Cara Membuat Poster di HP dengan Aplikasi Desain 

Handphone yang dulunya digunakan untuk berkomunikasi kini punya banyak fungsi lainnya. Salah satunya untuk membuat desain poster.

Tahukah kamu bagaimana cara membuat poster di hp? Aplikasi pembuat poster apa yang harus kamu gunakan?. Hanya dengan memanfaatkan aplikasi, kamu sudah bisa berkreasi menciptakan desain menarik untuk membuat poster.

Bagi kamu yang bekerja di bidang desain tentu saja hal ini sangat menarik dan menjadi pekerjaan jadi lebih mudah. Ikuti langkah lengkapnya di sini. 

Cara Mudah dan Cepat  Membuat Poster di HP 

Jika kamu hendak menggunakan aplikasi, pastikan dulu apakah aplikasinya berbayar atau tidak. Ada beberapa jenis aplikasi yang memberikan trial gratis dalam beberapa waktu sebagai bentuk uji coba kamu sebelum membelinya. 

Ada juga aplikasi yang gratis dan kamu bisa menggunakan sepuasnya selama terhubung dengan internet. Perbedaan terbesar dari aplikasi berbayar dan tidak adalah pada bagian fitur. 

Aplikasi gratis tentu saja memiliki fitur yang terbatas misalnya saja template yang tidak bervariasi. Berbeda dengan aplikasi desain yang berbayar tentu saja semua fiturnya sangat lengkap. Bahkan kamu akan dipuaskan dengan fitur terbaru yang selalu diupdate oleh developer. 

Nah salah satu aplikasi yang sudah lama terkenal hingga saat ini adalah Canva. Aplikasi Canva sendiri merupakan app desain yang gratis dan berbayar namun fitur yang disediakan lebih lengkap. Kamu bisa mencoba begitu banyak template yang disediakan. 

Mulai dari template untuk poster. feed Instagram, Facebook bahkan cover letter. Sedangkan untuk Canva berbayar kamu bisa menikmati fitur animasi yang lebih lengkap. Jika ingin berlangganan pun sebenarnya tak mahal hanya beberapa puluh ribu rupiah saja. 

Lalu bagaimana cara membuat poster di hp menggunakan aplikasi Canva? Yang jelas kamu sebagai pemula tak perlu bingung melakukannya. Cukup siapkan materi poster apa saja yang ingin disampaikan kemudian ikuti langkah berikut ini.

  • Instal Aplikasi

Langkah pertama tentu saja kamu harus memiliki aplikasinya. Untuk mengunduh aplikasi Canva di hp kamu bisa memanfaatkan Google Play Store. Kamu bisa mendapatkan aplikasinya gratis tanpa biaya sama sekali.

cara membuat poster dengan aplikasi canva

Caranya, masuk ke Playstore kemudian cari aplikasi Canva. Klik Instal pada menu yang tersedia dan tunggu aplikasinya terpasang. 

  • Membuat Akun

Setelah aplikasi terpasang langkah selanjutnya adalah membukanya. Saat masuk halaman pertama kamu akan diminta untuk mendaftarkan diri. Nah soal login ini kamu tak perlu merasa kesulitan karena bisa langsung mendaftar melalui Gmail atau Facebook. 

Cukup dengan pilih salah satu cara login jadi kamu tak perlu memasukan nama email dan password lagi. Jika sudah selesai maka kamu akan masuk ke halaman untuk mendesain. 

  • Memilih Kategori

Cara membuat poster di hp melalui Canva dimulai dengan memilih kategori. Pada halaman ini kamu akan diminta untuk memilih kategori jenis desain apa yang ingin dibuat. Karena ingin membuat poster kamu harus masuk ke kategori ini.

kemudian pilih Kategori

Caranya pilih Kategori kemudian klik menu Poster. Setelah itu kamu akan diminta untuk memilih bentuk potrait atau lanskap dari poster yang hendak dibuat. Ini bertujuan untuk menentukan lembar kerja yang dibuat. 

  • Memilih template Poster

Tahapan selanjutnya adalah menentukan template dari poster. Inilah bagian yang sangat menyenangkan karena ada begitu banyak template yang bisa dipilih. Jika kamu tak ingin peusing lagi tinggal cari mana template yang sesuai dengan tema poster.
Memilih template Poster
Nantinya template ini masih bisa diubah-ubah sesuai dengan konsep yang kamu inginkan. Bisa diganti gambar serta teksnya jadi jangan khawatir untuk memilihnya. 

  • Mengedit Poster

Saatnya untuk mengeluarkan kreatifitas. Cara membuat poster di hp ini hanya perlu waktu singkat dengan mengubah teks sesuai dengan judul poster yang diinginkan. Kamu bisa tekan saja pada bagian teks dan mengetik teks yang baru.
Mengedit Poster

Kemudian kamu juga bisa mengganti background dengan tab pada bagian gambar background. Kemudian insert foto baru dari galeri di ponsel. Jangan lupa izinkan aplikasi untuk mengakses file pada ponsel.


Kamu juga bisa mengubah warna poster sesuai dengan keinginan. Semua tools tersedia sangat lengkap pada bagian bawah di lembar kerjamu. 

  • Menyimpan dan Mengunduh

Terakhir jika kamu sudah puas dengan hasil editan saatnya untuk mengunduhnya. Kamu bisa tab pada bagian pojok kanan atas layar ponsel

Setelah itu akan muncul fitur untuk mengunduh. Kamu bisa memilih jenis file apa poster akan disimpan.


Selain mengunduh, kamu juga bisa langsung membagikan hasil poster yang dibuat ke sosial media. Kamu tinggal pilih saja menu bagikan yang muncul. Kemudian pilih jenis media sosial apa yang ingin digunakan. 

Tips Membuat Poster di HP Semakin Mudah

Apabila kamu ingin menggunakan aplikasi Canva untuk membuat poster di hp, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini tips yang akan membuat poster kamu lebih cepat dibuat.

  • Persiapkan materi

Karena kamu ingin mengedit melalui hp, jadi sebaiknya siapkan materi sebaik mungkin. Kamu bisa menentukan kata-kata yang menarik. Kemudian jangan lupa siapkan foto atau gambar animasi yang tepat sehingga tinggal memasangnya saja pada poster. 

  • Mengganti Font

Jangan lupa juga untuk menentukan font yang ingin digunakan. Mungkin saja font dari template bawaan kurang menarik dan tidak sesuai dengan tema. Oleh karena itu akan lebih baik untuk menentukan font karena di Canva ada banyak pilihan font yang bisa digunakan. 

Jika mengikuti kedua tips ini, cara membuat poster di hp yang akan kamu lakukan nanti akan semakin mudah. Hasilnya pun lebih sempurna sama seperti membuat di Photoshop. 

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *