cara mengaktifkan voice typing di google docs
Teknologi

Mudah, Ini Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Artikel terakhir diperbaharui 03-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Lelah mengetik seharian? Hadirnya komputer meringankan beban kerja dengan mengetik. Tapi lama kelamaan mengetik banyak teks juga menimbulkan rasa lelah. Lalu apa solusinya? 

Google Docs voice typing yang jadi salah satu produk dari Google menjadi solusi paling mudah. Ketika kamu memiliki banyak script manual yang harus ditulis menjadi bentuk softcopy bisa diubah dengan mudah menggunakan fitur ini. 

Apa Itu Google Docs Voice Typing

Google Docs sendiri menjadi salah satu fitur yang diberikan Google dan bisa digunakan secara gratis. Bersamaan dengan Google sheet, Google Slide, Formulir dan masih banyak lainnya. Google Docs mirip dengan Ms Word bahkan file bisa di convert menjadi file Word. 

Uniknya lagi terdapat fitur Google Docs voice typing yang jadi fitur istimewanya. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetik menggunakan suara. Jadi jari-jari tak perlu lelah lagi mengetik sepanjang hari. 

Sama persis ketika kamu menggunakan Google assistant saat menggunakan mesin pencarian. Kamu tak perlu mengetik namun cukup mengucapkan keywordnya saja. Di sini kamu bisa mengucapkan kalimat dan akan langsung berubah menjadi tulisan di Google Docs. 

Sangat hemat bukan? Lalu bagaimana cara voice typing di Google Docs? Buat kamu yang baru pertama kali menggunakannya perlu menyimaknya langkahnya berikut ini. 

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs dengan Mudah 

Cara menggunakan Google Docs voice typing secara umum hanya tinggal menyalakan mic yang sudah tersedia. Kamu juga bisa menambahkan mic pada laptop atau komputer agar suara yang tertangkap lebih jernih. 

Selain itu kamu bisa memilih jenis bahasa yang digunakan. Disinilah kepintaran dari fitur milik Google. Mesin akan membaca sesuai dengan bahasa yang telah dipilih sehingga bisa menerjemahkan pelafalan dengan lebih baik. 

Bagaimana sudah tidak sabar untuk mencobanya? Berikut ini cara mengaktifkan voice typing di Google Docs.

  • Masuk ke Akun Gmail

Untuk bisa menggunakannya pertama-tama kamu harus masuk terlebih dahulu cara mengaktifkan voice typing di google docs masuk ke akun Google. Otomatis kamu juga perlu menggunakan web browser Chrome agar lebih mudah. Nantinya file yang dibuat akan langsung tersimpan ke akun GDrive milikmu.


Cara masuknya tinggal buka web browse Chrome kemudian klik pada bagian pojok atas di foto profil. Kamu bisa masukan akun Google sesuai dengan yang diperintahkan. 

  • Masuk ke Google Docs

Langkah selanjutnya adalah dengan masuk ke Google Docs. Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu langsung masuk ke Google Docs kemudian pilih lembar kerja yang baru.
kemudian masuk ke google docs

Jika tidak ingin mengikuti cara pertama kamu bisa juga masuk melalui GDrive sehingga lebih mudah untuk menempatkan file. Setelah masuk ke halaman GDrive klik Ikon plus dan pilih menu Google Docs. 

  • Mengaktifkan Microphone

Usai masuk ke lembar kerja baru Google Docs kamu bisa mulai untuk mengaktifkan mic. Caranya cukup dengan pilih menu Tools yang ada pada bagian bar atas. Setelah itu pilihlah menu Voice Typing.
cara Mengaktifkan Microphone

Maka akan muncul ikon voice typing pada bagian halaman atas. Ikon tersebut berbentuk mic. 

  • Mengaktifkan Mic

Usai kamu klik Voice Typing dari menu tersebut maka Google akan meminta perizinan agar bisa mengakses mic yang sudah dipasang. Kamu perlu klik izinkan supaya Google bisa mengakses suara untuk diterjemahkan menjadi teks.
cara Mengaktifkan Mic di gdocs

  • Memilih Bahasa

Selanjutnya jika kamu sudah mengaktifkan microphone, selanjutnya adalah memilih bahasa. Pada pengaturan mic yang muncul di kolom sebelah kiri kamu bisa klik menu bahasa.
kemudian pilih bahasa

Setelah itu cari bahasa Indonesia agar mesin bisa mengenali bahasa dan menerjemahkannya menjadi teks. Sesuaikan bahasa dengan apa yang ingin kamu tulis. 

  • Melakukan Uji Coba

Terakhir adalah melakukan uji coba. Kamu bisa mencoba berbicara dengan mic dan lihat apakah kata yang diucapkan dengan yang tertulis sama. Kadang-kadang kamu akan menemui kata yang tidak sama atau akurat.

Jika hal tersebut sering terjadi cobalah untuk mengecek sambungan mic mungkin saja masih kendor. Karena jika suara tidak jelas maka teks yang ditulis juga tidak sesuai. Selain itu sesuaikan juga dengan bahasa yang dipilih. 

Supaya saat menggunakan Google Docs Voice Typing maksimal kamu sebaiknya juga memanfaatkan headphone. Tujuannya supaya kamu mengenali suara yang telah kamu ucapkan. Dengan begitu kamu tahu betul bahwa sudah mengucapkannya dengan benar. 

Satu tips untuk memunculkan menu voice typing atau dikte adalah dengan masuk ke Google Docs. Kemudian pilihlah menu Resume, setelah terbuka, hapus semua datanya dan klik Alat atau Tools. Maka kamu akan menemukan menu voice typing atau diket dan tinggal di klik.
kemudian pilih bahasa

Biasanya jika Sahabat Tedas.id masuk ke halaman baru biasa menu voice typing tidak akan keluar. Jadi lebih aman dengan mengikuti tips ini kemudian ubah nama filenya. Cukup mudah bukan cara mengaktifkan voice typing di Google Docs, kini pekerjaan jadi lebih praktis. 

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Comments are closed.