

Selain itu, ada satu hal lagi yang juga sangat penting, yakni performanya saat dioperasikan ketika presentasi.

Ini sangatlah penting karena hal fungsi tersebut akan sering dijalankan.

Tentu saja, selain cocok untuk pegawai kantor, kriteria notebook jenis ini juga sangat cocok untuk mahasiswa.

  • Notebook Untuk Sehari-hari dan Untuk Traveling

Terakhir, ada juga notebook yang banyak digunakan untuk kebutuhan harian maupun oleh para traveler.

Kriteria notebook jenis ini umumnya terletak pada desainnya yang menarik, dan bisa mendukung style penggunanya.

Selain itu, khusus untuk para traveler, mereka tentu akan menyukai jenis yang tipis, kecil, dan ringan sehingga mudah dibawa.

Selain traveler, yang biasa menggunakan jenis notebook ini adalah para gamers maupun pecinta film.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *