Tutorial Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp

Artikel terakhir diperbaharui 30-04-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp – Meskipun whatsapp merupakan aplikasi pengirim pesan pribadi, tetapi ada kalanya orang lain bisa membukanya.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana cara menyembunyikan chat whatsapp agar pesan yang dianggap sangat pribadi tidak bisa diketahui orang lain saat membuka hp Anda.

Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp

Whatsapp  merupakan aplikasi yang sudah sangat familiar, karena hampir semua pemilik smartphone menggunakannya. Lalu, bagaimana cara agar pesan tertentu yang dianggap privasi tidak bisa diketahui orang lain? Berikut ini tutorial yang bisa diikuti.

Dengan Cara Mengarsipkan Chat

Cara menyembunyikan chat whatsapp bisa dilakukan dengan cara mengarsipkan kontak dari pemilik whatsapp tersebut. Mengarsipkan disini dimaksudkan dengan menyimpan chat yang dimaksud pada bagian paling bawah dari deretan chat yang ada. 

Menyembunyikan chat whatsapp dengan cara mengarsipkan ini tidak akan membuat chat menjadi hilang. Karena chat whatsapp yang diarsipkan hanya disembunyikan  dari room chat saja, dan bisa dikembalikan kapan pun. Cara mengarsipkan pesan wa tersebut langkahnya sebagai berikut..

  • Buka Aplikasi Whatsapp

Untuk mengarsipkan pesan WA, yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi WA terlebih dahulu. Dengan masuk ke aplikasi ini, pengguna bisa memilih nomor WA siapa yang percakapannya akan diarsipkan atau disembunyikan dari room chat.

  • Pilih nomor atau nama kontak WA yang akan disembunyikan
    cara menyembunyikan pesan wa

Untuk memilih chat WA nya bisa dilakukan dengan cara menekan lama pada kontak tersebut. Pilih nomor atau nama WA yang ada pada room chat. Namun, mengarsipkan chat dengan cara ini tidak bisa dilakukan dengan mengarsipkan beberapa kontak sekaligus, tetapi harus dilakukan satu persatu.

  • Pilih archive
    cara mengarsipkan pesan wa

Setelah memilih kontak yang ingin diarsipkan, langkah selanjutnya adalah memilih “archive” yang memiliki ikon tanda panah ke bawah. Dengan memilih tanda ini, maka otomatis nomor kontak akan hilang dari chat room dan masuk ke folder arsip, pada deretan paling bawah layar utama WA.

Pada beberapa tipe smartphone tertentu, cara mengarsipkan chat whatsapp bisa sedikit berbeda. Untuk rincian langkahnya umumnya setelah memilih kontak yang akan diarsipkan, langkah selanjutnya adalah dengan menekan tanda titik tiga pada pojok kanan atas.

Dengan menekan tanda ini, akan muncul beberapa opsi atau pilihan, dan diantaranya adalah pilihan “arsipkan chat”. Pilih opsi ini, maka secara otomatis chat WA akan masuk dalam folder arsip dan tidak akan terlihat lagi pada chat room. 

 

Cara Mengarsipkan Semua Chat WA Sekaligus

Menyembunyikan chat whatsapp dengan cara mengarsipkan juga bisa dilakukan dengan cara mengarsipkan semua chat sekaligus. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengarsipkan chat satu persatu. 

Cara mengarsipkan chat whatsapp sekaligus, hampir sama dengan cara mengarsipkan chat satu persatu. Yang berbeda adalah fitur yang digunakan. Cara ini menggunakan menu setting yang ada pada aplikasi whatsapp. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka Aplikasi Whatsapp
    whatsapp on iphone

Seperti cara mengarsipkan chat yang sudah dibahas di atas, yang harus dilakukan pertama kali untuk mengarsipkan chat adalah dengan membuka aplikasi whatsapp pada smartphone. 

  • Pilih Menu setting atau Pengaturan

Langkah selanjutnya setelah membuka aplikasi whatsapp adalah memilih menu setting atau menu pengaturan. Menu setting ini bisa dibuka dengan menekan tanda titik tiga yang terdapat pada pojok kanan atas pada aplikasi whatsapp yang sudah dibuka.

Setelah tanda titik tiga ini dibuka, akan muncul beberapa pilihan seperti Grup Baru, Whatsapp Web, Pesan Berbintang, dan Setelan. Untuk mengarsipkan chat WA, pilih menu setelan yang ada pada menu pilihan tersebut.

  • Pilih Menu Chat pada Menu Setelan

Setelah membuka menu setelan, pilih sub menu chat yang tersedia pada menu setelan. Menu chat ini berisi semua chat yang ada pada aplikasi whatsapp. Dengan membuka submenu ini akan tampil beberapa sub menu pilihan lagi.

  • Pilih Riwayat Chat atau Chat History

Setelah membuka menu chat, akan ada pilihan “riwayat chat” atau “chat history”, dan pilih sub menu tersebut. Di sini juga akan tersedia beberapa menu pilihan. Diantaranya adalah Ekspor chat, Arsipkan semua Chat, Bersihkan semua chat, dan Hapus semua chat.

Pada menu ini, pilih arsipkan semua chat untuk bisa menyembunyikan semua chat yang ada pada whatsapp dengan cara mengarsipkannya. Dengan memilih menu ini, maka semua chat WA akan diarsipkan sekaligus, sehingga chat room menjadi kosong.

Cara menyembunyikan pesan WA Dengan Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara menyembunyikan pesan WA juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi tambahan. Menggunakan aplikasi ini dinilai merupakan cara yang lebih aman, karena chat yang disembunyikan benar-benar aman tersimpan tanpa bisa diketahui oleh siapapun.

Sudah dijelaskan sebelumnya, menyembunyikan chat WA bisa dilakukan dengan cara mengarsipkan.

Tetapi cara tersebut memiliki kelemahan, yaitu chat bisa dicari dengan mudah dengan mencari nomor kontak WA. Nah, untuk bisa menyembunyikan chat dengan menggunakan aplikasi, berikut tutorialnya.

  • Install Aplikasi

Untuk menyembunyikan chat WA dengan cara ini, dibutuhkan sebuah aplikasi tambahan. Aplikasi yang digunakan adalah WA Mod. Dengan kata lain, cara ini tidak bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi WA resmi, dan Anda harus beralih ke aplikasi WA Mod ini.

  • Buka Aplikasi

Setelah menginstal aplikasi, langkah pertama adalah membuka aplikasi WA Mod. Sama dengan menggunakan aplikasi WA yang biasa, untuk menyembunyikan pesan WA dengan menggunakan aplikasi WA Mod ini bisa dilakukan dengan membuka aplikasi WA tersebut.

  • Pilih Chat yang Akan Disembunyikan

Setelah aplikasi terbuka, tinggal memilih chat WA mana yang akan disembunyikan. Langkah ini bisa dilakukan dengan memilih chat yang terdapat pada chat room. Tekan lama pada chat atau kontak yang diinginkan, sampai muncul tanda centang biru pada chat tersebut.

  • Pilih Menu Hide atau Sembunyikan

Setelah muncul tanda centang biru pada chat atau kontak yang akan disembunyikan, langkah selanjutnya adalah menekan tanda titik tiga. Tanda titik tiga ini biasanya terdapat di pojok kanan atas pada aplikasi.

Ada beberapa menu pilihan ketika tanda titik tiga tersebut ditekan. Untuk menyembunyikan chat whatsapp, pilih menu “hide” atau “sembunyikan “ yang ada pada pilihan tersebut.  Dengan memilih menu tersebut, secara otomatis, chat yang dimaksud sudah tidak terlihat lagi pada chat room.

  • Gunakan Pattern atau Sandi

Pada aplikasi WA Mod, tersedia fitur pattern atau sandi yang bisa digunakan untuk lebih mengamankan chat whatsapp agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Pattern pada aplikasi WA Mod ini bisa dibuat seperti membuat pattern atau sandi saat membuka smartphone 

Pattern pada aplikasi WA Mod ini bisa dibuat dengan membuka menu setelan pada aplikasi WA, dan memilih menu akun. Selanjutnya, pilih menu keamanan. Di sini pattern atau sandi bisa dibuat sehingga tidak semua orang bisa membuka aplikasi WA tersebut.

Cara menyembunyikan chat whatsapp memang perlu untuk diketahui, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya untuk menjaga privasi yang memang seharusnya tidak perlu diketahui oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *