Jenis Kabel Data: Perkembangan, Varian dan Tips Membelinya

Jenis Kabel Data – Universal Serial Bus atau USB merupakan perangkat keras yang mendukung alat elektronik seperti smartphone. Istilah yang dikenal adalah kabel USB atau kabel data. Ada berbagai macam fungsi yang diberikan oleh hardware ini.

Pertama untuk transfer data seperti foto, video, sms, dan file lainnya. Kedua untuk mencetak foto dari ponsel langsung ke printer. Ketiga bisa digunakan untuk mengisi baterai smartphone. Keempat adalah membuat SMS gateway.

Ada begitu banyak jenis kabel data tergantung dengan tipe dan juga bentuk portnya. Dilihat dari perkembangannya dan juga masa sekarang, seperti apakah kabel data yang banyak digunakan?

Jenis Jenis Kabel Data

Mengenal Perkembangan Jenis Jenis Kabel Data

Jika kita melihat saat ini ada banyak sekali tipe kabel data yang tersedia dengan varian kecepatan berbeda-beda. Teknologi yang dimulai dari tahun 1994 ini berasal dari beberapa kelompok perusahaan teknologi. Diantaranya Compaq, IBM, Microsoft, dll.

Semua perusahaan itu berbarengan mengembangkan teknologi yang akan menjadi standar untuk menghubungkan antar perangkat. Fokusnya ada di bentuk, kesederhanaan biaya serta kegunaan. Usaha pun berhasil hingga lahirlah USB 1.0 pada tahun 1996.

Jenis kabel data yang pertama kali lahir ini memiliki bandwidth 1.5 Mbps dan 12 Mbps. Perkembangan pun terus berlanjut hingga tahun 2000 yang menghasilkan kecepatan transfer 480 Mbps yaitu USB 2.0.

Dari tahun 2000 ini banyak sekali kabel data yang terus bermunculan. Seperti USB 3.0 rilis di tahun 2008 dengan kecepatan transfer 5Gbps. Saat ini yang masih banyak digunakan adalah USB 3.0 yang muncul tahun 2012 dan Super Speed.

Masa depan kabel data USB pun terus menjanjikan karena hingga kini masih belum ada perangkat lain yang bisa digunakan untuk transfer data secara cepat. Saat ini USB 4.0 masih dikembangkan sejak tahun 2019 sehingga produknya masih belum dijual.

Dengan adanya kecepatan yang lebih lagi, maka perangkat ini sudah pasti akan menembus pasar selanjutnya. Kabel data sendiri dibagi menjadi dua yaitu sesuai dengan tipe dan juga jenisnya.

Jenis Jenis Kabel Data sesuai Tipe dari Masa ke Masa

Apabila dibedakan sesuai dengan tipe kabel data maka ada empat versi dari masa ke masa yang masih digunakan. Kabel data terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan transfer data yang semakin cepat. Berdasarkan tipenya, berikut ini macam-macam jenis kabel USB.

1. USB 1.0

Merupakan tipe kabel data yang pertama kali diciptakan, sesuai dengan sejarahnya kabel data ini rilis di tahun 1998. Karena versi yang pertama, maka kecepatan transfer tidak secepat dengan kabel data saat ini dan sudah tidak digunakan lagi.

Pada zamannya kabel data ini sangat cepat untuk digunakan dengan kecepatan sampai 12 Mbps. Logonya berwarna biru dan simbol trisula setelahnya.

2. USB 2.0

Jenis kabel data yang rilis di tahun 2000 dengan logo merah dan biru bertuliskan Hi-Speed USB. Kecepatan data transfer yang dimiliki adalah 480 Mbps dan supply tegangan maksimum adalah 2,5V.

Untuk membedakan dengan versi sebelumnya adalah adanya tambahan simbol tanda plus dari ikon trisula di bagian atas. Kamu bisa melihatnya pada hardware langsung agar mudah membedakan.

3. USB 3.0

Jenis yang ketiga ini rilis di tahun 2008 dan merupakan puncaknya karena kecepatannya sampai 5Gbps dan mode Superspeed. Konektornya memiliki warna biru dengan tambahan simbol SS sebelum trisula.

Soket pada komputer pun berbeda karena juga memiliki warna biru, berbeda dengan USB 2.0 dan 1.0, Untuk menggunakan kabel data ini membutuhkan supply tegangan 5V dan 1,8A.

4. USB 3.1

Sampai saat ini USB 3.1 adalah yang sering digunakan sebelum lahir USB 4.0 di pasaran. Rilis tahun 2013 kecepatannya adalah 10 Gbps yang memiliki kecepatan sama dengan Thunderbolt yang merupakan standar Apple.

Tipe ini memiliki tiga jenis tegangan profil yaitu 2A dengan konsumsi 5V, tipe 5A untuk tegangan 12V dan terakhir 5A untuk tegangan 20V.

Inilah keempat jenis kabel data sesuai dengan tipenya yang yang berkembang. Tipe USB 2.0 hingga 3.1 adalah yang paling banyak digunakan saat ini. Untuk masing-masing tipe tersebut memiliki konektor yang berbeda-beda.

