Apa Itu Mifi, Fungsi dan Cara Kerja Mifi

Saat ini internet sudah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Apalagi saat terjadi pandemi seperti sekarang ini dimana semuanya harus dilakukan serba jarak jauh dan serba digital. Misalnya saja seperti sekolah online, belajar online, hingga bekerja juga harus dilakukan secara online.

Tentu saja hal tersebut menuntut setiap orang harus memiliki koneksi internet yang stabil dan juga tak terbatas.

Salah satu yang paling sering diandalkan oleh orang-orang untuk bisa mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil adalah dengan menggunakan jaringan internet tanpa kabel atau nirkabel.

Salah satu contoh dari jaringan internet tanpa kabel adalah Wi-Fi. Tentu saja anda sudah tidak asing lagi dengan apa itu Wi-FI. Bahkan keberadaan Wi-Fi ini sudah menjamur dan marak bisa kita temukan dengan mudah di sekitar kita.

mifi adalah

Lalu bagaimana dengan Mi-FI? Apa itu Mifi?

Bagi kaum awam yang belum mengenal MiFi pasti sangat bingung sebab MiFi merupakan produk yang cukup baru keluar belum lama ini.  Namun bagi beberapa orang yang memiliki jiwa teknologi yang tinggi pasti sangat mengetahui apa MiFi ini, bahkan ada beberapa orang yang tidak bisa lepas dari MiFi.

Bagi orang sudah mengenal MiFi pastinya akan sangat amat tertarik untuk menggunakan bahkan lebih memilih MiFi ini ketimbang memasang WiFi atau membeli kuota.

Dalam artikel ini akan membahas tentang apa itu MiFi, fungsi, cara penggunaan, dan informasi-informasi lainnya seputar perangkat ini. Semuanya akan dijelaskan secara detail dan tentunya mudah untuk dimengerti.

pengertian mifi

Apa Itu Mifi?

Mifi adalah kependekan dari My Wifi. Nama dari Mifi ini sebenarnya berasal dari suatu brand atau merek yang didaftarkan dan diklaim oleh Novatel Wireles. Novatel Wireless sendiri adalah suatu perusahaan jaringan telekomunikasi atau operator seluler yang sudah terkenal di beberapa negara.

Baca Juga  Mau Beli Skuter Listrik? Why Not, Ini Kelebihannya

MiFi adalah sebuah modem mobile yang berfungsi sebagai sumber hotspot yang bersifat portable dan juga menggunakan koneksi data seluler. Selain itu orang-orang biasa menyebut perangkat ini WiFi kecil yang dapat dibawa kemana mana.

Cara kerja MiFi sama seperti modem anda hanya perlu memasukan SIM card ke dalamnya sebelum digunakan kemudian aktifkan MiFi nya.

MiFi ini kini sudah mulai banyak digunakan beberapa orang yang sering berpergian atau yang bekerja di ruangan terbuka. Harga MiFi yang relatif murah dan memiliki kualitas yang baik tentu membuat semua orang ingin memakai MiFi ini tanpa perlu berpikir panjang lagi.

Dalam dunia teknologi, Anda mungkin tidak asing lagi dengan hotspot atau tethering yang berada di smartphone anda. Konsep hotspot ini hampir sama dengan MiFi itu sendiri.

Nah untuk lebih jelas lagi, silahkan baca artikel ini sampai akhir agar semakin paham seputar MiFi.

pengertian mifi adalah

Mifi Sekarang Sudah Tidak Asing Lagi Seperti Dulu

Jaman sekarang beberapa orang setiap pergi keluar sering menggunakan MiFi untuk menciptakan hotspot bagi ponsel yang digunakan.

MiFi sangatlah menarik digunakan karena barangnya kecil dan dapat dibawa kemana-mana. Penggunaannya lebih hemat sebab jika Anda memiliki dua ponsel, maka Anda harus membeli kuota dua kali lebih banyak.

Jika menggunakan MiFi, Anda akan terasa hemat sebab MiFi dapat digunakan oleh beberapa orang.

MiFi sekarang banyak dijual di pasaran bahkan juga di online shop karena peminatnya yang banyak. Maka dari itu MiFi sudah tak asing seperti dulu lagi.

arti mifi

Kelebihan Menggunakan Mifi

Setelah kita semua mengetahui tentang apa itu Mifi, selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja sih kelebihan menggunakan Mifi ini.

Baca Juga  Apa Itu Gadget? Dan Apa Sajakah Fungsi Bagi Kehidupan?

