Teknologi

Hati-hati! Segini Denda Shopee Paylater Jika Lewat Jatuh Tempo

Pengguna shopee paylater harus tahu bahwa ada 3 biaya yang perlu Anda tanggung. Pertama yaitu biaya penanganan, bunga, dan denda. Meskipun bunga yang ditawarkan cenderung rendah, tetapi jangan lupa ada denda. Berapa denda shopee payleter dan bagaimana cara bayarnya? Ini ulasannya.

Besarnya Denda Shopee Paylater

Trend pembayaran dengan paylater memang banyak diminati belakangan ini. Salah satu produk pinjaman dari shopee paylater ini contohnya. Shopee paylater salah satu layanan pinjaman yang ditawarkan oleh PT Commerce Finance dan tentunya sudah terdaftar di OJK.

Sistem pembayaran shopee paylater memang memudahkan dan tidak terlalu membawa dampak jika Anda tidak telat membayar. Namun, jika Anda sampai telat membayar maka ada biaya denda yang harus ditanggung. 

Meskipun perhitungannya tidak secara harian, tetapi nominalnya cukup besar apabila diakumulasikan. Biaya denda yang harus Anda tanggung jika telat membayar per bulannya adalah senilai 5% dari tagihan yang tercetak. Jadi, secara sederhananya jika total tagihan Anda sebesar Rp. 100.000.

Dalam kasus tersebut maka total tagihan yang harus Anda bayar menjadi Rp.100.000 + (5% x Rp.100.000) = Rp. 105.000. Perlu Anda ingat bahwa contoh kasus tersebut nominal pembayarannya bisa saja berbeda. 

Sebab dalam hal tersebut dipengaruhi oleh besarnya bunga yang belum terhitung. Lebih jelas mengenai total tagihan yang perlu Anda bayar, buka pada bagian menu “tagihan saya”.

Dampak Telat Membayar Tagihan Shopee Paylater

Dampak Telat Membayar Tagihan Shopee Paylater
Image: shopee.co.id/web

Bagi Anda pengguna shopee payleter jangan sampai telat membayar jika ingin terbebas dari denda. Umumnya tanggal cetak waktu pembayaran shopee payleter terbit di tanggal 1, 10, 15 bahkan 25 setiap bulannya.

Waktu yang perlu Anda perhatikan agar tidak terkena denda keterlambatan adalah tidak melebihi jatuh tempo. Biasanya Anda diberikan waktu selama 10 hari setelah tagihan terbit. Contohnya, jika tagihan Anda terbit tanggal 1, maka jatuh temponya adalah tanggal 11.

Selain terkena denda, telat membayar tagihan shopee paylater juga berdampak pada peringkat kredit, pembatasan penggunaan voucher dan didatangi pihak penagih secara langsung. Apabila peringkat kredit Anda turun, maka akan mengalami kesulitan ketika mengajukan pembiayaan kredit.

Tentu resiko yang bisa Anda hadapi ini memiliki efek yang kurang baik kedepannya. Jadi, pastikan untuk bijak dalam membeli produk. Perlu Anda ingat besarnya denda akan terus meningkat jika tidak segera dilunasi.

Cara Membayar Shopee Payleter

Tentunya dampak dari telat bayar ini cukup mengganggu bukan. Namun tenang saja pembatasan voucher ini bisa teratasi apabila Anda sudah menyelesaikan pembayaran. Jika Anda bingung bagaimana cara membayar tagihan shopee payleter, simak penjelasan ini.

Buka Aplikasi Shopee dan Cek Tagihan

Apk shopee terbaru
Image: play.google.com

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membayar tagihan shopee payleter adalah membuka aplikasi. Setelah membuka aplikasi shopee, cek dibagian tagihan yang berada pada bagian menu “saya”. Berikutnya, Anda tinggal mencari bagian “dompet saya” dan cek dibagian “periksa detail tagihan”.

Pilih Metode Pembayaran

Pada tampilan detail tagihan akan muncul nominal yang perlu Anda bayar. Berikutnya Anda tinggal lakukan pembayaran dengan memilih menu “bayar sekarang”. Selanjutnya pilih metode pembayaran yang ada.

Terdapat beberapa pilihan pembayaran yang tersedia, mulai dari via alfamart, indomart, ATM, M-Banking dan dompet digital. Bagaimana mudah bukan caranya?

Tips Menggunakan Shopee Payleter Terbebas dari Denda

Hadirnya shopee payleter ini akan membantu jika kondisi keuangan Anda sedang tidak baik. Namun, juga bisa menjadi masalah apabila Anda tidak bijak dalam menggunakannya. Berikut beberapa tips menggunakan shopee payleter dengan bijak.

Membuat List Kebutuhan Belanja

Tidak dipungkiri bahwa hadirnya fitur bayar nanti terkadang membuat beberapa orang menjadi lebih boros. Hal tersebut dikarenakan, tidak perlu membayar tagihan secara langsung, tetapi barang yang dibutuhkan dapat terbeli.

Apabila hal tersebut Anda biarkan secara terus menerus, dampaknya bisa membuat pengeluaran lebih banyak. Jadi, meskipun Anda menggunakan sistem pembayaran paylater pastikan untuk membeli barang hanya sesuai kebutuhan saja.

Cara yang bisa Anda lakukan agar tidak checkout sembarangan adalah dengan membuat daftar list kebutuhan belanja.

Mempelajari Syarat dan Ketentuan Shopee Paylater

Sebelum Anda menggunakan shopee paylater pastikan untuk membaca ketentuan dan prosedurnya dengan benar. Anda perlu mengetahui macam-macam biaya apa saja yang dibebankan, serta konsekuensi apa saja jika terlambat membayar tagihan.

Dengan mengetahui syarat, ketentuan dan prosedur dari shopee paylater, Anda menjadi lebih aware dan memperhitungkan segala konsekuensinya saat menggunakannya. 

Mengecek Biaya Keterlambatan

Berikutnya adalah Anda perlu mengecek biaya keterlambatan. Saat awal melakukan pendaftaran, sebagai pengguna Anda diberikan keleluasaan dalam memilih cicilan dan tanggal jatuh tempo. Harusnya dengan layanan tersebut, Anda sudah mempertimbangkan alokasi keuangan.

Namun, terkadang dengan banyaknya urusan orang kerap lupa dengan tagihan yang harus dibayarkan. Agar Anda tidak mengalami kejadian tersebut maka lebih baik untuk memasang pengingat kapan harus membayar. Anda bisa memanfaatkan ponsel pintar untuk membuat pengingat.

Membatasi Jumlah Pinjaman

Apabila Anda melakukan pembayaran dengan teratur, maka limit shopee paylater bisa bertambah. Memang menggiurkan, tetapi jangan sampai Anda terlena. Pastikan Anda mengambil pinjaman sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Dengan cara membatasi jumlah pinjaman, hal ini lebih memudahkan Anda dalam mengatur pengeluaran rutin, serta mencegah membeli produk tidak berdasar kebutuhan.

Kini sudah tahu bukan besarnya denda shopee paylater jika Anda membayar tagihan saat jatuh tempo habis. Agar Anda tidak terjebak denda shopee paylater, bisa mengikuti beberapa tips diatas atau mengaktifkan fitur notifikasi tagihan yang biasa dikirim 10 hari sebelum jatuh tempo. 

Oya, Anda juga dapat membaca artikel menarik lainnya seperti pengalaman telat bayar Shopee paylater & semoga saja artikel ini dapat bermanfaat yah.

Setiamah Setya

Setiamah Setya, merupakan lulusan jurusan teknik informatika dari Universitas IAIN Tulungagung di Jawa timur, mendalami dunia tulis sejak masih duduk di semester satu, pernah menulis selama 3 tahun di perusahaan internet service provider dan juga copywriting untuk berbagai project freelance untuk berbagai produk Kini setelah . Tertarik dengan penulisan konten SEO dengan gaya penulisan yang nyaman dibaca dengan spesialis topik tentang dunia teknologi seperti tutorial tips, komputer hingga berbagai macam pembahasan seputar tips android.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button