Varian Konektor Kabel Data yang Tersedia dan Banyak Digunakan

Saat kamu dilihat pada bagian ujung kabel atau yang disebut dengan konektor ini bentuknya tidak semua sama. Coba ingat-ingat, ketika hp Blackberry dulu sangat terkenal varian konektornya sangat berbeda dengan kabel data smartphone saat ini.

Bahkan untuk tipe kabel charger smartphone pun saat ini berbeda-beda. Baik itu charger yang memiliki kemampuan fast charging atau tidak memiliki bentuk berbeda-beda. Sebagai gambaran berikut ini jenis jenis kabel data dilihat dari bentuk konektornya.

1. Konektor USB tipe A

Jenis yang pertama ini bisa dilihat dari USB yang biasa digunakan. Tipe ini adalah yang standar dan bentuknya persegi panjang rata. Tipe ini adalah yang paling umum dan dicolokkan ke PC atau laptop.

Baik itu untuk versi USB 2.0 atau 3.0 bentuknya sama. Yang membedakan adalah warna dan juga logonya.

2. Konektor USB Tipe B

Jenis lainnya yang juga merupakan konektor standar adalah tipe B namun tipe ini jarang terdengar. Bentuknya persegi dan biasanya merupakan kabel data untuk menghubungkan komputer dengan printer.

Popularitas dari konektor tipe ini cukup menurun karena dianggap kurang efisien. Hal ini bisa dilihat dari bentuknya dan membutuhkan konektor khusus ketika dicolokkan ke komputer.

3. Konektor Tipe C

Sama dengan Tipe A, konektor tipe C adalah yang paling banyak digunakan. Bentuknya oval dan biasanya digunakan pada smartphone. Karena bentuknya inilah yang membuat USB tipe ini bisa dicolokkan dalam posisi apapun.

Keunggulan dari konektor ini adalah mampu mengalirkan daya dan data dengan lebih cepat daripada tipe lainnya. Biasanya laptop premium mengandalkan kabel data jenis ini untuk pemindahan data dan pengisian daya.

4. Micro USB

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan konektor USB tipe ini karena mungkin saat ini ponsel kamu menggunakannya. Hampir semua jenis smartphone memanfaatkan tipe ini bentuknya pipih dan lebar dan pada bagian atasnya terdapat lengkuk.

Tidak seperti tipe C, kamu harus mencocokan bentuk sebelum mencolokkan konektor ke smartphone. Selain kabel untuk charger, jenis kabel data ini juga digunakan untuk power bank.

jenis jenis kabel data

5. Mini USB

Jenis yang selanjutnya ini banyak digunakan untuk ponsel zaman dulu seperti Blackberry. Bentuknya lebih tebal daripada Micro USB namun lebih kecil dibandingkan konektor Tipe A and B.

Beberapa hardisk eksternal dan MP3 player kebanyakan menggunakan konektor ini karena lebih kuat untuk mentransfer data.

6. Lightning

Konektor ini keluaran Apple yang diciptakan untuk semua produk buatannya seperti iPad atau iPhone. bentuknya memang unik dan sangat berbeda dibandingkan konektor lainnya karena pipih.

Sayangnya ini hanya bisa digunakan untuk produk apple saja. Jadi jika ketinggalan kamu mungkin akan bermasalah dengan kehabisan daya.

7. USB Micro B Superspeed

Seperti dengan namanya, konektor ini digunakan untuk USB 3.1 ke atas yang memiliki kecepatan sampai 5Gbps. Bentuknya sendiri cukup unik karena pipih dan terlihat seperti terbelah dua.

Penggunaannya pun masih cukup jarang ditemukan sebagian besar untuk harddisk eksternal ke komputer. Di masa depan mungkin akan lebih banyak USB konektor jenis ini yang digunakan.

Tips Membeli Kabel Data yang Tepat untuk Smartphone

Apakah kabel data smartphone kamu sudah rusak? Jika digunakan bertahun-tahun maka wajar saja jika kabel mudah rusak. Entah itu bagian luarnya yang mengelupas atau banyak kabel di dalam yang putus.

Ikuti tips berikut ini untuk menemukan kabel data yang tepat.

Sesuaikan dengan port USB

Jangan lupa yang terpenting adalah kenali port USB sesuai dengan konektornya. Apakah Tipe micro USB atau mini USB.

Sesuaikan panjang kabel

Kamu bisa memilih panjang dan pendek kabel sesuai dengan kebutuhan. Tapi jangan sampai berlebihan karena cukup sulit juga menyimpannya.

Pilih coating kabel yang bagus

Lapisan pelindung kabel harus dipertimbangkan. Bahan coating ini haruslah kuat dan tidak membuat kabel mudah putus. Beberapa pilihan bahannya adalah kulit sintetis, PVC atau fiber kevlar.

Semua jenis jenis kabel data sudah Sahabat Tedas.id ketahui, saatnya untuk membeli yang sesuai.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.