Tentu saja sebagai teknologi yang bisa dibilang baru membuat Mifi memiliki keunggulan-keunggulan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan teknologi pendahulunya yaitu Wifi. Berikut Kelebihan MiFi yang dapat anda rasakan saat menggunakannya

1.     Internet Yang Lebih Cepat

Kelebihan pertama jika kita menggunakan Mifi adalah kecepatan internet yang jauh lebih cepat. Konsep dari sebuah modem untuk dihubungkan hingga puluhan perangkat sekaligus, maka tak heran MiFi ini memiliki internet yang lebih cepat

kelebihan mifi

2.     Sangat Fleksibel Untuk Membuat Jaringan Hotspot

Selanjutnya Mifi dinilai lebih fleksibel untuk membuat sebuah jaringan internet tanpa kabel. Kemudahan menggunakan MiFi hanya perlu memasukkan SIM card lalu MiFi dapat digunakan. Kita bisa membawa Mifi ini di manapun kita berada, serta bisa menghasilkan jaringan hotspot kapan dan di mana saja.

3.     Biaya Yang Hemat

Jika kita ingin membangun atau memiliki sebuah modem, tentu saja kita harus mengeluarkan biaya yang sangat banyak. Berbeda jika kita menggunakan Mifi untuk keperluan akses internet kita. Tentu saja biaya dari Mifi ini jauh lebih hemat dibandingkan harus memasang jaringan Wifi sendiri di rumah.

Tidak hanya itu saja, kita juga bisa mendapatkan berbagai macam layanan dan juga harga paket internet yang lebih murah dibandingkan dengan kita berlangganan layanan internet dari provider layanan Wifi di luar sana.

4.     Kecepatan Yang Stabil

Sering mengeluh karena koneksi internet yang tidak stabil ketika menggunakan Wifi Publik? Hilangkan masalah Anda dengan beralih menggunakan Mifi. Bahkan jumlah ping dalam mifi lebih stabil, rata-rata dibawah 50 ms.

manfaat mifi

Cara Menggunakan Mifi

Cara menggunakan MiFi tidaklah susah, Anda cukup memasukkan SIM card ke dalamnya sebelum digunakan lalu menyalakannya. Yang dibutuhkan saat menggunakan MiFi tentunya perangkat MiFi serta kartu SIM yang sudah diisi kuota yang aktif.

  1. Pertama yang perlu anda lakukan yaitu dengan membuka casing yang ada di belakang modem.
  2. Lepas baterenya.
  3. Masukkan SIM card pada slot yang tersedia.
  4. Lalu pasang kembali casing belakang yang telah dilepaskan.
  5. Nyalakan perangkat MiFi.
Baca Juga  Mau Beli Skuter Listrik? Why Not, Ini Kelebihannya

MiFi pun siap digunakan dan disambungkan pada berbagai gadget Anda.

Untuk menggunakan MiFi diperlukan password agar bisa connect dengan MiFi. Jika Anda belum mengetahui caranya, bacalah buku panduan yang tersedia. Setelah itu anda bisa mengganti password bawaan yang ada di MiFi tersebut.

fungsi mifi

Cara Melakukan Pengisian Ulang Mifi

Sebenarnya cara mengisi MiFi hampir sama dengan Anda mengisi kuota yang berada di smartphone Anda. Karena pada dasarnya MiFi juga menggunakan kuota yang sama, sesuai SIM card pilihan anda.

Fitur Yang Ada Pada MiFi.

MiFi memiliki fungsi dasar sebagai pemancar hotspot portabel. Di dalam MiFi terdapat fitur untuk mengatur hotspot, mengatur jaringan, mereset WiFi, mengirim SMS, memblokir perangkat, kekuatan sinyal dan masih banyak lagi.

Perbedaan MiFi dan WiFi

WiFi menyediakan koneksi via instalasi jaringan sehingga menggunakan kabel yang kemudian disambungkan dengan router. WiFi tidak dapat dibawa kemana-mana dan hanya bisa diletakkan di satu tempat saja.

Sedangkan MiFi merupakan modem WiFi yang sumber koneksi internetnya berasal dari kartu SIM sama seperti smartphone Anda. MiFi memiliki model yang ringkas dan bisa dibawa kemana-mana karena tidak memerlukan jaringan kabel.

mifi

Harga Mifi Saat Ini

Harga MiFi ini relatif murah, sekitar 200 ribu hingga 1 jutaan tergantung fitur yang berada di dalamnya. Semua memiliki kelebihannya masing masing. Sebelum Anda membelinya, pastikan kebutuhan Anda sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Demikian artikel seputar MiFi, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda membelinya.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *