Cara Cek Garansi iPhone dan Jenis-Jenis Garansinya

Cek Garansi iPhone – Iphone adalah salah satu perangkat smartphone yang paling populer dan paling banyak digunakan di kalangan orang-orang saat ini.

Namun sayangnya dalam membeli iPhone saat ini kita harus berhati-hati karena saat ini semakin marak dijual iPhone palsu atau iPhone KW dalam penjualan di sekitar konter yang kita temui di sekitar kita tersebut.

Oleh sebab itu tentu saja kita sebagai calon pembeli harus bisa lebih teliti dan harus berhati-hati ketika kita ingin membeli produk dari Apple ini. Oleh sebab itu saat kita harus tahu bagaimana cara membedakan mana iPhone original dan mana iPhone yang KW agar kita tidak tertipu oleh beberapa oknum penjual iPhone yang nakal.

Sebenarnya saat ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bisa memastikan apakah iPhone yang kita beli ini termasuk dalam kategori iPhone yang original atau iPhone yang palsu. Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan melakukan pengecekan terhadap IMEI iPhone yang kita miliki.

Namun sayangnya terkadang hanya melakukan pengecekan terhadap IMEI iPhone saja dirasa tidak cukup untuk mengetahui apakah iPhone yang akan kita beli tersebut asli atau palsu.

Metode lain yang cukup efektif untuk menambah keyakinan anda dalam memastikan apakah iPhone yang anda miliki ini original adalah dengan cara melakukan pengecekan terhadap garansi iPhone. Lalu bagaimana sih cara cek garansi iPhone?

Cara Cek Garansi iPhone Dengan Mudah

cara cek garansi iphone
Image: apple.com

Nah tiba saatnya pada topik pembahasan utama kita mengenai bagaimana cara cek garansi iPhone. Mengecek garansi iPhone ini bisa kita lakukan jika kita masih ragu ketika kita sudah melakukan pengecekan terhadap IMEI iPhone yang kita miliki.

Dengan begitu tentu saja kita juga bisa memastikan apakah iPhone yang kita miliki termasuk iPhone asli atau palsu. Berikut adalah bagaimana cara cek garansi iPhone yang kita miliki.

* Pertama Anda buka dulu kunci iPhone yang akan Anda cek keasliannya.

* Selanjutnya Anda buka pengaturan dari iPhone.

* Kemudian Anda pilih general, selanjutnya Anda scroll ke bawah hingga bertemu menu About.

* Nah layar iPhone akan langsung menampilkan nomor unik atau serial number dari iPhone yang sedang kalian pegang.

* Berikutnya Anda catat terlebih dahulu atau copy serial number dari iPhone tersebut.

Baca Juga  Mau Beli Skuter Listrik? Why Not, Ini Kelebihannya

* Selanjutnya Anda kunjungi situs Apple, dan masukkan saja nomor unik atau serial number dari iPhone Anda tersebut.

* Setelah itu anda masukkan saja negara Indonesia, kemudian Anda pilih pada bagian “See Your Service And Support Coverage” yang terdapat pada menu Service and Repair.

* Selanjutnya layar iPhone akan kembali menampilkan detail status garansi dari iPhone yang sedang Anda pegang tersebut.

Terakhir iPhone akan langsung menampilkan detail garansi yang ada pada iPhone anda. Tentu saja jika anda baru saja membeli iPhone garansi yang anda dapatkan masih panjang.

Namun jika ternyata garansi iPhone yang anda dapatkan sudah habis atau tidak berlaku, tentu saja anda harus curiga karena kemungkinan besar iPhone yang anda beli adalah iPhone hasil rekondisi.

Jenis-Jenis Garansi iPhone

jenis jenis garansi iphone
Image: apple.com

Namun sebelum saya memberikan informasi tentang bagaimana sih cara paling efektif untuk cek garansi iPhone, alangkah lebih baik jika anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis-jenis garansi iPhone yang ada.

1. Garansi Resmi

Jenis garansi iPhone yang pertama yang ada saat ini adalah garansi resmi. Dimana garansi resmi ini adalah garansi yang secara resmi diberikan oleh Apple terhadap perusahaan atau distributor Apple di suatu negara yang mendapatkan izin berjualan produk mereka.

Distributor resmi Apple di Indonesia tentu saja akan memberikan garansi dalam jangka yang panjang terhadap pengguna perangkat Apple yang asli di Indonesia.

Sementara itu, jika kita ingin mendapatkan iPhone yang mendapatkan garansi resmi tentu saja kita harus melakukan pembelian perangkat Apple pada gerai resmi dari Apple atau kita juga bisa membeli iPhone ini melalui Authorized Reseller Apple resmi yang ada di Indonesia.

2. Garansi Distributor

Selain ada garansi resmi, ada juga jenis garansi iPhone distributor. Dimana garansi distributor ini diberikan langsung oleh distributor yang menjual produk dari Apple yang tidak resmi dan masuk ke Indonesia.

Garansi distributor ini tentu saja tidak ditanggung oleh distributor yang sudah berjasa untuk memasukan perangkat Apple ke Indonesia. Artinya pembeli hanya dapat mengklaim garansi ke pihak distributor dan bukan ke tempat service center dari Apple.

Biasanya iPhone yang dijual oleh distributor akan dijual lebih murah jika dibandingkan dengan harga jual iPhone yang resmi.

Untuk itu Anda harus berhati-hati jika membeli iPhone dengan garansi distributor karena kebanyakan dari iPhone yang dijual ini merupakan iPhone hasil refurbish atau hasil rekondisi yang dijual ulang dengan menggunakan garansi distributor.

Tentu saja anda tidak ingin dirugikan dengan mendapatkan perangkat iPhone yang berkualitas rendah karena hasil rekondisi tersebut?

Baca Juga  Apa Itu Gadget? Dan Apa Sajakah Fungsi Bagi Kehidupan?

3. Garansi Penjual Atau Toko

Jenis garansi iPhone berikutnya yang ada di Indonesia adalah garansi penjual atau garansi toko. Jenis dari garansi ini biasanya hanya berlaku untuk perangkat Apple yang palsu. Biasanya jika anda membeli iPhone hasil Black Market atau hasil rekondisi anda akan mendapatkan jenis garansi toko atau garansi penjual ini.

Pada dasarnya, garansi penjual atau garansi toko ini hanya akan diberikan dengan tenggang waktu maksimal 1 bulan sejak tanggal pembelian. Sebenarnya garansi ini tidak ada dasar apapun selain saling percaya baik dari sisi penjual maupun sisi pembeli.

4. Garansi Internasional

Jenis garansi iPhone yang terakhir adalah iPhone garansi Internasional. Jenis garansi ini merupakan jenis garansi yang paling fleksibel. Hal ini karena saat Anda mempunyai iPhone yang bergaransi internasional, Anda dapat dengan mudah mengklaim garansi di seluruh outlet Apple yang ada di seluruh dunia.

Jika Anda ingin mendapatkan iPhone dengan garansi jenis ini, maka Anda harus membeli iPhone dari luar negeri untuk mendapatkannya. biasanya ketika anda mengikuti program Pre Order di negara lain, misalnya di Austria atau di Singapura, anda akan mendapatakan garansi Internasional ini.

Jenis Garansi iPhone Yang Bisa Diklaim di Indonesia

 jenis garansi iphone

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa tidak semua produk iPhone yang dijual dan yang beredar di pasaran tersebut merupakan barang asli. Oleh sebab itu tentu saja Anda harus mengetahui beberapa istilah garansi yang berlaku di Indonesia.

Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis garansi iPhone yang dapat anda klaim jika membeli iPhone di Indonesia.

1. iPhone Garansi Resmi

Sebenarnya kita kurang tepat jika menyebutkan iPhone yang kita dapatkan dari Indonesia ini merupakan iPhone dengan garansi resmi. Hal ini karena Apple sendiri tidak memiliki pabrik atau tempat produksi produk mereka di Indonesia.

Sebenarnya iPhone garansi resmi ini sering disalah artikan, karena yang tepat adalah iPhone yang dijual di Indonesia ini adalah iPhone dengan garansi distributor sebab di Indonesia tidak ada pabrik iPhone melainkan hanya ada distributor resmi Apple di Indonesia.

Baca Juga  Layanan Google Play Terhenti? Tak Perlu Bingung, Ikuti Langkah Ini

2. iPhone Garansi Internasional

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa iPhone dengan garansi internasional ini merupakan jenis garansi iPhone yang paling fleksibel dimana saja anda memiliki masalah terhadap iPhone, anda bisa mengklaim garansi dimana saja. .

Misalnya Anda membeli iPhone di negara Singapura, atau di Australia. iPhone dengan garansi internasional ini pada umumnya termasuk dalam kategori iPhone unlock.

Tips Saat Ingin Membeli iPhone

Tips Saat Ingin Membeli iPhone

Sebagai bonus tambahan, selain dengan mengecek IMEI serta garansi ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda gunakan dan bisa berguna untuk Anda yang ingin membeli iPhone.

Agar kita bisa terhindar terhadap tindak penipuan terhadap oknum penjual iPhone yang nakal. Berikut dibawah ini adalah beberapa tips ketika anda ingin membeli iPhone baru agar tidak tertipu.

* Usahakan agar Anda membeli di toko offline atau di tempat distributor resmi Apple di sekitar tempat tinggal kita. Tidak apa kita pergi ke luar kota untuk membeli iPhone karena yang terpenting iPhone yang kita beli asli.

* Hindari membuka kardus iPhone di rumah, Untuk alasan keamanan anda buka saja kardus iPhone tersebut di toko tempat anda beli dengan disaksikan oleh penjual.

* Cocokan terlebih dahulu IMEI yang ada pada iPhone, apakah nomor IMEI tersebut sama dengan IMEI yang ada di kardus iPhone. Jangan lupa juga cocokan dengan IMEI yang ada pada sistem.

* Periksa terlebih dahulu garansi seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di atas.

* Cek dulu kartu garansi yang terlampir dan cocokan dengan hasil pengecekan garansi yang Anda lakukan tersebut.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.