Teknologi

Tutorial Cara Membuat Link WhatsApp Di Bio IG 

Artikel terakhir diperbaharui 17-08-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Membuat Link WhatsApp Di Bio IG – WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang sekarang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari chatting dengan teman, keluarga, dan bahkan sebagai sarana komunikasi untuk keperluan bisnis.

Tidak jarang juga kontak WhatsApp sekarang ini diletakan pada berbagai sosial media salah satunya di bio Instagram hingga Linktree. Adapun cara membuat link WhatsApp di bio IG supaya teman atau kenalan kamu bisa menghubungimu lewat WhatsApp yang ada di bio IG.

Kamu juga bisa membuat sebuah format pesan yang dapat digunakan pengguna lainnya ketika mereka mengirim pesan WhatsApp kepadamu, contohnya seperti membuat pesanan order dengan format yang lebih rapi.

Dengan membagikan kontak WhatsApp kamu ke berbagai sosial media, buat kamu yang menjalankan bisnis tentu akan bermanfaat dan mempermudah calon pelanggan untuk dapat berkomunikasi. Pelanggan hanya perlu menekan kontak WhatsApp kamu di bio IG untuk memulai chat.

Selain di bio IG, cara membuat link WhatsApp di Linktree juga mudah dan pada artikel ini akan kita bahas bersama caranya. Linktree sendiri adalah sebuah tools yang dapat memaksimalkan trafik sosial media kamu, sehingga ketika orang mengunjunginya akan bisa mendapatkan kontak Whatsapp..

Untuk cara buat link di Linktree, simak artikel ini sampai selesai dan ikuti setiap langkah-langkah yang akan admin jelaskan kepada kamu semuanya.

Cara Membuat Link WhatsApp di Bio IG

Agar dapat membuat link WhatsApp di Instagram sangat mudah, di mana ada tahap yang harus kamu lakukan. Tahapannya adalah hanya dengan melakukan tautan dengan API. Berikut cara membuat link whatsapp di bio ig:

  1. Salin terlebih dahulu format URL https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorTelepon di aplikasi catatan atau Notes
  2. Di link yang tadi sudah kamu salin, ubah “NomorTelepon” sesuai dengan nomor WhatsApp kamu
  3. Gunakan kode negara di bagian depan nomor HP kamu yaitu 62, contohnya menjadi https://api.whatsapp.com/send?phone=6285712341234
  4. Salin kembali URL jika sudah diganti nomor teleponnya
  5. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke Profil kamu

cara buat link whatsapp di instagram

  1. Pilih atau Tekan pada bagian Menu Edit Profil
  2. Tempel formal URL tersebut di bagian Situs Web
  3. Setelah itu tekan tombol Centang di bagian Kanan atas untuk melakukan perubahan

Pastikan jika URL sudah kamu ganti menggunakan nomor WhatsApp yang benar dengan menambahkan kode negara yaitu +62. +62 sendiri adalah kode negara dalam hal komunikasi, jadi setiap nomor ponsel Indonesia menggunakan kode +62.

Cara Menambahkan Format Pesan di WhatsApp 

Selain cara membuat link WhatsApp di bio IG, kamu juga bisa menambahkan format pesan ketika pelanggan hendak berkomunikasi melalui WhatsApp yang ada di Instagram. Caranya sebagai berikut :

tutorial cara membuat link whatsapp di bio ig

  1. Masih sama seperti cara sebelumnya, yaitu salin URL https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorTelepon terlebih dahulu di aplikasi catatan atau Notes
  2. Ubah “NomorTelepon” dengan nomor WhatsApp kamu yang benar
  3. Tambahkan “&text=FormatPesan di belakang URL tadi
  4. Ganti “FormatPesan” dengan format pesan yang ingin kamu buat
  5. Gunakan juga %3A untuk menambah tanda baca titik dua, %0A untuk enter, dan %20 untuk menambah spasi
  6. Apabila URL sudah diubah, salin kembali URL tersebut
  7. Masuk ke halaman Profil Instagram kamu dan tekan Edit Profil
  8. Masukan URL yang sudah kamu ubah tadi di Situs Web, lalu tekan centang di kanan atas untuk melakukan perubahan

Contoh cara buat link WhatsApp di Instagram dari link atau URL yang sudah ditambahkan format pesan yaitu &text=Nama%20%3A%0AAlamat%20%3A%0ABarang%20Pesanan%3A yang ditambah pada bagian belakang URL.

Cara Membuat Link WhatsApp dengan Bitly

Selain dengan menautkan API WhatsApp, kamu juga bisa menggunakan Bitly. Bitly sendiri merupakan situs yang digunakan untuk mempersingkat link yang panjang menjadi pendek. Kamu hanya perlu menyalin URL yang sudah kamu buat tadi ke Bitly.

Pada halaman situs Bitly, kamu tinggal tempel URL sebelumnya dan tekan tombol Shorten. Otomatis link atau URL yang tadinya panjang akan berubah lebih singkat. Tinggal klik copy untuk menyalin link yang sudah singkat tersebut, lalu tempel di bio Instagram seperti cara sebelumnya.

cara membuat link whatsapp di linktree

Image: linktree

Cara Membuat Link WhatsApp Di Linktree

Selain cara membuat link WhatsApp agar tampil di bio Instagram, adapun cara supaya link WhatsApp kamu tampil pada MyLinktree. Berikut cara-caranya :

cara buat link whatsapp di ig

  1. Salin terlebih dahulu link WhatsApp
  2. Masuk ke halaman https://linktr.ee/
  3. Klik tombol “Sign Up Free” apabila kamu belum memiliki akun My Linktree atau Login jika sudah punya akun
  4. Ikuti setiap langkah yang diberikan sampai selesai dan masuk ke halaman https://linktr.ee/admin
  5. Klik menu Add New Link untuk menambahkan tautan baru
  6. Tempel link WhatsApp yang sudah kamu salin tadi pada kolom yang muncul serta tambahkan judul yang sesuai atau yang kamu inginkan
  7. Apabila ingin menambahkan link lain seperti Instagram atau Twitter, bisa mengulangi cara sebelumnya
  8. Apabila sudah selesai, klik Share
  9. Salin link LinkTree milikmu kemudian tempel link tersebut di bagian menu Edit Profil Instagram

Cara tadi bisa Sahabat Tedas.id gunakan untuk menambahkan Linktree di Instagram, di mana setelah mendapatkan link di MyLinktree cukup ikuti cara buat link WhatsApp di Instagram yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Demikian cara buat link di bio Instagram dan cara membuat link WhatsApp di Linktree yang tentunya mudah bila kamu menyimak baik-baik setiap langkahnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah informasi baru buat kamu semua yang ingin menambah link Instagram.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *